Pasti tidak nyaman sekali ketika kita sedang browsing harus menunggu lama karena website yang dituju tidak di dukung dengan infrastruktur yang memadai. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses sebuah website. Salah satu nya adalah teknologi server dimana website itu di hosting.

Mungkin ada sebagian dari Exabytes Friends yang belum tahu, Perbedaan antara hard disk dengan teknologi paling baru, SSD, dengan hard disk HDD yang masih digunakan kebanyakan orang saat ini.

Harddisk HDD

HDD (Hard Disk Drive) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis (sumber: Wikipedia). Cara kerja penyimpanan data ke dalam HDD yaitu dengan memberikan medan magnet ke dalam lapisan tipis pada piringan. Mekanisme penyimpanan di ini telah menjadi standar selama bertahun-tahun. Dengan perkembangan teknologi saat ini, ukuran HDD semakin kecil.

Sayangnya, dengan bertambah kecilnya ukuran HDD sehingga berdampak pada semakin padatnya data di dalam sebuah piringan menyebabkan kegagalan sistem ketika menyediakan data ke kita. Selain itu, HDD bersifat rapuh dan tidak tahan guncangan.

Harddisk SSD

SSD (Solid State Drive) mengunakan cakram padat menggunakan circuit yang dirangkai terintegrasi sebagai memory sehingga dapat menyimpan data secara berkepanjangan meskipun kehilangan aliran listrik.

ssd vs hddTabel Perbandingan HDD vs SSD

Perbandingan HDD SSD
Harga (per GB) Rp. 875 Rp. 3,800
Kecepatan (Copy / Write) 50 – 120MB Secara umum diatas 200 – 550 MB/detik
Tingkat panas Lebih panas karena putaran piringan Bukan piringan jadi tidak ada panas dari perputaran piringan
Ketahanan Termasuk barang pecah belah (karena piringan) Tahan benturan dan suhu ekstrim
Berpengaruh pada medan Magnet? Bisa menghapus data Tidak berpengaruh
Tingkat kebisingan Klik terdengar dan putaran piringan dapat didengar Tidak ada piringan sehingga tidak berisik
Waktu booting sistem operasi 30 – 40 detik 10 – 13 detik

Semua paket hosting Exabytes 100% menggunakan hard disk SSD untuk menjamin ketersediaan dan kecepatan dalam ketersediaan data dari website kamu. Jadi, nggak visitor kamu bisa lebih nyaman mengkases website kamu yang super cepat 🙂

Perbandingan Performa SSD vs HDD

Baca Juga  Pentingnya Punya Domain .id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here