Cara Ganti Domain WordPress.com ke Custom Domain – Solusi Mudah!

0
124

Website sekarang ini bukan cuma dimiliki oleh sebuah perusahaan dan brand terkenal saja, sekarang banyak orang yang menggunakan website untuk personal branding. Untuk itulah penting mengetahui bagaimana cara ganti domain WordPress.

Seperti yang kita tahu, WordPress merupakan salah satu platform website builder terbesar dan paling banyak digunakan sekarang ini. Anda tidak perlu memiliki keahlian pemrograman untuk bisa membuat website di WordPress.

Untuk proses pergantian domain di WordPress ke custom domain juga tidak sulit. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda bisa mengganti domain ke custom domain dalam hitungan menit. Penasaran bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai!

Pengertian WordPress

Cara Ganti Domain WordPress

WordPress.com adalah platform yang telah disediakan WordPress untuk mempermudah pengguna dalam membuat website secara gratis. Anda bisa membuat website menggunakan layanan ini secara gratis, tanpa harus membeli domain dan hosting terlebih dahulu.

Karena platform ini bersifat gratis, tentunya ada banyak kekurangan jika dibandingkan platform berbayar. Salah satunya adalah URL Blog atau website yang Anda buat akan memiliki akhiran .wordpress.com, contoh domainanda.wordpress.com.

Selain itu, fitur yang diberikan juga terbatas dan tidak sebanyak versi berbayar dari WordPress. Terus, bagaimana cara menggunakan semua fitur yang ada dan menghilangkan akhiran .wordpress.com pada nama domain di WordPress?  

Syarat Mengganti Domain ke Custom Domain

Sebelum ke tutorial cara ganti domain WordPress ke custom domain, Anda harus tahu terlebih dahulu syarat-syarat untuk mengganti ke custom domain di WP. Jadi sebelum ke tutorialnya, siapkan terlebih dahulu beberapa syarat berikut ini.

1. Memiliki Domain

Syarat pertama yang harus Anda siapkan adalah memiliki domain, jika belum memilikinya silahkan beli terlebih dahulu. Ada bisa membeli domain murah di Exabytes Indonesia.

Cara Ganti Domain WordPress.com ke Custom Domain - Solusi Mudah! - 2024

Ketika membeli domain, pastikan domain yang Anda beli sesuai dengan branding dan website yang akan dibuat. Pastikan nama domain relevan dengan konten yang akan dibuat, singkat dan mudah diingat, tidak menggunakan tanda hubung berlebihan, dan hindari penggunaan nama merek tertentu.

2. Upgrade Akun WordPress

Selain domain, Anda juga harus melakukan upgrade pada akun WordPress. Hal ini sangat penting karena jika masih menggunakan Free Plan, Anda tidak bisa memasang domain yang sudah di beli. Dengan upgrade akun, memungkinkan Anda menggunakan fitur tambahan yang tidak ada di Free Plan.

Cara Ganti Domain WordPress.com ke Custom Domain - Solusi Mudah! - 2024

Bukan cuma itu saja, dengan upgrade akun WordPress, Anda juga bisa mengakses dukungan teknis lebih baik, fitur lebih banyak, dan layanan hosting yang lebih stabil. Ada beberapa pilihan upgrade, mulai dari Personal, Premium, Business, dan eCommerce.

Cara Mengganti Domain di WordPress

custom domain ke google sites

Setelah menyiapkan dua syarat di atas, yaitu domain dan upgrade akun WordPress. Langkah berikutnya adalah tutorial cara mengganti domain WordPress.com ke custom domain. Caranya tidak sulit, silahkan ikuti langka-langkah berikut ini.

1. Add a Domain

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menambahkan custom domain yang telah Anda beli ke akun WordPress. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Masuk ke Domain Pages, kemudian pilih Upgrades – Domains – Add a Domain.

Cara Ganti Domain WordPress.com ke Custom Domain - Solusi Mudah! - 2024

Langkah 2: Setelah itu akan muncul beberapa pilihan nama domain. Silahkan scroll ke bawah dan pilih Use a Domain I Own.

Cara Ganti Domain WordPress.com ke Custom Domain - Solusi Mudah! - 2024

Langkah 3: Nantinya akan muncul dua pilihan, yaitu Transfer to WordPress.com dan Map Your Domain. Silahkan pilih Map Your Domain.

Langkah 4: Pada kolom nama domain, isikan nama domain yang Anda punya. Kemudian klik Add.

Langkah 5: Setelah itu muncul instruksi untuk Setup Domain.

2. Ubah Nameserver dan Pointing DNS

Nah, pada tahap ini ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk mengubah custom domain. Pertama adalah dengan mengubah nameserver, sedangkan kedua adalah melakukan pointing DNS. Berikut akan kami jelaskan kedua langkah tersebut.

Untuk Anda yang membeli domain tanpa hosting, maka kami sarankan mengubah nameserver domain ke WordPress. Namun jika Anda membeli domain dan hosting sekaligus, Anda bisa melakukan pointing DNS.

Cara Ubah Nameserver:

Langkah 1: Login ke Client Zone tempat dimana Anda membeli domain.

Langkah 2: Kemudian pilih menu Domains Active.

Langkah 3: Klik opsi Manage pada Domain yang Anda beli.

Langkah 4: Selanjutnya klik Nameserver Setting.

Langkah 5: Ubah Nameserver Domain menjadi: ns1.wordpress.com; ns2.wordpress.com; ns3 wordpress.com

Langkah 6: Setelah itu klik tombol Change Nameserver.

Selesai, sekarang Anda tinggal menunggu waktu propagasi DNS dengan estimasi 1×24 jam sampai domain terhubung dan bisa mulai diakses.

Cara Pointing DNS:

Langkah 1: Silahkan login ke cpanel Hosting Anda.

Langkah 2: Kemudian masuk ke menu Zone Editor – Manage di kolom domain yang Anda miliki.

Langkah 3: Setelah itu klik Add new record, silahkan edit record domain utama Anda untuk diarahkan ke IP wordpress.com sesuai dengan informasi pada langkah pertama.

Langkah 4: Selesai.

Setelah DNS dibuat, silahkan tunggu proses propagasi DNS seperti opsi ubah Nameserver sebelumnya. Lama proses propagasi ini maksimal 24 jam, setelah itu Anda bisa mulai mengakses nama domain tersebut.

Terdapat risiko kehilangan data saat mengganti domain. Hal ini karena proses penggantian domain dapat menyebabkan kesalahan konfigurasi, masalah redireksi, dan kehilangan pengaturan website. Oleh karena itu, penting untuk melakukan persiapan yang baik dan mengikuti langkah yang tepat.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress Self Host

Cara Ganti Domain WordPress.com ke Custom Domain - Solusi Mudah! - 2024

Jika mengikuti langkah-langkah di atas dengan cermat, maka Anda akan mengetahui bahwa ada dua jenis WordPress yaitu WordPress Premium dan Self Host. Dua jenis WordPress ini memiliki perbedaan, apa itu? Berikut perbedaan WordPress Premium dan WordPress Self Host.

1. Space

Ada perbedaan yang cukup signifikan dalam hal penyimpanan antara WordPress.com dan WordPress Self Host. Ketika menggunakan WordPress.com, keterbatasan ruang penyimpanan menjadi faktor yang harus dipertimbangkan baik-baik.

Pada versi gratisnya, WordPress.com hanya menyediakan penyimpanan sebesar 3GB saja. Space ini tentu terbilang kecil jika website yang akan Anda buat rutin mengupload konten setiap harinya. Disisi lain, WordPress Self Host memberikan space yang mulai dari 1GB sampai dengan Unlimited.

2. Theme

Perbedaan selanjutnya ada pada theme yang disediakan oleh WordPress. Pada WordPress.com, pilihan tema terbatas karena Anda hanya bisa menggunakan tema yang sudah disediakan oleh platform tersebut, jadi Anda tidak bisa menggunakan tema dari penyedia lain seperti Divi, Them Monster, dan lain-lain.

Sedangkan pada WordPress Self Host, Anda mempunyai kebebasan penuh dalam menggunakan tema sesuai keinginan. Anda bisa menggunakan tema gratis maupun berbayar, bahkan bisa menyesuaikan website sesuai kebutuhan dan preferensi sendiri.

3. Plugin

Pada WordPress.com, penggunaan plugin terbatas meskipun Anda sudah melakukan upgrade ke paket Premium. Anda tidak bisa menginstall plugin apapun, yang mana hal ini mungkin akan membatasi fungsionalitas website.

Untuk WordPress Self Host, Anda bisa menginstall berbagai plugin sesuai kebutuhan. Hal ini memungkinkan website bekerja dengan fungsionalitas yang tinggi jika dibandingkan dengan WordPress.com yang tidak bisa menggunakan plugin.

FAQ (Frequently Asked Question)

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait cara mengganti domain WordPress ke custom domain:

Mengapa perlu mengganti domain WordPress.com ke domain custom?

Mengganti domain WordPress.com ke custom domain meningkatkan identitas online Anda, terutama dalam personal branding atau bisnis. Dengan custom domain, situs web Anda terlihat lebih profesional dan meningkatkan kredibilitas merek atau identitas Anda.

Apa yang diperlukan untuk mengganti ke custom domain?

Jawaban: Anda memerlukan domain yang sudah dibeli dan upgrade akun WordPress Anda. Domain yang sesuai dengan branding dan relevan dengan konten situs web Anda, sementara upgrade akun WordPress memungkinkan pemasangan domain custom.

Bagaimana cara memilih domain kustom yang tepat?

Jawaban: Pilih domain kustom yang relevan, singkat, mudah diingat, hindari penggunaan tanda hubung berlebihan, dan pastikan tidak melanggar hak cipta atau merek dagang.

Cara ganti domain WordPress.com ke custom domain?

Langkah-langkahnya adalah menambahkan domain custom ke akun WordPress, lalu mengubah pengaturan DNS atau nameserver domain sesuai instruksi WordPress. Tunggu proses propagasi DNS hingga domain baru terhubung dengan situs web Anda.

Berapa lama proses penggantian domain biasanya berlangsung?

Proses penggantian domain biasanya memakan waktu maksimal 24 jam untuk propagasi DNS. Setelah itu, domain baru Anda akan terhubung dengan situs web Anda.

Apakah ada risiko kehilangan data saat mengganti domain?

Ya, ada risiko kehilangan data saat mengganti domain. Oleh karena itu, penting untuk melakukan persiapan yang baik dan mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk mengurangi risiko tersebut.

WordPress Adalah Website Builder Mudah untuk Custom Domain

WordPress.com merupakan salah satu website builder yang menyediakan fitur untuk custom domain. Cara mengganti WordPress.com ke custom domain tidaklah sulit, namun ada beberapa hal yang harus Anda siapkan terlebih dahulu.

Anda harus menyiapkan domain dan mengupgrade akun WordPress ke Premium untuk bisa menggunakan custom domain. Untuk langkah-langkahnya sendiri tidak sulit, silahkan ikuti langkah yang sudah kami jelaskan di atas.

web hosting terbaik blog banner