Cara Install Moodle di VPS dengan Mudah [Terlengkap]

389
cara install moodle di vps
9 min read

Jika Anda ingin mengetahui panduan lengkap cara install Moodle di VPS, maka Anda sudah berada di halaman yang tepat. Pada saat Saya menulis artikel ini, di Indonesia dan seluruh dunia sedang terjadi wabah penyakit corona. Saya turut prihatin atas kejadian ini dan juga untuk pihak-pihak yang terdampak akibat perisitiwa ini. Pemerintah mulai melakukan aturan-aturan untuk melawan wabah ini salah satu nya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan menganjurkan para pekerja dan anak sekolah belajar dari rumah. 

Nah untuk memaksimalkan sistem belajar anak sekolah dibutuhkan platform online yang bisa diakses online oleh semua pelajar. Solusinya yaitu Moodle dan untuk lebih jelasnya apa itu Moodle, apa kegunaannya dan bagaimana cara install moodle di VPS, baca artikel ini sampai selesai!

Pengertian Moodle

Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah salah satu CMS (Content Management System) platform pembelajaran online atau sistem manajemen pembelajaran yang dirancang untuk membuat pendidikan jarak jauh atau program pembelajaran online yang lebih mudah diatur dan digunakan. Moodle dibangun di atas bahasa pemrograman PHP, didistribusikan di bawah Lisensi Publik Umum GNU, dan benar-benar open-source, artinya perangkat lunak ini bebas untuk digunakan dan disesuaikan untuk tujuan apa pun, termasuk usaha non-komersial dan komersial. 

Moodle dapat diadopsi untuk mendukung segala jenis program pendidikan mulai dari pelajar SD, SMP, SMA, Universitas, pelatihan kerja, kursus online dan lain-lain. Moodle bisa diakses dari 2 sisi, yang pertama dari sisi pengajar atau guru dan sisi kedua yaitu murid atau pelajar.

Dengan Moodle, guru-guru atau pengajar bisa menambahkan mata pelajaran sesuai kebutuhannya, membuat tes online dan sebagainya. Sedangkan pelajar atau murid bisa mengakses modul, melakukan tes online dan sebagainya dari manapun. Ini sangat cocok untuk situasi saat ini yang mengharuskan semua kegiatan dari rumah.

Manfaat Moodle (E-Learning) 

Menggunakan platform ini tentu memiliki banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, inilah beberapa manfaat menggunakan Moodle.

Manfaat Bagi Pelajar

Manfaat belajar melalui sistem e-Learning atau menggunakan Moodle untuk pelajar yang sangat terasa adalah fleksibilitas belajar yang tinggi. Materi yang disediakan oleh pengajar bisa Anda pelajari kapan pun dan di mana pun selama ada sambungan internet dan komputer, laptop atau Smartphone. Anda bisa belajar materi tersebut secara berulang-ulang. Jika pelajar ingin bertanya terkait materi, pelajar tersebut bisa menghubungi guru atau pengajar nya melalui email, chatting atau media komunikasi online apapun yang tersedia sekarang. Lebih efisien, mudah dan cepat.

Baca Juga  7 Kelebihan Menggunakan Moodle Untuk CBT Online

Manfaat Bagi Pengajar

Dengan berkembang nya teknologi maka sistem pembelajaran pun harus berkembang dan salah satu manfaatnya untuk pengajar atau guru yaitu mereka bisa menyampaikan materi dengan lebih menarik untuk muridnya, membuat pengajar lebih kreatif, membuat pemerataan kesempatan belajar, meningkatkan mutu pendidikan dan lain-lain.

Keuntungan Menggunakan Moodle

Penerapan e-learning di jaman sekarang ini memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, beberapa diantaranya yaitu:

  • Kegiatan belajar mengajar menjadi fleksibel
  • Materi pembelajaran lebih lengkap
  • Akses pendidikan lebih mudah dan luas
  • Belajar menjadi lebih efektif
  • Belajar menjadi lebih menarik
  • Hemat waktu dan biaya
  • Selain itu, kelebihan menggunakan moodle juga dapat dimanfaatkan dalam proses CBT online.

Persiapan

Sebelum menginstall Moodle, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dan ketahui yaitu :

  1. Pastikan Anda memiliki hosting dan domain. Namun jika Anda membuat website e-learning ini untuk keperluan yang serius dan akan diakses oleh banyak orang, Saya sarankan Anda menggunakan VPS Indonesia dari Exabytes. Karena VPS Linux ini sangat cocok untuk mengatasi trafik website yang tinggi sehingga website nyaman digunakan. Pastikan juga VPS anda mempunyai cPanel dengan didalamnya ada software softaculous.
  2. Pastikan Anda mengetahui cara login cPanel.
  3. Pastikan Anda sudah mengaktifkan extension intl dan fileinfo di php selector.

Panduan Cara Install Moodle di VPS

Nah setelah Anda sudah memastikan hal-hal yang perlu Anda siapkan sudah siap, sekarang waktunya Anda bisa install Moodle di VPS. Silakan simak tutorial di bawah!

Login cPanel VPS

Langkah install Moodle di VPS pertama yang harus Anda lakukan yaitu login ke cPanel hosting VPS Anda. Untuk login ke cPanel VPS Anda umumnya dengan format url https://ipvpsanda:2083. Sesuaikan url nya dengan ip VPS Anda. Setelah itu Anda masukkan user dan password loginnya. User dan password biasanya dikirimkan oleh penyedia hosting melalui email. Jika Anda tidak menemukannya, Anda bisa tanyakan ke penyedia hosting Anda.

login cpanel

Pilih Softaculous App Installer

Setelah Anda berhasil login ke cPanel, Anda bisa cari Softaculous atau bisa Anda ketikkan di kolom pencarian. Setelah Anda berhasil menemukannya, klik menu tersebut.

Buka softaculous

Pilih Moodle di Softaculous

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Softaculous. Jika Anda sudah berada di halaman Softaculous, Anda bisa cari Moodle pada kolom pencarian kemudian klik Moodle.

Cari Moodle

Instalasi Moodle

Pada tahap ini Anda berada di halaman instalasi Moodle. Disini Anda dapat mengetahui versi Moodle yang akan Anda install, informasi detailnya, demo, review serta fitur-fitur dari Moodle. Selanjutnya Anda bisa klik Install Now untuk melakukan install Moodle di VPS.

Pilih Moodle

Software Setup

Anda perlu mengisi beberapa kolom dibawah ini agar proses instal Moodle di VPS dapat dilakukan dan terhubung dengan hosting Anda.

Untuk bagian Choose the Version you want to install, Anda bisa pilih versi Moodle yang ingin Anda install. Saran saya, pilihlah versi terbaru dari Moodle. Di bagian Choose Protocol, Anda bisa pilih protokol yang Anda inginkan. Standarnya Anda diarahkan untuk menggunakan protokol HTTP. Namun jika hosting Anda sudah tersedia SSL maka Saya sarankan untuk memilih protokol HTTPS karena lebih aman. Simak perbedaan HTTP dan HTTPS selengkapnya pada artikel berikut.

Baca Juga  Mengenal Moodle Untuk Kebutuhan E-Learning dan Panduan Cara Menginstallnya

Pada bagian Choose Domain, Anda bisa pilih nama domain yang Anda ingin gunakan untuk install Moodle di VPS. Untuk bagian In Directory, Anda bisa tulis nama folder apa saja sesuai keinginan Anda, atau Anda juga bisa kosongkan. Folder tersebut adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan file instal Moodle. Pada bagian CRON job, biarkan seperti itu saja.

software setup

Site Settings

Langkah install Moodle di VPS selanjutnya adalah site settings. Pada bagian site name, Anda bisa isikan dengan nama situs Anda contohnya seperti Sistem Pembelajaran Online Moodle. Untuk bagian site description, Anda bisa isikan deskripsi website tersebut seperti Sistem belajar online untuk pelajar di Indonesia.

site name dan site description

Admin Account

Pada bagian ini Anda bisa isikan username dan password untuk nantinya login ke halaman dashboard Moodle. Untuk password gunakan variasi huruf besar, kecil, karakter dan angka untuk menghindari password mudah ditebak.

Choose Language

Pada bagian choose language bisa pilih bahasa yang Anda inginkan.

Admin account moodle

Advanced Options

Pada bagian ini, Anda tuliskan nama database pada kolom Database Name. Untuk bagian Table Prefix biarkan seperti itu saja atau default. Anda bisa melakukan mengatur update dan notifikasi. Pilih dan centang disable Update Notifications jika Anda tidak ingin menerima pemberitahuan update. Anda juga bisa pilih backup otomatis atau tidak. Setelah semua selesai Anda bisa klik Install.

Advanced options moodle

Install Moodle Selesai

Setelah Anda klik instal, maka Anda tinggal menunggu proses instal yang berlangsung sekitar 4-5 menit. 

Proses install moodle

Jika proses instal Moodle di VPS berhasil maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Anda bisa login menggunakan link yang muncul dibawah tersebut untuk mengaksesnya. Jika ingin mengakses halaman admin tinggal ketik namadomain/admin di browser Anda.

info login moodle

Tampilan Halaman Moodle

Tampilan Moodle

Tampilan Halaman Admin Moodle

Untuk bisa masuk ke halaman admin Anda bisa masukkan di url browser Anda namadomain/admin dan isi user password yang sudah Anda buat saat instalasi Moodle.

login ke halaman admin moodle

Kesimpulan

Nah itulah artikel panduan lengkap cara install Moodle di VPS, mudah bukan? Dengan menggunakan Moodle Anda bisa belajar dari rumah, melakukan tes online dari rumah, dan lainnya.

Selain Moodle Anda juga bisa Install berbagai macam CMS lain seperti WordPress untuk membuat website tanpa koding atau CMS forum seperti phpBB untuk membuat website forum dan lain-lain. Tertarik ingin menggunakan hosting murah gratis domain dan SSL? Yuk mulai bersama Exabytes!

Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Jangan lupa mampir ke blog kami untuk artikel-artikel menarik lainnya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments