Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Untuk Pemula

0
162

Email merupakan salah satu media untuk berkomunikasi. Bagi sebuah bisnis atau perusahaan, email sangat berguna untuk berhubungan dengan klien atau mitra kerja sama.

Alih – alih menggunakan email biasa, bisnis akan lebih profesional saat menggunakan domain dengan domain sendiri. Selain itu kontak email juga akan lebih eksklusif dan personal untuk representasi suatu bisnis.

Dalam hal ini pemilik bisnis tidak lagi menggunakan domain gratisan dari provider penyedia layanan email seperti gmail.com atau yahoo.com. Melainkan menggunakan format email dengan domain sendiri seperti [email protected].

Berbeda dengan saat membuat email dari provider gratis, cara membuat email dengan domain sendiri membutuhkan beberapa langkah. Selain itu juga perlu mempersiapkan hosting sebagai syarat penting membuat domain sendiri.

Untuk lebih jelasnya, ikuti panduan lengkap cara membuat email sendiri menggunakan domain dan hosting.

Bagaimana Cara Menyiapkan Hosting Email untuk Domain Saya?

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Untuk Pemula - 2024

Langkah pertama dari cara membuat email dengan domain sendiri adalah dengan menyiapkan domain yang ingin digunakan. Ini merupakan modal penting untuk menunjukkan format email yang telah dipersonalisasi oleh pemilik.

Selain domain, pemilik bisnis juga perlu untuk menyiapkan hosting email untuk domain. Hosting email diperlukan untuk menyimpan, menerima, mengirim pesan dan menjaga keamanan email. Hosting ini diperlukan untuk memanage server email.

Sekarang ada banyak sekali penyedia layanan email hosting yang bisa diandalkan. Mereka menyediakan beberapa pilihan paket hosting dengan beragam spesifikasi. Spesifikasi disini mencakup beberapa hal penting seperti kapasitas dan sistem proteksi email.

Ada beberapa benefit yang bisa didapatkan saat menggunakan hosting email. Selain fleksibilitas, biasanya hosting email sudah dibekali dengan tools keamanan seperti SpamExperts yang mampu melakukan penyaringan terhadap email masuk.

Bahkan juga terdapat tools yang mampu memproteksi email dari berbagai serangan virus, malware, hingga percobaan phising. 

Cara menyiapkan hosting email untuk domain cukup mudah. Jika sebelumnya telah memiliki domain yang terpisah dengan hosting, ikuti langkah berikut ini.

Langkah 1: Masuk ke bagian member area Exabytes Indonesia. Login menggunakan alamat billing.exabytes.co.id.

cara membuat email dengan domain sendiri

Langkah 2: Pilih menu Domain dan temukan Domain Saya.

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Untuk Pemula - 2024

Langkah 3: Cari domain yang ingin dihubungkan dengan hosting email, lalu klik setting.

Langkah 4: Selanjutnya klik Setting DNS. Lalu cari MX Record pada DNS Record. Masukkan MX Record yang didapatkan dari cPanel Hosting email. Lalu simpan.

Langkah 5: Lakukan setting A Record dan masukkan data webmail. Setelah itu simpan.

Dengan begitu domain yang teregistrasi telah terhubung dengan hosting email. Pengguna juga dapat memilih paket hosting email + domain di registrar terpercaya.

Bisakah Saya Menggunakan Gmail untuk Domain Kustom?

cara membuat email dengan domain sendiri

Cara membuat email dengan domain sendiri biasanya juga akan berkaitan dengan bagaimana cara menggunakannya. Sebab server pada hosting email memiliki sistem kerja dan kapasitas tertentu yang harus dikelola secara mandiri.

Beberapa pemilik email domain kustom juga kerap mengalami over kuota yang membuat server hosting tidak mampu menerima dan mengirimkan pesan. Itulah sebabnya mereka seringkali mengaitkan dengan provider email lain seperti Gmail.

Tentu saja pemilik email dapat menggunakan provider Gmail untuk domain kustom mereka. Akan tetapi mereka harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu agar email dengan kustom domain dapat digunakan.

Jika ingin melakukan konfigurasi email dengan kustom domain ke provider Gmail, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini.

Langkah 1: Masuk ke akun Gmail. Di bagian pojok kanan, klik ikon gerigi (setting)

Langkah 2: Silahkan klik pada tab Akun dan Impor. Setelah itu pilih Tambah akun email. Masukkan email dengan domain kustom yang telah dibuat. Lalu klik Berikutnya

Langkah 3: Lakukan konfirmasi konfigurasi. Silahkan pilih “Impor email dari akun saya yang lain (POP3). Klik berikutnya.

Langkah 4: Atur setelan email domain kustom mulai dari username, password, server POP, Port 110, dan lain sebagainya. Perlu dicatat bahwa pengguna dapat mengisikan server POP dengan nameserver hosting atau nama domain.

Langkah 5: Ceklis bagian yang diinginkan. Lalu klik Tambahkan Akun. Dari sini konfigurasi server POP ke gmail telah selesai.

Setelah melakukan konfigurasi POP3, pengguna juga harus melakukan setting pada SMPT di provider Gmail. Berikut adalah caranya.

Langkah 1: Setelah email berhasil ditambahkan, nantinya akan muncul kotak jendela. Silahkan pilih bagian “Ya, saya ingin bisa mengirimkan email sebagai email kustom (nama@namadomain). Klik berikutnya.

Langkah 2: Masukkan nama pengirim email. Biarkan ceklis “Anggap sebagai alias”. Lalu klik Langkah Berikutnya.

Langkah 3: Masukkan beberapa data yang diminta mulai dari Server SMTP, Port 587, username, dan password email domain kustom. SMTP bisa diisikan dengan name server atau domain name. Setelah itu ceklis “Sambungan aman menggunakan TLS”. Klik Tambahkan Akun.

Langkah 4: Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email domain kustom yang tengah disetting. Jika sudah, klik verifikasi. Proses konfigurasi email dengan domain kustom telah selesai dilakukan.

Untuk memastikan pengisian POP3 dan SMTP benar, silahkan cek terlebih dahulu pada Mail Client Manual Setting di cPanel dan isi pada saat proses konfigurasi ke Gmail.

web hosting terbaik blog banner

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Cara membuat email dengan domain sendiri tidaklah sesulit yang dibayangkan. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah pengguna atau pemilik bisnis telah memiliki domain dan hosting yang masih aktif. Setelah itu ikuti tahap – tahap pembuatannya berikut ini.

Langkah 1: Login pada akun cPanel atau Plesk melalui dashboard Exabytes Indonesia, disini kami mendemokan menggunakan Plesk ya.

cara membuat email dengan domain sendiri
Halaman dasboard member Exabytes Indonesia

Langkah 2: Scroll dan temukan jenis hosting yang Anda gunakan, disini kami menggunakan Exabytes WordPress Hosting – WP 12 Beginner fan klik untuk membukanya.

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Untuk Pemula - 2024

Langkah 3: Anda akan diarahkan ke halaman di bawah ini, lalu scrol dan klik Manage My Hosting dan Anda nanti akan diarahkan ke halaman Plesk.

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Untuk Pemula - 2024
Dashboard Member Exabytes Indonesia

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Untuk Pemula - 2024

Langkah 4: Buat akun email dengan masuk ke menu Email pada halaman Plesk.

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Untuk Pemula - 2024

Langkah 5: Lalu klik Create Email Address.

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Untuk Pemula - 2024

Langkah 6: Pada halaman berikutnya, silahkan isi username dan password email yang ingin digunakan. Lalu klik OK, Akun email dengan domain sendiri telah selesai dibuat.

Manfaat Email dengan Domain Sendiri

Email Hosting Solusi Profesional untuk Komunikasi

Selain kemudahan dari segi cara membuat email dengan domain sendiri, pengguna email domain kustom juga akan merasakan beberapa manfaat.

Salah satu yang diunggulkan dari email domain sendiri adalah sistem penyimpanannya. Umumnya kapasitas penyimpanan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemilik. Namun mereka bisa mendapatkan kapasitas yang lebih besar dari provider email gratis.

Dari segi keamanan, email dengan domain sendiri sudah dilengkapi dengan beberapa proteksi penting. Hal ini memungkinkan pengguna untuk terhindar dari berbagai macam spam, virus, malware, hingga peretasan dan phising.

Soal kredibilitas, email dengan domain kustom jauh lebih terpercaya. Selain terkesan lebih profesional, ini juga merepresentasikan dari pemilik baik untuk bisnis maupun perusahaan.

Pemilik tidak perlu khawatir jika pesan email tertentu hilang. Sebab pada email domain sendiri biasanya terdapat fitur backup & restore.

Apa Bisa Membuat Lebih dari Satu Akun Email?

Keunggulan lain dari cara membuat email dengan domain sendiri adalah pemilik dapat membuat akun email lebih dari satu pada domain yang sama. 

Tentu ini sangat berguna terutama bagi suatu perusahaan atau organisasi yang ingin mengelola email profesional anggota atau karyawannya.

Caranya cukup mudah. Pemilik hanya perlu menyiapkan beberapa data dan username email dalam format Excel. Setelah itu masuk ke cPanel dan pilih menu Address Importer. Nantinya email akan langsung dibuat secara otomatis sesuai dengan data yang diimpor.

Apakah Hosting Email Aman?

Pemilik tidak perlu khawatir soal keamanan email kustom domain. Setelah memahami cara membuat email dengan domain sendiri, pemilik akan mengetahui beberapa fitur proteksi yang terdapat didalamnya.

Seluruh data email akan aman dan terhindar dari berbagai macam spam dan malware. Selain itu proses pengiriman email jauh lebih terarah dengan konfigurasi yang telah dilakukan.

Email Custom Domain, Membuat Email Terlihat Professional

Mengetahui cara membuat email dengan domain sendiri akan membantu pemilik bisnis terlihat lebih profesional. Selain itu email yang domainnya telah dikustomisasi akan lebih memiliki kredibilitas.

Dalam menggunakan email domain kustom, pemilik dapat menggunakan Gmail sebagai provider email. Akan tetapi mereka harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu agar server dapat terhubung dan pesan terlihat di halaman Gmail.

Konfigurasi tersebut dilakukan dengan menghubungkan server POP3 dan SMTP melalui panduan di atas. Pastikan isi dari server sesuai dengan yang tertera pada Mail Client Manual Setting di cPanel.

Soal keamanan, umumnya email dengan kustom domain telah dibekali sistem proteksi yang mampu menjaga email dari spam dan berbagai macam malware. Untuk lebih meyakinkan, pemilik email dapat memilih registrar yang menyediakan paket dengan garansi keamanan.

Jika ingin terlihat profesional, pemilik bisnis perlu mengetahui cara membuat email dengan domain sendiri. Pilih domain dan hosting di registrar terpercaya dan ikuti langkah – langkah di atas.

web hosting murah terbaik blog banner