4 Cara Membeli Domain dan Hosting Terbaik

0
2346

Ketika Anda akan terjun ke bisnis online, tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Selain website, Anda juga harus menyiapkan domain dan juga hosting. Ada banyak pilihan layanan domain dan web hosting.

Akan tetapi, pastikan Anda untuk tidak melakukan beberapa kesalahan ketika hendak memilih nama domain dan layanan hosting. Maka dari itu, agar Anda tidak mengalami kesalahan tersebut, dalam artikel ini kami akan membahas tentang kesalahan umum seseorang membeli domain.

Tidak hanya itu saja, kami juga akan membahas tentang cara membeli domain dan cara membeli hosting terbaik secara lengkap.

Sekilas Tentang Domain dan Hosting

Sebelum kita membahas tentang kesalahan dan cara membeli domain dan hosting, kita akan cari tahu terlebih dahulu apa itu domain dan apa itu hosting. Sekilas saja kami akan menjelaskan, bahwa domain adalah alamat website seperti halnya alamat rumah.

Domain juga selain menjadi alamat, bisa menjadi pembeda antara bisnis yang Anda jalankan dengan kompetitor Anda. Ketika Anda hendak membeli nama domain, cek domain yang tersedia terlebih dahulu, jangan asal memberikan nama domain. Tujuannya adalah agar domain yang Anda gunakan unik, mudah diingat serta mewakili bisnis Anda.

Sedangkan untuk hosting adalah layanan yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan file website yang terdiri dari file foto, video, gambar, email, script website, database dan lain sebagainya.

Layanan hosting juga akan mempengaruhi performa website Anda, maka dari itu jangan asal-asalan ketika memilih hosting. Jika Anda belum mengetahui lebih lanjut apa itu hosting dan perbedaan domain dan hosting, bisa cek pembahasannya di blog Exabytes Indonesia.

Kesalahan Umum Ketika Beli Domain dan Hosting

Setelah tahu apa itu domain dan hosting, sekarang sebelum kita membahas cara membeli domain dan hosting. Perhatikan beberapa kesalahan umum yang terjadi ketika beli domain dan hosting. Apa saja kesalahannya ketika membeli domain dan hosting? Berikut penjelasan lengkapnya!

3 Kesalahan Umum Beli Domain

Banyak yang belum mengetahui dengan pasti cara membeli domain, sehingga beberapa kesalahan umum beli domain sering ditemukan. Disini kami akan merangkum kesalahan-kesalahan tersebut agar tidak terulang kembali.

Tidak Riset Terlebih Dahulu

Bisnis di internet itu banyak kompetitornya, sehingga mungkin saja ada banyak kompetitor yang ingin menggunakan nama domain yang Anda incar. Maka dari itu penting sekali untuk cek domain dengan cara riset terlebih dahulu.

Sehingga kemungkinannya akan kecil menggunakan nama domain yang sama dengan kompetitor, meskipun dengan ekstensi berbeda, jika melakukan riset terlebih dahulu.

Domain Terlalu Panjang

Meskipun sebenarnya memilih nama domain adalah kehendak Anda, akan tetapi Anda tetap harus memperhatikan domain yang akan digunakan. Karena jika terlalu panjang, nama domain tersebut akan susah buat dipahami dan diingat oleh pengunjung website Anda.

Hanya gunakan nama domain yang singkat dan mudah untuk dihafalkan, tidak masalah jika Anda tidak menemukan nama domain yang sesuai dengan nama bisnis. Memang benar, nama domain hendaknya sesuai dengan nama bisnis, tapi jika sudah digunakan oleh orang lain. Mengapa tidak mencari alternatif nama domain unik lainnya yang mudah diingat?

Jadi perhatikan kembali ketika membeli domain, jangan terlalu panjang dan jangan sembarangan ya.

Tidak Cepat Membeli Domain Setelah Ditemukan

Perlu diingat bahwa, Anda bukan satu-satunya orang yang menawarkan layanan dan juga produk tersebut. Di luaran sana banyak orang lain juga yang menawarkannya dan bahkan kepikiran dengan nama domain yang sama.

Jika hal tersebut terjadi dan Anda sudah menemukan nama domain yang bagus. Apa yang akan Anda lakukan? Pastikan tidak menunggu dan terlalu lama mempertimbangkan domain tersebut, jika nama domain tersebut sudah sesuai keinginan dan berpotensi menjadi nama domain terbaik.

Segera membelinya, jika tidak segera membelinya maka nama domain tersebut akan diambil oleh orang lain.

Ingin tips cepat memilih nama domain? Cek aja pembahasan tentang tips memilih dan menentukan nama domain.

3 Kesalahan Umum Ketika Beli Hosting

Tahukah Anda bahwa hosting memiliki peran yang sangat penting untuk website, pada penjelasan sebelumnya bahwa layanan hosting yang Anda gunakan itu bisa mempengaruhi dengan performa website.

Maka dari itu, agar website Anda tetap berada di performa terbaiknya. Kami akan uraikan beberapa kesalahan umum ketika membeli hosting. Agar Anda tidak mengulang kesalahan yang sama, apa saja? Simak pembahasannya sampai dengan selesai ya!

Memilih Hosting Gratisan

Memang, hosting gratis sangat menarik untuk dinikmati. Akan tetapi memilih hosting gratisan untuk bisnis adalah kesalahan yang cukup fatal, mengapa demikian? Karena hosting gratis tidak terjamin keamanan data dan jika mengalami masalah tidak cepat terselesaikan.

Daripada menggunakan hosting yang gratis, Anda sebaiknya menggunakan hosting murah. Sekarang banyak layanan yang menyediakan hosting murah, seperti halnya Exabytes Indonesia yang menyediakan berbagai macam hosting murah yang bisa Anda gunakan.

Memilih Paket Hosting yang Salah

Kesalahan yang satu ini akan berakibat fatal, karena Anda tidak memilih paket hosting sesuai dengan kebutuhan website tersebut. Bagi bisnis yang sudah memiliki trafik dan pelanggan yang banyak, maka perlu menggunakan paket hosting dengan kapasitas bandwidth, RAM dan Processor yang besar.

Memilih Layanan Hosting yang Tidak Ada Garansi Uang Kembali

Mengapa ini penting? Karena nantinya jika layanan hosting tidak sesuai dengan keterangan di awal atau perjanjian di awal, Anda sendiri yang akan rugi. Maka dari itu luangkan terlebih dahulu waktu untuk membaca persyaratan dan juga ketentuan tentang garansi uang kembali.

Jika Anda memilih layanan hosting yang ada di Exabytes Indonesia, kami memiliki garansi 100 hari uang kembali tanpa syarat bagi penggunanya.

Cara Membeli Domain dan Hosting

Sekarang, setelah Anda mengetahui kesalahan umum yang terjadi ketika membeli domain dan hosting. Saatnya kita melanjutkan ke pembahasan tentang cara membeli domain dan cara membeli hosting.

Simak baik-baik ya!

Cara Membeli Domain

Cara membeli domain hanya memerlukan beberapa langkah saja untuk membeli domain, ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini!

Pilih Nama Domain yang Anda Inginkan

Langkah 1: Buka halaman website Exabytes Indonesia.

cara membeli domain

Langkah 2: Setelah website terbuka, klik menu domain dan pilih salah satu jenis domain yang disediakan Exabytes, pada pembahasan ini kami memilih domain .ID.

cara membeli domain

Jika Anda masih bingung dan belum mengetahui macam-macam domain, cek aja pembahasan tentang apa itu domain dan jenis-jenisnya disini.

Langkah 3: Nantinya akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

cara membeli domain

Disana Anda masukkan nama domain sesuai keinginan Anda dan klik Cek domain.

cara membeli domain

Langkah 4: Akan muncul halaman pricelist dari macam-macam domain dengan ekstensi .ID, pilih saja sesuai dengan kebutuhan Anda. Disini kami memilih ekstensi .co.id dan klik Lanjutkan.

cara membeli domain
Ceklis pilihan domain Anda
cara membeli domain
Klik lanjutkan

Cek Kembali Domain & Konfirmasi Pesanan

Dibagian ini cek kembali domain yang Anda pilih dan jika sudah tidak ada masalah, klik tombol Lanjutkan. Kemudian di halaman review & checkout, Anda tinggal membayar tagihan dengan klik bayar.

cara membeli domain

Isi Informasi yang Diperlukan

Langkah 1: Di halaman ini Anda akan diminta untuk mengisikan informasi pribadi seperti nama, email dan nomor telepon, termasuk alamat penagihan dan password untuk keamanan.

cara membeli domain

Langkah 2: Setelah selesai mengisi, jangan lupa untuk memilih metode pembayaran yang mudah. Setelah memilih metode pembayaran, jangan lupa ceklis Saya telah membaca dan setuju Syarat Layanan dan Kebijakan Privasi dan klik tombol Menyelesaikan Pesanan.

cara membeli domain

Langkah 3: Selesaikan pesanan dengan melakukan pembayaran yang sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih, terus klik Proceed Payment.

Setelah berhasil melakukan pembayaran, nanti akan muncul invoice. Bagaimana mudah bukan? Sekarang kita akan cari tahu bagaimana cara membeli hosting.

Cara Membeli Hosting

Langkah 1: Buka website Exabytes Indonesia.

4 Cara Membeli Domain dan Hosting Terbaik - 2024

Langkah 2: Setelah website terbuka, klik menu hosting dan pilih salah satu jenis hosting yang disediakan Exabytes, pada pembahasan ini kami memilih layanan WordPress hosting.

4 Cara Membeli Domain dan Hosting Terbaik - 2024
Klik menu hosting
4 Cara Membeli Domain dan Hosting Terbaik - 2024
WordPress Hosting

Langkah 3: Pilih salah satu paket WordPress hosting sesuai dengan kebutuhan Anda, pada demo kali ini kami akan memilih paket WP 13 Beginner dan Klik Mulai Sekarang.

Pengaturan Domain

Setelah memilih salah satu paket WordPress hosting, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan domain. Di halaman ini Anda pilih saja sesuai dengan keadaan, karena kami sebelumnya sudah menyiapkan domain. Maka kami akan memilih radio button Pilih domain yang ada di keranjang belanja.

4 Cara Membeli Domain dan Hosting Terbaik - 2024

Jika Anda belum memiliki domain, maka bisa klik radio button Daftar Domain Baru. Tapi jika Anda ingin mentransfer domain dari layanan yang lain, bisa memilih radio button Transfer domain anda dari registrar lain.

Sedangkan jika Anda ingin menggunakan domain Anda sendiri di layanan exabytes maupun layanan lainnya bisa memilih radio button Saya akan menggunakan domain saya yang sudah ada dan mengupdate nameserver saya. Setelah memilih salah satunya, klik tombol hijau Lanjutkan.

4 Cara Membeli Domain dan Hosting Terbaik - 2024

Konfigurasi dan Review Pesanan

Dibagian ini cek kembali hosting yang Anda pilih dari mulai lamanya membeli hosting dan jika sudah tidak ada masalah, klik tombol Lanjutkan.

4 Cara Membeli Domain dan Hosting Terbaik - 2024

Kemudian di halaman review & checkout. Anda tinggal membayar tagihan dengan klik bayar.

Isi Informasi yang Diperlukan

Langkah 1: Di halaman ini Anda akan diminta untuk mengisikan informasi pribadi seperti nama, email dan nomor telepon, termasuk alamat penagihan dan password untuk keamanan.

4 Cara Membeli Domain dan Hosting Terbaik - 2024

Langkah 2: Setelah selesai diisi, jangan lupa untuk memilih metode pembayaran yang mudah. Setelah memilih metode pembayaran, jangan lupa ceklis Saya telah membaca dan setuju Syarat Layanan dan Kebijakan Privasi dan klik tombol Menyelesaikan Pesanan.

4 Cara Membeli Domain dan Hosting Terbaik - 2024

Langkah 3: Selesaikan pesanan dengan melakukan pembayaran yang sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih, terus klik Proceed Payment.

Setelah berhasil melakukan pembayaran, nanti akan muncul invoice.

Kesimpulan

Bagaimana mudah bukan cara memilih domain dan cara memilih hosting tersebut? Dan jangan lupa ketika memilih domain maupun hosting, perhatikan kesalahan umum tersebut. Pelajari macam-macam domain dan tentukan jenis hosting yang digunakan.

Di Exabytes Indonesia, kami menyediakan berbagai jenis domain Indonesia dan hosting Indonesia yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, kami juga memiliki jaminan uang kembali.

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments