Beli Domain asia Murah dan Mudah: Ini 7 Tipsnya!

0
1398

Beli domain asia murah sangat penting karena memberikan identitas yang kuat sebagai entitas yang terkait dengan Asia. Dengan memiliki atau beli domain asia murah, bisnis kamu dapat menunjukkan keterlibatan dan kehadiran yang kuat di pasar Asia. Ini dapat membantu membangun reputasi dan memperluas jangkauan bisnis di kawasan dengan pertumbuhan ekonomi pesat dan potensi bisnis yang besar. Mari kita bahas secara lengkap tentang beli domain asia murah dan mudah secara lengkap dalam artikel ini!

Mengapa Penting untuk Membeli Domain asia Murah?

domain asia

Memiliki atau beli domain asia murah memungkinkan kamu untuk secara eksplisit menargetkan pasar di Asia, meningkatkan visibilitas di antara audiens yang relevan, dan memperoleh peluang bisnis yang lebih luas.

Dalam hal perlindungan merek dan reputasi, memiliki atau beli domain asia murah dengan nama merek kamu dapat mencegah penyalahgunaan atau kebingungan merek. 

Di samping itu, jika kamu ingin menyediakan konten dalam bahasa lokal di negara-negara Asia, memiliki domain asia dapat memberikan kesan bahwa situs kamu menyediakan informasi yang relevan bagi pengguna yang berbicara bahasa tersebut. Dengan demikian, memiliki atau beli domain asia murah dapat memberikan keuntungan signifikan dalam memperluas bisnis kamu dan membangun kehadiran yang kuat di pasar Asia.

Memilih Registrar Domain asia

Dalam memilih registrar dan beli domain asia murah, penting untuk mengevaluasi dan membandingkan opsi yang tersedia untuk menemukan registrar yang memberikan kombinasi harga yang baik, fitur yang dibutuhkan, keamanan yang solid, dan dukungan pelanggan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan kamu. Saat memilih registrar untuk beli domain asia murah, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

Harga

Periksa biaya registrasi awal dan biaya perpanjangan domain asia di masing-masing registrar, jangan sampai anda beli domain asia murah namun butuh biaya perpanjangan yang sangat besar. Bandingkan harga mereka untuk memastikan kamu mendapatkan penawaran terbaik yang sesuai dengan anggaran yang telah disediakan.

Fitur dan Fungsionalitas

Perhatikan fitur yang ditawarkan oleh registrar, seperti kemudahan pengelolaan domain, DNS management, perlindungan privasi WHOIS, dukungan pelanggan, dan integrasi dengan platform lain (misalnya, hosting atau builder situs web).

Keamanan

Pastikan registrar yang kamu pilih memiliki langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi domain kamu. Ini termasuk perlindungan terhadap pencurian domain dan tindakan keamanan lainnya.

Pengalaman dan Reputasi

Pilih registrar dengan reputasi yang baik dan pengalaman yang terbukti dalam industri ini. Cari tahu ulasan dan umpan balik dari pengguna lain untuk memahami kualitas layanan yang disediakan oleh registrar tersebut.

Ketersediaan TLD Lainnya

Jika kamu juga berencana untuk memiliki domain dengan ekstensi lain di masa depan, periksa apakah registrar tersebut juga mendukung dan menyediakan TLD (top-level domain) lain yang kamu butuhkan. Ini memudahkan pengelolaan semua domain kamu di satu tempat.

Layanan Pelanggan

Periksa apakah registrar tersebut menyediakan layanan pelanggan yang responsif dan membantu. Penting untuk memastikan bahwa kamu dapat mendapatkan bantuan jika mengalami masalah teknis atau administratif terkait dengan domain kamu.

Kebijakan Transfer

Periksa kebijakan transfer registrar jika kamu ingin memindahkan domain asia kamu di masa depan. Pastikan prosesnya sederhana dan ada dukungan dari registrar untuk mengatur transfer domain dengan lancar.

Persyaratan untuk Membeli Domain .asia

Untuk beli domain asia murah, kamu perlu memenuhi persyaratan pendaftaran yang ditetapkan oleh registrar domain yang kamu pilih. Pastikan untuk membaca persyaratan pendaftaran untuk beli domain asia murah yang disediakan oleh registrar yang kamu pilih dan mengikuti petunjuk yang diberikan dengan tepat. 

Jika kamu memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan tambahan, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan pelanggan registrar untuk mendapatkan panduan yang lebih rinci. Meskipun persyaratan dapat bervariasi sedikit antara registrar yang berbeda, berikut ini adalah persyaratan umum yang biasanya diperlukan:

Kepemilikan Bisnis di Wilayah Asia

Untuk memenuhi syarat membeli domain .asia, kamu perlu memiliki kepemilikan bisnis atau memiliki afiliasi dengan wilayah Asia. Ini dapat berarti memiliki kantor atau alamat bisnis yang terdaftar di salah satu negara di wilayah Asia.

Data Pribadi yang Valid

Kamu harus menyediakan informasi pribadi yang valid seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang aktif. Pastikan data yang kamu berikan akurat dan dapat diverifikasi.

Dokumen Identitas

Biasanya, kamu perlu menyediakan salinan dokumen identitas pribadi seperti paspor atau kartu identitas nasional. Dokumen ini digunakan untuk memverifikasi identitas kamu saat mendaftar domain .asia.

Data Kontak Bisnis

Kamu juga harus menyediakan informasi kontak bisnis yang valid seperti nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon bisnis, dan alamat email bisnis.

Pembayaran

Selanjutnya, kamu perlu melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh registrar domain .asia yang kamu pilih. Metode pembayaran yang umum digunakan termasuk kartu kredit, transfer bank, atau metode pembayaran online lainnya yang diterima oleh registrar.

Cara Membeli Domain .asia

Untuk membeli domain .asia, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Pilih Registrar Domain

Pilih registrar domain yang menawarkan layanan pendaftaran domain .asia. 

Cek Ketersediaan Domain

Gunakan fitur pencarian yang disediakan oleh registrar untuk memeriksa ketersediaan domain .asia yang kamu inginkan. Masukkan nama domain yang diinginkan dengan ekstensi .asia dan periksa apakah domain tersebut tersedia.

Pilih Paket atau Durasi Pendaftaran

Setelah menemukan domain .asia yang tersedia, pilih paket pendaftaran yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu dapat memilih periode pendaftaran mulai dari satu tahun hingga beberapa tahun.

Isi Informasi Pendaftaran

Isi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi dan bisnis yang diminta oleh registrar. Pastikan untuk memberikan data yang akurat dan valid untuk memastikan pendaftaran yang sukses.

Verifikasi Informasi

Verifikasi informasi yang kamu berikan dan pastikan semuanya benar sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Dokumen dan Pembayaran

Jika diperlukan, unggah atau kirimkan dokumen yang diminta oleh registrar sebagai bagian dari persyaratan pendaftaran. Setelah itu, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh registrar. Kamu dapat menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau metode pembayaran yang diterima oleh registrar.

Konfirmasi dan Pengaturan DNS

Setelah pembayaran kamu dikonfirmasi, kamu akan menerima konfirmasi pendaftaran domain asia dan akses ke panel pengaturan DNS. Di panel ini, kamu dapat mengonfigurasi DNS untuk mengarahkan domain kamu ke server hosting atau layanan lain yang digunakan.

Verifikasi WHOIS

Pastikan untuk melakukan verifikasi data WHOIS, yang mencakup detail kontak kamu, untuk memastikan kepemilikan dan penggunaan yang sah atas setelah beli domain asia murah.

Harga Domain asia

Harga beli domain asia murah dapat bervariasi antara registrar domain yang berbeda dan juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Harga beli domain asia murah bisa berbeda-beda di setiap registrar. Di Exabytes, kamu bisa mendapatkan domain .asia dengan harga Rp33.500 per tahun. 

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga beli domain asia murah atau mahal meliputi:

Registrar

Setiap registrar dapat menentukan harga mereka sendiri untuk orang yang ingin beli domain asia murah atau mahal berdasarkan kebijakan internal dan strategi penentuan harga mereka.

Durasi Pendaftaran

Harga beli domain asia murah biasanya ditawarkan dalam paket berdasarkan periode pendaftaran. Semakin lama durasi pendaftaran yang kamu pilih, semakin tinggi biaya yang mungkin kamu bayar. Misalnya, beli domain asia murah untuk satu tahun mungkin memiliki harga yang lebih rendah daripada pembelian untuk lima tahun.

Penawaran dan Diskon

Beberapa registrar dapat menawarkan penawaran khusus atau diskon untuk domain murah .asia. Hal ini dapat memengaruhi harga yang kamu bayar, tergantung pada promosi saat ini atau kode kupon yang kamu gunakan.

Domain Premium

Beberapa domain .asia yang dianggap premium, yaitu domain yang sangat dicari atau memiliki nilai komersial tinggi, mungkin memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan domain biasa.

Pembaruan dan Perpanjangan

Ketika masa pendaftaran domain .asia kamu berakhir, kamu perlu memperbarui atau memperpanjang domain tersebut. Harga untuk memperbarui atau memperpanjang domain dapat berbeda dari harga pendaftaran awal.

Mengelola Domain .asia

Untuk mengelola domain .asia, kamu perlu mengakses panel kontrol atau akun yang disediakan oleh registrar domain. Cara mengelola domain .asia yang bisa kamu ikuti, di antaranya:

Mengatur DNS

Masuk ke akun registrar domain kamu dan temukan domain .asia yang ingin dikelola. Cari opsi atau menu yang terkait dengan pengaturan DNS atau DNS management. Pilih opsi tersebut dan kamu akan dibawa ke panel pengaturan DNS.

Di panel tersebut, kamu dapat menambah, menghapus, atau mengedit catatan DNS seperti A, CNAME, MX, atau TXT untuk mengarahkan domain kamu ke server hosting atau layanan lain yang kamu gunakan.

Mengganti Kontak Domain

Buka akun registrar domain kamu dan temukan domain asia yang ingin kamu ubah kontaknya. Cari opsi atau menu yang terkait dengan pengaturan kontak atau contact management. Pilih opsi tersebut dan kamu akan dibawa ke halaman pengaturan kontak domain.

Di halaman ini, kamu dapat mengedit informasi kontak seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang terkait dengan domain asia kamu.

Memperpanjang Masa Aktif Domain

Masuk ke akun registrar domain kamu dan temukan domain asia yang ingin kamu perpanjang. Cari opsi atau menu yang terkait dengan perpanjangan atau renewal domain.

Pilih opsi tersebut dan kamu akan melihat informasi tentang masa aktif domain kamu dan tanggal kadaluarsa. Pilih periode perpanjangan yang diinginkan, misalnya satu tahun atau beberapa tahun, dan lanjutkan ke proses pembayaran.

Ikuti instruksi pembayaran yang diberikan oleh registrar untuk menyelesaikan perpanjangan domain asia kamu.

Persyaratan Transfer Domain .asia

Transfer domain asia biasanya dilakukan untuk memindahkan kepemilikan domain dari registrar yang satu ke registrar yang lain. Untuk melakukan hal ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti:

Domain Lock

Pastikan domain asia kamu tidak terkunci atau dalam status transfer terkunci di registrar saat ini. Jika terkunci, kamu perlu membuka kunci domain sebelum memulai transfer.

Status Domain

Periksa status domain kamu. Pastikan cek domain asia kamu tidak dalam status suspend, expired, atau dalam proses pemindahan atau pembaharuan yang sedang berlangsung.

Domain Authorization Code

Pastikan kamu memiliki Authorization Code atau EPP Code yang merupakan kode unik untuk mengotorisasi transfer domain. Kamu perlu mendapatkan kode ini dari registrar saat ini sebelum memulai transfer.

beli domain .asia murah

Panduan Transfer Domain asia

Lalu, bagaimana cara melakukan transfer domain asia?

Pilih Registrar Tujuan

Pilih registrar domain yang ingin kamu transfer domain asia. Pastikan registrar tersebut mendukung transfer domain asia dan menawarkan layanan transfer yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Persiapkan Domain di Registrar Tujuan

Buat akun di registrar tujuan jika kamu belum memiliki satu. Lalu, temukan opsi atau menu yang terkait dengan transfer domain atau domain transfer. Pilih opsi tersebut untuk memulai proses transfer.

Masukkan Domain dan Authorization Code

Pada halaman transfer, masukkan nama domain asia yang ingin kamu transfer. Juga, masukkan Authorization Code yang kamu peroleh dari registrar saat ini. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk melanjutkan.

Verifikasi Transfer

Setelah kamu mengirimkan permintaan transfer, registrar tujuan akan mengirimkan permintaan verifikasi kepada email kontak administratif yang terdaftar dalam domain asia. Pastikan untuk memverifikasi dan mengonfirmasi permintaan transfer tersebut sesuai instruksi yang diberikan.

Approve atau Konfirmasi Transfer

Jika kamu adalah pemilik domain asia dan telah memverifikasi permintaan transfer, kamu perlu menyetujui atau mengkonfirmasi transfer tersebut. Ini biasanya melibatkan mengklik tautan verifikasi yang dikirimkan ke alamat email yang terdaftar pada domain asia.

Proses Transfer

Setelah kamu menyetujui atau mengkonfirmasi transfer, registrar tujuan akan mengirimkan permintaan transfer ke registrar saat ini. Proses transfer dapat memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada registrar dan persetujuan dari registrar saat ini.

Konfirmasi Transfer Selesai

Setelah transfer selesai, kamu akan menerima konfirmasi dari registrar tujuan. Pastikan untuk memeriksa panel kontrol atau akun kamu untuk memastikan bahwa domain asia kamu sudah berhasil ditransfer ke registrar baru.

Kesimpulan

Beli domain asia murah dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi individu atau bisnis yang ingin memperluas jangkauan mereka di wilayah Asia. Domain asia memberikan identitas yang kuat dan relevan dengan pasar regional tersebut. 

Dalam membeli domain asia, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor seperti harga yang terjangkau, reputasi registrar, dan kualitas layanan yang disediakan. 

Dengan melakukan riset yang baik dan membandingkan harga di berbagai registrar, kamu dapat menemukan domain asia dengan harga yang lebih murah dan terjangkau. Selain itu, kamu juga dapat mencari penawaran atau diskon khusus yang ditawarkan oleh registrar. 

Pastikan untuk memahami persyaratan pendaftaran domain asia dan mempersiapkan dokumen yang diperlukan. Setelah berhasil membeli domain asia, penting untuk mengelola domain tersebut dengan mengatur DNS, memperpanjang masa aktif, dan menjaga kontak domain yang terkait tetap mutakhir. Nah, kamu dapat mendapatkan domain asia murah dengan kualitas terbaik di Exabytes yang sudah terverifikasi ISO 27001!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments