Panduan Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah Untuk Pemula

0
1763

Matt Mullenweg dan Mike Little adalah orang dibalik awal mula pembuatan platform CMS WordPress, awal mula menciptakan WordPress yaitu untuk mengganti software b2/cafeblog. Sampai akhirnya, platform WordPress ini menjadi platform CMS terbaik untuk membangun website.

Ada banyak fitur WordPress yang ditawarkan dan akan mempermudah Anda bekerja dengan WordPress.

Jika Anda sekarang sedang berada di artikel ini, mungkinkah Anda sudah memutuskan untuk menggunakan WordPress dan sedang mencari bagaimana cara install WordPress di cPanel hosting?

Tenang, Anda sudah berada di artikel yang tepat. Karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan secara detail bagaimana cara install WordPress di cPanel. 

Yuk ikuti panduan lengkapnya di bawah ini:

Cara Install WordPress di cPanel

Kita sama-sama mengetahuinya bahwa sebagian besar penyedia WordPress hosting menyertakan tools instalasi WordPress otomatis Softaculous. Tapi, dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana cara install WordPress di cPanel secara manual.

Beberapa pengguna lebih memilih melakukannya secara manual di File Manager, alasannya karena pengguna WordPress ingin menghindari pemasangan plugin dan tema yang tidak diinginkan. 

Bagaimana caranya? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini!

Download File Instalasi WordPress

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menyiapkan file instalasi WordPress, caranya sebagai berikut:

Langkah 1: Buka website resmi WordPress di URL www.wordpress.org.

cara install wordpress di cpanel

Langkah 2: Klik tombol Get WordPress.

Panduan Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah Untuk Pemula - 2024

Langkah 3: Anda akan diarahkan ke halaman download file WordPress. Di halaman tersebut klik Download WordPress.

cara install wordpress di cpanel

Langkah 4: Secara otomatis file WordPress akan tersimpan ke komputer Anda dan langkah selanjutnya kita akan unggah file WordPress tersebut ke cPanel hosting, jadi pastikan Anda tidak lupa menyimpannya.

Unggah File WordPress ke cPanel Hosting

Kami anggap Anda sudah berhasil login ke halaman administrator cPanel hosting,  kunjungi artikel yang membahas tentang cara login ke cPanel website bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara login ke cPanel.

Selanjutnya, setelah berhasil login ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengunggah file WordPress ke cPanel hosting.

Langkah 1: Buka File Manager dan masuklah ke folder tempat menyimpan file instalasi WordPress.

Langkah 2: Selanjutnya klik Upload, untuk upload file WordPress ke folder public_html.

Panduan Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah Untuk Pemula - 2024

Langkah 3: Klik Select File dan pilih file WordPress yang sudah Anda download sebelumnya.

Langkah 4: Tunggu sampai proses upload selesai, setelah selesai kembali ke folder public_html.

Ekstrak File WordPress

Unggah file instalasi WordPress telah selesai dilakukan, selanjutnya kita akan mengekstrak file WordPress. Caranya bagaimana? Ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1: Selanjutnya, Anda klik kanan pada file instalasi tersebut dan pilih Extract.

Panduan Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah Untuk Pemula - 2024

Langkah 2: Setelah berhasil di ekstrak, Anda akan melihat folder baru bernama WordPress. Masuklah ke folder tersebut dan klik Select All > Move untuk memindahkan file WordPress ke folder public_html.

Panduan Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah Untuk Pemula - 2024

Langkah 4: Masukkan path/public_html di kolom yang disediakan dan klik Move Files.

Panduan Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah Untuk Pemula - 2024
Pindahkan File WordPress ke folder public_html.

Langkah 5: Setelah berhasil memindahkan semua filenya, Anda bisa hapus folder WordPress dan file instalasi WordPress dengan format .zip yang sebelumnya telah Anda unggah.

Selesai, sekarang saatnya kita buat database MySQL. 

Membuat Database MySQL

Panduan Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah Untuk Pemula - 2024

Langkah selanjutnya untuk menginstal WordPress di cPanel adalah membuat database MySQL di cPanel. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya!

Langkah 1: Cari menu MySQL Databases atau MySQL Database Wizard dan klik menu tersebut.

Panduan Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah Untuk Pemula - 2024

Langkah 2: Masukkan nama database baru di kolom yang disediakan dan setelah Anda memasukkan nama databasenya klik Next Step.

Langkah 3: Selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat user database dengan cara memasukkan username dan password. Agar lebih aman, pastikan menggunakan password yang kuat ya, cirinya adalah indikator Strength berwarna hijau.

Langkah 4: Selanjutnya, simpan password tersebut di tempat yang aman dan mudah Anda akses. Selanjutnya klik tombol Create User. Nanti Anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat user baru ke database yang sudah Anda buat.

Dilanjutkan dengan klik opsi ALL Privileges dan kemudian klik tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan yang sudah Anda lakukan.

Langkah 5: Jika sudah Anda lakukan, jangan lupa untuk klik tombol Next Step. Nantinya akan muncul notifikasi bahwa database yang Anda buat berhasil dibuat. 

Selesai, pembuatan database sudah Anda lakukan. Selanjutnya kita akan menjalankan instalasi WordPress.

Jalankan Instalasi WordPress

Setelah Anda berhasil membuat database, saatnya untuk menjalankan instalasi file WordPress yang sudah dipersiapkan. Caranya adalah dengan mengakses domain Anda pada browser dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1: Anda bisa memilih bahasa yang Anda kehendaki dan kemudian klik tombol Let’s Go.

Langkah 2: Isi semua informasi database MySQL seperti nama database, username dan password. Sedangkan untuk kolom Databases Host dan juga Table Prefix, Anda bisa mengisinya dengan nilai default.

Panduan Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah Untuk Pemula - 2024

Langkah 3: Cek kembali dan pastikan Anda sudah mengisinya dengan benar. Jika sudah jangan lupa klik tombol Submit. Jika database berhasil dihubungkan, akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Langkah 4: Selanjutnya Anda akan menjalankan instalasi WordPress, caranya tinggal klik tombol Run the installation. Nah, nantinya Anda akan diminta untuk mengisi informasi website seperti di bawah ini:

Panduan Cara Install WordPress di cPanel Dengan Mudah Untuk Pemula - 2024

Klik tombol install WordPress.

Selesai, jika Anda berhasil melakukan instalasi file WordPress. Setelah berhasil melakukan instalasi, klik tombol Log In untuk masuk ke halaman admin WordPress. 

Mudah Bukan Melakukan Instalasi WordPress di cPanel?

Di artikel ini kami sudah menjelaskan bagaimana cara install wordpress di cpanel, alasan seseorang melakukan instalasi WordPress di cPanel secara manual adalah karena pengguna WordPress ingin menghindari pemasangan plugin dan tema yang tidak diinginkan.

Karena seringkali menggunakan metode auto installer softaculous, ada beberapa plugin dan tema yang otomatis terpasang. Tapi tenang saja, jika Anda tetap ingin menggunakan fitur auto installer softaculous karena sudah terbiasa dengan fitur tersebut, layanan WordPress hosting Exabytes Indonesia sudah menyediakannya untuk Anda.

Keunggulan WordPress hosting di Exabytes adalah didukung teknologi Litespeed dan NVMe SSD, sehingga cocok untuk kesuksesan bisnis Anda di dunia digital.

Yang menariknya, setiap WordPress Hosting Exabytes dilengkapi dengan database tambahan untuk Anda membuat staging environment, menguji perubahan baru dengan aman seperti (Contoh: plugin baru, themes baru, atau update core/ plugin / themes) sebelum di publish.

Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan WordPress hosting tetap didukung performa terbaik, apalagi dilengkapi dengan plugin cache LSCWP dan server LiteSpeed ​​Enterprise, kami memastikan kecepatan website WordPress Anda 4X lebih cepat dari biasanya.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera gunakan WordPress hosting untuk website WordPress yang jauh lebih baik.

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments