Begini Cara Install Google Site Kit Plugin di WordPress

43
Google Site Kit Plugin WordPress
Google Site Kit Plugin WordPress
4 min read

WordPress adalah CMS terpopuler di luar sana dan untuk meningkatkan integrasi, Google telah merilis plugin all-in-one yaitu Google Site Kit yang menawarkan pengguna akses mudah ke empat Google tools, serta memberikan banyak fungsionalitas dan wawasan untuk situs web Kamu seperti memantau, menganalisis, dan meningkatkan kinerja situs web secara efektif.

Apa Itu Google Site Kit

Google Site Kit adalah WordPress plugin yang dibuat oleh Google untuk mengintegrasikan beberapa produk Google menjadi 1 tools agar lebih mudah dan cepat diakses. Google Site Kit diumumkan lewat twitter pada awal bulan desember lalu tepatnya pada tanggal 7 Desember 2018. 

Perlu dicatat, Google Site Kit tidak menambahkan fungsionalitas baru ke WordPress namun menyediakan data terpadu yang sudah tersedia secara terpisah di berbagai layanan Google seperti :

  • Search Console : Menampilkan data berapa jumlah orang yang melihat website Kamu di pencarian Google atau search engine
  • Analytics : Menampilkan data bagaimana aktivitas orang – orang di website Kamu 
  • Adsense : Menampilkan berapa banyak pendapatan yang dihasilkan dari website
  • PageSpeed Insights : Melihat performa situs Kamu dibanding situs lain

Berkat plugin ini webmaster akan mempunyai akses yang lebih baik dan lebih cepat ke layanan Google.

Sebelum Memasang Google Site Kit

Sebelum memasang Google Site Kit penting untuk memahami bahwa fungsi utama Google Site Kit adalah menghubungkan atau menautkan situs WordPress Kamu ke layanan Google yang telah penulis sebutkan diatas.

Karena artikel ini berfokus pada bagaimana cara menginstal Google Site Kit ke situs web WordPress , lebih ideal bagi Kamu untuk menyiapkan layanan lain tersebut.

Baca Juga  Langkah Mudah Mempercepat Loading Website

Sampai ditahap ini berarti Kamu seharusnya sudah mengkonfigurasi Google Analytics untuk WordPress dan juga ingin memiliki situs yang terhubung ke Google Search Console. 

Install Google Site Kit Ke WordPress

Pastikan Kamu sudah mempunyai website online menggunakan self hosted WordPress atau WordPress yang di hosting sendiri ke layanan hosting kamu (bukan wordpress.com ya) Layanan tersebut bisa dijumpai dipake WordPress Hosting Exabytes mulai dari Rp 50.000/bln.

Selanjutnya, pastikan kamu bisa login ke WordPress dashboard atau halaman admin WordPress. Biasanya secara default halaman admin WordPress yaitu

namadomainKamu.com/wp-admin

Setelah Kamu masukkan url halaman admin WordPress website di browser Kamu, tampilannya akan seperti ini

Begini Cara Install Google Site Kit Plugin di WordPress
Login WordPress

Selanjutnya Kamu masukkan user WordPress admin Kamu beserta passwordnya lalu klik login dan akan muncul tampilan dashboard WordPress seperti ini

Begini Cara Install Google Site Kit Plugin di WordPress
Dasbor WordPress

Jika sudah berada ditampilan dashboard WordPress, Kamu bisa cari menu plugins>add new. Tampilan nya kurang lebih akan seperti ini lalu Kamu bisa cari pluginnya dengan ketik Google Site Kit di bagian search plugin yang berada di sebelah kanan atas

Begini Cara Install Google Site Kit Plugin di WordPress

Setelah muncul plugin Google Site Kit, klik install now dan tunggu hingga proses install berhasil dan klik activate. Install Google Site Kit selesai

Siapkan Google Site Kit

Setelah berhasil install Google Site Kit plugin dan mengaktifkannya, maka Kamu akan disajikan tampilan berikut. Klik pada tombol “Mulai Pengaturan” untuk mengkonfigurasi plugin.

Begini Cara Install Google Site Kit Plugin di WordPress
Klik Start Setup

Seperti yang Penulis katakan di atas, akan ideal bagi Kamu untuk memiliki Analytics dan Search Console yang telah diatur, kemudian plugin akan terhubung dengan lebih mudah. Kamu juga dapat dengan mudah mengintegrasikan Google Adsense untuk WordPress.

Setelah itu mari kita lanjutkan pengaturan, sehingga Kamu dapat melihat apa yang diperlukan untuk menjalankannya.

Baca Juga  [Video] Strategi Marketing Online untuk UKM dan Startup - Lazada Indonesia

Setelah Kamu memilih tombol “Mulai Pengaturan”, Kamu akan melihat layar “Selamat Datang di Google Site Kit

Begini Cara Install Google Site Kit Plugin di WordPress

Klik tautan yang ditunjukkan untuk memulai proses. Kamu akan dibawa ke tempat Google akan memberikan Kamu kredensial OAuth Kamu. Klik tombol “Dapatkan Kredensial OAuth”.

Setuju dengan persyaratan layanan Google dan akan muncul string kode yang panjang. Ini Kredensial OAuth Kamu. Salin dan paste kode ini ke kotak kosong di dashboard admin WordPress Kamu.

Setelah Kamu menempelkan kode di dalam kotak, klik tombol “Lanjutkan”.

Masuk Dengan Google

Sekarang Kamu masuk ke halaman masuk dengan Google. Klik tombol biru untuk masuk dan melanjutkan.

Setelah masuk dengan Google, saatnya memverifikasi domain Kamu.

Verifikasi Domain Kamu

Nama domain Kamu akan secara otomatis ditampilkan. Klik tombol “Lanjutkan” untuk memverifikasi nama domain Kamu dengan Google Site Kit.

Hubungkan Google Search Console

Ketika nama domain Kamu diverifikasi, Kamu dapat mengklik tombol untuk menghubungkan Google Search Console.

Selesai

Nah itu dia bagaimana cara install Plugin Google Site Kit di website WordPress. Kamu sekarang telah berhasil menginstal plugin Google Site Kit di situs web WordPress Kamu. Klik pada tombol “Pergi Ke Dashboard” untuk masuk ke dashboard Google Site Kit

Begini Cara Install Google Site Kit Plugin di WordPress
Dashboard Google Site Kit

Kesimpulan

Plugin ini telah membantu memudahkan publisher, webmaster dan pengelola website untuk menghubungkan situs web WordPress dengan layanan gratis dari Google seperti google search console, Analytic, Adsense dan PageSpeed. Google masih perlu memoles lagi plugin ini karena terlihat masih banyak komentar negatif pada plugin ini. Sebagai catatan akhir juga jika kalian memiliki penulis atau contributor, mereka juga harus di daftarkan di ke empat layanan diatas agar bisa menikmati layanan dari Google Site Kit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here