2 Cara Hack Wifi Dengan HP Atau Laptop

0
1752

Temukan 2 cara hack wifi dengan HP atau laptop. Pelajari langkah-langkahnya dengan bijak dan bertanggung jawab.

Sekarang, ada banyak sekali kejahatan yang dilakukan dengan cara yang rapi mengingat teknologi semakin canggih. Bahkan mereka kerap kali menggunakan etika pelanggaran agar korban lengah.

Contohnya adalah hacking wifi yang mana cara hack wifi sangatlah beragam. 

Ketika wifi Anda sudah di hack, Anda bisa saja kehilangan jaringan tersebut. Hacker akan mengubah semua pengaturan, termasuk passwordnya. Itu artinya, Anda tidak bisa lagi masuk ke jaringan wifi tersebut. 

Tenang saja. Anda bisa menggunakan trik hack wifi agar mendapatkan jaringan Anda kembali. Namun, jangan pernah gunakan cara ini untuk melakukan tindakan ilegal terhadap orang lain. 

Tindakan hack yang mengarah ke tujuan negatif tidak hanya merugikan korban, tetapi juga diri sendiri. Perbuatan tersebut melanggar hukum. Ketika Anda melakukannya untuk hal yang negatif, Anda bisa saja menerima perlakuan serupa dari hacker lain, bahkan berurusan dengan hukum. 

Jadi, gunakan tips hack wifi berikut untuk tujuan yang positif, seperti mengambil alih jaringan yang telah di hack orang lain. Bagaimana caranya? Sebelum itu, mari kita pahami dulu tentang jaringan wifi!

Memahami Jaringan Wifi

cara hack wifi

Wifi merupakan jaringan nirkabel yang bisa menghubungkan perangkat komputer atau handphone ke internet tanpa bantuan kabel. Wifi merupakan istilah lain dari Local Area Network (LAN). 

Selama ini, banyak orang awam yang beranggapan bahwa Wifi adalah internet. Padahal, keduanya berbeda. Wifi menjadi media agar pengguna bisa berselancar di internet dengan mudah. 

Jenis Jaringan Wifi

Jaringan Wifi sangatlah banyak. Namun, yang paling sering digunakan hingga sekarang adalah:

  1. IEEE 802.11a, dengan kecepatan 54 Mbps
  2. IEEE 802.11b, dengan kecepatan 11 Mbps
  3. IEEE 802.11g, dengan kecepatan 54 Mbps
  4. IEEE 802.11n, dengan kecepatan 600 Mbps

Cara Kerja Wifi

Untuk mengetahui cara hack wifi, Anda harus tahu dulu bagaimana cara kerja wifi. Lantas, bagaimana caranya? 

Wifi bisa bekerja dengan baik apabila terdapat perangkat router. Perangkat itulah yang menjadi lalu lintas jalannya internet. 

Nanti, perangkat router akan menerima jaringan internet lalu menyalurkannya ke perangkat terdekat. Misalnya, handphone, laptop, smart TV, dan lainnya. 

Biasanya, perangkat-perangkat yang sudah terhubung ke jaringan Wifi juga bisa berperan sebagai router. Artinya, perangkat tersebut bisa menyambungkan Wifi ke perangkat lain. Caranya yakni dengan mengaktifkan hotspot Wifi. 

Dasar-dasar Hacking Wifi

Mengamankan Domain Dari Serangan Hacker

Sebenarnya, ada banyak sekali yang harus Anda pelajari sebelum menerapkan cara hack Wifi. Di antaranya adalah istilah hacking Wifi hingga tools yang digunakan untuk peretasan Wifi. Berikut penjelasannya:

Mengenal Istilah dalam Hacking Wifi

Berikut beberapa istilah dalam hacking Wifi:

Deauthentication Attack

Yaitu teknik DOS bertujuan agar pengguna relogin atau mengautentikasi ulang Wifi. Jadi, teknik tersebut menargetkan komunikasi antara access point dan pengguna. 

Reaver

Biasanya, penguji penetrasi menggunakan cara ini dalam peretasan. Ini karena reaver bisa memecahkan kunci WPA atau WPA2 dalam waktu yang sangat singkat. Dalam hal ini, reaver hanya perlu melakukan brute force (serangan kata sandi) terhadap pin WPS. 

Panjang pin WPS adalah sebagaimana umumnya, yaitu 8 digit/karakter. Pin ini mudah ditebak dan diretas karena memang biasanya dibiarkan default. Tidak heran, hacker bisa melakukan hacking dengan lancar. 

Fake Access Point

Istilah face access point juga cukup populer dalam dunia hacking. Biasanya, hacker akan menyiapkan akses palsu terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar korban lengah dan masuk ke akses palsu yang telah dibuat. Dengan begitu, hacker memiliki kendali penuh. 

Saat korban sudah terhubung dengan fake access point, hacker bisa melakukan berbagai serangan lain. Misalnya, Phishing, ARP Spoofing, atau melalui website-website jahat lainnya. 

Sebagai contoh, korban hendak mengakses website resmi facebook. Ketika proses pemuatan, korban justru dialihkan server web hacker. Akhirnya, korban tidak bisa login facebook dan justru menerima ancaman dari hacker. 

Evil Twin

Istilah lain terkait tindakan peretasan adalah Evil Twin. Teknik seringkali memakan banyak korban, khususnya pengguna jaringan yang masih awam. 

Serangan ini akan membuat access point atau titik akses yang mirip dengan titik akses korban, seperti MAC, nama, dan interface. Jika korban mengaksesnya, otomatis, korban tidak bisa lagi masuk ke titik akses yang asli. 

Korban yang masih awam akan berpikir bahwa dirinya terhubung ke titik akses miliknya. Padahal, akses tersebut adalah milik hacker. Akibatnya adalah mereka tidak menyadari bahwa data-datanya sedang diretas. 

Selain istilah di atas, masih ada banyak lagi istilah atau teknik yang bwrkaitan dengan cara hack Wifi. Yang pasti, Anda harus memahami semua agar terhindar dari tindakan ilegal. Anda bisa saja melakukannya dengan tujuan yang baik, seperti melindungi sistem dan lainnya. 

Tools yang Digunakan dalam Hacking Wifi

penjelasan hacker

Tools untuk hack Wifi sangatlah banyak. Para hacker tentu menggunakan alat yang cukup populer dan optimal penggunaannya. Di antaranya adalah:

  1. Aircrack, algoritmanya sangat cerdas dalam memecahkan password Wifi. Hacker perlu mendalami ilmu dan pengetahuan terkait Linux agar bisa menggunakan Aircrack. 
  2. Airsnort, alat ini akan memonitor transmisi jaringan. Nantinya, Airsnort dapat menangkap paket penting yang dapat membantunya untuk membuat kunci enkripsi. 
  3. Cain & Able, hacker menggunakan tool ini dengan menerapkan berbagai serangan. Misalnya, brute force attacks, dictionary attacks, dan juga cryptanalysis. 
  4. WireShark, alat wifi hack gratis ini akan menangkap paket terkait jaringan wifi. Selanjutnya, WireShark akan menganalisanya untuk mendapatkan informasi penting yang berhubungan dengan jaringan tersebut. 
  5. CowPatty, penggunaan alat sangat mudah. Hanya saja, butuh waktu yang lama untuk memecahkan kata sandi. CowPatty akan menjalankan dan memasukkan wordlist yang memuat banyak password. Tentunya, hal itu tidaklah sebentar. 

Cara Hack Wifi dengan Laptop

cara hack wifi

Berikut adalah beberapa cara hack wifi dengan laptop:

Control Panel

Yang harus Anda lakukan adalah membuka control panel, lalu klik menu ‘network dan internet’. Setelah itu, klik ‘Network and Sharing Center’ dan ‘Manage Wireless Network’. Tunggu hingga muncul list Wifi yang pernah terkoneksi dengan laptop Anda. 

Selanjutnya, klik salah satu jaringan wifi dua kali. Lalu, masuk ke ‘security’ dan ceklis ‘show characters’. Kata sandi pun akan muncul. 

Command Prompt

Cari kolom run dengan menekan tombol windows + R bersamaan. Ketik CMD di kolom dan klik ok. Jendela Command Prompt akan muncul. 

Ketikkan “netsh wlan show profiles”, lalu enter. Semua nama jaringan wifi yang pernah tersambung di laptop akan muncul. 

Selanjutnya, ketik “netsh wlan show profile [Nama WiFi] key=clear” dan Enter. Lihatlah kolom Key Content. Di situ, Anda akan melihat password Wifi. 

Apakah ada cara lain lagi? Ada dan masih banyak, baik menggunakan aplikasi maupun tidak. Nusalnya, menggunakan sistem windows 7, alamat IP, dan lainnya. 

Cara Hack Wifi dengan Android

Sebagaimana cara hack wifi dengan laptop, Anda pun bisa melakukannya dengan Android, baik menggunakan aplikasi maupun tidak.

2 Cara Hack Wifi Dengan HP Atau Laptop - 2024

Di bawah ini adalah cara paling populer untuk meretas wifi tanpa aplikasi lewat handphone:

  1. Hubungkan ponsel Anda ke jaringan Wifi.id, lalu klik connect. 
  2. Pilih Modify Network Configuration
  3. Ip Address akan muncul. Ganti address tersebut dengan 192.18.1.2 dan pilih save
  4. Masuk ke G-Chrome dengan mengetikkan alamat 192.168.1.254
  5. Masukkan username dengan nama ADMIN dan password dengan USER. 
  6. Masuk ke pengaturan, lalu pilih SSID Name dan SSID Passphrase
  7. Selesai. Anda bisa menggunakan jaringan Wifi. 

Cara Mencegah Hack Wifi

Ada beberapa tips untuk menjaga agar wifi aman dari peretas. Di antaranya adalah:

  1. Mengubah password wifi, ubah password yang sudah ada saat pertama kali memasang router dengan kata sandi yang unik, mudah, dan aman. 
  2. Selalu Update Firmware, pastikan untuk selalu mengupdatenya agar keamanan baru juga terupdate.
  3. Mengubah SSID, ini bertujuan agar hacker tidak tahu nomor seri dan merek router yang Anda gunakan. 
  4. Mematikan Remote Access, tujuannya adalah agar hacker tidak bisa mengendalikan dan membobol wifi dari jarak jauh.
  5. Mengaktifkan Firewall, tujuannya agar keamanan lebih kuat dan tidak bisa terhubung dengan server/jaringan jahat. 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, cara hack wifi bisa dilakukan siapapun. Namun, itu akan mengakibatkan hal buruk apalagi untuk tujuan negatif. Jika Anda tidak mau menerima konsekuensi apapun, gunakan cara dengan bijak. 

Hacking WiFi Adalah Tindakan Ilegal!

Berdasarkan tulisan tersebut, dapat disimpulkan bahwa hacking wifi merupakan tindakan ilegal yang dapat merugikan orang lain dan melanggar hukum. 

Meskipun terdapat cara-cara untuk hack wifi dengan menggunakan HP atau laptop, hal tersebut seharusnya hanya digunakan untuk tujuan yang positif, seperti mengambil alih jaringan yang telah dihack oleh orang lain. 

Penting untuk memahami dasar-dasar jaringan wifi dan istilah-istilah terkait hacking wifi sebelum mencoba menerapkannya.

Namun, penting juga untuk menjaga keamanan wifi Anda agar terhindar dari serangan peretas. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah hack wifi antara lain mengubah password wifi, mengupdate firmware, mengubah SSID, mematikan remote access, dan mengaktifkan firewall. 

Menggunakan hacking wifi dengan cara yang tidak etis dapat berakibat pada konsekuensi yang serius, termasuk pelanggaran hukum dan balasan serupa dari pihak lain. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pengetahuan ini dengan bijak dan bertanggung jawab.

Selamat mencoba!

2.3 6 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments