4 Tips Beli Domain .com Murah dan Mudah!

0
1216

Beli domain .com memberikan keuntungan strategis bagi bisnis, organisasi, dan individu. Dalam era digital domain .com membantu Anda untuk dapat meningkatkan visibilitas online, memperkuat brand, dan memberikan kesan profesional dan kredibel. Dengan menggunakan domain tersebut juga daopat memudahkan pengguna untuk mengingat alamat situs web dan mencari informasi yang dibutuhkan.

Dengan demikian, domain .com menjadi sarana yang kuat untuk membangun kehadiran online yang kuat dan menjalin hubungan dengan pengguna di seluruh dunia.

Kapan Pertama Kali Domain .com Muncul?

Pada tahun 1985, domain .com pertama kali diperkenalkan. Domain .com merupakan kependekan dari “commercial” yang awalnya ditujukan untuk perusahaan-perusahaan komersial. Namun, seiring dengan perkembangan internet, penggunaan domain .com meluas hingga mencakup berbagai jenis entitas, termasuk individu, organisasi, dan komunitas.

Popularitas domain .com didorong oleh beberapa faktor. Pertama, domain .com dianggap lebih mudah diingat oleh pengguna. Kata “com” menjadi sinonim dengan kegiatan komersial di internet, sehingga pengguna secara alami cenderung mencari alamat website dengan domain .com.

Selain itu, karena domain .com telah ada sejak awal perkembangan internet, banyak alamat website yang sudah terkenal menggunakan domain ini, seperti Google.com, Facebook.com, dan Amazon.com. Ini membuat domain .com menjadi pilihan utama bagi banyak perusahaan dan merek terkenal.

Keuntungan memiliki domain .com adalah meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas. Domain .com dianggap lebih profesional dan dapat memberikan kesan bahwa sebuah bisnis atau organisasi memiliki kehadiran yang mapan di dunia online.

Selain itu, domain .com juga memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens global dengan lebih baik. Karena domain .com dikenal secara internasional, pengguna dari berbagai negara dan budaya dapat dengan mudah mengakses dan mengenali domain tersebut.

Tips Memilih dan Beli Domain .com

beli domain .com

Penting untuk diingat bahwa domain .com bersifat unik, jadi sebaiknya segera mengambil tindakan jika kamu menemukan domain yang tepat yang masih tersedia. Semakin lama kamu menunda, semakin besar kemungkinan orang lain akan membeli domain tersebut. Untuk memilih dan beli domain .com, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Mencari dan Memilih Domain yang Tepat

Pertama, tentukan nama domain yang sesuai dengan tujuan dan identitas merek kamu. Pilihlah nama yang mudah diingat, relevan, dan mencerminkan isi atau jenis bisnismu.

2. Memeriksa Ketersediaan Domain

Setelah menentukan nama domain yang diinginkan, lakukan pengecekan ketersediaan domain tersebut. Banyak registrar domain yang menyediakan fasilitas pencarian untuk memeriksa apakah domain yang kamu inginkan sudah ada yang menggunakannya atau masih tersedia.

3. Memilih Registrar Domain

Selanjutnya, pilih registrar domain yang andal dan sesuai dengan kebutuhanmu seperti Exabytes. Exabytes menyediakan domain .com dengan harga murah Rp109.000 dengan fitur yang lengkap. Kamu bisa membandingkan harga, kebijakan, fitur, dan dukungan pelanggan yang disediakan oleh registrar lainnya.

4. Proses Pembayaran dan Aktivasi Domain

Setelah memilih registrar domain murah, kamu dapat melanjutkan dengan proses pembayaran. Pilihlah periode registrasi yang diinginkan (biasanya dalam rentang 1 hingga 10 tahun) dan ikuti instruksi untuk melengkapi pembayaran. Setelah pembayaran berhasil, registrar akan mengirimkan konfirmasi pembelian dan instruksi aktivasi domain.

Setelah beli domain .com, kamu juga perlu mengatur konfigurasi DNS (Domain Name System) untuk mengarahkan domain ke server hosting yang sesuai dengan situs web kamu. Proses ini melibatkan pengaturan record DNS seperti A record atau CNAME record, yang dapat dilakukan melalui control panel atau dashboard yang disediakan oleh registrar atau penyedia hostingmu.

Tips Tambahan Mencari Domain .com Murah

Untuk dapat beli domain .com dengan harga yang lebih terjangkau, kamu dapat mengikuti beberapa tips seperti:

Mencari Promo atau Diskon Domain

Seringkali, registrar domain menawarkan promosi atau diskon untuk domain .com. Kamu dapat mencari kode kupon dengan cek domain situs web registrar secara teratur untuk memanfaatkan penawaran khusus ini. Beberapa registrar juga mengadakan penjualan besar-besaran, seperti “Black Friday” atau “Cyber Monday,” di mana kamu bisa mendapatkan domain .com dengan harga yang lebih murah.

Membeli Domain pada Registrar Tertentu

Beberapa registrar domain mungkin menawarkan harga lebih murah atau paket spesial untuk domain .com. Sebelum membeli, lakukan riset untuk menemukan registrar yang menawarkan harga yang kompetitif dan reputasi yang baik. Bandingkan harga dan fitur yang ditawarkan oleh berbagai registrar sebelum membuat keputusan pembelian.

Memilih Pembayaran Jangka Panjang

Beberapa registrar menawarkan diskon atau harga yang lebih murah jika kamu membeli domain untuk jangka waktu yang lebih lama. Misalnya, pembelian domain .com untuk 2 atau 3 tahun mungkin lebih hemat daripada membelinya hanya untuk 1 tahun. Pertimbangkan untuk memilih opsi pembayaran jangka panjang jika kamu yakin akan mempertahankan domain tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama.

Memilih Hosting untuk Domain .com

Pilihan hosting terbaik akan tergantung pada kebutuhan khusus dan preferensi kamu. Pastikan untuk melakukan riset yang teliti dan membaca ulasan pengguna.

Kinerja dan Keandalan

Pastikan hosting yang dipilih memiliki kinerja yang baik dan uptime yang tinggi. Dengan uptime yang tinggi, situs web kamu akan tersedia secara online sepanjang waktu tanpa gangguan. Periksa pula keandalan server, kemampuan hosting untuk menangani lalu lintas situs yang tinggi, serta kecepatan akses yang baik.

Skalabilitas

Pertimbangkan apakah hosting dapat dengan mudah disesuaikan dengan pertumbuhan situs web kamu. Apakah hosting tersebut menyediakan opsi untuk meningkatkan sumber daya (seperti ruang disk, bandwidth, dan memori) jika diperlukan di masa depan. Jika kamu berencana untuk mengembangkan situs web kamu, pastikan hosting dapat mendukung perkembangan tersebut.

Fitur dan Fungsionalitas

Tinjau fitur-fitur yang disediakan oleh hosting, seperti panel kontrol, dukungan bahasa pemrograman (PHP, MySQL, dll.), pemrosesan email, manajemen basis data, serta dukungan untuk aplikasi dan CMS (Content Management System) yang ingin kamu gunakan.

Dukungan Pelanggan

Perhatikan kualitas dukungan pelanggan yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Pastikan mereka menyediakan berbagai saluran komunikasi (seperti live chat, email, atau telepon) dan memiliki reputasi yang baik dalam menanggapi pertanyaan atau masalah pengguna.

Keamanan

Keamanan hosting sangat penting untuk melindungi data dan situs web kamu dari serangan cyber. Pastikan hosting menyediakan langkah-langkah keamanan yang memadai, seperti firewall, pemindaian malware, SSL (Secure Sockets Layer), dan dukungan untuk protokol keamanan lainnya.

Mengelola Domain .com

Mengelola domain .com melibatkan beberapa tugas penting, seperti memperpanjang masa berlaku domain, memperbarui informasi domain, dan transfer domain ke registrar lain. Memperpanjang masa berlaku domain adalah proses memperbarui jangka waktu kepemilikan domain sehingga domain tetap aktif. Ini dapat dilakukan melalui akun control panel di registrar domain kamu.

Selain itu, kamu juga perlu memperbarui informasi domain seperti alamat kontak, server DNS, atau pemegang domain jika ada perubahan. Proses ini melibatkan akses ke akun control panel dan mengubah pengaturan yang relevan.

Jika kamu ingin mentransfer domain .com kamu ke registrar lain, kamu perlu mengikuti panduan transfer domain yang disediakan oleh registrar baru. Ini melibatkan mengajukan permintaan transfer, memverifikasi kepemilikan domain, dan mendapatkan kode otorisasi dari registrar yang sebelumnya. Mengelola domain .com dengan baik penting untuk menjaga keberlanjutan dan keamanan domain kamu, serta memastikan informasi terkini dan relevan.

Kesimpulan

Memilih domain .com yang tepat sangat penting dalam membangun kehadiran online yang kuat. Domain .com diakui secara global dan memberikan kesan profesional dan kredibel. Untuk membeli domain .com murah, kamu dapat mencari promo atau diskon, memilih registrar dengan harga kompetitif, dan mempertimbangkan pembayaran jangka panjang.

Membeli domain .com murah di Exabytes adalah langkah cerdas bagi bisnis online Anda. Ini adalah investasi yang memungkinkan Anda membangun merek yang kuat dan menghasilkan keuntungan jangka panjang.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki domain yang sesuai dengan bisnis Anda dan menjalani perjalanan kesuksesan bisnis online Anda. Dengan Exabytes, Anda memiliki mitra yang tepat untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda dalam dunia digital yang kompetitif ini.

Kamu bisa mendapatkan domain .com berkualitas dan harga terjangkau di Exabytes yang sudah mendapatkan sertifikat ISO 27001.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments