Apa Itu Komputer Server? Penjelasan dan 7 Fungsinya [LENGKAP]

0
2888

Jaringan komputer, baik lokal maupun online, dikelola oleh perangkat induk yang disebut komputer server. Namun, apa sebenarnya komputer server itu sendiri?

Ikuti artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi, jenis dan perbedaan dari komputer biasa. Di akhir artikel, kami juga akan memandu Anda dalam memilih spesifikasi perangkat keras yang diperlukan jika Anda ingin membangun server sendiri.

Apa Itu Komputer Server?

Singkatnya, komputer server adalah sebuah perangkat yang tugsnya mengatur semua aktivitas yang ada pada suatu sistem dan jaringan. Komputer server yang biasanya terhubung dengan workstation atau jaringan komputer lain sering disebut dengan client.

Klien ini kemudian akan meminta informasi dan data dari server melalui internet. Data ini dapat berupa gambar, file teks, video, dll. Sekarang tugas server di sini adalah melayani dan menanggapi semua permintaan dari klien.

Sekarang untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang apa itu komputer server dan lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristik lain dari komputer server:

  • OS khusus – Server biasanya memiliki sistem operasi khusus server seperti Microsoft Windows Server, Ubuntu Server, CentOS Server, Unix Server, dll.
  • Spesifikasi tinggi – Sebagai pusat data dan informasi, server biasanya menawarkan spesifikasi yang cukup tinggi dan telah terbukti andal dalam menjalankan program dan sistem yang berat.
  • Standalone – Server adalah perangkat utama dalam sistem komputer dan jaringan. Akibatnya, server sering dapat beroperasi secara independen tanpa memerlukan klien atau periferal lain.

Fungsi Dari Komputer Server

Setelah mengetahui tentang apa itu komputer server, kita akan masuk ke pembahasan mengenai fungsi dan manfaat dari penggunaan perangkat tersebut.

  • Kelola kebutuhan klien dan berikan output yang diharapkan.
  • Penyediaan sumber daya, baik itu perangkat keras atau aplikasi. Sumber daya ini dikelola sehingga dapat digunakan oleh stasiun klien yang terhubung ke jaringan.
  • Mengelola lalu lintas data di jaringan.
  • Tempat untuk menyimpan data atau file yang dapat diakses oleh pelanggan.
  • Mengatur hak akses. Setiap klien mungkin memiliki akses ke data atau sistem tertentu, tergantung pada peran atau lokasi mereka.
  • Menyediakan database untuk mendukung pengoperasian sistem atau aplikasi.
  • Jaringan lebih mungkin dikompromikan. Server dapat melindungi klien dengan menyediakan firewall atau perangkat lunak anti-malware.
apa itu komputer server

Jenis Server Berdasarkan Dari Fungsinya

Berikut ini adalah beberapa jenis server yang biasa digunakan untuk mendukung pekerjaan pengguna (user).

Web Server

Web server menyimpan file atau data untuk situs web. Ketika klien membuat permintaan, server web menjalankan protokol khusus. Protokol khusus ini akan menghasilkan output di browser. Hasilnya adalah halaman web dengan semua kontennya.

Sebuah halaman web yang dapat diakses secara online harus terlebih dahulu di-host. Hosting terletak di server web. Exabytes adalah penyedia web hosting yang andal. Menyediakan hosting dengan performa server yang handal.

Ada beberapa paket hosting yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Application Server

Application server adalah jenis server yang digunakan untuk menyimpan file dan data untuk melayani pengguna aplikasi web. Biasa digunakan untuk kebutuhan proyek seperti sistem informasi, pengembangan aplikasi yang berkaitan dengan pendidikan, kesehatan, dll.

FTP Server

FTP server adalah komputer yang mengatur aliran transfer file atau dokumen yang dilakukan melalui aplikasi berdasarkan protokol transfer file. Perangkat lunak ini juga digunakan untuk mengakses file secara online.

Mail Server

Mail server adalah perangkat komputer yang mendukung pengiriman dan penerimaan email. Server email dapat berfungsi jika Anda memiliki klien email di komputer Anda.

Perangkat lunak kemudian akan terhubung ke server surat IMAP atau POP3 untuk mengunduh surat Anda. Dan tugas server SMTP adalah mengirim ulang email melalui server email.

Proxy Server

Server ini bertindak sebagai perantara antara klien dan server selama lalu lintas data. Proxy akan memfilter permintaan, mengoptimalkan kinerja pada lalu lintas data, dan membagikan koneksi.

Database Server

Database server adalah tempat database ini dikelola. Server ini juga menjalankan aplikasi database yang dapat menjawab pertanyaan terkait database dari klien.

File Server

Server ini menyediakan lokasi hosting. Memori ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file: gambar, audio, video, dokumen, database, dll. File server adalah tempat penyimpanan dan pengambilan data klien dikelola.

Print Server

Print server dapat menangani permintaan cetak dari beberapa klien pada satu perangkat cetak. Dapat menguntungkan karena tidak perlu menyediakan 1 printer untuk 1 komputer.

Dewasa ini banyak perangkat percetakan yang kompleks yang memiliki sistem server internal, sehingga tidak memerlukan server berbasis komputer eksternal.

DNS Server

Dalam Domain Name System atau DNS, terdapat database yang berisi beberapa website atau domain. Ketika klien memasuki domain, server DNS akan bekerja menerjemahkan domain ke dalam bahasa mesin. Server DNS akan mencari alamat IP situs web yang bersangkutan.

Dengan menggunakan alamat IP ini, browser dapat berkomunikasi dengan server web asal sehingga pengguna dapat mengakses web melalui browser. Yang membutuhkan domain juga bisa menggunakan layanan Exabytes. Ada beberapa opsi TLD dengan harga diskon.

Daftar di atas hanya sebagian dari jenis server yang diklasifikasikan menurut fungsinya. Sebenarnya masih banyak jenis lainnya. Selain itu, jenis server juga diklasifikasikan menurut bentuknya.

Jenis Server Berdasarkan Dari Bentuknya

Komputer server memiliki beberapa variasi. Di bawah ini adalah jenis server yang diklasifikasikan berdasarkan bentuknya.

Tower Server

apa itu komputer server - tower server

Jika dilihat dari bentuknya, tower server mirip dengan prosesor komputer yang biasa Anda lihat. Namun, spesifikasinya tentu bisa disesuaikan. Menyesuaikan fungsionalitas servernya.

Startup sering menggunakan server jenis ini karena lebih murah. Server ini juga dapat ditingkatkan. Sehingga seiring pertumbuhan bisnis, spesifikasi server dapat ditingkatkan.

Rak Server

apa itu komputer server - rak server

Sesuai dengan namanya, server ini berasal dari beberapa server yang tersusun dalam bentuk rak. Server jenis ini biasanya terletak di ruangan dengan sistem pendingin khusus. Pasalnya banyak server yang berjalan dan suhu perlu diatur.

Server ini dapat menangani data yang lebih besar dengan kinerja yang lebih baik.

Blade Server

apa itu komputer server - blade server

Server blade juga dapat disebut sebagai server ultra-tipis. Ini karena lebih kecil, tetapi dapat menjalankan sistem intensif komputasi dan menyimpan data dalam jumlah besar. Selain menghemat ruang, server ini juga menjanjikan pengurangan konsumsi daya.

Sekarang setelah Anda mengetahui berbagai jenis server, hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah cara kerja server.

Sedikit Penjelasan Cara Kerja Dari Server Itu Sendiri

Untuk bertindak sebagai server, perangkat harus dikonfigurasi untuk dapat menangkap permintaan klien di jaringan. Setup melibatkan menginstal sistem operasi server khusus.

Sistem operasi khusus server yang memungkinkan perangkat menerima dan merespons permintaan. Selain sistem operasi yang sangat dasar, ada juga beberapa program atau aplikasi tambahan yang dapat menjalankan program tertentu. Contohnya adalah aplikasi Apache yang dapat menjalankan server web Apache dan menanggapi permintaan browser.

Klien membuat permintaan di jaringan. Server akan menerima permintaan, memprosesnya, dan kemudian memberikan output berdasarkan permintaan klien. Selain melakukan tugas inti ini, server juga akan melakukan beberapa tugas tambahan. Contoh: memverifikasi identitas klien yang mengajukan permintaan.

Pastikan klien memiliki akses ke data dan sumber daya yang diminta. Server juga harus didukung dengan spesifikasi hardware yang mumpuni. Penyebabnya adalah server sedang melakukan tugas yang berat.

Perbedaan Komputer Server Dengan Komputer Client

Seperti disebutkan di bagian sebelumnya, server dan klien memiliki fungsi yang sama sekali berbeda.

Komputer klien digunakan sebagai perangkat komputasi biasa. Di sisi lain, komputer server berfungsi sebagai perangkat yang melayani kebutuhan klien dan mengelola operasi jaringan.

Oleh karena itu, perangkat keras dan perangkat lunak kedua jenis komputer tersebut juga berbeda. Komputer klien biasanya menggunakan perangkat keras kelas bawah dengan kinerja rata-rata. Apalagi harganya terjangkau.

Ini berbeda dari komputer server. Komputer jenis ini harus menggunakan perangkat keras yang tahan lama dan dapat menjalankan jaringain dengan lancar. Selain itu, harus menyala tanpa henti. Tentu saja harga perangkat ini tidak semurah klien bekas.

Dalam hal perangkat lunak, komputer klien biasanya menggunakan sistem operasi umum yang mudah digunakan. Windows dan Mac OS adalah contohnya. Pada server, perangkat lunak yang digunakan adalah sistem operasi khusus, seperti Windows Server, Linux, dan Ubuntu.

Selain itu, server memerlukan manajemen yang berbeda. Karena perlu dihidupkan selama 24 jam, unit ini harus ditempatkan di ruangan bersuhu rendah agar tidak terlalu panas. Selain itu, sumber daya cadangan seperti UPS diperlukan agar komputer tidak mata saat listrik utama mati.

Spesifikasi Komputer Server Yang Dibutuhkan

Selain fungsinya, spesifikasi komputer host berbeda dari komputer klien. Di bawah ini kami akan menjelaskan jumlah CPU, RAM, dan hard drive yang diperlukan jika Anda ingin membangun server sendiri.

Prosesor

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih komputer untuk server adalah prosesor. Sama seperti ketika Anda ingin memilih perangkat pribadi, Anda dapat memilih dari dua produsen terkenal: Intel dan AMD.

Prosesor yang ditawarkan oleh masing-masing merek memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, Intel sering lebih disukai karena basis baca-tulis per-corenya yang lebih baik daripada AMD.

Saat ini, prosesor server Intel mengungguli seri core i9 dan Xeon.

RAM

Jumlah RAM bertanggung jawab atas jumlah proses yang dapat berjalan secara bersamaan dalam perangkat komputasi. Untuk server, Anda tidak membutuhkan banyak RAM. 512 MB sudah cukup untuk menjalankan sistem operasi Windows Server terbaru.

Namun, setiap jenis server memiliki persyaratan RAM yang berbeda. Misalnya, untuk server web, Anda memerlukan memori yang cukup untuk menjalankan sistem manajemen konten, dasbor, bahasa skrip, dan database Anda.

Jumlah minimum RAM yang disarankan untuk jenis server ini adalah 2 GB. 444 jenis lain dengan jaringan area lokal. Untuk server seperti ini, RAM harus disesuaikan dengan jumlah klien. Setidaknya Anda membutuhkan 8 GB agar jaringan berfungsi dengan baik.

Storage atau Penyimpanan

Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih perangkat penyimpanan untuk server, yaitu jenis dan kapasitas perangkat.

Untuk jenis ini, Anda hanya dapat menggunaka hard drive. Namun, SSD lebih disarankan karena memiliki kecepatan penyimpanan yang lebih tinggi daripada HDD.

Seperti RAM, penyimpanan minimum juga tergantung pada penggunaan server. Server web dengan RAM 32 GB sudah cukup untuk meng-host situs web dengan lalu lintas lebih sedikit.

Kapasitas yang dibutuhkan akan berbeda jika ingin membangun jaringan komputer lokal. Misalnya, server desktop membutuhkan lebih banyak ruang karena digunakan untuk menyimpan file dalam jumlah besar.

Jadi, Apa Itu Komputer Server?

Nah itulah tadi pembahasan mengenai apa itu server, cara kerjanya, jenis dan spesifikasinya Exabytes Friends! Singkatnya, komputer server adalah perangkat utama yang memfasilitasi semua proses dan aktivitas di jaringan server.

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang server, tinggalkan pesan di kolom komentar.

Jika Anda membutuhkan server yang mumpuni, Exabytes memiliki solusinya. Dari dedicated server, VPS cloud server, hingga colocation server. Selain itu, semua layanan server dilengkapi dengan perangkat keras kelas enterprise, customer service 24/7 dan monitoring.

Yuk langsung saja bergabung dengan Exabytes!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments