15+ Ide Bisnis Digital Terbaik & Menguntungkan di Tahun 2022

484
blog exabytes indonesia
9 min read

Butuh penghasilan tambahan atau ingin memulai bisnis setelah resign dari tempat kerja? Mungkin ini saatnya bagi kamu untuk memulai bisnis digital yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga sangat menjanjikan.

Bisnis digital memang tidak ada matinya. Itulah kenapa sekarang semakin banyak orang yang menggeluti bidang tersebut dengan berbagai pilihan ide dan profesi yang bisa mereka lakukan tanpa harus keluar rumah atau pergi ke kantor.

Kali ini, kita akan membahas ide bisnis digital yang memberikan peluang mendapatkan penghasilan tanpa batas di tahun 2022. Yuk simak selengkapnya melalui artikel ini!

Apa Itu Bisnis Digital

bisnis digital
Bisnis digital menjadi cara mendapatkan penghasilan secara online yang bisa dilakukan tanpa batas waktu. (Sumber: flickr – Adam Weinstein)

Bisnis digital adalah salah satu jenis usaha yang memanfaatkan perkembangan teknologi kapan pun berencana menciptakan sebuah produk serta memasarkannya. Biasanya, bisnis ini dipasarkan secara digital melalui internet.

Saat memilih bisnis era digital, kamu memiliki opsi untuk menjual produk fisik atau jasa yang banyak diminati dan digunakan di era digital seperti sekarang ini. Alangkah lebih baik apabila kamu tahu langkah memulai bisnis online agar tahu apa yang harus dilakukan untuk merealisasikan tujuan bisnis yang ada.

Rekomendasi Ide Bisnis Digital Terbaik di Tahun 2022

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang di zaman serba canggih terutama di beberapa tahun belakangan ini. Kamu bisa menemukan berbagai ide bisnis di era digital yang bisa mendatangkan cuan.

Saat kamu memiliki rencana untuk menjalankan bisnis online, kamu juga harus tahu apa saja alasan bisnis harus go online. Dengan begitu, kamu akan punya lebih banyak alasan untuk menerapkan satu dari beberapa ide bisnis digital di bawah ini.

Membangun Toko Online

membuka toko online sebagai ide bisnis digital
Membangun toko online adalah salah satu ide bisnis digital menguntungkan yang dilakukan oleh banyak orang. (Sumber: pixabay – PreisKing)

Seperti namanya, toko online merupakan toko yang menawarkan produk atau jasa secara online. Berjualan online adalah salah satu ide atau contoh bisnis digital terbaik karena potensi e-commerce di Indonesia tergolong besar.

Pada umumnya, bisnis satu ini bisa dimulai dengan memiliki website atau platform sebagai sarana transaksi pembelian produk melalui internet. Dengan kemajuan teknologi, bahkan para pemula bisa membuat website sendiri menggunakan platform pembuatan website yang mudah dan simpel seperti WordPress.

Bisnis Afiliasi

Afiliasi adalah kegiatan memasarkan barang atau jasa orang lain baik individu maupun perusahaan dengan imbalan berupa komisi. Jika kamu ingin mencoba macam macam bisnis digital, maka bisnis afiliasi bisa menjadi ide bisnis digital yang menjanjikan di tahun 2022. 

Tidak ada batasan untuk mendapatkan cuan dari bisnis afiliasi. Caranya pun terbilang mudah, di mana kamu hanya perlu mendaftar di sebuah program afiliasi hingga kemudian mendapatkan kode referal atau tautan khusus. Selanjutnya, kamu bisa memasarkan produk atau tersebut di berbagai media seperti media sosial dan website

Semakin banyak orang yang membeli produk menggunakan kode referal atau tautan yang kamu bagikan, semakin banyak komisi yang akan kamu dapatkan. Bisnis digital satu ini cocok untuk kamu yang ingin memulai bisnis secara online dengan modal minim atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Menjadi Freelancer

Bagi sebagian orang, istilah freelancer sudah lagi tidak asing. Freelancer atau pekerja lepas memberikan kesempatan bagi semua orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jam kerja yang fleksibel membuat orang-orang merasa nyaman menjadi freelancer. 

Baca Juga  11 Peluang Bisnis Online Yang Akan Booming di Tahun 2021

Ide bisnis digital satu ini memberikan kesempatan kamu untuk memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan serta target pendapatan yang kamu punya. Ada berbagai macam pekerjaan sebagai freelancer mulai dari penulis artikel lepas, desainer lepas, hingga entry data.

Jasa Pembuatan Website

jasa pembuatan website
Jasa pembuatan website adalah contoh bisnis digital yang menjanjikan. (Sumber: Unsplash – Eftakher Alam)

Jika kamu memiliki keahlian dalam membuat website dan ingin mendapatkan penghasilan dari skill tersebut, coba jasa pembuatan website sebagai ide bisnis digital yang menguntungkan. 

Karena sudah terbiasa membuat website, kamu tentu tahu semua tahapan pembuatan situs web mulai dari beli domain, memilih hosting, hingga mendapatkan Sertifikat SSL yang tepat baik yang gratis maupun berbayar.

Saat ini, banyak bisnis yang membutuhkan jasa pembuatan website profesional demi menaikkan citra perusahaan. Penyedia jasa pembuatan website biasanya juga menyediakan jasa SEO atau Search Engine Optimization, dan lain sebagainya. Jadi, kenapa tidak kamu coba?

Menjual Produk Digital

Produk digital adalah produk yang tidak berbentuk fisik dan biasanya dijual secara online seperti e-book, video, dan lain sebagainya. Kamu bisa dengan mudah menjual produk digital di website milikmu. Keuntungan yang didapatkan juga tidak perlu kamu bagi dengan pihak lain. Selain itu, kamu bebas menentukan model bisnis, harga, serta cara promosi. 

Menjajal Bisnis Dropship

Sudah banyak orang yang sukses menjalankan bisnis sebagai dropshipper. Cara kerjanya juga terbilang mudah, di mana kamu hanya perlu menjualkan barang milik toko online lain. 

Apabila ada pelanggan yang membeli produk yang kamu tawarkan, toko online atau agen akan mengirimkan barang pesanan tersebut ke pembeli menggunakan nama kamu atau nama toko online milikmu.

Saat menjalankan ide bisnis digital ini, kamu bisa memanfaatkan media sosial dengan mengoptimalkan strategi social media marketing.

Influencer Instagram

Aktif di Instagram dan memiliki banyak pengikut? Ini bisa menjadi kesempatan untuk menjalankan salah satu ide bisnis digital yaitu menjadi influencer Instagram. Bahkan, sudah banyak influencer yang sukses dan melebarkan karir dan bisnisnya dengan popularitas yang mereka miliki.

Influencer juga terbagi menjadi micro influencer dan macro influencer. Simak informasi lengkap mengenai perbedaan keduanya di artikel tersebut, ya!

Mencoba Peruntungan Sebagai Blogger

menjadi blogger
Menjadi blogger bisa menjadi salah satu cara mendapatkan cuan dari bisnis digital. (Sumber: pixabay – VisionPics)

Apabila kamu memiliki hobi atau passion tertentu, menjadi blogger bisa menjadi ide bisnis digital yang cocok. Untuk menekuninya, kamu harus memiliki keahlian menulis dan kreativitas agar bisa menarik minat para pembaca. 

Pastikan untuk konsisten dalam membagikan konten blog yang menarik. Saat memiliki traffic blog yang sudah tinggi, kamu bisa memasang iklan di laman blog tersebut yang bisa menjadi cara mendapatkan uang secara online.

Mengajar Online

Siapa bilang jika guru harus selalu berseragam formal dan pergi ke sekolah atau lembaga kursus? Dengan kemajuan teknologi, kamu bahkan bisa mengajar secara online. Bisnis digital ini layak untuk kamu coba apabila memiliki keahlian mengajar dan komunikasi yang baik.

Berbagai platform menawarkan peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan mengajar secara online. Jika lebih tertarik membangun kursus online sendiri melalui website yang dimiliki, coba pemasaran digital seperti menggunakan Google Ads Indonesia.

Membuat Aplikasi Mobile

Dengan pengguna smartphone yang selalu bertambah dari waktu ke waktu, kamu bisa mencoba ide bisnis digital yang sesuai kemampuan, seperti membuat aplikasi mobile. Ini merupakan pasar yang potensial, di mana kamu akan mendapatkan penghasilan. 

Konsultan SEO

konsultan seo
Dengan tingginya kebutuhan dan permintaan jasa konsultan SEO, kamu bisa menjadikannya sebagai ide bisnis digital menguntungkan di tahun 2022. (Sumber: flickr – donidoni32)

Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya untuk mendapatkan posisi terbaik di berbagai mesin pencari, terutama Google. SEO memiliki peran penting untuk sebuah situs web. Oleh karena itu, jasa SEO selalu dicari oleh banyak orang. Jika kamu memiliki kemampuan dan pengetahuan SEO yang sangat dalam, mengapa tidak mencoba menjadi konsultan SEO?

Baca Juga  10+ Trik Rahasia Mengubah Followers Menjadi Konsumen

Bisnis Penerjemahan

Kemampuan dalam menulis dan menerjemahkan bahasa asing juga memberikan peluang untuk memulai bisnis digital. Menerjemahkan dokumen atau artikel sangat bisa kamu lakukan di mana saja. Kebutuhan penerjemahan bahasa yang ramai adalah kesempatan untuk mendapatkan uang. 

Kamu bisa menawarkan jasa penerjemah dokumen penting perusahaan, artikel jurnal, proposal, dan lain sebagainya. Target pasar bisnis digital ini juga terbilang luas mulai karena ada banyak masyarakat yang membutuhkan jasa tersebut, mulai dari mahasiswa hingga perusahaan.

Membuka Jasa Voice Over

Belum familiar dengan istilah voice over? Voice over atau suara latar adalah teknik produksi di mana suara bukan menjadi bagian dari narasi. Teknik ini banyak digunakan dalam pembuatan film, teater, iklan, radio, dan masih banyak lagi.

Pelaku voice over biasanya memiliki suara yang unik dan bisa menyesuaikan dengan karakter yang dibutuhkan. Tidak sedikit brand perusahaan yang membutuhkan voice over untuk iklan promosi. Tertarik untuk mencobanya?

Bisnis Thrift Shop Online

Thrift shop adalah bisnis dengan konsep menjual barang bekas pakai atau second hand yang masih dalam kondisi bagus. Bisnis digital ini tengah marak dan digandrungi di Indonesia karena permintaan pasar yang tinggi.

Orang-orang bisa mendapatkan barang-barang branded dengan harga yang jauh lebih murah melalui thrift shop. Ini bisa menjadi peluang bagi kamu terlebih jika teman atau follower akun media sosial kamu suka dengan barang-barang bermerek yang bisa mereka beli dengan harga terjangkau.

Content Creator Tiktok

Saat ini, Tiktok menjadi salah satu platform media sosial yang populer dan banyak digunakan terutama di masa pandemi. Keadaan ini bisa kamu manfaatkan untuk berkarya sekaligus mendapatkan penghasilan dengan menjadi seorang content creator. Konten Tiktok yang mampu menarik banyak orang bisa mendatangkan pengikut pada akun Tiktok milikmu.

Dengan jumlah pengikut yang tinggi, akan banyak bisnis yang melirik akun dan konten kamu. Dengan memahami algoritma tiktok, kamu bisa mendapatkan penghasilan melalui endorsement di berbagai konten yang kamu bagikan. Jangan lupa juga untuk menerapkan strategi marketing melalui tiktok dengan tepat!

Menjadi YouTuber

Sebagai seorang yang kreatif dan selalu bisa menghasilkan ide, kamu bisa menuangkannya di konten yang kemudian bisa kamu bagikan di channel YouTube milikmu. Dengan jumlah subscribers dan views yang banyak serta menerapkan strategi video marketing terbaik, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan. 

Joki Game

Meski terlihat sepele tetapi menjadi joki game adalah ide bisnis digital lain yang patut kamu coba. Joki game menawarkan jasa untuk menaikkan peringkat atau level game orang-orang yang ingin naik level atau mengikuti kompetisi. Untuk menekuni bisnis ini, kamu harus menguasai sebuah game dan karakter di dalamnya.

Kamu bahkan bisa mempromosikan jasa tersebut kepada orang-orang melalui berbagai platform. Jika sebagian besar teman di media sosial Facebook suka bermain game, kamu bisa menjadikan mereka sebagai target pasar. Hasilnya mungkin akan lebih maksimal dengan memanfaatkan Facebook Ads.

Kesimpulan 

Dengan banyaknya ide dan pilihan bisnis digital yang ada, tidak ada lagi alasan untuk tidak mencoba peruntungan di dunia digital. Kamu pasti memiliki kemampuan yang sesuai minimal dengan satu ide bisnis yang ada. 

Bisnis digital tentunya membutuhkan website dan cara promosi yang tepat. Jangan ragu untuk menghubungi Exabytes untuk mendapatkan jasa pembuatan website profesional atau pun jasa digital marketing yang sesuai dengan pilihan promosi yang ingin kamu jalankan. Mulai sekarang!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments