Panduan Lengkap Mempercepat Website Dengan Mudah

0
2024

Di zaman sekarang ini, website seolah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah bisnis. Sayangnya, masih banyak pebisnis maupun perusahaan yang menghadapi masalah berupa website yang lambat. Jika hal tersebut terjadi pada website yang kamu kelola, sudah tahu cara mempercepat website dengan mudah?

Mungkin sebagian dari kamu masih bertanya-tanya kenapa begitu penting memiliki loading website yang cepat. Ternyata, website speed atau kecepatan website menjadi salah satu elemen yang mesin pencari terutama Google pertimbangkan dalam menentukan ranking di hasil pencarian.

Tentunya, website yang cepat juga memberikan sederet manfaat tidak hanya bagi pemilik tetapi juga pengunjung website. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan cara mempercepat website dengan mudah, yuk simak artikel satu ini!

Mengenal Apa Itu Kecepatan Website

apa itu kecepatan website
Website yang cepat sangat dinantikan oleh pemilik dan pengunjung website bahkan menjadi salah satu elemen bagi Google dalam menentukan ranking. (Sumber: shutterstock)

Saat mengunjungi website, kamu mungkin pernah merasakan pengalaman yang menjengkelkan yaitu waktu loading yang cukup lama. Itu berarti, ada masalah pada kecepatan website yang biasanya terjadi karena beberapa hal.

Lalu, apa sih sebenarnya kecepatan website itu? Kecepatan website adalah waktu yang halaman website perlukan setelah selesai dimuat pada web browser baik itu Google Chrome, Safari, maupun browser lainnya. Waktu tersebut juga dikenal dengan istilah load time. Sehingga, tidak heran jika seringkali orang berbicara loadingnya lama saat mereka mengunjungi situs tertentu.

Berbicara tentang kecepatan website, ada beberapa kategori yang juga perlu kamu tahu yaitu:

  • Website yang dimuat dalam waktu 5 detik lebih cepat 25 persen dari website lainnya
  • Website yang dimuat kurang dari 3 detik lebih cepat 50 persen dari website lain
  • Website dengan load time 1,7 detik 75 persen lebih cepat dari website lain
  • Website yang bisa dimuat dalam waktu kurang dari 0,10 detik lebih cepat 94 persen dari website lain

Semakin cepat waktu loading website, semakin baik pula website tersebut baik bagi pengalaman pengguna maupun untuk hasil ranking di mesin pencari (search engine).

Untuk mengetes kecepatan website, kamu bisa menggunakan tools untuk cek kecepatan website yang juga bisa kamu gunakan secara gratis. 

Penyebab Website Lambat

Penyebab website lambat
Kenali beberapa penyebab website lambat agar bisa segera diatasi dengan benar dan cepat. (Sumber: shutterstock)

Sebelum memutuskan untuk menggunakan cara tertentu dalam mempercepat website dengan mudah, tentunya pemilik atau pengelola website harus terlebih dahulu tahu apa saja penyebab website lambat.

Kira-kira, apa saja faktor yang menyebabkan website berjalan lambat? Berikut adalah uraian nya!

Gambar Tidak Teroptimasi

Salah satu faktor penyebab lambatnya website atau blog adalah gambar yang tidak teroptimasi. Gambar pada halaman website mempermudah pengunjung mencerna dan memahami informasi yang ditampilkan. 

Akan tetapi, apabila gambar tersebut tidak teroptimasi, hal tersebut justru bisa berdampak buruk bagi website itu sendiri. Alhasil, website menjadi lebih lambat atau tidak secepat sebelumnya.

Server Hosting yang Lambat

Website yang ikut melambat akibat dari server hosting yang lambat menjadi masalah yang tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Ini juga tentunya menjadi pertimbangkan kenapa penting untuk memilih hosting Indonesia yang sesuai kebutuhan. 

Sebaiknya pilih hosting dari Exabytes yang sangat bisa kamu andalkan dalam hal kecepatan. 

Database yang Besar

Ukuran dari database juga turut memengaruhi kecepatan website. Postingan website dengan file berukuran besar tentunya harus mendapatkan perhatian khusus. 

Tidak jarang pula website menyimpan data padahal sudah tidak lagi digunakan. Untuk menghindarinya agar kecepatan website tidak berkurang atau terganggu, perhatikan penggunaan database secara rutin. 

Menggunakan Terlalu Banyak Plugin

Tidak bisa dipungkiri kalau penggunaan plugin pada website bisa memudahkan kamu dalam menambahkan fitur pada website. Sayangnya, hal tersebut juga dapat memengaruhi kinerja website sehingga bisa melambat.

Sesederhana apapun plugin tetap memakan bandwidth server. Terlebih jika plugin yang kamu gunakan tidak kompatibel dengan versi CMS website milikmu. Alhasil, performa website akan semakin melambat.

Jika perlu menggunakan plugin, pastikan plugin yang terpasang selalu update. Selain itu, akan lebih baik terlebih dahulu mempertimbangkan hanya plugin yang memang diperlukan agar tidak terlalu banyak plugin pada website. 

Untuk mengetahui penyebab website lambat lainnya, silahkan baca artikel satu ini!

Cara Mempercepat Website dengan Mudah

mempercepat website dengan mudah
Mempercepat website dengan mudah bisa mulai kamu lakukan dengan berbagai cara agar performa website kembali optimal. (Sumber: shutterstock)

Sejatinya, setiap pemilik website ingin menampilkan website yang menarik, mudah, dan cepat diakses. Begitu pula pengunjung yang tidak ingin menghabiskan waktu hanya untuk menunggu sebuah halam website terbuka sempurna.

Untuk mempercepat website dengan mudah, coba beberapa cara berikut ini:

Lakukan Optimasi Gambar

Seperti yang dibahas sebelumnya kalau gambar yang tidak dioptimasi dapat menyebabkan performa website menjadi lambat. Oleh sebab itu, kamu harus terlebih dahulu memastikan setiap gambar yang hendak di upload atau ditampilkan pada website sudah dioptimasi. 

Salah satu caranya adalah dengan memilih file berjenis JPEG. Kemudian, kompres gambar agar memiliki ukuran yang lebih kecil menggunakan tools yang didesain untuk pekerjaan semacam itu. 

Gunakan Plugin Caching

Bagi kamu yang ingin berjaga-jaga dari website lambat, coba gunakan plugin caching. Ini menjadi salah satu cara yang patut dicoba dalam mempercepat website dengan mudah.

Caching adalah proses penyimpanan sementara data dari situs web yang bertujuan untuk mempercepat waktu loading situs web tersebut. Pertama kali mengakses website mungkin terasa agak lama. 

Hal tersebut terjadi karena cache belum tersimpan. Namun selanjutnya, website akan terasa lebih cepat sehingga kamu tidak perlu mengalami loading website yang lama.

Apabila kamu menggunakan WordPress untuk membuat website, ada beberapa plugin caching yang bisa kamu coba manfaatkan seperti WP super cache, hyper cache, WP rocket, dan lain sebagainya. 

Gunakan Web Hosting yang Cepat

Web hosting diperlukan oleh setiap website. Namun, layanan hosting memiliki performa yang berbeda. Agar kamu bisa mempercepat website dengan mudah dan cepat, pastikan kalau web hosting yang kamu gunakan itu cepat.

Bagaimanapun juga kecepatan web hosting menjadi salah satu faktor yang memengaruhi cepat atau lambatnya loading sebuah website. Hosting SSD bisa menjadi pilihan tepat yang akan membuat website berjalan dengan lebih cepat. 

Pastikan CMS Selalu Diperbarui secara Berkala

Pengguna website umumnya mendapatkan pemberitahuan seputar pembaruan website. Tentunya, notifikasi tersebut tidak boleh kamu abaikan. Meski dinilai tidak penting ternyata memperbarui content management system atau CMS secara berkala dapat membantu mempercepat website. 

Dengan begitu, performa website akan tetap maksimal sehingga para pengunjung tidak akan lari mencari produk atau jasa dari website kompetitor.

Gunakan Tema Website yang Ringan

Guna mempercepat website dengan mudah dan menjaga performanya tetap kencang, perhatikan pilihan tepat. Gunakan tema yang ringan yang tidak akan mengurangi kecepatan waktu loading website milikmu. 

Sebaliknya, penggunaan tema yang berat akan menyebabkan website menjadi lambat. Antisipasi masalah tersebut dengan memastikan kalau tema yang digunakan ringan atau tidak berat namun tetap menarik.

Gunakan Gzip Compression

Sudah menggunakan Gzip compression atau belum? Gzip compression merupakan teknik untuk mendapatkan resource melalui permintaan HTTP. Dimana server akan mengirimkan file sumber daya dalam bentuk zip yang kemudian dibuka oleh browser saat merender halaman sebuah website.

Tahukah kamu? Waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengompres dan mendekompres tidak sebanding dengan waktu serta bandwidth yang tersimpan saat mentransfer file yang kecil dari server ke klien.

Bijak dalam Menggunakan Plugin

Website memang tidak bisa dipisahkan dari penggunaan plugin. Namun, kamu harus bisa memilih dan memilih agar hanya menggunakan plugin yang benar-benar diperlukan. Saat ini, kamu memiliki banyak pilihan plugin dengan tujuan yang sama. Namun, jangan tergiur untuk menggunakan terlalu banyak plugin WordPress jika hanya untuk satu kebutuhan saja.

Ada beberapa plugin yang dinilai penting bagi website, diantaranya adalah:

  • Yoast SEO yang akan membantu website menganalisa keyword, struktur penulisan konten, dan penggunaan kata pada judul dan sub judul agar bisa dipahami Google dengan lebih mudah.
  • Jetpack merupakan plugin yang menawarkan fitur yang mendukung performa website dimana fitur-fitur tersebut akan bekerja untuk memonitor down time, mengecek statistik website, dan menambah komentar serta subscription dengan mudah.
  • Elegant Themes menyediakan tema Divi agar mudah diatur serta menampilkan menu sharing agar pengunjung atau pembaca artikel dapat membagikan konten yang menarik ke media sosial.
  • LiteSpeed Cache berfungsi untuk mengelola caching secara mendalam agar website bisa berjalan lebih cepat
  • Akismet akan sangat berguna bagi pemilik website yang ingin menghapus komentar spam pada artikel agar mesin pencari tidak bisa menemukan spam di konten atau artikel yang kamu bagikan.

Kesimpulan

Website yang cepat tentunya akan menguntungkan bagi bisnis yang kamu jalankan. Dimana pengunjung akan tetap bisa mendapatkan apa yang mereka cari sehingga akan lebih mudah kamu jadikan sebagai calon pembeli potensial. 

Dengan berbagai cara mempercepat website dengan mudah, kamu bisa memaksimalkan performa website agar tetap cepat dan tidak lambat.

Perlu hosting yang tepat namun terjangkau? Exabytes menawarkan hosting yang kapasitasnya bisa pengguna sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan layanan hosting terbaik sekarang juga agar tidak ada masalah loading saat website diluncurkan ke publik!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments