Panduan Cara Instal Candy CBT di cPanel Hosting

0
1792

Apakah Anda pernah mendengar sebuah aplikasi bernama Candy CBT? Ituloh, aplikasi untuk ujian secara daring. Aplikasi tersebut sekarang ini banyak dimanfaatkan untuk ujian secara daring oleh beberapa sekolah.

Menurut situs resminya Candy CBT, saat ini sudah ada 17244 data sekolah dikumpulkan. Artinya sudah ada banyak sekolah yang memanfaatkan Candy CBT ini untuk ujian daring maupun belajar. Namun untuk menyiapkan Candy CBT sehingga bisa dipake oleh siswa, Anda perlu web hosting terlebih dahulu.

Tapi bagaimana cara instal Candy CBT di cpanel hosting

Tenang, kabar baiknya Anda berada di artikel yang tepat! Karena di artikel ini kami akan membahas tentang cara instal candy cbt di cpanel hosting. Namun sebelum pembahasan lebih jauh tentang teknis instalasinya, sebaiknya Anda mengenal apa itu candy cbt dan fitur yang ada di dalamnya.

Yuk baca lebih lanjut!

Apa itu Candy CBT? 

cara instal candy cbt di cpanel hosting

Candy CBT adalah aplikasi yang berfungsi untuk memudahkan penggunanya melakukan ujian berbasis komputer. Fitur di dalamnya sangat lengkap dari mulai manajemen nilai, pengelolaan mata pelajaran, bank soal, data siswa dan lain sebagainya. 

Maka masuk akal, jika saat ini Candy CBT sangat banyak digunakan oleh beberapa sekolah yang ada di Indonesia. Terlebih aplikasi Candy CBT ini sifatnya open source, jadi siapa saja bisa menggunakan dan mendownloadnya.

Anda bisa mendownload aplikasi ini di website resminya secara gratis dan melakukan penyesuaian dengan kebutuhan yang ada. Sebelum Anda memanfaatkan Candy CBT untuk ujian secara daring, Anda perlu tahu terlebih dahulu  cara instal Candy CBT di cpanel hosting.

Yuk pelajari caranya melalui pembahasan di bawah ini:

Cara Instal Candy CBT di Cpanel Hosting 

Ada beberapa persiapan sebelum Anda menerapkan cara instal Candy CBT di cpanel hosting, pertama-tama Anda perlu menyiapkan hosting dan file web Candy CBT.

Download file Candy CBT melalui situs resmi Candy CBT, persiapkan juga NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), kode tersebut diperlukan untuk aktivasi akun oleh admin Candy CBT di grup Telegram yang tersedia.

Jika Anda tidak menyiapkan NPSN, maka Anda tidak bisa menggunakannya dan mendownloadnya. Nah setelah aktif, barulah Anda bisa mendownloadnya dan persiapan sudah selesai dilakukan. Selanjutnya Anda bisa langsung mempraktekkan cara instal Candy CBT di cPanel Hosting melalui beberapa langkah di bawah ini:

Login ke Akun cPanel dan Akses File Manager

Jika Anda login ke cPanel dengan menggunakan billing area Exabytes, maka Anda tidak perlu memasukan username dan password. Detail langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Login ke akun Exabytes. Biar lebih cepat, Anda bisa klik tombol Login dengan Google atau Login dengan Facebook.

Atau jika Anda ingin daftar terlebih dahulu bisa klik Daftar dan setelah daftar, barulah login dan ikuti ke langkah selanjutnya.

Penjelasan cPanel Login Exabytes Dengan Mudah dan Lengkap - 2023

Langkah 2: Di halaman billing area terdapat beragam layanan dan domain yang Anda beli serta berlangganan, misalnya BRIGHT cPanel dan klik layanan tersebut.

login cpanel exabytes

Langkah 3: Selanjutnya Anda tinggal klik Login di cPanel.

Penjelasan cPanel Login Exabytes Dengan Mudah dan Lengkap - 2023

Di atas ada tutorial cara login ke halaman cPanel di Exabytes, tenang cara tersebut bisa Anda terapkan juga di layanan hosting lainnya. Karena caranya sama saja.

Setelah Anda berhasil login, nantinya akan ada halaman dashboard cPanel.

Langkah 4: Sekarang, kita akan akses ke file manager yang merupakan fitur untuk mengelola file di hosting. Cara mengaksesnya adalah cari menu File Manager di dashboard cPanel dan klik.

Upload File Candy CBT ke Hosting

Selanjutnya kita akan upload file Candy CBT ke hosting, caranya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Tentukan terlebih dahulu direktori untuk menyimpan file instalasi Candy CBT. Dalam demo ini kami akan menyimpan di folder public_html karena kami akan memasangnya di domain utama.

Jika Anda ingin menginstalnya di subdomain, maka perlu disimpan di direktori subdomain. Misalnya direktori nya adalah public_html/subdomain Anda.

Langkah 2: Klik upload dan nantinya Anda akan diarahkan ke halaman upload file.

Langkah 3: Klik tombol Select File dan cari file Candy CBT format .zip yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

Langkah 4: Tunggu beberapa saat dan kemudian kembali ke direktori tempat Anda menyimpan file Candy CBT tadi dan ikuti tahapan selanjutnya.

Panduan Instalasi Candy CBT di cPanel - 2023

Ekstrak File Candy CBT di Hosting

Langkah 1: Di halaman tempat menyimpan file Candy CBT, klik kanan pada file Candy CBT dengan format . Zip dan pilih Extract.

Panduan Instalasi Candy CBT di cPanel - 2023

Langkah 2: Masukkan path dimana Anda akan menyimpan file hasil ekstrak, dalam demo ini kami akan menyimpannya langsung di folder public_html dan klik tombol Extract Files.

Langkah 3: File hasil ekstraknya akan secara otomatis tersimpan di direktori public_html, cek terlebih dahulu apakah sudah benar ada deretan file dan folder baru.

Nah sebenarnya sampai tahap ini sudah berhasil melakukan instalasi dan Anda sudah bisa mengakses file Candy CBT hanya saja terdapat pemberitahuan bahwa database belum dibuat, oleh karena itu kita akan membuat database terlebih dahulu.

Buat Database dan Import Database

Langkah 1: Setelah selesai mengekstrak, buat database baru untuk aplikasi candy, pilih menu Mysql Database yang ada di dashboard cPanel.

Panduan Instalasi Candy CBT di cPanel - 2023

Langkah 2: Dilanjutkan dengan membuat user database, masih di menu yang sama.

Panduan Instalasi Candy CBT di cPanel - 2023

Langkah 3: Add user yang sudah di buat ke database, lalu set all privileges.

Panduan Instalasi Candy CBT di cPanel - 2023
Menambahkan user

Panduan Instalasi Candy CBT di cPanel - 2023

Langkah 4: Selanjutnya kita akan import database yang sudah disediakan Candy CBT, caranya download file ecandy28r3.sql yang ada di folder config hasil ekstrak sebelumnya, file ini nantinya akan diunggah melalui phpmyadmin.

Panduan Instalasi Candy CBT di cPanel - 2023

Langkah 5: Pilih menu Phpmyadmin, lalu klik database yang dibuat sebelumnya lalu pilih import, choose file dan klik go.

Panduan Instalasi Candy CBT di cPanel - 2023

Selesai, sekarang database sudah dibuat dan datanya juga sudah berhasil di import.

Konfigurasi Database

Sekarang kita akan melakukan konfigurasi database, caranya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Silahkan cari file config.database.php melalui file manager. File tersebut berada di folder config dan klik kanan file config.database.php, kemudian pilih Edit.

Panduan Instalasi Candy CBT di cPanel - 2023

Langkah 2: Sesuaikan nama database, user database dan password database dengan yang telah kita buat di langkah sebelumnya.

Panduan Instalasi Candy CBT di cPanel - 2023

Catatan: 

$user :  Nama user yang sudah dibuat.

$pass : Masukkan password database.

$debe : Masukkan nama database yang sudah dibuat sebelumnya.

Langkah 3: Setelah semuanya diisi dengan benar, klik tombol Save Changes.

Selesai, sekarang sudah berhasil terhubung dengan database. 

Cek Keberhasilan Instalasi

Sekarang kita akan melakukan cek keberhasilan instalasi, caranya adalah dengan mengakses halaman domain yang Anda gunakan. Jika tampilannya sudah muncul form login dan tidak ada error apapun, tandanya proses instalasi Anda berhasil.

Jika Anda ingin login ke halaman admin di Candy CBT, maka Anda memerlukan username dan password yang bisa Anda dapatkan setelah bertanya ke admin pengembang dari aplikasi Candy CBT.

Sudah Berhasil Instal Candy CBT, Langkah Selanjutnya Apa?

Demikianlah cara instal Candy CBT di cpanel hosting, sangat mudah bukan? Jika langkah-langkah diatas diikuti dengan benar, lalu jika sudah berhasil memasang Candy CBT selanjutnya apa? 

Langkah selanjutnya tentu saja Anda bisa segera menggunakannya dan melaksanakannya, pastikan server sekolah yang Anda gunakan untuk menyimpan semua file Candy CBT tidak mengalami down karena diakses oleh banyak orang.

Oleh karena itu pastikan menggunakan layanan hosting Indonesia yang cepat dan aman. Salah satu layanan hosting yang bisa Anda gunakan adalah Paket Harga VPS Server Sekolah, server sekolah VPS Linux SSD kami yang handal hadir menggunakan KVM (Mesin Virtual berbasis Kernel), RAM dan sumber daya disk tidak berbagi dengan yang lain. Satu server hanya untuk sekolah Anda.

Jadi tanpa khawatir down karena trafik padat.Yuk mulai berlangganan VPS Server Sekolah untuk melaksanakan ujian daring menggunakan aplikasi Candy CBT.

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments