Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

45
11 min read

Hello, Exabytes Friends! 

Siapa diantara kalian yang sering banget punya ide random dan gemar banget nulis? Kalau kamu salah satunya, pasti kamu pernah dong berpikir untuk memposting tulisan mu ke sebuah halaman yang nantinya dapat dibaca oleh banyak orang! Bukan hanya di twitter, facebook, atau instagram saja, namun benar-benar laman website yang dimiliki oleh kamu pribadi.

Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Nah, jika kamu ingin membuat website, banyak sekali cara yang tersedia untuk merealisasikannya. Ada cara yang manual dengan menggunakan coding HTML, ada juga cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan CMS atau Content Management System. CMS sendiri sangat memudahkan kamu untuk membuat website tanpa harus menggunakan coding, dan WordPress adalah salah satu dari Content Management System tersebut. 

Kamu pasti udah ga asing lagi dong ya dengan WordPress? Terutama kamu yang hobi ngeblog dan punya banyak ide random, pasti udah tau banget nih kegunaan dan manfaat WordPress dalam kehidupan per-blogging-an yang kamu jalani! 

WordPress adalah salah satu dari sekian banyak blog platform gratis yang dikenal luas oleh para blogger karena sudah ada sejak tahun 2003. Blogging yang pada mulanya hanya sebagai hobi, saat ini sudah berubah trend dan menjadi sebuah pekerjaan profesional. Sebut saja beberapa orang terkenal yang awalnya dimulai dari blog seperti aktor a.k.a produser a.k.a pengarang buku, Raditya Dika atau si pejalan antar negara yang sudah menerbitkan 13 buku best seller ini.

Oke deh kalau gitu, yuk kita bahas apa sih WordPress dan kegunaannya untuk kamu si cinta banget nulis?

Pengertian WordPress

WordPress adalah pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Sejarah pertama kali WordPress dimulai dari ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog, Matt dan Mike sebagai pengguna b2/cafeblog, menginisiasi atau mencari cara bagaimana agar bisa membuat website serupa yang persis dengan b2/cafeblog. Akhirnya, mereka berdua menciptakan WordPress untuk mengganti software b2/cafeblog. 

Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Pada pertengahan tahun 2004, Matt dan Mike berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi-fungsi dasar yang sama seperti b2/cafeblog yang di inovasi dan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mirip dan serupa dengan b2/cafeblog. Saat itulah perjalanan WordPress dimulai dan menjadi CMS paling populer di dunia yang semua orang termasuk kamu ketahui sejak lama. 

Yang menarik dari WordPress sendiri adalah software yang bersifat open source. Artinya website bisa digunakan secara gratis dan bersifat bebas untuk dimodifikasi oleh siapapun penggunanya. Selain sifatnya yang gratis, WordPress juga menyediakan banyak plugin yang akan memudahkan kamu untuk menggunakan fitur yang ada di website hanya dengan satu kali klik saja. 

Mengapa WordPress Menjadi Pilihan?

Nah, Exabytes Friends, berbicara tentang dunia blogging atau publishing, tentu tidak dapat dijauhkan dan dipisahkan dari beberapa Platform website terkenal seperti WordPress, Blogspot, Joomla dan masih banyak yang lainya. Dan salah satunya yaitu WordPress yang sudah banyak diketahui oleh khalayak umum. Namun, mungkin ada beberapa dari kamu yang bertanya, mengapa dari sekian banyak jenis platform website, yang paling banyak digunakan dan diminati adalah WordPress. 

Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Sebenarnya untuk CMS sendiri kembali lagi ke diri kalian masing-masing, ingin menggunakan WordPress atau tidak. Namun, dengan membaca info info diatas mungkin kamu sedikit bertanya mengapa harus menggunakan WordPress. Berikut ini akan dipaparkan beberapa mengapa kamu harus menggunakan WordPress, yuk simak!

  1. Ramah untuk Pemula dan Ahli
Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Salah satu alasan utama kenapa sebaiknya kamu menggunakan WordPress dibandingkan CMS (Content Management System) lain adalah WordPress tersedia gratis. Hal ini tentu sangat membantu, terlebih jika kamu yang sedang membaca ini adalah seorang pemula yang ingin membangun website informasi atau bisnis.

Baca Juga  Ketahui tentang Email Bisnis dan Tutorial Membuatnya

Sudah kita ketahui sebelumnya ada banyak CMS yang bisa kita gunakan, namun ketika kamu ingin mendapatkan kemudahan dalam penggunaannya WordPress adalah pilihan yang tepat.

Karena pada CMS lain seperti Joomla dan Drupal tidaklah semudah yang dibayangkan, hanya orang-orang yang sudah paham tentang coding saja yang dapat menjalankannya.

Bayangkan kalau kamu masih pemula dan belum paham coding, pasti kamu akan sangat kesulitan menggunakannya. WordPress termasuk salah satu CMS yang sangat ramah untuk para pemula dan ahli karena cara menginstallnya yang sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk menjalankannya. Artinya, semua kalangan dapat mengoperasikan layanan WordPress ini.

  1. WordPress SEO Friendly
Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Jika kamu adalah salah satu penggiat hobi bermain dengan SEO, kamu pasti akan sepakat bahwa WordPress sangat SEO Friendly. Buktinya saja ketika kamu mengetikkan satu atau dua keyword saja di mesin pencari pasti kamu akan menemukan satu dua atau lebih web yang menggunakan WordPress di urutan-urutan teratas.

WordPress diciptakan dengan struktur yang memudahkan mesin pencari membaca halaman web anda.

  1. Plugin melimpah
Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Salah satu alasan WordPress menjadi CMS terbaik adalah tersedia ribuan plugin yang dapat kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan website yang kamu bangun. Untuk mendapatkan plugin tersebut kamu hanya perlu mencarinya di search plugin. Selain itu, dari sekian plugin yang disediakan juga banyak yang gratis, loh!

  1. Temanya yang sangat beragam. 
Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Alasan selanjutnya menggunakan WordPress adalah adanya ribuan theme yang disediakan secara gratis dan sangat mudah cara settingnya, kamu bisa mengubah dan berkreasi sesuai dengan kreativitas dan inovasi yang kamu miliki. Sehingga kamu dapat dengan mudah mengatur tampilan website sesuai dengan keinginanmu.

  1. WordPress Sangat Mengutamakan Keamanan
Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Yang perlu kamu ketahui, WordPress juga selalu memberikan update software serta update keamanan. Inilah yang menjadikan WordPress sangat aman dan nyaman digunakan oleh banyak orang. Di dalam WordPress sendiri terdapat plugin sebagai sistem pengaman website. Plugin tersebut terbukti ampuh melindungi website. Sudah banyak yang mengakui, bahwa CMS (Content Management System) yang dimiliki WordPress adalah yang terbaik diantara CMS yang lain.

Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Next, melakukan development WordPress memang paling mudah dan nyaman di localhost. Selain cepat, aman juga murah meriah. Tetapi setelah development selesai, lalu apalagi yang harus dilakukan? Tentu saja meng-online kan WordPress tersebut. Bahasa teknis yang dikenal oleh beberapa programmer adalah melakukan migrasi dari localhost ke server hosting yang sudah kita sewa sebelumnya. Ada banyak sekali jasa penyedia hosting yang murah dan cukup bagus di Indonesia. Karena kebanyakan atau mungkin semua hosting saat ini menggunakan cPanel maka tutorial ini akan menggunakan cPanel sebagai medium nya, ya! 

Tutorial Cara Install WordPress

Nah, Exabytes Friends, sesuai dengan judul artikel diatas, disini kita akan mengupas tuntas gimana sih caranya memindahkan database WordPress dari 0 hingga Online? Mungkin disini ada beberapa dari kalian yang membutuhkan atau akan membutuhkan tutorial ini nantinya. Yuk intip pelan-pelan dan perhatikan gimana aja caranya!

Export database WordPress kamu di local.

Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Jika kamu menggunakan XAMPP, WAMPP atau sejenisnya, kamu bisa mengakses database kamu via PhpMyAdmin. Masuk ke: http://localhost/phpmyadmin

Pilih database WordPress kamu, lalu pada bagian tab atas, klik Export, lalu pilih Quick setelah itu klik Go. Nanti otomatis web browser akan mendownload file database kamu, ekstensi nya adalah .sql . Simpan baik-baik file database ini, karena akan  digunakan lagi untuk meng-upload ke hosting nantinya.

Buat database baru pada cPanel hosting.

Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Masuk ke cPanel hosting kamu (biasanya URL nya seperti www.web-anda.com/cpanel). Untuk lebih pastinya silahkan cek lagi email yang dikirimkan oleh pihak hosting mu.

Baca Juga  WordPress Platform Populer Tapi Paling Tidak Aman? Baca Dulu

Setelah masuk cPanel, pilih MySQL Database Wizard, untuk mulai membuat database baru Anda di cPanel :

  1. Pilih Database MySQL Wizard. Pada bagian ini, kamu harus mengetikan nama database yang ingin kamu gunakan. Namanya bebas, sesuai dengan keinginan anda saja. 
  2. Buat username database yang kamu inginkan
  3. Gunakan password generator demi keamanan 
  4. Centang All Privileges

Import/migrasi database ke hosting

Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Kembali ke halaman depan cPanel, lalu klik PhpMyAdmin. Tampilan PhpMyAdmin di cPanel dan localhost kamu biasa nya akan terlihat sama, jadi harusnya kamu sudah cukup familiar dengan antarmuka pengguna nya.

  1. Masuk PhpMyAdmin
  2. Database yang kamu miliki sebelumnya akan muncul di PhpMyAdmin
  3. Import/upload database localhost mu ke sini
  4. Browse database kamu, lalu klik Go
  5. Import berhasil

Rubah semua link http://localhost ke URL website Anda (Search & Replace Database).

Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Sampai tahap ini, database kamu sudah berhasil di migrasi-kan ke server hosting mu. Tetapi masih ada satu masalah, yaitu semua link di database mu masih mengarah ke localhost. Contoh sederhana, saat kamu menggugah sebuah gambar di localhost, maka link/URL gambar tersebut adalah localhost. Tentu saja jika diakses dari website kamu di hosting akan menghasilkan 404 not found, karena link nya salah.

Untuk itu kita membutuhkan semua tool penting bernama Search & Replace Database script. Tool ini adalah script kecil yang di upload di root WordPress Anda dan diakses melalui web browser seperti layaknya website biasa. Silahkan download tool tersebut secara gratis disini ya, Exabytes Friends! (Ingat, selalu download dari website resminya. Jangan dari pihak ke-3): 

Setelah berhasil di download, extract file .zip nya dan upload folder nya ke direktori root WordPress kamu. Kamu mungkin bisa me-rename nama folder search & replace tersebut agar nantinya lebih mudah untuk diakses.

  1. Pada bagian replace, masukan absolute URL dari localhost mu. Bagaimana cara mengetahui nya? Gampang. Coba kamu kembali lagi ke PhpMyAdmin cPanel mu. Pilih database mu, lalu pada bagian table, pilih table _option.
  2. Nanti akan muncul absolute URL dari database mu. Itulah URL yang sekarang sedang mengarah di database mu.
  3. Lalu kembali lagi ke halaman search & replace database kamu di hosting, dan paste URL tsb pada bagian replace (Pastikan juga credential account database kamu seperti nama database, username dan password sudah benar. Karena jika salah, proses akan gagal) 

Maksud dan tujuan dari proses ini adalah, untuk merubah semua URL localhost di database Anda menjadi URL website kamu (Contoh kali ini misalnya http://web-anda.com). Tool ini akan mencari semua URL localhost di database kamu dan merubah semua nya secara otomatis ke URL website kamu, sehingga tidak ada lagi aset yang 404 karena salah URL di web mu.

Setelah kamu sudah yakin URL nya, database, username & password benar semua, klik Live Run. Dan tunggu beberapa saat sampai tool berhasil meng-konversi semua URL. Setelah itu, maka proses migrasi kamu sudah 100% selesai dan web kamu saat ini harusnya sudah bisa digunakan dengan baik.

Jangan lupa untuk menghapus seluruh folder search & replace setelah selesai digunakan ya, Exabytes Friends! agar nantinya tidak akan dan tidak bisa dimanfaatkan cracker untuk meng-hack database website kamu!

Semoga tutorial dan penjelasan sederhana diatas mengenai WordPress diatas bermanfaat bagi kamu, atau kerabat mu yang sedang bingung dan mencari cara atau penjelasan serupa. 

Nah, jika kamu tertarik dan berniat untuk membuat WordPress untuk kepentingan bisnis, organisasi, atau yang lainnya, kamu dapat lihat dan klik layanan WordPress hosting ini, ya! 

Stay safe, Exabytes Friends!

Credit : Aisya Damayanti Sumarno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here