7 Kelebihan Menggunakan Moodle Untuk CBT Online

303
7 Kelebihan Menggunakan Moodle Untuk CBT Online
11 min read

Moodle adalah Learning Management System (LMS) terpopuler dan paling banyak digunakan. Mengapa demikian? Karena Moodle online sangat fleksibel, berbasis open source, dan setiap pengguna bebas untuk mengunduhnya. 

Dengan 68 juta pengguna dan 55 ribu situs moodle tersebar di seluruh dunia, moodle merupakan platform belajar online yang ramah pengguna dan menyediakan pembelajaran serta pelatihan yang dibutuhkan oleh masyarakat dari berbagai jenis kalangan.

Itulah mengapa moodle menjadi solusi open source LMS terbaik di dunia. Terlebih dalam situasi pandemi, penggunaan Moodle dalam dunia pendidikan semakin dilirik berkat beragam fitur menarik yang dimilikinya. 

Lantas apa sebenarnya moodle serta kaitannya dengan moodle CBT online yang dapat digunakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia sebagai penerapan digitalisasi sekolah 4.0? Simak selengkapnya di artikel ini ya, Exabytes Friends!

Apa itu Moodle?

Apa itu Moodle?
Moodle menjadi platform yang digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan karena fleksibilitasnya. (Source: Adobe Photo Stock)

Moodle merupakan singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Singkatnya, moodle adalah suatu platform Learning Management System (LMS), yakni perangkat lunak yang ramah pengguna dan dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan sistem pembelajaran atau pelatihan online bagi institusi hingga organisasi di seluruh dunia.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya dan menganggap moodle layaknya seperti Google Classroom. Namun keduanya memiliki perbedaan tersendiri. Anda bisa membaca artikel Perbedaan Moodle dan Google Clasroom berikut untuk informasi selengkapnya.

Didirikan dan dikembangkan pada tahun 2002 oleh Martin Dougiamas, Moodle awalnya merupakan sebuah platform terbuka, kuat, aman, dan gratis, yang didesain bagi pengajar, administrator, dan pelajar untuk membuat serta memberikan lingkungan pembelajaran online dengan menggunakan pemakaian teknologi dalam kemudahannya.

Kini, moodle online adalah sistem manajemen pembelajaran yang paling banyak digunakan di dunia dan mendukung lebih dari 150 juta pelajar. Namun tak hanya digunakan di dunia pengajaran saja, moodle juga dimanfaatkan oleh banyak organisasi dari berbagai bidang dan tingkat. Moodle kebanyakan digunakan oleh sekolah, pebisnis, perusahaan, rumah sakit, dan organisasi nirlaba untuk pembelajaran online, pelatihan, dan dalam beberapa kasus, Moodle pun dimanfaatkan untuk memperbesar cakupan bisnis. 

Sifatnya yang praktis dan fleksibel menjadikan Moodle sebuah platform yang ideal untuk aplikasi tingkat akademis, organisasi, hingga perusahaan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Moodle:

  • Orientasi, pengembangan, dan pelatihan secara online
  • Pelatihan dan manajemen berbasis kompetensi
  • Pelatihan keselamatan tempat kerja
  • Edukasi pembelajaran online 
  • Proses perekrutan dan wawancara
  • Peluncuran produk dan layanan

Keunggulan Moodle Online Bagi Pengajar

Keunggulan Moodle Online Bagi Pengajar
Moodle memiliki beragam keunggulan bagi pengajar di institusi pendidikan. (Source: Adobe Photo Stock)

Berikut adalah beberapa keunggulan moodle online yang dapat dimanfaatkan oleh para pengajar yang menggunakannya:

Berbagi Materi Pembelajaran

Dengan perangkat toolkit Moodle yang beragam, data dan tautan ke situs web pun dapat dibagikan secara mudah dengan siswa. Halaman konten pembelajaran menggabungkan teks, gambar, hingga video.

Mengelola Akses ke Materi Pembelajaran

Pengajar dapat mengelompokkan siswa ke dalam kelompok tahun atau kelas secara otomatis dan memberikan akses ke materi pembelajaran yang sesuai. Pengajar juga dapat mengontrol serta menjadwalkan kapan konten pembelajaran tersebut bisa diterima oleh murid.

Memperbarui Materi Pembelajaran

Pengajar bisa kapan saja mengubah, menambah, hingga memperbarui materi pembelajaran agar siswa dapat segera mengaksesnya.

Penilaian Otomatis

Penilaian Otomatis dalam Moodle Online
Penilaian otomatis pada fitur moodle online dapat meringankan pekerjaan. (Source: Moodle)

Tak perlu khawatir untuk menghabiskan banyak waktu saat menilai tugas dari siswa, karena Moodle sudah dapat melakukannya secara otomatis.

Selain itu, pengajar juga bisa menggunakan berbagai jenis pertanyaan yang menarik dalam kuis untuk menilai pembelajaran. Moodle dapat menilai ini dan memberikan umpan balik mendetail langsung kepada murid. Karenanya, penggunaan Moodle CBT online semakin dilirik berkat kemudahannya dalam memberikan nilai secara otomatis.

Baca Juga  Mengenal Moodle Untuk Kebutuhan E-Learning dan Panduan Cara Menginstallnya

Mengelola Pengiriman Tugas

Para siswa dapat mengirimkan tugas dan menerima umpan balik serta nilai dari pengajar kapan saja. Pengajar pun dapat menggabungkan skema nilai tersendiri untuk menghasilkan pendekatan penilaian yang konsisten.

Berkomunikasi dengan Siswa

Fitur komunikasi di moodle online memungkinkan siswa dan pengajar untuk berkomunikasi dengan mudah. Pengajar juga dapat berkomunikasi dengan kelompok murid melalui forum khusus baik untuk memberikan jawaban atas pertanyaan mereka ataupun sekadar untuk berdiskusi.

Memantau Laporan

Kemudahan Memantau Laporan Pada Moodle
Fleksibilitas mendapatkan laporan yang efektif dalam moodle. (Source: Moodle)

Salah satu fitur terbaik yang paling bisa dimanfaatkan adalah para pengajar tak perlu lagi menyiapkan laporan di lembaran Excel ataupun secara manual. Moodle dapat menyimpan nilai tiap siswa dari berbagai aktivitas tugas yang dilakukan di dalamnya. 

Laporan tersebut dapat dilihat kapan saja untuk melihat bagaimana kemajuan setiap siswa melalui materi yang diberikan selama pembelajaran. Fitur ini juga dilengkapi dengan audit lengkap untuk memantau kapan dan seberapa teratur para siswa tersebut mengakses materi yang disediakan.

Keunggulan Moodle Bagi Pelajar

Keunggulan Moodle Online Bagi Pelajar
Kelebihan penggunaan moodle yang dapat dimanfaatkan para siswa. (Source: Adobe Photo Stock)

Tak hanya bagi pengajar, Moodle juga memudahkan sistem pembelajaran bagi siswa. Berikut adalah beberapa keunggulan moodle untuk para pelajar: 

Kemudahan Penggunaan

Moodle merupakan tempat yang tepat bagi pelajar dari berbagai usia untuk menjadi percaya  diri dalam menggunakan suatu platform online di lingkungan yang dikendalikan sekolah. Moodle dapat digunakan dalam rangkaian pembelajaran mulai dari Moodle CBT online, e-learning, kuis, hingga Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Pembelajaran yang Menarik

Dengan beragam pembelajaran dan jenis aktivitas yang menarik, belajar di Moodle bisa menjadi lebih menyenangkan! Moodle mendukung berbagai media untuk menyajikan atau menghubungkan ke materi pembelajaran, mendukung para pelajar, dan menilai pembelajaran mereka.

Berkomunikasi dan Berkolaborasi dengan Sesama Pelajar

Berkomunikasi dan Berkolaborasi dengan Sesama Pelajar dalam Moodle
Berdiskusi dengan sesama siswa bisa dilakukan di dalam moodle. (Source: Moodle)

Para siswa bisa menggunakan forum khusus untuk mendiskusikan topik, berbagi ide, dan bahkan memberi masukan tentang tugas mereka satu sama lain. Model chat di Moodle juga memungkinkan untuk mengirim pesan online terjadwal. Selain itu, fitur chat Moodle pun ideal untuk diskusi langsung dengan tamu pembicara yang dapat diakses dari lokasi berbeda pada waktu yang sama.

Dasbor

Setiap murid dapat menyesuaikan dasbor mereka sendiri di dalam homepage untuk menyesuaikan informasi dan tautan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Melakukan Latihan Pembelajaran Sendiri

Moodle online menyediakan fitur kegiatan kuis yang dapat memberikan umpan balik langsung kepada para pelajar terkait jawaban mereka. Sehingga siswa dapat secara teratur melakukan latihan soal secara mandiri untuk membangun pengetahuan dan kepercayaan diri mereka selama proses pembelajaran.

Kemudahan Mengakses Materi Belajar

Sumber materi pembelajaran selalu tersedia untuk tiap murid kapanpun mereka menginginkannya. Bahkan Moodle juga memiliki versi dalam aplikasi untuk mempermudah akses melalui smartphone.

Refleksi Diri

Moodle memberikan ruang pribadi bagi peserta didik untuk merefleksikan perjalanan belajar mereka yang mencakup rangkuman catatan tiap umpan balik dari pengajar ataupun menetapkan target belajar kedepannya.

Apresiasi Pencapaian Belajar

Salah Satu Kelebihan Moodle Adalah Terdapat Apresiasi Pencapaian Belajar
Apresiasi berupa bentuk lencana moodle yang dapat menambah semangat siswa dalam belajar. (Source: Moodle)

Keunggulan moodle  yang terakhir adalah LMS ini memberikan suatu lencana yang memungkinkan pelajar untuk mendapatkan penghargaan secara digital atas pencapaian mereka selama perjalanan belajar. Peserta didik dapat mengembangkan dan menantang diri untuk mendapatkan semua lencana yang tersedia bagi mereka pada suatu kelas.

7 Kelebihan dalam Menggunakan Moodle CBT Online

7 Kelebihan dalam Menggunakan Moodle CBT Online
Keunggulan LMS ini sangat menguntungkan jika diterapkan pada moodle CBT online (Source: Adobe Photo Stock)

Dengan penggunanya yang tersebar di seluruh dunia, Moodle dinobatkan sebagai Learning Management System terbesar yang digunakan oleh organisasi dari berbagai kalangan. Namun, Moodle tidak menjadi LMS terbesar di dunia hanya karena user friendly, fleksibel atau mudah dikonfigurasi, dan fitur menarik lainnya. 

Berikut beberapa kelebihan utama Moodle yang menjadikannya LMS terpopuler di dunia yang dapat menguntungkan bila diterapkan juga pada CBT online:

Open Source

Moodle adalah platform open source yang didistribusikan di bawah General Public License. Secara singkat, kelebihan Moodle ini berarti pengguna dan organisasi memiliki kebebasan untuk menjalankan, belajar, membagikan, dan memodifikasi perangkat lunak tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga  Mana Yang Lebih Baik, Moodle vs Google Classroom?

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan instalasi moodle secara mandiri. Anda bisa mengikuti Panduan Instalasi Moodle berikut untuk melancarkan kegiatan e-learning ataupun CBT online Anda.

Hemat Biaya

Moodle tidak memungut biaya lisensi untuk sistem manajemen pembelajaran di dalamnya alias gratis. Pengguna hanya perlu membayar bila membutuhkan pengembangan dan pemeliharaan lebih lanjut.

Tidak hanya lebih hemat biaya, Moodle juga menyediakan beberapa layanan dari ahli Moodle langsung bagi para penggunanya. Berikut adalah daftar layanan yang biasanya ditawarkan oleh layanan Moodle:

  • Pengelolaan hosting cloud moodle
  • Implementasi dan penyiapan moodle
  • Integrasi moodle dan pengembangan sesuai yang diinginkan
  • Instalasi plugin moodle dan pengembangannya
  • Tema moodle – mendesain situs moodle sesuai dengan brand pengguna
  • Konsultasi moodle
  • Pengembangan laporan moodle

Tampilan yang Sederhana

Tampilan Moodle Online yang Sederhana
Tampilannya yang sederhana memudahkan proses Moodle CBT online. (Source: Moodle)

Kelebihan Moodle selanjutnya adalah tampilannya yang sederhana. Moodle online pun terbilang cukup ramah pengguna. Hal ini dikarenakan navigasinya yang intuitif dan hanya terdiri dari tiga kolom berbeda.

Selain itu, Moodle  juga berbasis HTML5 dan dirancang agar responsif, sehingga pengguna dapat mengaksesnya di perangkat seluler apa pun.

Mudah Untuk Disesuaikan

Platform perangkat lunak seperti LMS memerlukan penyesuaian agar sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Pengguna mungkin akan memerlukan nama perusahaan, logo, dan warna merek agar terlihat sebagai platform manajemen terpercaya daripada hanya sebuah situs web random

Namun di moodle, hal ini dapat dilakukan dengan cukup mudah. Pengguna dapat menghubungi mitra Moodle bersertifikat yang akan memahami keinginan Anda dan menyesuaikan dengan semestinya.

Akses Offline

Bagi negara berkembang, bandwidth internet dapat menjadi masalah utama saat pembelajaran online. Dengan moodle, Anda mendapatkan fitur akses offline yang memungkinkan setiap pengguna dapat mengunduh materi pembelajaran dan mengaksesnya secara offline.

Didukung oleh Komunitas Global

Salah satu alasan mengapa Moodle menjadi LMS terbaik dunia adalah karena mereka  didukung oleh komunitas developer global. Hal paling berdampak dari software open source adalah bahwa kode mereka terbuka untuk pemeriksaan. Artinya, developer dari seluruh dunia dapat mengakses kode tersebut dan memodifikasinya agar lebih aman.

Moodle terus diperbarui oleh orang-orang yang memahami apa yang dibutuhkan pengguna untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

Selain itu, moodle juga didukung oleh sumber daya pembelajaran yang tidak terbatas. Dalam forum komunitas moodle, pengguna memiliki kemampuan untuk terhubung dengan pengguna moodle lainnya dan menemukan jawaban atas pertanyaan yang diajukan pengguna. Dengan 144 juta postingan forum dan 72 juta sumber pembelajaran dari moodle, pengguna akan mendapatkan jawaban untuk berbagai pertanyaan!

Fleksibel dan Beragam Ketersediaan Fitur

Alasan utama mengapa berbagai organisasi sebagian besar menyukai moodle adalah karena platform ini sangat mudah untuk dikonfigurasi, fleksibel, dan ketersediaan fiturnya yang beragam. Selain dapat memodifikasi kode open source Moodle, ada ratusan plugin yang memungkinkan pengguna mengonfigurasi moodle sehingga berfungsi sesuai keinginan.

Dengan lebih dari 500 plugin Moodle yang dikembangkan oleh komunitas global, pelajar, hingga administrator, pengguna memiliki kesempatan untuk berkembang di lingkungan yang membuat pembelajaran menjadi kolaboratif, menarik, dan menyenangkan. Tertarik untuk menggunakan moodle CBT online?

Kesimpulan

Nah, sekarang Anda pasti sudah bisa menebak mengapa Moodle menduduki puncak Learning Management System yang paling populer di dunia dengan beragam penawaran fitur menariknya. Navigasi yang intuitif, hemat biaya, akses offline, adalah beberapa dari banyak alasan yang membuat berbagai organisasi dari semua kalangan memilih moodle, tak terkecuali dalam penggunaannya saat moodle CBT online

Dengan layanan Server Sekolah Exabytes, kegiatan pendidikan mulai dari moodle CBT online, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pengelolaan situs web sekolah, hingga kebutuhan penunjang kegiatan e-learning lainnya dapat berjalan sukses dan maksimal didukung oleh server performa tinggi dan spesifikasi yang mumpuni. Harga server untuk sekolah mulai dari Rp50.000 aja, lho!

Punya pertanyaan lain terkait Server Sekolah? Yuk, konsultasi terlebih dahulu secara gratis!

Semoga artikel ini bisa membantu Exabytes Friends dalam menggunakan moodle online, ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments