Instagram Down atau Error Hari Ini? Cari Tahu Penyebabnya

0
1179

Pada Minggu malam (21 Mei 2023) waktu Amerika Serikat atau Senin (22 Mei 2023) waktu Indonesia, Instagram mengalami masalah yang membuat pengguna tidak dapat mengakses layanan tersebut.

Jumlah laporan tentang masalah Instagram down memuncak sekitar pukul 18.00 waktu New York, dengan sekitar 185.000 laporan dalam waktu sekitar satu jam, seperti yang dilaporkan oleh situs pelacakan Downdetector.

Namun, setelah itu, laporan mulai berkurang dan layanan Instagram kembali online. Ini adalah gangguan besar kedua yang dialami Instagram dalam dua bulan terakhir.

Instagram Down

Permulaan Meta Platforms Inc, perusahaan yang menjalankan Instagram, telah meminta maaf atas gangguan tersebut. Pernyataan mereka mengatakan: “Sebelumnya hari ini, masalah teknis menyebabkan beberapa orang kesulitan mengakses Instagram. Kami menyelesaikan masalah ini secepat mungkin untuk semua orang yang terdampak, dan kami mohon maaf atas gangguan yang terjadi,” dikutip juru bicara Meta Platforms Inc dari Bloomberg pada hari Senin (22 Mei 2023).

Pernyataan ini sebenarnya mirip dengan apa yang mereka komunikasikan saat Instagram mengalami gangguan pada Maret 2023. Senin 22 Mei 2023 ini, aplikasi jejaring sosial Instagram mengalami error.

Ribuan pengguna mengeluh bahwa Instagram tidak berfungsi dan ini terlihat dari pengamatan di situs Downdetector. Di Indonesia sendiri, hampir 10.000 pengguna melaporkan masalah Instagram down sejak pukul 05.00 WIB.

Tidak hanya di Indonesia, masalah yang sama juga dilaporkan oleh pengguna di berbagai belahan dunia. Sejak pukul 05.00 WIB hingga pagi ini, diterima hampir 10.000 laporan pengguna yang mengeluhkan Instagram down.

Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, diketahui bahwa aplikasi Instagram tidak dapat memuat konten, sehingga pengguna tidak dapat memperbarui feed mereka. Juga, mereka juga tidak dapat memperbarui stories yang dimiliki.

Fenomena Instagram down ini juga menjadi trending topic di Twitter. Hingga pagi ini, tercatat lebih dari 1.200 pengguna Twitter yang mencuitkan tagar #instagramnya. Instagram sendiri memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya dan merupakan salah satu inisiatif pertumbuhan utama Meta, termasuk fitur Reels yang menjadi pesaing TikTok dalam kategori video pendek. Selain itu, Instagram juga sedang mempersiapkan peluncuran pesaing Twitter pada musim panas ini, sebagai bagian dari strategi Meta dalam mengambil keuntungan dari pergolakan yang terjadi di perusahaan yang diakuisisi oleh Elon Musk pada Oktober 2022.

Dengan demikian, penyebab pasti dari gangguan Instagram down ini masih belum diungkap secara rinci. Meta Platforms Inc telah meminta maaf dan berkomitmen untuk menyelesaikan masalah ini dengan secepat mungkin agar pengguna dapat kembali menggunakan layanan Instagram dengan lancar.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments