Apa Itu Kepuasan Pelanggan? Tips dan Strategi Efektif!

0
168

Tujuan utama menjalankan bisnis adalah menjual produk atau jasa sebanyak-banyaknya, bahkan melebihi target. Tetapi, tahukah kamu seberapa penting kepuasan pelanggan bagi sebuah bisnis? Yuk simak artikel tentang apa itu kepuasan pelanggan satu ini!

Apa Itu Kepuasan Pelanggan?

Apa Itu Kepuasaan Pelanggan

Apa itu kepuasan pelanggan menjadi perhatian penting bagi suatu bisnis. Apakah kamu sudah benar-benar memahaminya dengan baik? Kepuasan pelanggan bisa diartikan sebagai perasaan yang timbul setelah seseorang membeli atau menggunakan produk atau jasa tertentu.

Perasaan tersebut bisa berupa perasaan senang atau kecewa sebagai reaksi dari apa yang mereka dapatkan dari merek yang menawarkan produk atau jasa.

Kepuasan pelanggan mencakup pengalaman secara keseluruhan, dari awal hingga akhir. Yang merupakan refleksi apakah perusahaan atau bisnis berhasil memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan atau tidak.

Memahami apa yang membuat pelanggan merasa puas merupakan kunci dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan dalam jangka panjang. Pelanggan yang melakukan repeat order merupakan salah satu indikasi mereka merasa puas sehingga tidak beralih kepada kompetitor untuk mendapatkan apa yang mereka cari.

Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan

Bagi pemilik bisnis, memahami apa itu kepuasan pelanggan menjadi sangat penting karena berdampak pada keberlangsungan dan masa depan bisnis. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Ha-hal tersebut harus menjadi perhatian pelaku bisnis.

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan:

Kualitas Produk atau Jasa

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan adalah kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Pelanggan akan merasa senang apabila mendapatkan produk atau jasa yang berkualitas, dan sebaliknya.

Bisnis harus mampu menjawab kebutuhan konsumen dengan memberikan produk atau jasa yang berkualitas. Sebaik apapun pelayanan yang kamu berikan, hal tersebut akan tetap kurang sehingga tidak membuat konsumen merasa puas apabila tidak diimbangi dengan kualitas produk atau jasa yang baik.

Pelayanan Pelanggan

Faktor penting lain yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah pelayanan yang diberikan. Selain kualitas produk atau jasa, cara bisnis memberikan pelayanan kepada pelanggan juga menjadi hal yang harus selalu kamu perhatikan selaku pemilik bisnis. 

Pelayanan turut berdampak pada kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu, pastikan bisnis kamu memberikan layanan yang baik saat melakukan penjualan maupun setelah penjualan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa senang, puas, dan tetap setia memilih produk atau jasa dari kamu.

Ini tentu menjadi salah satu cara mempertahankan pelanggan agar tidak berpaling kepada kompetitor.

Harga

Harga menjadi faktor lain yang berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu, penting bagi sebuah bisnis atau pelaku usaha untuk melakukan riset agar bisa menentukan harga yang sesuai kualitas dan dapat bersaing di pasaran.

Dengan harga yang relatif terjangkau, bisnis kamu akan mendapatkan nilai lebih di mata pelanggan. Namun, tetap perhatikan bahwa kualitas tidak pernah menurun meski saat menawarkan potongan harga sekalipun.

Strategi Pemasaran dan Promosi

Bagaimana cara membuat pelanggan merasa puas juga berhubungan dengan bagaimana kamu memasarkan atau mempromosikan produk atau jasa. Dalam menjalankan bisnis, kedua hal tersebut tentu tidak boleh dilewatkan. Pesan promosi dan pengalaman pelanggan yang sesuai akan berkontribusi dalam memperkuat kepuasan pelanggan.

Di era digital sekarang ini, kamu bisa menggunakan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan berbagai media. Jadi, tidak ada salahnya mencoba pemasaran digital, seperti social media marketing, email marketing, atau lainnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan Google Ads untuk menargetkan audiens atau calon pelanggan melalui mesin pencari Google. Pasalnya, orang-orang saat ini melakukan pencarian secara online, termasuk untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan.

Kemudahan atau Aksesibilitas

Selain beberapa hal di atas, pelaku bisnis juga harus mempertimbangkan kemudahan atau akses. Hal tersebut merupakan faktor lain yang dapat memengaruhi kepuasan pelanggan. Jadi, pastikan konsumen bisa mendapatkan produk atau jasa dengan mudah, termasuk dalam melakukan transaksi.

Itulah mengapa membangun website menjadi sangat penting. Dengan adanya website, konsumen bisa melakukan pembelian dan pembayaran pesanan dengan mudah, hanya dalam beberapa klik saja.

Perlu jasa pembuatan website? Silahkan hubungi Exabytes sekarang juga!

Manfaat Kepuasan Pelanggan Bagi Bisnis

Apa itu kepuasan pelanggan juga melibatkan beberapa manfaatnya untuk bisnis. Apa saja manfaat kepuasan pelanggan?

Agar kamu semakin memfokuskan diri dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kepuasan pelanggan terhadap bisnis:

Memperkuat Brand

Salah satu manfaat apa itu kepuasan pelanggan bagi bisnis adalah memperkuat brand. Dewasa ini, pasar bisnis semakin kompetitif dengan munculnya berbagai kompetitor.

Agar bisa terus bertahan dalam persaingan bisnis yang ketat, kamu harus memastikan bahwa pelanggan merasa puas atas produk atau layanan yang diberikan.

Mengapa hal tersebut begitu penting? Pelanggan yang merasa puas akan kembali melakukan pembelian. Bahkan bukan tidak mungkin akan menarik pelanggan baru melalui testimoni atau ulasan yang diberikan oleh pelanggan sebelumnya. Itu artinya, brand bisnis kamu akan semakin dikenal luas.

Selain meningkatkan brand awareness, kepuasan pelanggan juga akan turut memperkuat posisi brand.

Intip beberapa cara mudah membangun brand awareness yang bisa kamu coba untuk bisnis!

Memberikan Impresi Positif Terhadap Bisnis

Dengan memaksimalkan tingkat kepuasan pelanggan, bisnis akan mendapatkan impresi dan nilai posisi dari pelanggan. Ini menjadi manfaat lain yang bisnis dapat rasakan dari kepuasan pelanggan.

Saat individu merasa puas dan senang dengan pilihannya, baik produk atau jasa, ia akan dengan senang hati merekomendasikannya kepada orang-orang terdekat. Hal tersebut memberikan peluang bagi bisnis untuk semakin dikenal banyak orang melalui impresi dan kesan positif dari pelanggan.

Sudah paham kan kenapa apa itu kepuasaan pelanggan begitu penting untuk dipelajari?

Meningkatkan Ketertarikan dan Kesetiaan Pelanggan

Meningkatkan ketertarikan dan loyalitas pelanggan merupakan prioritas utama bagi setiap bisnis yang ingin bertahan dan berkembang di pasar yang kompetitif. Salah satu strategi efektif adalah dengan memberikan pengalaman pelanggan yang unik dan memuaskan. 

Hal ini dapat dicapai melalui peningkatan kualitas produk atau layanan, serta melalui interaksi yang personal dan berarti.

Selain itu, program loyalitas yang menarik juga dapat menjadi kunci untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru. Melalui insentif, diskon eksklusif, atau reward points, pelanggan cenderung lebih termotivasi untuk kembali dan melakukan pembelian berulang.

Kamu bisa mencoba beberapa cara mempertahankan pelanggan pada artikel ini.

Indikator Kepuasan Pelanggan

Indikator Apa Itu Kepuasan Pelanggan

Sebelum lebih jauh menemukan cara mengukur kepuasan pelanggan, sebaiknya ketahui dahulu apa saja indikator kepuasan pelanggan. Hal tersebut merupakan bagian penting dari pemahaman tentang apa itu kepuasan pelanggan.

Adapun indikator kepuasan pelanggan di antaranya adalah:

  • Kesetiaan pelanggan: mencerminkan sejauh mana pelanggan terikat dengan brand bisnis, termasuk mencoba produk atau layanan baru, melakukan pembelian, dan merekomendasikan produk atau jasa kepada orang lain.
  • Retensi pelanggan: tingkat retensi kepuasan pelanggan menyoroti kemampuan bisnis dalam mempertahankan pelanggan, di mana tingkat retensi yang tinggi menunjukkan keberhasilan bisnis dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Tingkat repeat order: seberapa sering pelanggan melakukan pembelian berulang yang menunjukkan kepuasan mereka terhadap suatu produk atau layanan.
  • Keluhan pelanggan: mencerminkan ketidakpuasan pelanggan pada produk atau bisnis yang mereka pilih.

Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan

Dengan beberapa indikator kepuasan pelanggan di atas, kamu bisa menemukan cara tepat untuk mengukur kepuasan pelanggan. Apa saja cara yang bisa kamu coba? Berikut adalah cara mengukur customer satisfaction yang banyak dilakukan oleh bisnis atau perusahaan:

Survey Kepuasan Pelanggan

Survey merupakan cara paling umum yang banyak dilakukan agar bisa mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Cara ini bisa berupa kuesioner yang dilakukan secara online maupun offline.

Pertanyaan yang diajukan harus mampu memahami persepsi pelanggan terhadap kualitas produk atau layanan. Kamu juga tidak boleh melupakan pentingnya mengetahui seberapa puas pelanggan dan apa saja harapan mereka terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Lakukan Ghost Shopping

Ingin mengukur apa itu kepuasan pelanggan melalui cara lain selain survey? Nah, kamu bisa melakukan ghost shopping atau berpura-pura sebagai pelanggan. Ini memungkinkan kamu selaku pemilik bisnis mengalami secara langsung proses pembelian dan pengalaman pelanggan. Sehingga kamu bisa memahami sudut pandang pelanggan.

Hasil yang didapatkan akan bisa kamu gunakan untuk melakukan evaluasi dan meningkatkan kualitas layanan di kemudian hari. Dengan begitu, bisnis tahu apa saja yang harus ditingkatkan agar bisa memberikan kepuasan pelanggan dengan tingkat yang lebih baik.

Analisa Kritik dan Saran

Menjalankan bisnis artinya kamu siap dengan berbagai kritik dan saran, terutama dari pelanggan. Kedua hal tersebut berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Coba analisa pola feedback, keluhan, dan saran yang diberikan oleh pelanggan. 

Sehingga kamu bisa mengidentifikasi area mana yang perlu ditingkatkan. Apakah kualitas produk atau jasa, layanan pelanggan, atau lainnya. Dengan begitu kamu semakin memahami betapa pentingnya apa itu kepuasan pelanggan bagi bisnis yang sedang dijalani.

Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan berbekal indikator dan cara meningkatkan apa itu kepuasan pelanggan, sudah tahu kan tindakan apa yang harus dilakukan? Sebagai cara meningkatkan kepuasan pelanggan, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Tingkatkan kualitas produk atau layanan
  • Buat program loyalitas berupa diskon, poin reward, atau lainnya untuk menarik pelanggan sehingga mereka akan setia memilih bisnis kamu
  • Sigap dalam menanggapi keluhan, kritik, dan saran pelanggan
  • Berikan solusi terbaik atas permasalahan yang dialami pelanggan
  • Bangun hubungan baik dengan pelanggan

Kesimpulan

Apa itu kepuasan pelanggan akan membawa kamu mengetahui apa saja yang perlu ditingkatkan dalam bisnis. Tujuannya agar bisnis terus berkembang melalui kepercayaan dan impresi baik yang pelanggan berikan.

Mengingat pemasaran dan promosi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, apakah kamu sudah memaksimalkan keduanya?

Apabila merasa strategi pemasaran saat ini kurang memberikan hasil maksimal, mengapa tidak menggunakan jasa digital marketing dari Exabytes?