8 Situs dan Aplikasi Video Conference Terbaik dan Gratis

0
1694

Video conference memang sudah populer sejak era digital terus berkembang. Pada saat pandemi beberapa waktu lalu, popularitas situs dan aplikasi video conference mendadak semakin meroket. Bagaimana tidak, hampir seluruh negara di dunia menerapkan kebijakan pembatasan sosial bagi masyarakat agar bisa memutus rantai persebaran Covid-19. Hampir seluruh kegiatan sehari-hari seperti sekolah, kuliah, kerja, dialihkan menjadi melalui jalur online. 

Setelah pandemi Covid-19 sudah mereda, akhirnya lahirlah budaya baru, yaitu remote. Banyak perkantoran yang menerapkan sistem ini, di mana pekerjanya bisa bekerja dari mana saja, tidak harus ke kantor. Seluruh kegiatan, bahkan meeting bisa dilakukan secara daring melalui aplikasi video conference.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap apa itu video conference dan situs-situs video conference yang bisa kamu manfaatkan secara gratis!

Apa Itu Video Conference?

Video conference adalah teknologi komunikasi yang memungkinkan dua atau lebih orang untuk berkomunikasi secara real-time melalui video dan audio, walaupun mereka berada di lokasi yang berbeda. Dalam video conference, peserta dapat melihat dan mendengar satu sama lain melalui layar komputer atau perangkat mobile, serta dapat berinteraksi melalui obrolan teks dan berbagi file. Teknologi ini memungkinkan pertemuan atau rapat jarak jauh, sehingga sangat memudahkan orang untuk berkomunikasi tanpa harus bertemu secara langsung.

Video conference dapat dilakukan melalui aplikasi yang tersedia di komputer atau perangkat mobile, seperti Skype, Zoom, Microsoft Teams, Google Meet, dan lain-lain. Aplikasi tersebut biasanya menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pengguna untuk mengatur pertemuan video conference, seperti membuat jadwal pertemuan, mengundang peserta, dan mengatur tampilan layar. Peserta juga dapat berpartisipasi dalam video conference dengan hanya menggunakan perangkat smartphone atau tablet.

video conference

Manfaat Video Conference

Sejak manusia hidup di era digital yang terus berkembang, video conference semakin relevan dan selalu dibutuhkan. Beberapa manfaat atau pentingnya video conference di antaranya:

1. Meningkatkan efisiensi kerja

Video conference memungkinkan pertemuan atau rapat jarak jauh, sehingga menghemat waktu dan biaya yang diperlukan untuk melakukan perjalanan ke lokasi pertemuan. Selain itu, peserta dapat berinteraksi dengan mudah dan cepat, serta dapat membagikan informasi dan dokumen secara langsung, sehingga meningkatkan efisiensi kerja.

2. Menghemat biaya

Dengan video conference, peserta tidak perlu melakukan perjalanan ke lokasi pertemuan, sehingga menghemat biaya transportasi dan akomodasi. Selain itu, biaya yang diperlukan untuk mengadakan pertemuan atau rapat juga dapat dihemat.

3. Meningkatkan kolaborasi

Video conference memungkinkan peserta untuk berinteraksi dengan mudah dan cepat, serta dapat membagikan informasi dan dokumen secara langsung. Hal ini meningkatkan kolaborasi antara peserta dalam pertemuan atau rapat.

4. Mengurangi dampak lingkungan

Dengan mengurangi perjalanan dan pertemuan fisik, video conference juga membantu mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan oleh penggunaan transportasi dan penggunaan energi yang tinggi pada pertemuan fisik.

5. Memperluas jangkauan

Video conference memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan orang dari lokasi yang berbeda, bahkan di seluruh dunia. Hal ini memperluas jangkauan kerja dan memungkinkan orang untuk bekerja sama dan berkolaborasi dengan orang dari berbagai negara.

6. Meningkatkan fleksibilitas

Video conference memungkinkan orang untuk berpartisipasi dalam pertemuan atau rapat dari mana saja, bahkan dari rumah atau tempat lain yang nyaman. Hal ini meningkatkan fleksibilitas dan memungkinkan orang untuk bekerja dengan lebih produktif dan efektif.

Kelebihan Menggunakan Video Conference

1. Hemat biaya

Mengadakan pertemuan atau rapat melalui video conference dapat menghemat biaya perjalanan dan akomodasi yang diperlukan untuk mengadakan pertemuan fisik.

2. Efisiensi waktu

Dengan video conference, peserta tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk menghadiri pertemuan atau rapat. Hal ini memungkinkan mereka untuk menghemat waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja atau kegiatan lain.

3. Mempermudah pertemuan jarak jauh

Video conference memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan orang dari lokasi yang berbeda, bahkan di seluruh dunia. Hal ini sangat mempermudah pertemuan jarak jauh dan meningkatkan kolaborasi antara peserta.

4. Meningkatkan produktivitas

Dengan video conference, peserta dapat berinteraksi dengan mudah dan cepat, serta dapat membagikan informasi dan dokumen secara langsung. Hal ini meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

5. Meningkatkan fleksibilitas

Video conference memungkinkan orang untuk berpartisipasi dalam pertemuan atau rapat dari mana saja, bahkan dari rumah atau tempat lain yang nyaman. Hal ini meningkatkan fleksibilitas dan memungkinkan orang untuk bekerja dengan lebih produktif dan efektif.

6. Memperluas jangkauan

Video conference memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan orang dari berbagai negara dan wilayah yang berbeda. Hal ini memperluas jangkauan kerja dan memungkinkan orang untuk bekerja sama dengan orang dari berbagai budaya dan latar belakang.

7. Mudah diakses

Video conference mudah diakses dan mudah digunakan. Sebagian besar aplikasi video conference bahkan dapat diunduh dan diakses melalui perangkat mobile.

8. Meningkatkan interaksi sosial

Dalam situasi pandemi seperti saat ini, video conference memungkinkan orang untuk tetap berinteraksi secara sosial tanpa harus berinteraksi secara fisik.

9. Memperkuat hubungan bisnis

Video conference dapat membantu memperkuat hubungan bisnis antara orang dari berbagai negara atau wilayah yang berbeda.

10. Meningkatkan kemampuan bersaing

Dengan video conference, perusahaan dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan mitra bisnis dan klien dari berbagai wilayah dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan bersaing dan memperluas jangkauan bisnis perusahaan.

Kekurangan Menggunakan Video Conference

1. Keterbatasan teknologi

Terkadang, terdapat keterbatasan teknologi seperti kualitas jaringan internet yang buruk, ketidakstabilan koneksi, atau kerusakan perangkat keras yang dapat menghambat kualitas video conference.

2. Keterbatasan interaksi sosial

Video conference dapat membuat peserta merasa terisolasi dan tidak dapat berinteraksi dengan cara yang sama seperti dalam pertemuan fisik. Hal ini dapat memengaruhi kualitas interaksi sosial dan mempengaruhi produktivitas kerja.

3. Gangguan lingkungan

Video conference dapat terganggu oleh lingkungan sekitar, seperti kebisingan dari lalu lintas, suara mesin AC, atau suara lain yang mengganggu. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas audio dan video, dan menyebabkan kesulitan dalam berkomunikasi dengan peserta lain.

4. Gangguan privasi

Video conference dapat menyebabkan gangguan privasi, karena orang dapat melihat lingkungan sekitar peserta, seperti keluarga atau benda-benda pribadi. Hal ini dapat menyebabkan peserta merasa tidak nyaman dan tidak dapat berkonsentrasi pada pertemuan.

5. Kesulitan dalam membaca bahasa tubuh

Dalam video conference, peserta tidak dapat melihat bahasa tubuh secara penuh dan jelas, karena hanya dapat dilihat dari layar yang kecil. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam membaca bahasa tubuh peserta lain dan mengganggu komunikasi dan kolaborasi.

6. Keterbatasan dalam presentasi

Dalam video conference, peserta dapat mengalami keterbatasan dalam presentasi, seperti keterbatasan dalam menggambarkan objek atau melakukan demonstrasi langsung. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas presentasi dan memengaruhi pemahaman peserta lain.

7. Keterbatasan dalam pengambilan keputusan

Dalam video conference, peserta dapat mengalami kesulitan dalam pengambilan keputusan karena tidak dapat berkomunikasi secara langsung atau melihat reaksi fisik dari peserta lain. Hal ini dapat memengaruhi kualitas keputusan yang diambil dan mempengaruhi efektivitas kerja.

Situs dan Aplikasi Video Conference Terbaik dan Gratis

Rekomendasi Situs dan Aplikasi Video Conference Terbaik dan Gratis

1. Zoom

Zoom adalah salah satu platform video conference paling populer yang menyediakan layanan gratis dan berbayar. Fitur-fitur yang disediakan seperti kemampuan untuk mengakses rapat dengan mudah, berbagi layar dan dokumen, merekam rapat, dan interaksi dalam waktu nyata dengan kualitas audio dan video yang tinggi dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja. 

2. Skype

Skype adalah aplikasi video conference gratis yang sudah lama ada dan digunakan oleh banyak orang. Beberapa fitur yang dimiliki Skype antara lain kemampuan untuk melakukan video dan audio conference, panggilan telepon, pengiriman pesan instan, dan berbagi layar. Skype juga memiliki fitur untuk mengirim pesan video, panggilan video grup hingga 50 orang, serta kemampuan untuk merekam panggilan. Selain itu, Skype juga mendukung integrasi dengan aplikasi Microsoft Office, seperti Outlook, Word, dan PowerPoint. 

3. Google Meet

Google Meet adalah platform video conference yang dibuat oleh Google. Fitur-fiturnya mencakup video dan audio conference, chat, dan sharing layar. Google Meet juga memiliki fitur untuk mengundang peserta dengan mengirimkan tautan undangan dan mengatur jadwal rapat melalui Google Calendar. Selain itu, Google Meet juga memiliki fitur untuk memungkinkan peserta rapat mengikuti rapat secara real-time dengan terjemahan bahasa yang disediakan. 

4. Microsoft Teams

Seperti namanya, Microsoft Teams adalah platform video conference yang dibuat oleh Microsoft. Microsoft Teams juga merupakan aplikasi kolaborasi yang menyediakan fitur-fitur yang berguna dalam melakukan rapat dan komunikasi jarak jauh. Beberapa fitur yang dimiliki Microsoft Teams antara lain kemampuan untuk melakukan video dan audio conference, berbagi layar, dan kemampuan untuk merekam rapat. 

5. Jitsi

Jitsi menyediakan fitur untuk merekam rapat dan mengundang peserta rapat dengan mengirimkan tautan undangan. Jitsi juga mendukung integrasi dengan aplikasi pihak ketiga dan dapat diintegrasikan dengan aplikasi chat seperti Slack. 

6. Cisco Webex

Cisco Webex adalah platform video conference yang juga menyediakan layanan gratis dan berbayar. Fitur-fiturnya mencakup video dan audio conference, chat, sharing layar, dan kolaborasi dokumen.

7. Discord

Ini juga salah satu aplikasi yang populer di dunia kerja. Discord adalah aplikasi voice dan text chat yang sering digunakan oleh gamer, namun juga dapat digunakan untuk video conference. 

8. Facebook Messenger Rooms

Facebook Messenger Rooms adalah aplikasi video conference gratis yang dikembangkan oleh Facebook. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat ruang obrolan dengan tema yang berbeda dan mengundang hingga 50 orang untuk bergabung dalam video conference. Aplikasi ini dapat diakses melalui Facebook Messenger, Facebook, atau aplikasi Facebook Messenger Rooms.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments