Penjelasan Lengkap Dari Apa Itu WWW (World Wide Web)

0
2799

Pernahkah Exabytes Friends membaca atau mengetahui pengertian dari apa itu WWW?

Sebelum kita mulai membahas apa itu WWW, perlu diketahui juga bahwa internet saat ini merupakan salah satu teknologi yang dapat membawa perubahan besar dalam kehidupan masyarakat.

Bahkan saat ini, internet digunakan untuk melakukan berbagai jenis aktivitas. Baik bisnis, pendidikan dan manajemen pemerintahan telah menggunakan internet.

Menggunakan internet sendiri dapat memberikan akses yang nyaman dan cepat. Dibalik kecanggihan teknologi internet saat ini tentu tidak instan. Karena teknologi memiliki fase dan berkembang dari waktu ke waktu.

Dimana salah satunya adalah WWW atau World Wide Web menjadi salah satu penemuan terpenting dalam dunia internet.

Pengertian Tentang Apa Itu WWW

apa itu www

Secara umum, WWW adalah kumpulan sumber daya internet (seperti FTP, telnet, Usenet), teks hyperlink, file audio dan video, dan halaman web jarak jauh yang dapat dilihat dan dicari menggunakan browser browsing berbasis standar seperti HTTP dan TCP/IP.

Juga dikenal sebagai web, dibuat pada tahun 1989 oleh fisikawan Inggris Tim Berners-Lee saat bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa.

Disebut CERN setelah inisial Perancis Conseil Europeen de Reserches Nucleaires di Swiss, sebagai cara yang lebih mudah untuk mengakses informasi yang didistribusikan di internet.

Definisi yang lebih luas datang dari World Wide Web Consortium (W3C): “World Wide Web atau WWW adalah jaringan informasi semesta yang mewujudkan pengetahuan manusia”.

Di mana pun Anda berada, Anda dapat mengakses konten situs web di internet menggunakan perangkat seperti komputer, laptop, ponsel, dll.

WWW dan internet memungkinkan untuk mengambil dan menampilkan teks dan media pada perangkat Anda. Awalnya, Web adalah kumpulan halaman berbasis teks yang dihosting oleh organisasi yang secara teknis cukup berbakat untuk membuat Web dan mempelajari HTML.

Ini terus berkembang dari awal dan sekarang termasuk media interaktif (sosial) dan konten yang dibuat pengguna yang membutuhkan sedikit atau tanpa keterampilan teknis.

Berikut ini adalah pengertian apa itu WWW menurut para ahli:

  1. Menurut V. Djong – WWW adalah fasilitas di internet untuk layanan website yang menggunakan protokol HTTP, kita sering melihat nama domain yang ditulis lengkap, misalnya www.exabytes.co.id.
  2. Menurut McLoad – WWW adalah informasi yang dapat diakses melalui internet, di mana berbagai dokumen hypermedia/file-file komputer disimpan dan kemudian diambil menggunakan metode pengalamatan yang unik.
  3. Menurut Lisa Kuswayanto – WWW adalah layanan internet yang menggunakan konsep hypertext antara dokumen yang terhubung.
  4. Menurut Akbar Kaelola – WWW adalah cara bagi orang untuk berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, dan untuk menjual barang dan jasa melalui internet.
  5. Menurut F. Budi Hardiman – WWW adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen lokal dan jarak jauh.
  6. Menurut Yuhefizar – WWW adalah sebuah metode yang digunakan untuk menampilkan informasi yang ada di internet yang bisa diakses melalui browser.

Sejarah Singkat Tentang WWW dan Perkembangannya

Istilah WWW pertama kali ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Berikut penjelasan mengenai perkembangan World Wide Web yang telah melalui sejarah yang panjang:

  • Tahun 1989: Tim Berners Lee dari CERN (Laboratorium Fisika Partikel) yang berlokasi di Jenewa, mengusulkan sebuah protokol internet yang berfungsi sebagai sistem penyebaran informasi. Selain itu, memungkinkan sistem untuk berbagi informasi dan bahkan menampilkannya secara grafis dan menyiarkannya ke seluruh dunia. Di masa lalu, browser web dirancang untuk berbasis teks.
  • Tahun 1990: Tim Berners Lee menemukan tiga teknologi inti yang membentuk dasar dari web saat ini, HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifiers), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  • Tahun 1991: Tim Berners Lee menemukan WWW. Awalnya ia perlu menyusun arsip penelitiannya, kemudian ia mengembangkan Equire dan di situlah WWW lahir.
  • Tahun 1993: Marc Andersen dan timnya di NCSA berhasil membuat web browser grafis untuk sistem X-Windows dan muncul dengan nama Mosaic. Selain itu, Mosaic menjadi populer di kalangan pengguna lama dan baru internet. NCSA kemudian mengembangkan versi lain dari Mosaic untuk komputer Windows, Macintosh, UNIX, dan NeXT.
  • Tahun 1994: Andersen berpisah dari NCSA. Dia dan Jim Clark menciptakan Netscape, yang kemudian menggantikan popularitas Mosaic sebagai browser web. Tahun itu, CERN dan MIT membentuk asosiasi yang disebut W3C (World Wide Web Consortium) dengan tujuan menetapkan standar teknologi web.
  • Tahun 1995: Pada akhir tahun, ada sekitar 300.000 situs web dibandingkan dengan hanya 50 pada tahun sebelumnya. Tahun inilah WWW berhasil menggantikan FTP sebagai jaringan dengan trafik tertinggi di internet.
  • Tahun 2009: Tim Berners Lee mendirikan World Wide Web Foundation dengan tujuan berbagi web terbuka dengan masyarakat umum.

Fungsi Dari WWW (World Wide Web)

Apa itu WWW dan fungsinya? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keberadaan WWW sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mencari data dan informasi dengan akses yang mudah dan cepat.

Namun fungsi WWW tidak hanya itu, masih banyak fungsi lain yang perlu diketahui. Berikut ini beberapa fungsi dari WWW:

Sebagai Web Mail Service

Web mail service memungkinkan pengguna untuk mengirim, menerima, dan melihat email dari browser web mereka. Menyediakan akses dan penyimpanan email yang mudah kepada pengguna non-internet dari lokasi biasanya.

Web mail service menawarkan banyak fitur dan fungsionalitas manajemen email yang sama dengan perangkat lunak email desktop seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird.

Beberapa layanan web mail service yang paling populer adalah Yahoo! Mail, Gmail, Hotmail, dan AOL Mail.

Saat Anda masuk ke web main service, Anda cukup memasukkan URL situs web email di bidang alamat atau lokasi browser Anda, lalu gunakan akun web mail dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda.

Sebagai Mesin Pencari / Search Engine

Pada dasarnya, WWW memudahkan search engine untuk meringkas semua situs web di dunia. Karena ada ratusan juta situs web di internet, ada search engine alias mesin pencari.

Mesin pencari adalah program yang dirancang untuk memungkinkan pengguna menelusuri informasi atau konten di World Wide Web. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil informasi yang diinginkan dalam waktu minimal.

Ini memungkinkan Anda memasukkan kata kunci atau frasa tertentu dan mengambil daftar item yang cocok dengan kata kunci dan frasa tersebut.

Oleh karena itu, tidak memberikan informasi secara langsung, hanya mengambil halaman yang terkait dengan kata kunci atau istilah pencarian lainnya. Beberapa mesin pencari yang populer adalah Google, Bing dan Yahoo! Search.

Web Hosting

Fungsi WWW selanjutnya adalah web hosting. Layanan web hosting itu sendiri adalah layanan yang memungkinkan individu dan organisasi untuk mengirimkan halaman web dan/atau halaman web melalui internet.

Situs web disimpan atau di-host di komputer khusus yang sering disebut server. Ketika orang ingin mengunjungi sebuah situs web, yang perlu mereka lakukan hanyalah memasukkan alamat situs web atau nama domain ke dalam browser mereka.

Komputer mereka yang terhubung ke internet kemudian secara otomatis terhubung langsung ke server dan halaman situs web.

Sebagai Portal

Fungsi terakhir dari WWW adalah sebagai portal. Portal adalah lokasi pribadi di internet dan bertindak sebagai titik akses ke informasi yang tersedia di WWW atau World Wide Web.

Contoh beberapa portal populer adalah twitter.com, facebook.com, dan gmail.com.

www adalah

Cara Kerja Dari WWW (World Wide Web)

Cara kerja WWW tidak sesederhana yang Anda pikirkan, banyak yang harus dipelajari untuk dapat memahami cara menggunakan situs web. Sebagai informasi, WWW bekerja dalam format klien, kemudian server menyimpannya dan mengubahnya menjadi halaman web.

Secara umum, server WWW mengatur informasi yang diminta sebagai hypertext dengan gambar dan teks melalui Hypertext Markup Language (HTML) dan menggunakan tautan untuk berpindah dari halaman ke halaman lainnya.

Seperti yang Anda ketahui, ketika Anda membuka browser dan memasukkan URL, tiga teknologi utama terlibat dalam mentransfer informasi dari server ke klien. Teknologi tersebut adalah HTML, HTTP, dan web browser.

  • HTML adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman web.
  • HTTP adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol yang memungkinkan WWW berjalan dengan lancar dan efisien.
  • Web browser adalah program halaman web yang ditujukan untuk menampilkan teks, data, gambar, video, animasi dan lain-lain.

Contoh WWW (World Wide Web)

Pengguna internet tentu tidak asing lagi dengan istilah WWW (World Wide Web). Pada hari-hari awal web, nama domain di internet sebagian besar menggunakan WWW (World Wide Web).

Apa saja contoh WWW? Berikut ini adalah beberapa contoh World Wide Web:

  • www.google.com
  • www.yahoo.com
  • www.facebook.com
  • www.twitter.com
  • www.youtube.com
  • www.exabytes.co.id

Jenis-Jenis Website Yang Ada

Jika dilihat menurut tujuannya, website memiliki beberapa jenis yang masing-masing dapat berperan penting dalam perkembangan sumber daya internet.

Hal ini ditunjukkan dalam buku Cara Mudah Membuat Website Interaktif karya Joomla, berikut beberapa jenis website sesuai dengan tujuannya yaitu:

  1. Personal web. Website yang berisikan informasi pribadi seseorang.
  2. Corporate web. Website yang dimiliki oleh suatu perusahaan.
  3. Portal web. Website yang mempunyai banyak layanan, mulai dari email, berita, dan lain sebagainya.
  4. Forum web. Website yang ditujukan untuk wadah berdiskusi antara satu sama lainnya.

Perbedaan Dari WWW (World Wide Web) Dengan HTTP

Jika Anda perhatikan, apakah domain website ini menggunakan WWW atau HTTP?

Kebanyakan URL yang ada sudah menggunakan HTTP, misalnya situs ini menggunakan URL https://exabytes.co.id/blog. Namun jika mengakses dengan WWW atau HTTP, keduanya sama-sama mungkin, jadi tidak ada salahnya.

WWW adalah kumpulan dokumen hypertext yang dapat diakses melalui internet. Sedangkan HTTP merupakan protokol standar yang digunakan untuk berkomunikasi melalui internet.

WWW menunjukkan situs web yang terintegrasi dengan World Wide Web, dan HTTP menunjukkan browser dan server menggunakan protokol untuk berkomunikasi.

Pada dasarnya, keduanya terkait erat, Anda dapat menemukan jenis URL berikut di internet:

  • https://exabytes.co.id/
  • http://exabytes.co.id/
  • www.exabytes.co.id
  • https://www.exabytes.co.id/
  • exabytes.co.id

Semua URL ini jika Anda pergi ke situs tujuan akan sama, coba jika Anda tidak percaya.

Masa Depan World Wide Web

Internet dan WWW terus mengalami perkembangan pesat diikuti dengan evolusi teknologi. Dalam hal ini, berbagai transformasi dapat mengubah cara berinteraksi kita dengan informasi dan teknologi.

Pada perkembangannya, ada beberapa aspek yang membentuk masa depan WWW yaitu:

  1. Konsep Web 3.0 dan Artificial Intellegence
  2. Internet of Things dan Integrasi dengan WWW
  3. Virtual Reliality dan Konten Multimedia Interaktif
  4. Desentralisasi dan Keamanan
  5. Akses Internet Universal
  6. Integrasi Web Semantik, dan
  7. Perkembangan Teknologi antara Interaksi Manusia

Nah, itulah 7 masa depan WWW yang kami rangkum pada artikel yang berjudul apa itu WWW ini.

Kedepannya, World Wide Web akan menciptakan lebih banyak peluang dan tantangan yang harus dihadapi. Penggunaan teknologi secara bijak dan tanggap terhadap isu-isu seperti privasi, keamanan, dan etika menjadi poin penting untuk dapat memastikan bahwa WWW terus memberikan manfaat positif bagi masyarakat global.

Jadi, Sudah Lebih Mengetahui Tentang Apa Itu WWW (World Wide Web)?

Setelah mengetahui pengertian apa itu WWW dan fungsinya yang telah dibahas secara singkat sebelumnya, semoga dapat membantu Exabytes Friends sekalian.

Jika Anda adalah pebisnis online tanpa situs web, Anda perlu membuatnya. Tak perlu heran karena kini sudah ada jasa pembuatan website yang bisa membantu Anda. Salah satunya adalah jasa pembuatan website Exabytes yang terpercaya dan aman.

Selain itu, Anda juga memerlukan domain untuk dihosting di situs web Anda dan sudah termasuk dalam paket Exabytes. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar di bawah.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments