Cara Daftar Instagram dan Membuat Akun Instagram Baru

0
2268

Meski tergolong mudah, tetapi masih ada orang yang belum tahu cara daftar Instagram. Jadi, kita akan membahasnya melalui artikel ini sehingga mereka bisa mengetahui bagaimana cara membuat akun Instagram baru di berbagai perangkat.

Instagram, Platform Media Sosial yang Cocok untuk Promosi dan Marketing Bisnis

instagram. platform sosmed untuk kesuksesan bisnis
Sumber: shutterstock

Saat ini, media sosial seolah memberikan pengaruh yang besar sehingga menarik orang-orang untuk memilih produk atau jasa tertentu. Bahkan, pengguna yang hanya ingin mencari hiburan atau konten lain pun tidak jarang pada akhirnya malah membeli suatu produk yang mereka lihat di media sosial.

Pernah mengalami hal serupa saat mengakses Instagram? Jika demikian, tentunya kamu menyadari kekuatan sosmed dalam memengaruhi keputusan pembelian seseorang. Oleh sebab itu, kenapa tidak memanfaatkan kesempatan baik tersebut?

Meski pemula, kamu bisa menerapkan strategi melakukan social media marketing. Jadi, kamu bisa bersaing dengan para kompetitor dalam menarik calon pelanggan potensial.

Apapun jenis bisnis yang kamu jalankan, tidak ada salahnya untuk menggunakan Instagram sebagai media promosi dan marketing.

Agar bisa menggunakan Instagram untuk berbagai kebutuhan bisnis, pastikan kamu sudah mempersiapkan akun khusus agar tidak bercampur dengan akun pribadi. Cara daftar Instagram yang mudah tidak akan mempersulit bisnis kamu dalam mencapai tujuan.

Manfaat Instagram untuk Bisnis

manfaat Instagram untuk bisnis
Sumber: shutterstock

Berbicara tentang cara daftar Instagram dan memanfaatkannya sebagai media promosi dan pemasaran, apakah kamu sudah tahu apa saja manfaat Instagram untuk bisnis?

Jika belum, mari simak beberapa manfaat yang Instagram dapat berikan kepada para pebisnis yang menggunakan platform media sosial satu ini!

Baca Juga: 8 Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Untuk Bisnis Anda

Mempermudah Proses Promosi

Salah satu manfaat Instagram untuk bisnis adalah mempermudah proses promosi. Pebisnis atau perusahaan bisa menggunakan berbagai cara promosi melalui platform media sosial satu ini. Misalnya melalui postingan yang bisa dijangkau oleh followers maupun pengguna lain yang memiliki ketertarikan pada produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Selain itu, kamu juga bisa bekerjasama dengan influencer maupun menggunakan iklan Instagram. Dengan menggunakan Instagram Ads, bisnis dapat menjangkau lebih banyak target audiens. Jadi, akan semakin banyak pengguna yang mengetahui produk melalui berbagai promosi yang ditawarkan.

Apabila tertarik menggunakan bantuan influencer, kamu bisa mempertimbangkan bekerjasama dengan micro ataupun macro influencer. Simak perbedaan micro influencer vs macro influencer di artikel satu ini.

Memiliki Jangkauan yang Luas

Sebenarnya, poin satu ini sudah sedikit dibahas di poin sebelumnya, dimana Instagram dapat membantu mempermudah proses promosi. Dengan memanfaatkan Instagram, bisnis bisa memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga bisa menargetkan audiens yang baru.

Platform satu ini memiliki fitur tab explore yang didesain khusus untuk toko online. Dengan fitur tersebut, toko online dapat memperluas jangkauan hingga ke pengguna yang belum pernah berinteraksi dengan postinganmu sekalipun.

Selain Instagram, kamu juga bisa memanfaatkan platform media sosial lain yang berkontribusi dalam perkembangan dan kesuksesan bisnis.

Membantu Menentukan Strategi Pemasaran Selanjutnya

Pemasaran yang kamu lakukan secara digital terutama dengan memilih strategi social media marketing juga akan sangat membantu dalam menentukan strategi marketing selanjutnya.

Tahukah kamu? Pengguna Instagram bisnis bisa menggunakan fitur insight untuk mendapatkan informasi tentang performa secara lebih detail. Dimana kamu bisa mengetahui jumlah followers, berapa banyak klik yang didapatkan, tingkat jangkauan postingan, jumlah pengguna yang melihat postingan, dan informasi lainnya.

Informasi tersebut tentunya sangat berguna dalam menentukan langkah pemasaran selanjutnya. Apakah akan memperbaiki strategi pemasaran yang sudah ada atau menyusun strategi lainnya guna mencapai tujuan.

Untuk bisa mendapatkan sejumlah manfaat Instagram untuk bisnis dan promosi, pastikan kamu tahu bagaimana cara daftar Instagram yang mudah dan cepat.

Baca Juga: Cara Membuat Iklan Instagram Dengan Efektif dan Enggak Ribet

Pemasaran Menjadi Lebih Terarah

Di era digital seperti sekarang ini, banyak aktivitas yang dilakukan secara online termasuk berbelanja. Hal tersebut bisa pebisnis manfaatkan untuk meningkatkan penjualan melalui promosi dan pemasaran yang tepat. Salah satunya adalah melalui platform media sosial seperti Instagram. 

Instagram memberikan banyak manfaat bagi bisnis atau perusahaan. Salah satunya adalah memungkinkan pemasaran menjadi lebih terarah.

Instagram memungkinkan marketer menentukan target audiens sehingga strategi pemasaran yang dilakukan bisa tetap sasaran serta berjalan lebih efektif. Di Instagram, kamu bisa menggunakan akun bisnis sehingga konten iklan pemasaran akan menjadi lebih terarah. 

Dengan begitu, kamu bisa menjangkau audiens yang tepat sehingga bisa memengaruhi mereka untuk melihat atau bahkan langsung membeli produk yang ditawarkan.

Pengguna akun bisnis juga bisa mengaktifkan fitur Instagram shopping. Dengan demikian, kamu bisa menampilkan berbagai produk kepada pengguna Instagram. Terkadang, pengguna tertarik untuk membeli produk tertentu meski pada awalnya tidak berniat untuk berbelanja, melainkan hanya sekedar mencari konten yang menarik.

Meningkatkan Visibilitas Online

Baru memasuki dunia bisnis online bukan berarti kamu akan tertinggal dari para kompetitor. Apabila menggunakan strategi digital marketing yang tepat, kamu bisa menjangkau audiens dan bahkan mendapatkan penjualan.

Akan tetapi, terlebih dahulu kamu harus berfokus pada visibilitas online agar bisa dikenali oleh target audiens. Nah, untuk meningkatkan visibilitas online, banyak bisnis atau brand yang memanfaatkan Instagram.

Baca Juga: Instagram Reels vs Tiktok, Manakan yang Lebih Baik?

Menarik Trafik ke Website

Toko online yang memiliki website penjualan tentunya bisa menarik trafik dari Instagram. Bisnis bisa memasang link website di bagian bio. Atau dengan memasukkan link tersebut di produk yang ditampilkan.

Jadi, target audiens yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang bisnis atau produk kamu tentunya bisa mengklik link tersebut. Semakin banyak pengunjung website yang datang dari Instagram, sebaik tinggi pula trafik yang bisa didapatkan.

Kamu juga bisa mencoba cara meningkatkan traffic website lainnya guna memaksimalkan hasil yang akan didapatkan.

Cara Daftar dan Membuat Akun Instagram

Setelah mengetahui manfaat Instagram untuk promosi, pemasaran, dan kesuksesan bisnis, kini saatnya untuk mencari cara daftar Instagram yang mudah dan cepat.

Meski cara daftar Instagram serta membuat akun Instagram tergolong mudah dan sudah diketahui oleh banyak orang, tetapi para pemula mungkin masih bingung harus memulainya dari mana.

Sebelum membuat akun Instagram, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu:

  • Nomor handphone yang masih aktif
  • Email aktif dimana satu alamat email dapat digunakan untuk membuat hingga 5 akun Instagram yang bisa login di satu perangkat smartphone yang sama

Adapun cara daftar Instagram yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:

Cara Daftar Instagram di Handphone

cara daftar Instagram di HP

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, saat ini semakin mudah untuk melakukan berbagai aktivitas dan aktivasi layanan di smartphone. Banyak aplikasi yang memang dibuat ramah smartphone. Hal tersebut bahkan dinilai lebih praktis dibandingkan harus melakukan aktivitas online melalui komputer atau laptop.

Untuk cara daftar Instagram di handphone, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini?

  • Pertama, pastikan aplikasi Instagram sudah terpasang di smartphone atau bisa terlebih dahulu mendownloadnya di App Store atau Play Store sesuai dengan ponsel yang kamu gunakan
  • Kemudian klik menu buat akun dan pilih sesuai preferensi apakah menggunakan email atau nomor telepon atau menggunakan Facebook
  • Isi kolom yang tertera di layar dan kemudian buat nama pengguna (username)
  • Sinkronkan kontak apabila ingin terhubung dengan pengguna lain yang merupakan teman di kontak (tahap ini bisa kamu lewati jika tidak menghendaki pilihan tersebut)
  • Akun instagram sudah terdaftar dan bisa segera kamu gunakan baik untuk kebutuhan individu maupun untuk promosi dan pemasaran produk

Cara Daftar Instagram Melalui Komputer atau Laptop

cara daftar Instagram di laptop

Selain di smartphone atau handphone, pendaftaran akun Instagram juga bisa kamu lakukan melalui perangkat lain, yaitu komputer atau laptop. 

Cara daftar Instagram di perangkat tersebut juga tergolong mudah sehingga bisa diikuti bahkan oleh mereka yang belum pernah menggunakan Instagram sebelumnya.

Adapun cara daftar Instagram yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Akses website Instagram
  • Kemudian, pilih mendaftar dengan Facebook atau menggunakan email/ nomor handphone
  • Jika memilih menggunakan nomor handphone atau email, pastikan nomor hp atau email merupakan yang biasa kamu gunakan dan masih aktif
  • Kemudian, isi setiap kolom yang ada di bagian layar
  • Klik tombol Daftar
  • Lakukan konfirmasi dengan memasukkan kode yang Instagram kirimkan ke alamat email yang digunakan untuk mendaftarkan akun Instagram
  • Akun sudah dibuat dan kamu bisa mulai menggunakan akun tersebut sesuai dengan kebutuhan

Kesimpulan

Cara daftar Instagram yang mudah dan cepat memungkinkan kamu bisa membuat akun baru tanpa ribet. Jadi, kamu bisa segera merasakan manfaat Instagram untuk kemajuan dan kesuksesan bisnis online

Bisnis online memerlukan strategi pemasaran yang tepat, bukan? Untuk memenuhi kebutuhan pemasaran digital, kamu bisa menggunakan jasa digital marketing dari Exabytes.

Jadi, tidak perlu ragu untuk memasarkan produk secara digital termasuk dengan membuat akun Instagram dan mengoptimal penggunaannya untuk promosi dan pemasaran.

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments