Apa Itu Colocation Server? Berikut Penjelasannya dan 2 Jenisnya

0
2737

Seiring dengan kemajuan teknologi, bisnis memiliki banyak kebutuhan baru. Server merupakan sebuah media yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh perusahaan saat ini sebagai sarana penunjang informasi. Colocation server termasuk yang paling banyak digunakan.

Jika Anda seorang IT, Anda mungkin akrab dengan istilah ‘hosting’ dan ‘domain’. Kedua istilah tersebut berkaitan erat dengan penggunaan server, termasuk colocation.

Jadi apa itu colocation server? Jangan khawatir, pada artikel kali ini Exabytes akan mengulasnya secara detail, mulai dari definisi, jenis dan manfaatnya. Simak sampai selesai pembahasannya, ya!

Apa Itu Colocation Server?

Colocation adalah layanan yang memiliki keuntungan besar untuk kelangsungan server Anda. Yang dimaksud dengan colocation adalah perusahaan yang menyewakan tempat untuk menempatkan perangkat keras komputer kepada perusahaan yang lokasi pusat datanya dimiliki oleh penyedia layanan.

Layanan colocation server adalah jenis layanan berupa lokasi khusus yang digunakan untuk hosting dan hosting berbagai server data center. Pemantauan atau penyimpanan dilakukan dengan menggunakan infrastruktur dan dengan standar keamanan yang tinggi, baik fisik maupun non fisik.

Karena server colocation membutuhkan listrik, akses internet yang memadai dan stabil, genset, uninterruptible power (UPS), flooring, pengatur suhu udara, sistem keamanan dan pengawasan video, maka server diatur menggunakan rak khusus untuk server colocation untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan yang menggunakannya.

Beberapa colocation server di Indonesia saat ini menjanjikan kinerja terbaik bagi pelanggan. Bagi para pelaku bisnis, layanan ini memudahkan pengelolaan bisnis dengan kelebihan yang dibawanya.

apa itu colocation server

Jenis-Jenis Dari Colocation Server

Server colocation dibagi menjadi 2 kategori dilihat dari dukungan penyedia layanannya, yaitu managed colocation dan unmanaged colocation. Berikut penjelasannya.

Managed Colocation

Managed colocation adalah dedicated server yang disewakan kepada pelanggan. Ketika pelanggan menggunakan layanan ini, server khusus yang disediakan oleh penyedia layanan telah dikonfigurasikan ke spesifikasi tertentu menggunakan aplikasi perangkat lunak yang dapat dijalankan oleh pengguna.

Mangaed colocation adalah layanan sempurna bagi mereka yang memiliki pengetahuan teknis minimal atau yang tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk memecahkan masalah dan memelihara server.

Namun, colocation terkelola sebagai layanan juga memiliki keterbatasan, seperti managed server yang hanya memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi yang didukung oleh server. Aplikasi tambahan juga diperlukan oleh situs web, tetapi jika aplikasi tidak didukung oleh penyedia layanan, itu akan menyebabkan masalah.

Unmanaged Colocation

Unmanaged colocation adalah layanan untuk menjalankan server yang tidak memerlukan dukungan vendor atau jika Anda ingin lebih mengontrol konfigurasi dan penggunaan server lebih banyak, unmanaged colocation adalah pilihan terbaik.

Layanan unmanaged colocation berbeda dengan layanan managed colocation, di mana pelanggan harus menyiapkan perangkat keras mereka sendiri dan mengelola semua perangkat lunak dan perangkat keras mereka sendiri.

Selain itu, penilaian warna yang unmanaged colocation adalah layanan yang memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada pelanggan, tetapi kelemahannya adalah pengguna memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Selain itu, pelanggan masih terikat dengan perjanjian penyedia layanan, sehingga sebagian besar perjanjian melarang hal-hal tertentu yang dapat dan tidak dapat dilakukan di server yang dihosting. Larangan ini termasuk pornografi, email massal yang menghabiskan banyak lalu lintas jaringan, dan apa pun yang menyebabkan masalah serius bagi penyedia layanan.

Perbedaan Dari Colocation Server Dengan Dedicated Server

Jika, Anda familier dengan hal-hal yang berhubungan dengan IT, Anda pasti mengetahui jika terdapat satu lagi jenis server yakni dedicated server. Kira-kira apa saja ya perbedaan yang membedakan keduanya?

Dedicated server sendiri adalah layanan server lainnya yang biasa digunakan oleh perusahaan besar yang membutuhkan server dengan data yang sangat besar. Beberapa perusahaan besar ternyata menggunakan layanan ini karena kebutuhan jumlah data yang tidak biasa. Oleh karena itu, diperlukan server khusus untuk mengakomodasi hal ini.

Selain memiliki fungsi yang cukup berbeda, Anda juga dapat menemukan kesamaan antara kedua server ini. Kesamaan antara kedua sistem adalah bahwa kedua sistem menyewa server atau perangkat keras untuk digunakan secara eksklusif oleh organisasi, perusahaan, atau individu.

Namun, yang membedakan dedicated server dari colocation server adalah bahwa tidak ada sistem berbagi dengan pengguna lain.

Perbedaan Dari Hosting Dengan Colocation Server

Hosting memiliki jenis yang berbeda, namun pada kenyataannya, hosting adalah penyimpanan dalam konteks situs web, di mana Anda dapat menyimpan file seperti email, dokumen, aplikasi, gambar, foto, dan lainnya.

Selain itu, jenis yang sering digunakan oleh banyak pengguna adalah shared hosting. Hosting dengan sistem berbagi ini dibagikan dengan pengguna lain yang memiliki kebutuhan serupa.

Untuk menggunakannya, Anda akan menggunakan alamat IP yang sama, perangkat lunak yang sama, dan perangkat keras yang sama dengan pengguna lain. Biasanya jenis hosting ini sangat populer di kalangan pengguna blog dan toko online.

Secara kasat mata, hosting dan colocation memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu berbagi container. Namun, jika kita melihatnya lebih detail, ada beberapa perbedaan yang cukup mendasar di antara keduanya.

Selain colocation server, layanan ini juga dikenal sebagai cloud hosting. Dibandingkan dengan hosting standar, cloud hosting adalah layanan penyimpanan yang terhubung ke banyak server berbeda. Dengan kata lain, colocation hosting memiliki keunggulan dibandingkan dedicated server dan hosting dengan teknologi yang tampakna lebih sederhana.

colocation server adalah

Kelebihan dan Kekurangan Dari Colocation Server

Colocation server memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasannya di bawah ini.

Kelebihannya

  • Skalabilitas: Colocation memungkinkan Anda untuk meningkatkan fasilitas dan infrastruktur server Anda sesuai kebutuhan. Pengembangan website bisnis terus berkembang, sehingga membutuhkan sistem dan fasilitas yang tepat.
  • Reliabilitas: Performa server lebih terjamin karena layanan ini menggunakan teknologi tepat guna. Disebut generator, baterai cadangan, dan stabillizer. Dengan cara ini, risiko berbagai gangguan arus dapat dihindari.
  • Fasilitas: Layanan ini menyediakan fasilitas yang ideal untuk mendukung kinerja server. Instalasi yang dimaksud adalah climate control system, cooler, dll. Untuk perlindungan, server biasanya dipasang dengan detekdor kebakaran, alat pemadam, dan CCTV.
  • Efisiensi: Layanan server tunggal ini dapat menghemat energi dan biaya. Anda tidak perlu lagi membeli berbagai perangkat seperti fire detector, pendingin, rak, dari tim manajemen server. Penyedia layanan pusat data memiliki semuanya.
  • Performa: Server colocation menawarkan kecepatan, up-time, dan kinerja tinggi. Apalagi layanan ini tersedia dengan tingkat bandwidth yang sangat lebar untuk memenuhi semua kebutuhan server.
  • Keamanan: Colocation server adalah layanan yang sangat aman di mana keamanan fisik dan non-fisik dijamin. Penyedia layanan akan melindungi server Anda 24 jam tanpa gangguan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan berbagai jenis serangan seperti pencurian data atau virus.

Kekurangannya

  • Akses: Sebagian besar penyedia layanan pusat data hanya berlokasi di kota-kota besar. Jika tempat usaha atau tempat tinggal Anda berada di kota lain, Anda harus mengorbankan waktu untuk sampai ke penyedia layanan data center.
  • Kontrol: Penyedia layanan umumnya memiliki aturan sendiri, misalnya, ketentuan jam berkunjung. Anda tidak dapat mengontrol atau mengakses server secara bebas. Kegiatan ini hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Siapa Saja Yang Pantas Untuk Menggunakan Colocation Server?

Banyaknya hosting berbasis cloud dan hosting yang dikelola pihak ketiga berarti hanya sedikit orang atau bisnis yang mengelola server web mereka sendiri. Jadi kebanyakan orang yang menggunakan colocation hosting adalah penyedia hosting itu sendiri.

Berikut adalah yang cocok untuk menggunakan colocation server.

Penyedia Layanan Cloud

Colocation server adalah layanan terkenal dari penyedia infrastruktur berbasis cloud. Dengan menggunakan layanan ini, penyedia layanan cloud dapat menyewakan ruang server mereka dan memberi pengguna cloud akses ke server ini.

Industri Teknologi

Industri teknologi adalah area yang mendukung penggunaan colocation server. Layanan ini memudahkan pengelolaan dan pemeliharaan server untuk instansi dan perusahaan. Alih-alih memecahkan masalah server, Anda dapat fokus pada tugas lain yang lebih penting.

colocation server exabytes

Jadi, Colocation Server Merupakan Pilihan Terbaik Atau Tidak?

Dari ulasan di atas dapat dipahami bahwa banyak hal yang perlu dipersiapkan saat membangun sebuah website, termasuk server yang akan digunakan. Colocation server adalah alternatif terbaik bagi Anda yang memiliki pengetahuan teknis yang minim atau tidak punya waktu untuk mengelola server.

Sekarang, Anda pasti sudah sedikit memahami apa itu colocation server, mulai dari memahami jenis dan kelebihannya. Colocation adalah layanan pemeliharaan server yang dihosting di pusat data pihak ketiga. Layanan colocation menyediakan manajemen, pemeliharaan, dan keamanan tingkat tinggi tanpa memengaruhi pengguna.

Lalu bagaimana? Apakah colocation server jenis layanan server yang Anda butuhkan? Sebagai langkah awal, Anda bisa menganalisa trafik website Anda terlebih dahulu.

Jika server Anda tidak dapat menangani lalu lintas tinggi dan memperlambat situs Anda, sekarang adalah saat yang tepat untuk menggunakan layanan lokasi server.

Sebagai rekomendasi, Anda dapat memanfaatkan layanan pencari lokasi server Indonesia yang disediakan oleh Exabytes Indonesia, yang mencakup fasilitas dan fitur lengkap seperti pemantauan penuh 24×7, 99,9% uptime, UPS backup, dan banyak lagi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments