Mengenal Detail IP Address: Pengertian, Jenis, Versi, Hingga Cara Cek

0
3404

IP Address yang memiliki kepanjangan Internet Protocol Address merupakan label numerik atau deretan angka yang ditetapkan pada setiap perangkat yang terhubung kedalam jaringan komputer dan menggunakan Protokol Internet atau infrastruktur jaringan lainnya dalam komunikasinya.

Internet Protocol Adress adalah komponen kunci dari infrastruktur internet yang memungkinkan komunikasi antara perangkat yang terhubung ke internet. Hal ini memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain lewat jaringan global yang cukup kompleks.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan Pengertian, Jenis-jenis, Versi, serta cara untuk mengecek IP Address.

Pengertian IP Address

IP Address adalah serangkaian angka atau huruf yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke jaringan komputer, termasuk internet. Internet Protocol Address adalah alamat unik yang diberikan kepada setiap perangkat yang terhubung ke jaringan, sehingga memungkinkan perangkat tersebut untuk dikenali dan berkomunikasi satu sama lain di dalam jaringan.

Seperti alamat fisik pada dunia nyata yang memungkinkan surat atau paket dikirimkan ke alamat yang tepat, Internet Protocol Address memastikan bahwa data yang dikirimkan oleh satu perangkat sampai ke perangkat yang dituju dengan benar di jaringan. Internet Protocol Address memungkinkan perangkat untuk saling mengirim data dan berkomunikasi satu sama lain. Tanpa Internet Protocol Address, perangkat tidak dapat dikenali atau dijangkau di internet.

IP Address sering kali dibandingkan dengan alamat rumah dalam dunia nyata. Seperti alamat rumah yang memungkinkan surat atau paket dikirimkan ke lokasi yang tepat, Internet Protocol Address memungkinkan data dan informasi dikirimkan ke perangkat yang benar di internet.

Baca juga: Yuk, Kenalan Dengan Certification Authority

Jenis-Jenis IP Address

ip addressAda dua jenis IP Address yang umum digunakan:

Internet Protocol Address IPv4

Ini adalah jenis IP Address yang paling umum digunakan saat ini. IPv4 menggunakan format berupa empat blok angka desimal yang dipisahkan oleh titik. Setiap blok dapat berisi angka dari 0 hingga 255. Contoh IPv4 adalah “192.168.1.1”. Sayangnya, jumlah IP Address IPv4 yang tersedia semakin terbatas karena pertumbuhan internet yang pesat.

Internet Protocol Address IPv6

Untuk mengatasi keterbatasan Internet Protocol Address IPv4, diciptakanlah IPv6. IPv6 menggunakan format yang lebih panjang, yaitu delapan blok alphanumerik yang dipisahkan oleh titik dua-poin. Contoh IPv6 adalah “2001:0db8:85a3:0000:0000:8a2e:0370:7334”. IPv6 memiliki jumlah kombinasi yang sangat besar, sehingga dapat mendukung pertumbuhan internet yang lebih lanjut.

Versi IP Address

Selain jenisnya yang terbagi menjadi 2, Internet Protocol Address juga memiliki beberapa versi. Versi utama yang digunakan saat ini ada 2, yaitu IPv4 dan IPv6 yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun, ada juga versi yang walaupun belum dikenal secara umum tapi dirancang untuk keperluan khusus dan tidak digunakan secara luas di internet.

Baca juga: Apa Itu Organization Validated Certificate?

Cara Memeriksa IP Address

ip address

Ada beberapa cara untuk memeriksa IP Address pada perangkat Anda:

Melalui Command Prompt (Windows):

Buka Command Prompt, lalu ketik “ipconfig” dan tekan Enter. Anda akan melihat daftar informasi IP Address yang terhubung ke perangkat Anda.

Melalui Terminal (Mac atau Linux):

Buka Terminal, lalu ketik “ifconfig” (untuk Mac) atau “ip addr” (untuk Linux) dan tekan Enter. Anda akan melihat informasi Internet Protocol Address perangkat Anda.

Melalui Situs Web Penyedia Layanan Internet (ISP):

Banyak ISP menyediakan alat online yang memungkinkan Anda memeriksa IP Address Anda. Cukup kunjungi situs web ISP Anda dan cari opsi untuk memeriksa Internet Protocol Address.

Melalui Situs Web Deteksi IP Online:

Ada banyak situs web yang menawarkan layanan untuk mendeteksi Internet Protocol Address Anda secara online. Cukup kunjungi salah satu situs web tersebut, dan Internet Protocol Address Anda akan ditampilkan di layar.

Kesimpulan

Internet Protocol Address adalah komponen kunci dalam infrastruktur internet yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain. Dengan memahami pengertian, jenis, versi, dan cara memeriksa IP Address, Anda dapat lebih baik mengelola dan memahami koneksi internet Anda. Ini juga dapat membantu Anda dalam berbagai konteks, seperti konfigurasi jaringan, keamanan online, dan pemecahan masalah koneksi internet.

Setiap perangkat yang terhubung ke internet memiliki Internet Protocol Address yang unik, dan ini memungkinkan perangkat tersebut untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di seluruh dunia melalui jaringan global yang kompleks. Internet Protocol Address adalah salah satu konsep dasar dalam komunikasi internet dan sangat penting dalam pengiriman data, pemecahan masalah jaringan, dan pengaturan jaringan komputer.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments