Begini Cara Konfigurasi Virtual Host di Apache

0
1917

Kepikiran untuk menggunakan virtual host di apache untuk mengelola banyak website? Virtual host memang bisa membantu Anda untuk hal itu. Akan tetapi bagaimana cara konfigurasi virtual host di apache?

Tenang, Anda berada di artikel yang tepat! Karena kami akan menjelaskan bagaimana cara konfigurasi virtual host di apache secara lengkap. Namun sebelum masuk ke pembahasan teknis, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu virtual host.

Yuk kita simak sama-sama penjelasannya di bawah ini:

Apa itu Virtual Host?

cara konfigurasi virtual host di apache

Virtual host adalah metode yang memungkinkan satu server web untuk menjalankan beberapa situs web. Misalnya, server web dapat menjalankan situs web pertama dengan alamat domain “www.website1.com” dan situs web kedua dengan alamat domain “www.situs2.com” dengan menggunakan virtual host. 

Virtual host ini sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang mengelola banyak website, karena Anda bisa mengelola banyak website di satu server fisik dan juga menghemat biaya karena tidak perlu resource tambahan.

Baca Juga: Perbedaan Cloud Hosting dan Virtual Private Server (VPS)

Keunggulan Virtual Host

Begini Cara Konfigurasi Virtual Host di Apache - 2024

Pada pembahasan sebelumnya sudah disebutkan bahwa salah satu keunggulan virtual host bisa menghemat biaya karena tidak memerlukan resource tambahan, tapi ternyata keunggulan virtual host tidak hanya itu saja.

Kami masih memiliki beberapa keunggulan yang ingin kami jelaskan kepada Anda, setidaknya ada 4 keunggulan lainnya selain bisa menghemat biaya, yaitu:

  • Mudah diatur

Anda dapat mengelola beberapa situs web dengan mudah di satu server , sehingga lebih efisien. Ketimbang Anda mengelola beberapa server web yang terpisah.

  • Efisien dalam penggunaan sumber daya

Virtual host memungkinkan Anda untuk memanfaatkan sumber daya server secara maksimal, karena Anda dapat menjalankan beberapa situs web di satu server yang sama.

  • Fleksibel

Anda dapat dengan mudah menambah atau mengurangi jumlah situs web yang dijalankan di server yang sama, sesuai dengan kebutuhan.

  • Mudah melakukan konfigurasi

Virtual host sangat mudah diatur, karena Anda hanya perlu mengkonfigurasi file konfigurasi server web (seperti Apache atau Nginx) untuk menentukan situs web mana yang akan dijalankan di server fisik yang sama.

Cara Konfigurasi Virtual Host di Apache

Begini Cara Konfigurasi Virtual Host di Apache - 2024

Dalam artikel ini, kami menjelaskan dan mempraktikan cara konfigurasi virtual host di apache menggunakan sistem operasi server Ubuntu 16.04. 

Persiapan Konfigurasi

Sebelum Anda menerapkan cara konfigurasi virtual host di apache, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Salah satunya adalah menginstal apache. Jika belum melakukannya, Anda bisa menggunakan kode di bawah ini:

sudo apt-get update

sudo apt-get install apache2

Kode di atas dimasukkan melalui terminal di sistem operasi Ubuntu yang Anda gunakan. Setelah selesai, kita bisa mulai untuk mengkonfigurasi virtual host di apache.

Membuat Struktur Direktori dan Setting Permission

Secara default direktori yang digunakan menggunakan /var/www sebagai document root-nya. Hanya saja, direktori tersebut hanya bisa berjalan untuk satu website saja. Jika ingin menggunakan lebih dari satu domain, Anda perlu membuat direktori lain di dalam direktori /var/www.

Langkah 1: Buat masing-masing direktori untuk kedua website di /var/www. Dalam demo ini kami ingin membuat masing-masing direktori untuk www.exabytes1.com dan www.exabytes2.com dan di dalamnya terdapat folder public_html.

Cara membuatnya dengan memasukan kode di bawah ini:

sudo mkdir -p /var/www/exabytes1.com/public_html

sudo mkdir -p /var/www/exabytes2.com/public_html

Bagian yang kami tandai dengan bold, bisa Anda ganti dengan domain yang Anda miliki.

Langkah 2: Karena kami ingin pengguna lain bisa memodifikasi file di direktori tersebut, maka kami perlu mengubah settingan permission dengan cara memasukkan kode di bawah ini di terminal:

sudo chown -R $USER:$USER /var/www/exabytes1.com/public_html

sudo chown -R $USER:$USER /var/www/exabytes2.com/public_html

Dengan begini, pengguna lain bisa mengakses folder public_html yang merupakan subdirektori untuk menyimpan konten website. 

Langkah 3: Selanjutnya, masukkan juga kode di bawah ini di terminal.

sudo chmod -R 755 /var/www

Tujuannya adalah untuk memberikan akses ke direktori web secara umum termasuk semua file dan folder di dalamnya.

Buat Halaman Demo untuk Setiap Virtual Host

Selanjutnya adalah membuat halaman demo untuk setiap virtual host, tujuannya adalah untuk mengetahui apakah proses konfigurasi virtual hostnya berhasil atau tidak.

Langkah 1: Kita akan buat file untuk exabytes1.com di direktori /var/www/exabytes1.com/public_html dengan nama index.html. Buat dengan menggunakan kode html di bawah ini:

<html>

 <head>

<title>File untuk exabytes1.com</title>

</head>

<body>

<h1>Virtual Host Apache – exabytes1.com is working!</h1>

<b>This is exabytes1.com site</b>

</body>

</html>

Langkah 2: Simpan dan keluar.

Langkah 3: Selanjutnya kita juga akan membuat file untuk exabytes2.com di direktori /var/www/exabytes2.com/public_html. Buat dengan menggunakan kode di bawah ini:

<html>

    <head>

<title> File untuk exabytes2.com</title>

    </head>

    <body>

<h1>Virtual Host Apache – exabytes2.com is working!</h1>

        <b>This is exabytes2.com site</b>

    </body>

</html>

Langkah 4: Simpan dan keluar.

Konfigurasi Virtual Host

Setelah halaman demo untuk masing-masing virtual host selesai dibuat, Anda perlu membuat site-available dan sites-enable untuk menyimpan semua file konfigurasi. Caranya, ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1: Masukkan kode di bawah ini ke dalam terminal Linux.

$ mkdir -p /etc/httpd/sites-available

$ mkdir -p /etc/httpd/sites-enabled

Langkah 2: Selanjutnya kita akan ubah untuk akses/permissionnya dengan menggunakan kode perintah di bawah ini:

$ chmod 755 /etc/httpd/sites-available/

$ chmod 755 /etc/httpd/sites-enabled/

Langkah 3: Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi apache, konfigurasi ini untuk memberitahu apache untuk mengecek virtual host yang ada di direktori sites-enableds. Caranya adalah dengan menggunakan kode perintah di bawah ini:

$ nano /etc/httpd/conf/httpd.conf

Langkah 4: Setelah file httpd.conf terbuka, tambahkan script berikut tepat di paling bawahnya.

IncludeOptional sites-enabled/*.conf

Setelah selesai menambahkan kode di atas, jangan lupa untuk menyimpannya dan keluar dari halaman tersebut. 

Langkah 5: Buka file exabytes1.com.conf dengan menggunakan kode di bawah ini:

$ nano /etc/httpd/sites-available/exabytes1.com.conf

Langkah 6: Setelah terbuka, masukkan script di bawah ini:

<VirtualHost *:80>

 ServerName www.exabytes1.com

ServerAlias exabytes1.com

DocumentRoot /var/www/exabytes1.com

ErrorLog /var/www/exabytes1.com/log/error.log

CustomLog /var/www/exabytes1.com/log/requests.log combined

</VirtualHost>

Langkah 7: Simpan dan keluar.

Langkah 8: Selanjutnya buka juga file exabytes2.com.conf dengan menggunakan perintah di bawah ini: 

$ nano /etc/httpd/sites-available/exabytes2.com .conf

Langkah 9: Setelah terbuka, masukkan script di bawah ini:

<VirtualHost *:80>

    ServerName www.exabytes2.com

    ServerAlias  exabytes2.com

    DocumentRoot /var/www/exabytes2.com

    ErrorLog /var/www/exabytes2.com /log/error.log

    CustomLog /var/www/exabytes2.com/log/requests.log combined

</VirtualHost>

Langkah 10: Simpan kode tersebut dan keluar.

Buat Symbolic Link

Setelah langkah-langkah cara konfigurasi virtual host di apache tersebut diterapkan. Saatnya membuat symbolic link dari sites-available ke sites-enabled. Caranya adalah dengan menambahkan kode di bawah ini:

$ ln -s /etc/httpd/sites-available/exabytes1.com.conf /etc/httpd/sites-enabled/

$ ln -s /etc/httpd/sites-available/exabytes2.com.conf /etc/httpd/sites-enabled/

Selanjutnya, restart apache. Tujuannya untuk load perubahan konfigurasi yang sudah Anda lakukan, caranya adalah dengan menggunakan kode perintah berikut:

$ systemctl restart httpd

Buka browser dan akses situs web menggunakan alamat yang telah ditentukan. Jika virtual host telah terkonfigurasi dengan benar, maka situs web akan muncul di browser Anda.

Kesimpulan

Itulah cara konfigurasi virtual host di apache, jika melihat keunggulan yang dimiliki Anda harus menggunakan virtual host, jika Anda ingin menjalankan beberapa situs web di satu server yang sama. 

Misalnya, jika Anda memiliki beberapa situs web yang memiliki alamat IP yang sama dan Anda ingin mengelola semuanya dengan mudah di satu server, maka Anda bisa menggunakan virtual host. Virtual host juga bermanfaat jika Anda ingin menghemat biaya, karena Anda tidak perlu membeli IP unik untuk setiap situs web yang akan Anda jalankan.

Akan tetapi jika Anda memiliki budget yang cukup dan menuntut website Anda selalu dalam performa terbaiknya, saran kami Anda menggunakan web hosting terpisah untuk masing-masing website.

Tujuannya adalah agar tidak terjadi performance issue, jika salah satu situs web yang dijalankan di server yang sama mengalami penurunan performa, maka situs web lain yang dijalankan di server  yang sama juga bisa saja mengalami penurunan performa.

Tenang, sekarang ini sudah banyak layanan hosting Indonesia yang terjangkau. Jadi Anda bisa menggunakan hosting untuk masing-masing website dan Anda bisa lebih fokus ke pengembangan konten di dalamnya.

Selamat mencoba ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments