Apa Itu E-wallet? Semua yang Perlu Kamu Ketahui

0
100

Perkembangan teknologi menawarkan berbagai kemudahan, termasuk dalam transaksi melalui adanya e-wallet. Belum pernah mendengar istilah satu ini atau bahkan kamu sudah merasakan manfaat dari apa itu e-wallet? 

Sekilas tentang Apa Itu E-wallet

Sekilas tentang Apa Itu E-wallet

Masih bertanya apa itu e-wallet? Seperti namanya, e-wallet adalah dompet digital yang berfungsi seperti dompet fisik yang biasa kamu gunakan dan bawa ke mana saja untuk menyimpan uang sehingga bisa melakukan berbagai transaksi.

Karena merupakan dompet digital, e-wallet tidak hadir dengan bentuk fisik melainkan aplikasi yang bisa pengguna unduh dan pasang di perangkat yang biasa digunakan, misalnya smartphone. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan transaksi secara non tunai sehingga dinilai lebih mudah, praktis, dan aman.

Penggunaan dompet digital saat ini sangat beragam, mulai dari transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian barang secara online maupun offline, dan masih banyak lagi.

Jadi, sebenarnya apa itu e-wallet? E-wallet adalah sebuah platform elektronik yang memungkinkan individu menyimpan uang dan melakukan berbagai transaksi keuangan melalui perangkat elektronik.

Cara Kerja E-wallet

Apa itu e-wallet atau dompet digital adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan uang dan melakukan berbagai transaksi keuangan secara digital menggunakan perangkat yang mendukung.

Tetapi, seperti apa cara kerjanya? Berikut adalah uraian dari cara kerja dompet digital yang perlu kamu tahu agar semakin nyaman menggunakannya:

1. Registrasi dan Pembuatan Akun

Pengguna harus mendaftar dan membuat akun dengan mengunduh aplikasi e-wallet atau mendaftar melalui situs web penyedia layanan e-wallet. Biasanya, mereka akan diminta untuk memberikan informasi pribadi dan memverifikasi identitas mereka.

2. Penambahan Dana

Setelah akun dibuat, pengguna harus menambahkan dana ke dalam e-wallet mereka. Ini dapat dilakukan dengan mentransfer uang dari rekening bank, kartu kredit, atau dengan cara lain tergantung pada pilihan yang disediakan oleh penyedia layanan e-wallet.

3. Penyimpanan Dana

Dana yang ditambahkan akan disimpan dalam akun e-wallet pengguna secara elektronik. Biasanya, e-wallet memiliki lapisan keamanan yang kuat untuk melindungi dana yang disimpan.

4. Penggunaan Dana

Dana yang disimpan dalam e-wallet dapat digunakan untuk berbagai jenis transaksi, seperti pembelian barang dan layanan secara online maupun di toko fisik, pembayaran tagihan, transfer uang kepada pengguna lain, dan sebagainya.

5. Keamanan

Penyedia e-wallet biasanya menggunakan berbagai metode keamanan, seperti enkripsi data, otentikasi dua faktor, dan teknologi keamanan lainnya untuk melindungi informasi pengguna dan dana yang disimpan dalam e-wallet.

6. Pelacakan Transaksi

Setiap kali pengguna melakukan transaksi menggunakan e-wallet, detailnya dicatat dalam riwayat transaksi di akun pengguna. Ini memungkinkan pengguna untuk melacak pengeluaran mereka dan mengelola keuangan mereka dengan lebih baik.

7. Pembaruan dan Peningkatan

Penyedia e-wallet secara teratur memperbarui platform mereka untuk meningkatkan keamanan, fungsionalitas, dan pengalaman pengguna. Pengguna biasanya perlu memperbarui aplikasi e-wallet mereka untuk mendapatkan fitur-fitur baru dan pembaruan keamanan.

Manfaat Ewallet

Apa itu e-wallet tentunya hadir sebagai solusi bagi siapa saja yang menyukai kemudahan dalam bertransaksi dan mengatur keuangan. Dompet digital (e-wallet) hadir dan memberikan berbagai manfaat, di antaranya adalah:

Menawarkan Cara Bertransaksi yang Praktis

Salah satu manfaat dari apa itu e-wallet adalah pengguna bisa melakukan berbagai transaksi secara praktis. Kemudahan tersebut memungkinkan kamu menghemat lebih banyak waktu sehingga bisa mengalokasikan waktu untuk kegiatan lain yang tidak kalah penting dan produktif. 

Dengan dompet digital, kamu bisa melakukan pembayaran tanpa harus membawa dompet berisi uang fisik. Jadi, sekalipun lupa membawa dompet, kamu tetap bisa melakukan transaksi, termasuk membeli barang yang dibutuhkan.

Memungkinkan Pengguna Mendapatkan Berbagai Promo Menarik

Manfaat sekaligus kelebihan dari penggunaan dompet digital lainnya adalah tersedianya promo menarik bagi para pengguna. Promo bisa berupa potongan harga, cashback, atau lainnya tergantung dari platform e-wallet yang kamu gunakan dan merchant yang bekerja sama dengannya.

Bisa untuk Melakukan Berbagai Transaksi

Ada juga manfaat apa itu e-wallet lainnya, yaitu bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi. Termasuk di antaranya adalah pembelian di toko atau merchant yang mendukung, membayar tagihan, pembelian pulsa, transfer ke pengguna lain, dan masih banyak lagi.

Memudahkan dalam Mengelola Keuangan

Salah satu manfaat dompet digital yang akan kamu rasakan setelah menggunakannya adalah kemudahan yang sangat membantu dalam mengelola keuangan. 

Layanan dompet digital seringkali disertai dengan fitur pencatatan transaksi. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan pencatatan atas pengeluaran yang dilakukan.

Mewujudkan Cashless Society

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa Bank Indonesia menggagas Gerakan Nasional Non Tunai atau GNNT di tahun 2014 silam. Tujuannya adalah membuat masyarakat semakin mengenal transaksi non tunai. Transaksi cashless tentunya dinilai lebih praktis dan nyaman. Bahkan memberikan kemudahan dalam mengatur keuangan.

Dengan adanya transaksi non tunai (cashless), Bank Indonesia bisa mengurangi anggaran sebesar Rp 3,5 triliun yang digunakan untuk mencetak uang baru serta mengganti uang yang tidak layak edar.

Kelebihan dan Kekurangan E-wallet

Pengguna e-wallet tentu sudah merasakan berbagai manfaat penggunaannya. Namun, apabila kamu baru tahu apa itu e-wallet dan masih ragu untuk mencobanya, pertimbangkan kekurangan dan kelebihannya berikut ini:

Kelebihan Kekurangan
Transaksi keuangan yang cepat Beberapa ewallet dan transaksi mungkin memerlukan biaya administrasi
Dapat digunakan kapan saja dan dimana saja Hidup menjadi lebih konsumtif berkat kemudahan dan promo menarik yang diberikan
Transaksi yang lebih aman Tidak semua tempat menerima pembayaran menggunakan e-wallet
Menawarkan berbagai promo menarik

 

Contoh E-wallet di Indonesia

Contoh E-wallet di Indonesia

Yakin sudah paham apa itu e-wallet, cara kerja, manfaat, dan kelebihannya? Jika demikian, apakah kamu sudah memutuskan untuk menggunakan dompet digital dan merasakan manfaatnya?

Bagi yang masih bingung memilih platform dompet digital apa yang akan digunakan, kamu bahkan bisa menggunakan beberapa atau bahkan semua e-wallet. Meski demikian, kamu harus mempertimbangkan banyak hal, termasuk kebutuhan yang mengharuskan mengunduh dan menggunakan e-wallet dan kapasitas penyimpanan di perangkat.

Terdapat banyak pilihan contoh e-wallet di Indonesia termasuk:

OVO

OVO adalah e-wallet yang didukung oleh perusahaan lokal, Lippo Group. OVO juga menawarkan berbagai fitur, termasuk pembayaran di berbagai merchant, pembayaran tagihan, pengiriman uang, dan investasi keuangan.

Bahkan dompet digital ini juga bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran berbagai transaksi di aplikasi Grab, termasuk grab bike, grab car, grab food, dan lainnya. 

Dompet digital ini juga memungkinkan pengguna melakukan tarik tunai dan transfer. Sehingga memberikan manfaat yang beragam bagi pengguna.

Gopay

Gopay pada mulanya hadir seb gai metode pembayaran di aplikasi ojek online, Gojek. Namun seiring dengan berjalannya waktu, e-wallet satu ini juga bisa pengguna manfaatkan untuk berbagai kebutuhan termasuk bertransaksi di e-commerce Tokopedia dan berbagai merchant serta layanan lain di luar ekosistem GoTo.

LinkAja

LinkAja adalah e-wallet yang merupakan hasil kerjasama antara beberapa bank dan perusahaan teknologi keuangan di Indonesia. LinkAja menawarkan berbagai layanan, termasuk pembayaran di berbagai merchant, transfer uang, pembelian tiket transportasi, dan lainnya.

ShopeePay

ShopeePay adalah e-wallet yang disediakan oleh platform belanja online Shopee. Selain digunakan untuk pembayaran di dalam platform Shopee, ShopeePay juga dapat digunakan untuk pembayaran di merchant lain, transfer uang, dan pembayaran tagihan.

Ingin melakukan pembayaran di Exabytes menggunakan ShopeePay? Tentu bisa!

DANA

DANA adalah e-wallet yang dikembangkan oleh PT Elang Sejahtera Mandiri, sebuah perusahaan yang berfokus pada teknologi keuangan. 

DANA menawarkan berbagai fitur seperti pembayaran di berbagai merchant, transfer uang, pembelian pulsa, pembayaran tagihan, dan transaksi lain yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat melalui aplikasi yang terpasang di perangkat kesayangan.

Jenius

Selain beberapa pilihan e-wallet di atas, kamu juga bisa menggunakan Jenius yang merupakan produk BTPN. Jenius hadir dengan berbagai fitur yang memudahkan kehidupan, di mana pengguna bisa bertransaksi dengan cepat, mudah, dan aman.

Penggunaan aplikasi dompet digital ini juga memungkinkan kamu untuk menikmati fitur split bill. Nah, fitur ini cocok bagi kamu yang sering  pergi hangout bersama teman dan ingin melakukan pembayaran secara terpisah.

Sudah Mulai Menggunakan E-wallet?

Hadir sebagai layanan keuangan berupa dompet digital yang bisa dipasang di berbagai perangkat elektronik, apa itu e-wallet tentu semakin populer di berbagai kalangan masyarakat.

Individu bahkan bisa menggunakan lebih dari satu aplikasi sehingga bisa mereka sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Keberadaan dompet digital di tengah masyarakat juga memberikan peluang bagi para pebisnis untuk bisa lebih dekat dengan konsumen.

Melalui kemudahan pembayaran menggunakan e-wallet, kamu bisa mendapatkan lebih banyak calon konsumen yang akan datang dan bertransaksi di toko online kamu.

Akan tetapi, pastikan bahwa toko online kamu menawarkan sistem pembayaran menggunakan dompet digital.Apabila belum punya website, kamu bisa segera menghubungi Exabytes untuk mendapatkan jasa pembuatan website toko online.

web hosting murah terbaik blog banner