Cara Membuat Iklan Instagram Dengan Efektif dan Enggak Ribet

0
1753

Apa kamu sedang mencari cara untuk meningkatkan penjualan untuk bisnismu? Kalau iya, kamu harus mempertimbangkan digital marketing dan membuat iklan Instagram. Instagram adalah platform terbaik untuk semua kalangan karena Instagram memiliki lebih dari satu milyar pengguna dan terus bertambah setiap harinya! 

Kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat iklan instagram yang akan membantu kamu untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Mari kita mulai!

Apa Itu Iklan Instagram (Instagram Ads)? 

mengenal apa itu iklan Instagram

Iklan Instagram adalah platform iklan pada aplikasi Instagram, dimana kamu bisa mempromosikan produk dan jasamu melalui Instagram feed atau stories. 

Iklan Instagram bisa menjadi cara yang tepat untuk menjangkau calon pelanggan dan menyampaikan pesanmu. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya beriklan di sosial media, terutama Instagram:

  • Kamu bisa menargetkan audiens tertentu untuk iklan yang kamu buat
  • Iklan Instagram bisa menjadi cara yang hemat biaya untuk menjangkau calon pelanggan
  • Iklan Instagram dapat membantumu untuk membangun brand awareness
  • Iklan Instagram dapat mengarahkan traffic ke situs web atau blogmu

Cara Membuat Iklan Instagram

cara membuat iklan instagram

Ingin segera menayangkan iklan tetapi masih belum tahu bagaimana caranya membuat iklan Instagram? Coba simak langkah dan cara membuat iklan Instagram berikut ini:

Buka Facebook Ads Manager

Untuk bisa memulai iklan Instagram, pastikan kamu sudah mengakses laman Facebook Ads Manager menggunakan akun yang sudah ada. Akun tersebut adalah akun yang biasa kamu gunakan untuk masuk ke laman Facebook.

Pilih Pembuatan Iklan Terpadu

Langkah selanjutnya dalam cara membuat iklan Instagram adalah memilih menu kampanye dan kemudian pilih “Buat Iklan”. Facebook akan menampilkan dua pilihan, yaitu pembuatan iklan terpadu dan pembuatan iklan cepat. 

Nah, kamu bisa memilih opsi pertama yaitu pembuatan iklan terpadu agar bisa membuat iklan dengan lebih spesifik.

Tentukan Tujuan Iklan

Iklan yang kamu buat tentunya memiliki tujuan, bukan? Jadi, langkah selanjutnya dari cara membuat iklan Instagram adalah menentukan tujuan. Adapun pilihan yang tersedia adalah pertimbangan, kesadaran, dan konversi. Jadi, kamu bisa memilih tujuan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan untuk perkembangan bisnis.

Lanjutkan dengan mengklik salah satu tujuan iklan yang paling sesuai dengan tujuan bisnis kamu. 

Pilih Jenis Iklan

Dalam cara membuat iklan Instagram, kamu juga harus memilih jenis iklan. Adapun opsi yang Facebook tawarkan adalah uji split dan pengoptimalan anggaran. Kemudian, kamu harus memilih salah satu opsi tersebut karena tidak bisa digunakan secara bersamaan.

Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Saat mencari cara membuat iklan Instagram, pastikan kamu sudah tahu apa nama iklan yang paling pas. Kemudian, tentukan tujuan apakah ingin mendapatkan trafik atau lainnya.

Tampilkan Promo

Ingin beriklan sekaligus menawarkan promo agar bisa menarik lebih banyak calon pembeli? Jika demikian, kamu bisa mencentang opsi promo agar bisa menampilkannya saat menjalankan iklan.

Tentukan Target Audiens

Saat membuat iklan di Instagram, kamu bisa menentukan target audiens secara spesifik. Adapun faktor yang bisa kamu pertimbangkan dalam menentukan target audiens adalah lokasi, pemirsa khusus, umur, jenis kelamin, bahasa, penargetan terperinci, dan koneksi. 

Tentukan Penempatan

Agar bisa menempatkan iklan Instagram sesuai kebutuhan yaitu hanya di platform Instagram saja, pilih edit penempatan. Pastikan hanya menceklis Instagram. 

Namun, jika kamu memilih penempatan otomatis, maka iklan secara otomatis akan ditampilkan di semua aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook, tidak hanya di Instagram saja.

Pilih Jadwal

Sudah tahu kapan iklan harus tayang? Berapa lama iklan tersebut akan kamu tayangkan? Untuk mengatur jadwal penayangan iklan, pilih jadwal sesuai kebutuhan apakah hanya dalam satu minggu, satu bulan, atau bahkan hingga  enam bulan.

Hubungkan dengan Akun Instagram

Agar bisa beriklan di Instagram, tahapan dari cara membuat iklan Instagram satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Ya, akun Instagram harus terhubung dengan laman Facebook. Agar bisa mempromosikan bisnis, sebaiknya tambahkan akun Instagram khusus kebutuhan tersebut.

Pilih Format Iklan

Dalam membuat iklan Instagram, kamu bisa memilih format iklan yang tersedia mulai dari karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide, hingga koleksi.

Buat Teks

Tahapan dari cara membuat iklan Instagram satu ini adalah menuliskan deskripsi iklan yang menarik namun tetap singkat. Sehingga target audiens akan segera mengerti tujuan dari iklan tersebut.

Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Tambahkan Link Website

Sudah menentukan gambar yang cocok untuk iklan? Jangan lupa untuk menuliskan judul iklan yang sesuai serta menambahkan link situs web. 

Lakukan Pembayaran

Agar bisa beriklan di Instagram, tentunya kamu harus melakukan pembayaran. Dengan begitu, pihak Facebook bisa langsung melakukan review pada iklan yang sudah kamu buat. Iklan yang memenuhi persyaratan bisa ditampilkan.

Sebagai pemilik bisnis, kamu tentu tahu bahwa Instagram adalah alat yang ampuh untuk menjangkau pelanggan baru. Tapi apa cara membuat iklan instagram terbaik agar berhasil?

Tips Agar Iklan Instagram Memberikan Hasil Maksimal

Sudah tahu cara membuat iklan Instagram? Jika sudah mencoba beriklan di platform media sosial tersebut namun hasilnya masih belum maksimal, mungkin kamu perlu beberapa tips di bawah ini

Gunakan Gambar atau Video Berkualitas Tinggi

Poin nomor satu ini seharusnya tidak perlu kami beritahu karena ini adalah hal yang sudah pasti. Salah satu cara membuat iklan instagram yang menarik perhatian adalah menggunakan gambar atau video berkualitas tinggi yang menarik secara visual.

Buat Caption yang Pendek Namun Menarik

Untuk pembuatan caption iklanmu, pastikan bahwa kamu tidak menjelaskannya secara bertele-tele. Buat caption yang singkat, menarik, dan to the point. Soroti informasi yang paling penting dan hindari menggunakan terlalu banyak istilah atau jargon.

Gunakan Tagar (Hashtag) yang Relevan

Tagar adalah salah satu cara membuat iklan instagram milikmu dilihat oleh orang-orang yang mungkin tidak mengikuti kamu di Instagram. Tapi jangan sembarangan menggunakan tagar, pastikan tagar yang kamu gunakan relevan dengan merek dan/atau konten iklanmu.

Kamu juga harus membatasi diri dalam menggunakan tagar. Cukup gunakan 1-2 tagar per iklan agar tidak terlihat seperti spam.

Manfaatkan Jasa Influencer

Influencer adalah orang-orang dengan banyak pengikut yang dapat membantu mempromosikan konten kamu kepada pengikut mereka. 

Jika kamu dapat bermitra dengan influencer yang memiliki target audiens yang sama denganmu, kamu akan dapat menjangkau sekelompok orang baru yang mungkin tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

Jangan lupa untuk menyimak tren influencer marketing tahun 2023 yang dapat membantu memaksimalkan bisnis.

Gunakan Call to Action Secukupnya

Call to Action (CTA) adalah frasa atau kalimat yang memberi tahu orang apa yang kamu ingin mereka lakukan selanjutnya. Meskipun CTA bisa efektif dalam membuat orang mengambil tindakan, jangan gunakan CTA secara berlebihan di iklan yang kamu buat.

Tujuannya agar tidak terlihat memaksa, ini adalah cara membuat iklan instagram yang tidak boleh kamu lupakan. Jadi, sebaiknya gunakan CTA hanya jika benar-benar diperlukan.

Saat membuat call to action untuk iklan Instagram, penting untuk mengingat beberapa hal. Pertama, ajakan untuk bertindak harus singkat dan to the point. Kedua, harus relevan dengan produk atau layanan yang diiklankan. Terakhir, itu harus menjadi sesuatu yang akan mendorong calon pembeli untuk mengambil tindakan.

Pentingnya Konten Berkualitas

Kamu juga perlu memperhatikan tips Instagram reels untuk promosi bisnis. Kualitas konten yang kamu buat, penting karena beberapa alasan. 

Pertama, ini adalah salah satu cara utama untuk berkomunikasi dengan audiens. Konten yang kamu buat harus dapat menyampaikan pesan yang ingin kamu sampaikan secara efektif. Jika kontenmu ditulis dengan buruk atau tidak masuk akal, audiens tidak akan memahami apa yang ingin kamu sampaikan kepada mereka.

Kedua, konten berkualitas tinggi akan membantu membangun merekmu sebagai otoritas di industri. Jika kamu bisa menghasilkan artikel yang informatif dan ditulis dengan baik, orang akan mulai melihatmu sebagai pakar di bidangnya. 

Hal tersebut akan membantu kamu untuk menarik lebih banyak pembaca dan pengikut, serta pelanggan dan klien.

Konten yang bagus bisa menjadi sumber traffic utama untuk situs web atau blog. Jika orang menganggap artikel yang kamu buat bermanfaat dan menarik, mereka cenderung membagikannya dengan teman dan pengikut mereka. 

Baca juga tipe konten menaikkan engagement di media sosial

Lakukan Tes

Cara terbaik untuk mencari tahu apa cara membuat iklan instagram yang kamu terapkan berhasil atau tidak adalah dengan menguji berbagai pendekatan dan melihat mana yang memberikan hasil terbaik untuk bisnismu. 

Kesimpulan

Iklan Instagram akan sangat membantu agar produk ataupun jasa yang kamu tawarkan dapat diketahui oleh orang banyak, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan. 

Namun, pastikan terlebih dahulu kalau kamu sudah tahu cara membuat iklan Instagram. Perhatikan juga beberapa hal yang turut memengaruhi hasil yang akan kamu dapatkan.

Selain menjalankan iklan Instagram, kamu juga bisa menjalankan iklan lain, seperti Facebook Ads yang bisa kamu dapatkan dari Exabytes. Exabytes juga menawarkan layanan iklan Google Ads serta layanan digital lain yang pas untuk promosi dan pemasaran yang kamu lakukan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments