Mengetahui Apa Fungsi cPanel Pada Web Hosting

0
1129

Berencana membangun situs web? Sudah memilih layanan hosting terbaik dan sudah punya nama domain?

Web hosting merupakan bagian penting dalam menjalankan situs web. Meski demikian, mengelola web hosting tidak semudah yang dibayangkan. Tetapi, kamu bisa menggunakan cPanel sebagai alat yang tepat dalam hal tersebut.

cPanel menjadi salah satu pilihan panel kontrol yang banyak digunakan sehingga dapat membantu pengguna dalam menggunakan dan mengelola hosting dengan lebih baik. Namun, apa fungsi cPanel pada web hosting? Mari kita cari tahu bersama agar bisa lebih memahami cPanel dan fungsinya pada web hosting.

Apa Itu cPanel?

Apa itu cPanel dan fungsinya untuk hosting
Sumber: flickr

Rasanya terlalu jauh jika kita berbicara fungsi cPanel tanpa terlebih dahulu mengetahui dan memahami apa itu cPanel. Jadi, sebaiknya kita cari tahu dulu pengertian cPanel, yang menjadi alat penting dalam mengelola web hosting.

cPanel merupakan panel kontrol yang berbasis Linux dan memungkinkan konfigurasi domain, hosting, maupun situs web bisa kamu kelola di satu tempat. Dengan adanya pilihan panel kontrol satu ini, siapapun bisa menggunakan cPanel tanpa harus memiliki kemampuan yang berhubungan dengan pemrograman.

Mungkin ini juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih cPanel untuk kebutuhan web hosting. Biasanya, orang- orang cenderung lebih menyukai tools atau apapun yang bisa mereka gunakan dengan mudah tanpa perlu skill tertentu.

Bahkan cPanel juga dapat melakukan berbagai setting dengan mudah karena tampilannya yang intuitif. Ingin memasang CMS, mengatur email, atau bahkan membuat subdomain? Tentu saja kamu bisa memanfaatkan cPanel untuk setiap hal yang akan dilakukan dalam mengelola sebuah situs web.

Singkatnya, cPanel dapat mempermudah pengelolaan hosting, termasuk server, website, dan email. Dari sini, kamu mungkin sudah mulai bisa menggambarkan kira-kira apa fungsi cPanel pada hosting.

Fungsi cPanel

apa fungsi cPanel pada web hosting
Sumber: flickr

Dengan penjelasan tentang cPanel, sudah bisa menebak apa fungsi cpanel pada web hosting? Pada dasarnya, cPanel berfungsi untuk memudahkan pengguna saat mengelola web dan hosting. Akan tetapi, panel kontrol satu ini juga ternyata memiliki fungsi lain yang harus kamu tahu sebelum memilih cPanel hosting.

Berikut adalah beberapa fungsi dari cPanel yang akan sangat membantu kamu maupun pengguna lain dalam mengatur hosting untuk website:

  • Membantu mengatur web hosting dengan lebih mudah
  • Membuat serta mengelola domain yang sudah kamu daftarkan pada akun hosting
  • Memudahkan pengguna melakukan konfigurasi situs web
  • Mengatur PHP dan database situs
  • Mengelola file dan data situs web
  • Mengelola email termasuk membuat dan menghapus email
  • Memantau laporan pengunjung web
  • Memasang berbagai content management system (CMS) seperti Joomla, WordPress, dan lainnya
  • Melakukan monitoring atas penggunaan sumber daya web hosting

Fitur cPanel

Dengan mengetahui apa fungsi cPanel pada web hosting, kamu bisa mempertimbangkannya sebagai salah satu pilihan panel kontrol, terlebih cPanel ramah pengguna bahkan para pemula. Tidak hanya itu, cPanel juga sudah begitu populer dan banyak digunakan di kalangan pengguna dan pengelola web hosting.

Fitur cPanel yang lengkap dapat memudahkan pengguna juga bisa menambah daftar alasan untuk memilih cPanel untuk kebutuhan web hosting. Nah, berikut adalah fitur-fitur cPanel yang harus kamu ketahui sebelum memilih cPanel untuk web hosting:

File Manager

Salah satu fitur yang mendukung cPanel berfungsi dengan baik adalah file manager. Fitur satu ini berfungsi untuk mengelola file sehingga memudahkan pengguna baik dalam mengunggah, membuat, mengedit, maupun menghapus file tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau FTP.

Disk Usage

Disk usage turut melengkapi fitur cPanel, dimana fitur ini akan memantau kapasitas yang masih tersedia di setiap folder. Tidak hanya itu, disk usage membantu mengetahui aplikasi yang memiliki ukuran besar yang menggunakan ruang database yang besar.

Site Publisher

Dengan adanya fitur site publisher, pengguna cPanel bisa membuat website dengan cepat. Mengapa? Tersedia banyak template sehingga memudahkan dalam membuat website. Dengan begitu, website bisa dibuat tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu.

Bandwidth

Setiap fitur dari cPanel memiliki fungsi masing-masing. Tetapi, tahukah kamu kalau bandwidth merupakan fitur yang luar biasa? Fitur ini bisa mengecek penggunaan bandwidth dan berbagai aktivitas lain, seperti HTTP, POP, dan FTP. Jadi, fitur bandwidth memudahkan dalam mengelola web hosting.

Backups

Fitur lain dari cPanel adalah backups yang pada umumnya diberikan oleh para penyedia hosting. Fitur satu ini memungkinkan pengguna melakukan backup terhadap data yang dimiliki sehingga bisa lebih aman dan digunakan sesuai kebutuhan.

TP Session Control

cPanel juga memiliki TP session control, yaitu fitur yang dapat mengetahui siapa yang login ke website melalui FTP. Dengan begitu, kamu bisa menghentikan akses login apabila ada pihak yang login tanpa memiliki izin.

FTP Accounts

Seperti namanya, fitur FTP accounts adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat akun FTP. Sehingga pengguna dapat membuat dan membatasi aktivitas dengan praktis di kemudian hari. Penggunaan fitur satu ini  memerlukan aplikasi pihak ketiga yang juga harus kamu pilih dengan baik agar sesuai dengan kebutuhan.

Remote MySQL

Sudah familiar dengan istilah MySQL? Nah, cPanel juga menawarkan fitur remote MySQL agar pengguna termasuk kamu bisa secara langsung mengakses database tanpa harus login ke cPanel.

Dari fitur-fitur cPanel di atas, tentunya kamu bisa semakin memahami apa fungsi cPanel pada web hosting bahkan saat kamu memilih hosting murah.

Keuntungan Menggunakan cPanel

apa itu fungsi cPanel pada web hosting dan manfaatnya
Sumber: flickr

Semakin yakin untuk menggunakan cPanel agar membantu mengelola web hosting dengan lebih mudah? Seperti panel kontrol lain, cPanel hadir dengan berbagai keuntungan. Artinya, kamu bisa mendapatkan keuntungan tersebut saat menggunakan cPanel, di antaranya adalah sebagai berikut:

Kemudahan Dalam Penggunaan

Salah satu keuntungan menggunakan cPanel adalah kemudahan yang bisa pengguna dapatkan. Fitur yang beragam dan tampilan intuitif semakin mempermudah pengguna dalam mengelola web hosting. Terlebih, cPanel bisa digunakan oleh siapapun meski tidak memiliki kemampuan tentang pemrograman yang khusus.

Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Dengan cPanel, pengguna bisa melakukan konfigurasi domain, hosting, dan situs web di satu tempat. Jadi, lebih praktis sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Terlebih dengan beragam fitur yang ditawarkan yang semakin mempermudah setiap aktivitas dalam mengelola dan mengatur website.

Mempermudah Manajemen Website

Salah satu fitur cPanel yang dapat mempermudah manajemen website adalah file manager. Fitur tersebut memudahkan pengguna dalam mengelola file. Jadi, kamu sebagai pengguna bisa mengunggah hingga menghapus file bahkan tanpa harus menggunakan FTP maupun aplikasi pihak ketiga.

Mendukung Berbagai Aplikasi dan Plugin

Keuntungan lain menggunakan cPanel adalah turut mendukung berbagai aplikasi dan plugin. Itu artinya, cPanel memungkinkan kamu menggunakan berbagai aplikasi maupun plugin yang diperlukan dalam mengelola dan menjalankan website.

Meningkatkan Keamanan Website

Meningkatkan keamanan website juga merupakan keuntungan lain dari penggunaan cPanel untuk web hosting. Bagaimana bisa? Saat menggunakan cPanel, keamanan terjamin berkat adanya fitur section security. Sehingga website lebih minim risiko terhadap serangan virus, malware, maupun phishing.

Meski demikian, pemilik website tetap harus memperhatikan pentingnya sertifikat SSL karena fitur keamanan dari cPanel bisa bekerja dengan baik apabila website dilengkapi dengan SSL.

cPanel melalui fiturnya dapat mengecek virus yang dapat membahayakan website. Dilengkapi dengan fungsi dari fitur backups, pengelola atau pemilik website bisa melakukan backup data website yang penting. 

Jadi, keamanan data menjadi lebih baik dan tetap bisa digunakan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada situs web di kemudian hari.

Kesimpulan

Apa fungsi cPanel pada hosting termasuk fitur dan kelebihannya tentu menjadi informasi penting yang harus pengguna tahu. cPanel dikenal sebagai pilihan tepat bagi yang ingin mengelola web hosting dengan mudah dengan maupun tanpa kemampuan pemrograman sekalipun.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan fungsi cPanel secara maksimal untuk kebutuhan web hosting, mengapa tidak memilih hosting cPanel? Di Exabytes, ada berbagai pilihan paket cPanel hosting yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. cPanel 13 lite cocok untuk pemilik website dan landing page sederhana.

Tersedia juga pilihan lain seperti cPanel 13 Beginner, Plus, Pro, dan Max yang akan mendukung kebutuhan dan tujuan bisnis yang berbeda. Jadi tunggu apalagi? Exabytes merupakan penyedia hosting yang sudah memiliki sertifikat ISO 27001.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments