5+ Manfaat SEO Untuk Bisnis Yang Perlu Kamu Ketahui

0
2059

Apa manfaat SEO untuk bisnis? Mungkin bagi yang baru terjun di dunia bisnis online masih belum tahu apa manfaat dari SEO sendiri. Namun sebelum menjawab pertanyaan ini, izinkan kami terlebih dahulu menjelaskan apa itu SEO.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, singkatnya SEO adalah proses mengoptimasi sebuah halaman atau website agar bisa berada di urutan teratas hasil mesin pencari, salah satunya adalah Google.

Oleh karena itu, karena halaman atau website kita berada di peringkat teratas di search engine, maka biasanya akan memiliki jumlah pengunjung yang paling banyak dibandingkan dengan website lain.

Nah, sejauh ini sudah mengerti? Kemudian kamu juga perlu tahu, apa manfaat SEO untuk bisnis? Ayo, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Pengertian SEO Yang Perlu Kamu Ketahui

manfaat seo untuk bisnis

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu strategi pemasaran yang digunakan untuk menempatkan website di halaman pertama dan juga di bagian atas hasil pencarian Google.

Jadi bisa dipastikan SEO ini bisa menentukan apakah website atau halaman web kamu sudah memenuhi standar mesin pencari Google dan layak tampil di halaman pertama atau sebaliknya.

Jika SEO yang kamu gunakan tidak melanggar ketentuan Google, situs kamu akan dengan mudah muncul di halaman pertama, bahkan di atas. Kamu harus ingat bahwa pekerjaan SEO ini tidak dilakukan sekali tetapi kamu harus melakukannya terus menerus untuk mengembangkan bisnis online kamu. SEO sendiri juga membutuhkan lebih sedikit waktu setelah optimasi untuk dapat merasakan atau melihat hasilnya.

Apa Saja Manfaat SEO Untuk Bisnis?

SEO tentu saja bukan lagi menjadi pilihan bagi sebuah website, melainkan wajib bagi sebuah website. Karena SEO sangat penting untuk sebuah website. Lalu apa saja manfaat SEO untuk bisnis? Berikut adalah beberapa manfaat SEO untuk bisnis:

manfaat seo

Meningkatkan Traffic Organik

Saat mencari informasi, kamu mungkin ingin menemukannya melalui mesin pencari dengan memasukkan kata kunci tertentu. Selain lebih mudah, informasi yang kamu terima juga lebih cepat.

Hal inilah yang membuat sebagian besar traffic website berasal dari traffic organik. Sementara itu, SEO berperan untuk mengoptimasi kata kunci pada website sehingga dapat meningkatkan traffic organik.

Selain itu, orang-orang yang datang untuk mencari informasi di internet umumnya akan menggunakan Google sebagai medianya. Tentunya untuk melakukan ini, kamu perlu membuat website kamu kompatibel dengan Google agar traffic dapat datang dengan mudah. Salah satu manfaat SEO adalah dapat membantu website kamu menjadi lebih ramah Google dan meningkatkan traffic organik.

Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Bayangkan kamu mencari informasi tentang suatu perusahaan melalui Google, tetapi kamu tidak dapat menemukan informasi apapun yang terkait dengan perusahaan tersebut. Kedengarannya agak mencurigakan, bukan?

Ketika sebuah perusahaan muncul di Google atau mesin pencari lainnya, tentu lebih mudah dipercaya. Manfaat SEO lainnya yang harus kamu ketahui adalah SEO akan meningkatkan visibilitas website kamu di mesin pencari. Dengan demikian, itu akan membangun kepercayaan dan kredibilitas untuk bisnis kamu.

Kamu juga dapat membuat konten seputar topik yang terkait dengan bisnis kamu untuk membuat gambar seperti profesional.

Meningkatkan Brand Awareness

Website yang sering muncul di search engine akan memiliki memori unik di benak pelanggan. Bahkan, ketika brand kamu tidak tercantum dalam hasil pencarian Google, mereka mungkin akan mulai mencarinya. Ini disebut brand awareness.

Tentunya manfaat SEO lainnya yang bisa kamu rasakan adalah SEO dapat meningkatkan awareness terhadap bisnis yang kamu jalankan. Namun, brand awareness tidak dibangun dalam semalam.

Untuk alasan ini, SEO tidak dapat dianggap sebagai proses instan. Kamu harus membangunnya dalam jangka panjang untuk benar-benar merasakan manfaatnya.

Pengembangan Pasar

Pernahkah kamu berpikir untuk memperluas target pasar kamu? Dengan SEO, kamu bisa melakukan hal itu.

Misalnya, jika kamu menjalankan bisnis lokal yang ingin menjangkau pasar internasional. Kamu kemudian dapat membuat versi bahasa Inggris dari situs web atau negara tujuan kamu. Dengan menerapkan SEO tentunya agar website kamu dapat ditemukan di negara asal kamu.

Dengan begitu, perluasan pasar menjadi lebih efisien dan menghemat anggaran. Inilah salah satu manfaat SEO yang mendatangkan banyak keuntungan bagi bisnis kamu.

Menjangkau Pasar Lokal

Tentunya selain dapat membantu menjangkau pasar internasional, manfaat SEO lainnya adalah mampu memaksimalkan efektifitas bisnis kamu secara lokal.

Pendekatan SEO lokal cocok untuk bisnis berbasis lokasi lokal seperti bisnis rumahan, toko waralaba, dan lainnya. Kamu bisa mulai mengoptimalkan secara lokal dengan berfokus pada target pasar lokal. Termasuk membuat konten yang terkait dengan isu-isu lokal di area tempat bisnis kamu berada. Agar lebih baik lagi, kamu juga bisa mengumpulkan testimoni melalui Google Review untuk meningkatkan kredibilitas bisnis lokal kamu.

Tingkatkan Kualitas User Experience

User Experience yang baik adalah salah satu faktor keberhasilan bisnis. Salah satu cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna adalah dengan membuat konten yang bermanfaat bagi mereka.

Semakin bermanfaat dan relevan konten yang kamu buat untuk maksud pencarian, semakin penting Google menganggap situs kamu dan layak untuk dimasukkan dalam halaman hasil mesin pencari (SERP). Dengan cara ini tentunya juga akan meningkatkan organic traffic ke situs kamu. Dapat disimpulkan bahwa manfaat SEO lainnya adalah dapat membuat website menjadi lebih SEO friendly, yang juga akan meningkatkan kualitas User Experience.

Mengumpulkan Data Perilaku Konsumen

Manfaat SEO selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah SEO bisa memberikan berbagai data yang bisa menggambarkan perilaku konsumen.

Kamu bisa mendapatkan data ini dari Google Analytics, Google Search Console, atau tools SEO lain yang kamu gunakan.

Dengan tools SEO, misalnya, kamu dapat melihat perilaku pengunjung situs yang melihat beberapa halaman produk tetapi tidak membeli. Pengunjung mungkin tidak tertarik dengan gambar, deskripsi, atau harga produk, sehingga kamu dapat memperbaikinya.

Investasi Jangka Panjang

SEO adalah investasi jangka panjang yang jika dilakukan secara konsisten akan memberikan hasil yang positif bagi bisnis kamu. Untuk melakukan ini, ubah SEO menjadi investasi jangka panjang.

Penerapan SEO juga tidak bisa dilakukan secara instan. Memang, “aturan main” SEO selalu dapat berubah. Oleh karena itu, kamu harus selalu memantau dan mengikuti perkembangan agar manfaat SEO yang kamu terima maksimal.

Sudah Siap Untuk Menggunakan SEO Untuk Bisnismu?

Di antara sekian banyak manfaat SEO yang dijelaskan, langkah penting yang perlu kamu lakukan adalah melakukannya sesegera mungkin. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, SEO adalah investasi jangka panjang yang akan memberikan dampak positif bagi bisnis.

Namun sebelum kamu mulai memasuki dunia SEO, tentunya kamu harus mengetahui apa itu SEO dan bagaimana penerapannya. Kemudian kamu dapat mulai menerapkan SEO untuk bisnis kamu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments