Apa Itu Mbps? Pelajari Semua yang Perlu Anda Ketahui!

0
128

Sebagai pengguna internet, pastinya istilah Mbps sudah sering Anda temukan. Mbps dikenal sebagai satuan untuk mengukur seberapa cepat koneksi internet. Namun, jika ini kali pertama mendengar adanya istilah tersebut, simak artikel tentang apa itu Mbps satu ini ya!

Sekilas tentang Apa Itu Mbps

Sekilas tentang Apa Itu Mbps

Apa itu Mbps penting untuk diketahui pengguna internet? Apakah Anda sering mengeluhkan koneksi internet yang lambat atau buruk?

Mbps atau Megabit per second merupakan unit yang mengukur kecepatan transfer data dalam internet atau jaringan komputer. Satu megabit sama dengan satu juta bit.

Kecepatan Mbps menggambarkan kecepatan data yang bisa dikirim atau diterima oleh perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Mbps yang tinggi memungkinkan transfer data yang cepat antar perangkat.

Dengan begitu, pengguna bisa melakukan kegiatan seperti mengunjungi website, mengunduh file, atau menonton video dengan waktu yang lebih singkat.

Berbicara tentang website, pemuatan halaman web tidak hanya bergantung pada kecepatan internet saja. Ada beberapa faktor lain yang memengaruhi kecepatan waktu loading sebuah situs web.

Apabila situs web Anda mulai lambat, sebaiknya segera cari cara mempercepat website dengan mudah agar pengunjung tidak lari ke situs web lain dengan waktu loading yang lebih cepat.

Kegunaan Mbps

Megabits per second (Mbps) merupakan satuan ukuran yang digunakan untuk menggambarkan kecepatan koneksi internet. Tujuannya adalah mengukur berapa banyak data yang bisa ditransfer melalui internet dalam waktu tertentu yaitu detik.

Apa itu Mbps juga menggambarkan kecepatan unduh dan unggah koneksi internet. Agar mendapatkan gambaran bagaimana Mbps digunakan dalam koneksi internet, mari simak contoh berikut:

Internet service provider (ISP) mengiklankan paket internet dengan kecepatan Mbps. Misalnya, ISP menawarkan paket 100 Mbps. Angka tersebut merupakan batas kecepatan maksimum unduh dan unggah bisa bisa pengguna capai saat menggunakan paket yang ditawarkan.

Melakukan tes kecepatan internet artinya Anda akan mendapatkan laporan hasil dalam Mbps. Sehingga akan sangat membantu dalam memahami apakah koneksi internet Anda memang cepat atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa memastikan apakah koneksi internet dapat memenuhi persyaratan untuk melakukan aktivitas online.

Kecepatan download biasanya dilaporkan dalam Mbps, yang bisa Anda lihat saat mengunduh file atau streaming video. 

Apabila layanan streaming video merekomendasikan kecepatan download 5 Mbps untuk video SD dan 25 Mbps untuk video UK Ultra HD, artinya Anda harus memastikan apakah koneksi internet Anda dapat menyediakan kebutuhan Mbps tersebut agar tidak terjadi buffering saat streaming.

Pentingnya Mbps pada WiFi

Saat ini, semakin banyak pengguna yang memanfaatkan jaringan internet melalui pemasangan WiFi di rumah. Tetapi, apakah Anda sudah yakin bahwa Mbps dari WiFi tersebut akan mampu memenuhi kebutuhan penggunaan internet?

Anda bisa terlebih dahulu mencari tahu apa itu Mbps dan berapa besarannya untuk memastikan kegiatan penggunaan internet tidak terhambat. Namun, terlebih dahulu Anda juga bisa memahami mengapa Mbps penting pada jaringan WiFi yang bagus.

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya Mbps pada WiFi:

Koneksi yang Cepat

Seringkali mendengar pengguna WiFi mengeluhkan koneksi internet yang lambat? Koneksi internet yang lambat dapat menghambat berbagai aktivitas yang melibatkan penggunaan internet. 

Jadi, sebelum memutuskan untuk memasang WiFi di rumah untuk kebutuhan rumah tangga, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu Mbps yang sesuai. Sehingga mampu memenuhi kebutuhan pengguna internet di rumah.

Mengapa apa itu Mbps penting dalam WiFi? Salah satu alasannya adalah kebutuhan akan koneksi internet yang cepat.

Semakin tinggi Mbps, semakin cepat Anda dapat mengunduh dan mengunggah data. Ini berarti situs web akan dimuat lebih cepat, video akan streaming tanpa buffering, dan file akan diunduh dalam waktu yang lebih singkat.

Streaming Video

Ketika menonton video secara online, kecepatan Mbps yang tinggi dapat mencegah buffering. Juga memastikan video berjalan lancar pada kualitas tertinggi. Hal tersebut menjadi penting untuk layanan streaming berdefinisi tinggi atau 4K. Oleh sebab itu, dalam hal ini apa itu Mbps memiliki peran penting pada WiFi agar bisa menyediakan koneksi yang bagus.

Gaming Online

Dalam permainan online, latensi rendah (ping yang rendah) dan kecepatan Mbps yang tinggi sangat penting. Koneksi yang lambat atau tidak stabil dapat menyebabkan lag sehingga dapat mengganggu pengalaman bermain game.

Apabila Anda adalah seorang gamer yang gemar mengikuti berbagai turnamen, tentunya penting untuk memperhatikan Mbps pada koneksi internet yang digunakan. Termasuk pada WiFi yang digunakan saat bermain game di rumah.

Pekerjaan Jarak Jauh

Apabila Anda bekerja dari rumah atau membutuhkan koneksi internet yang andal untuk rapat video dan kolaborasi online, kecepatan Mbps yang tinggi akan memastikan bahwa Anda dapat mengakses aplikasi dan layanan dengan lancar.

Untuk kolaborasi online, Anda mungkin membutuhkan Google Workspace yang tersedia di Exabytes.

Berbagi Koneksi

Punya beberapa perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi? Jika iya, it artinya Anda harus menggunakan internet dengan kecepatan yang tinggi. Kecepatan Mbps yang tinggi memastikan bahwa setiap perangkat dapat menerima bagian yang layak dari bandwidth tanpa mengorbankan kinerja yang lain.

Unduhan dan Pengunggahan Cepat

Dengan kecepatan Mbps yang tinggi, Anda maupun pengguna internet lainnya dapat mengunduh dan mengunggah file besar lebih cepat, termasuk foto, video, dokumen, dan lainnya.

Mbps yang Dibutuhkan untuk Internet

Apa itu Mbps adalah singkatan dari megabits per second atau megabit per detik. Tingkat kecepatan Mbps untuk penggunaan internet biasanya bergantung pada beberapa hal, termasuk aktivitas online yang dilakukan jumlah perangkat yang menggunakan koneksi internet, dan lainnya.

Kebutuhan akan aktivitas online mengharuskan pengguna memanfaatkan koneksi internet. Akan tetapi, apakah Anda tahu berapa Mbps yang internet butuhkan agar pengguna dapat beraktivitas secara online?

Berikut adalah panduan persyaratan kecepatan Mbps berdasarkan kegiatan yang dilakukan pengguna:

  • Browsing web dasar dan email sekitar 1-5 Mbps
  • Streaming musik sekitar 1-5 Mbps
  • Streaming video standard definition (SD) sekitar 3-8 Mbps
  • Streaming video high definition (HD) sekitar 5-25 Mbps
  • Bermain game online sekitar 3-25 Mbps
  • Video conference sekitar 1- 10 Mbps
  • Upload file besar mulai dari 10 Mbps

Perbedaan Mbps dengan MBps

Perbedaan Mbps dengan MBps

Apakah Anda seringkali keliru dalam mengartikan Mbps dan MBps? Jika demikian, ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu Mbps dan perbedaannya dengan MBps.

Mbps singkatan dari megabit per detik. Ini adalah ukuran kecepatan transfer data dalam jaringan. Satu megabit setara dengan 1.000.000 bit. Jadi, 1 Mbps berarti 1.000.000 bit data dapat ditransfer setiap detik.

Sementara MBps singkatan dari megabyte per detik. Ini juga merupakan ukuran kecepatan transfer data, tetapi dalam istilah yang lebih besar. Satu megabyte setara dengan 8.000.000 bit (karena 1 byte = 8 bit). Jadi, 1 MBps berarti 8.000.000 bit data dapat ditransfer setiap detik.

Dari uraian di atas, bisa dilihat perbedaan antara keduanya. Mbps mengukur dalam bit per detik, sedangkan MBps mengukur dalam byte per detik. Dalam konteks praktis, kecepatan internet sering diukur dalam Mbps, sementara ukuran file biasanya dinyatakan dalam MB atau GB. 

Untuk mengubah antara Mbps dan MBps, Anda harus membagi atau mengalikan dengan 8 (karena 1 byte = 8 bit). Misalnya, untuk mengonversi 10 Mbps menjadi MBps, Anda dapat mengalikannya dengan 0,125 untuk mendapatkan 1,25 MBps.

Faktor Lain yang Memengaruhi Kecepatan Internet

Melalui apa itu Mbps, Anda akhirnya tahu betapa pentingnya satuan ukuran tersebut pada kecepatan jaringan internet. Meski demikian, Mbps bukan merupakan satu-satunya faktor yang memengaruhi kecepatan internet.

Terdapat sejumlah faktor lain yang turut berpengaruh pada kecepatan internet, termasuk:

Jalur Internet

Internet service provider (ISP) memanfaatkan lebih dari satu jalur untuk dapat menyalurkan internet. Sehingga tidak heran jika Anda akan menemukan berbagai jalur yang tersedia. Misalnya, internet kabel menggunakan kabel fiber optic dan kabel tembaga. Sedangkan internet wireless menggunakan sinyal 3G atau 4G, bahkan WiFi.

Masing-masing jenis kabel yang digunakan sebagai jalur internet mempunyai kecepatan yang berbeda. Seperti halnya apa itu Mbps, jalur internet juga memengaruhi cepat tidaknya internet saat diakses di perangkat pengguna.

Kekuatan Sinyal

Selain apa itu Mbps, kekuatan sinyal menjadi salah satu faktor yang memberikan pengaruh penting pada cepat tidaknya internet. Sinyal yang kuat memberikan kecepatan yang besar dan sebaliknya. Sinyal yang buruk bukan tidak mungkin membuat koneksi internet lambat hingga terputus. Hal tersebut terjadi akibat loss bandwidth yang besar saat sinyal buruk. 

Apa itu bandwidth dan fungsinya? Cari tahu selengkapnya di artikel ini!

Kemampuan Perangkat

Selain beberapa faktor di atas, kemampuan perangkat pengguna juga berpengaruh pada kecepatan internet. Perangkat yang mendukung jaringan 4G tentu berpeluang menggunakan internet yang lebih cepat dibandingkan perangkat yang hanya mendukung jaringan 3G saja.

Kesimpulan

Dengan mengetahui apa itu Mbps, Anda bisa memastikan bahwa kecepatan internet bisa memenuhi kebutuhan penggunaan internet. Terutama untuk kegiatan yang penting, seperti bekerja secara remote atau menjalankan bisnis online.

Punya bisnis online artinya ada banyak hal yang harus Anda perhatikan selain kecepatan internet. Termasuk ketersediaan website yang ramah pengguna menjadi sangat penting. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa layanan hosting yang dipilih akan mampu mengakomodir kebutuhan website.Tidak perlu bingung dalam memilih hosting karena ada layanan hosting dari Exabytes yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

web hosting murah terbaik blog banner