Tips Membuat Tampilan Website Yang Menarik dan Responsif

0
1042

Temukan tips membuat tampilan website yang menarik dan responsif. Libatkan audiens dengan tata letak visual yang memukau dan adaptif.

Membuat tampilan website responsif dan menarik bisa membantu Anda menjangkau traffic yang tinggi. Dalam artian, website ramai pengunjung dan menempati posisi paling atas di laman pencarian. Bagaimana caranya? langsung saja, simak dan ikuti tips berikut!

Desain/Layout Sederhana

layout website adalah

Desain merupakan hal yang paling nampak di mata pengunjung ketika pertama kali berselancar di website. Jadi, desain tersebut harus mampu mendeskripsikan bagaimana isi website Anda. 

Dalam hal ini, yang paling penting bukanlah seberapa bagus dan mewah suatu desain. Web yang ramai desain, mewah, dan indah, belum tentu menarik bagi pengunjung. Bahkan, desain yang terlalu berat tersebut justru menghambat loading website. 

Maka, Anda harus mendesain web tersebut sesederhana mungkin. Kenapa? Karena semakin sederhana sebuah web, semakin menarik dan responsif pula perfomanya. 

Website yang sederhana dan fungsional bisa diakses dengan mudah. Proses pemuatan data juga cepat dan cocok untuk semua device (perangkat). 

Maksud dari sederhana di sini adalah tetap mengedepankan hal yang penting untuk dimuat dalam web. Misalnya, warna dan template sesuai tema web, ada navigasi, menu pencarian, kontak, dan lainnya. 

Intinya, desainlah website Anda dengan template dan layout sederhana, tetapi menarik. Sertakan visual yang menggambarkan tema web, seperti brand produk atau gambar lainnya. Jangan lupa untuk menyertakan teks deskripsi agar pengunjung lebih mudah memahami.

Membuat Navigasi Sederhana dan Mudah Diikuti

membuat tampilan website yang menarik
Sumber: pixabay

Pengaturan navigasi juga termasuk bagian dari proses membuat tampilan website yang menarik. Mudah tidaknya sebuah navigasi menentukan lama tidaknya pengunjung berselancar di website. 

Artinya, ketika navigasi mudah, pengunjung akan menjelajahi konten lain dalam web dengan mudah pula, begitu pula sebaliknya. 

Desain web dikatakan menarik bukan hanya dari tampilan layout saja. Navigasi juga menjadi penentu apakah web tersebut menarik atau buruk di mata visitor. 

Bayangkan, ketika Anda mengunjungi web dengan navigasi yang membingungkan, Anda pasti ikut bingung ketika hendak menjelajahi semua isi web. Hasilnya, Anda malas dan memilih keluar dari web tersebut. 

Jadi, sebagai pemilik web, posisikan diri Anda sebagai pengunjung saat hendak mendesain dan menambahkan navigasi. Pastikan navigasi tersebut sudah memenuhi standar, nyaman, dan mudah diakses. 

Menerapkan Font Sederhana

membuat tampilan website yang menarik

Sekali lagi, sederhana menjadi pilihan terbaik untuk membuat tampilan website yang menarik. Ini juga berlaku untuk font website, mulai dari warna, ukuran, jenis huruf, dan sebagainya. 

Font dalam website harus jelas. Ukurannya tepat saat diaplikasikan di laptop maupun handphone. Artinya, ketika pengunjung membuka web melalui PC (laptop), huruf tidak terlalu besar atau kecil. Ini juga berlaku untuk web via mobile. 

Warnanya juga balance dengan template website sehingga nampak jelas. Misalnya, jika warna tema web adalah cerah, warna huruf harus gelap. Dengan begitu, pengunjung bisa melihat dan membaca isi tulisan tersebut. 

Bagaimana dengan jenis hurufnya? Usahakan untuk menggunakan jenis huruf yang standar. Ini karena kemudahan membaca jauh lebih penting dibanding keindahan huruf. Ingat, target pasar itu beragam (sesuai tema web). Jadi, huruf juga harus mudah dipahami oleh semua kalangan. 

Intinya, huruf juga sangat mempengaruhi pengunjung. Ketika huruf tepat, pengunjung merasa betah dan nyaman. Jika sebaliknya, pengunjung akan keluar dan mencari website lain yang lebih baik. 

Responsif dalam Semua Perangkat

komponen website

Teknologi semakin canggih membuat apapun bisa diakses dengan cepat dan mudah. Begitu juga dengan website, pengunjung bisa menjelajahinya lewat perangkat apapun. 

Di sinilah PR Anda sebagai pemilik website. Anda harus mendesain website tersebut agar pas untuk diakses di semua perangkat. Khususnya adalah mobile phone? Kenapa? Hampir setiap kalangan memegang handphone dan suka berselancar di jagat maya lewat handphone. 

Ketika web sudah responsive di berbagai perangkat, web Anda bisa menjangkau banyak sekali pengunjung. Hal ini akan membuat Anda semakin meningkat, baik dari segi performa maupun rank di laman pencarian. 

Satu yang pasti, web responsive di semua perangkat merupakan salah satu syarat agar mesin pencari mudah mengindeks web tersebut. Dengan begitu, web berpeluang menempati posisi teratas di laman pencarian. 

Kecepatan Loading 

membuat tampilan website yang menarik
Website Loading Optimization, Page Speed and SEO. 3D Isometric Flat Vector Conceptual Illustration.

Membuat tampilan website yang menarik tidak sekadar mengatur tampilannya saja. Kecepatan kinerja atau loading  web juga ikut berpengaruh. 

Loading web lama bisa membuat pengunjung jenuh dan kabur dari website tersebut. Ini karena aktivitas mengunjungi web terhambat. Mereka kesulitan mengakses isi web. Sehingga, pengalaman menjelajahi web tersebut terkesan buruk dan enggan berkunjung lagi. 

Jika hal ini terus dibiarkan, reputasi web akan hancur. Pengunjung tidak mau lagi mengaksesnya dan memilih berlangganan dengan web lain. Akibatnya, Google kesulitan mengindeks, bahkan web tidak terbaca dan tidak tampil di laman pencarian. 

Website bisa masuk dalam kategori menarik dna responsif apabila kecepatan memuat (loading) optimal. Setidaknya, pengunjung tidak perlu menghabiskan waktu 3 detik sia-sia hanya untuk menunggu loading web. 

Menambahkan Informasi Kontak

membuat tampilan website yang menarik

Penambahan kontak sangat penting dalam desain web, khususnya website untuk keperluan bisnis. Ini akan memudahkan pengunjung untuk menghubungi Anda terkait kepentingan bisnis. Misalnya, membeli produk, menawarkan jasa, kerja sama, dan lainnya. 

Dengan kata lain, kontak bisa membantu Anda untuk menjalin interaksi yang baik dengan pengunjung. Namun, pastikan bahwa kontak yang tertera sudah jelas dan tidak terlalu banyak. Paling tidak adalah menyertakan nomor handphone atau alamat email. 

Hal ini akan menumbuhkan rasa kepercayaan pengunjung terhadap web bisnis Anda. Mereka tidak akan segan untuk berlangganan lagi, terlebih cara komunikasi Anda sangat baik. Jika perlu, tambahkan live chat agar lebih responsif. 

Menambahkan Profil Media Sosial Terkait Bisnis Anda

Cara memilih platform media sosial untuk bisnis
Tentukan platform media sosial yang tepat agar bisnis lebih sukses. (Sumber: shutterstock)

Media sosial merupakan suatu alat untuk branding dan promosi diri atau bisnis. Maka, sertakan pula media sosial Anda di website yang Anda kelola. 

Jika memang website Anda bertujuan untuk bisnis, maka tambahkan akun media sosial khusus bisnis Anda. Ini memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi media sosial tersebut dan menjangkau lebih banyak informasi. 

Media sosial juga dapat membangun kepercayaan semua pengunjung. Jika sudah demikian, mereka tidak akan enggan untuk mengikuti semua media sosial Anda sebagaimana telah berlangganan dengan website Anda. 

Bahkan, mereka juga berpotensi untuk menarik pelanggan lain. Mereka akan membagikan link website serta media sosial. Sehingga, ada pengunjung baru yang ikut berselancar di website Anda. Ingat, semakin banyak pengunjung, semakin bagus rank website. 

SEO Friendly

mitos seputar SEO tentang konten dan ranking di mesin pencari
Sumber: flickr

Website bisa SEO Friendly apabila telah memenuhi semua persyaratan yang disebutkan sebelumnya. Jadi, syarat SEO itu tidak hanya satu, tetapi banyak hal yang menjadi pertimbangan agar website terindeks oleh mesin pencari. 

Seperti yang tertulis di poin pertama, desain harus sederhana dan menarik. Jangan memakai tema yang terlalu ramai dan berat karena itu hanya membuat web berjalan lambat. 

Hal tersebut juga berlaku untuk gambar konten. Jangan mengunggah gambar yang ukurannya terlalu besar. Beban server akan lebih berat dibanding sebelumnya. Lalu, pastikan juga menyertakan deskripsi gambar yang mengandung keyword. 

Berbicara tentang keyword, Anda harus memahami peletakan dan frekuensinya dalam konten. Misalnya, isi tulisan berjumlah 500 kata, maka Anda harus menyebutkan keyword tiga kali. Letaknya bisa di awal paragraf, tengah, dan akhir. 

Pada setiap postingan, tambahkan meta deskripsi. Meta deskripsi juga harus menyertakan kata kunci. Selanjutnya, pastikan postingan tidak sekadar berisi judul dan isi, tetapi juga mengandung sub judul. 

Perhatikan pula readability. Jika readability baik, pengunjung akan memahami maksud dan tujuan Anda. Mereka juga cenderung akan mengikuti apa yang Anda inginkan. 

Optimalkan Website dengan Desain yang Menarik dan Responsif

Itulah tips membuat tampilan website yang menarik dan responsif. Website yang responsif dan menarik akan meningkatkan traffic Anda setiap waktu. 

Dengan memperhatikan faktor-faktor seperti desain/layout sederhana, navigasi sederhana, menggunakan font sederhana, responsif, loading time yang cepat, adanya informasi kontak dan SEO Friendly. Anda bisa mengoptimalkan website dengan lebih mudah dan dapat menjangkau lebih banyak pengunjung.

Agar lebih optimal, Anda juga dapat menggunakan layanan WordPress hosting dari Exabytes Indonesia. Hosting ini telah dilengkapi dengan sertifikat ISO 27001, yang merupakan standar internasional untuk manajemen keamanan informasi.

Dengan menggunakan layanan WordPress hosting dari Exabytes Indonesia, Anda dapat memiliki kepercayaan tambahan bahwa data dan informasi yang ada di website Anda akan terlindungi dengan baik. Sertifikat ISO 27001 menjamin bahwa Exabytes Indonesia telah menerapkan kebijakan, prosedur, dan kontrol yang ketat untuk menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data.

Dengan memilih WordPress hosting dari Exabytes Indonesia, Anda tidak hanya mendapatkan performa dan keandalan hosting yang baik, tetapi juga mendapatkan keamanan yang tinggi. Ini penting terutama jika website Anda mengumpulkan data sensitif dari pengunjung atau melakukan transaksi online.

Jadi, dengan menggunakan WordPress hosting dari Exabytes Indonesia yang telah dilengkapi dengan sertifikat ISO 27001, Anda dapat memiliki ketenangan pikiran dan fokus pada pengembangan konten website Anda tanpa khawatir akan keamanan data.

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments