Apa Itu Hosting dan Domain? Berikut Penjelasannya Lengkap

0
2276

Hai Exabytes friends! Masih bingung dengan istilah hosting dan domain? Jangan bingung! Hosting dan domain adalah dua hal yang sangat penting dalam membangun sebuah website.

Mengapa itu penting? Karena tanpa kedua hal tersebut, website tidak akan “online” alias dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. Sebenarnya, kamu tidak perlu tahu apa itu hosting dan domain.

Namun, jika kamu tidak mengetahuinya, kamu tidak menyukainya kan? Untuk itu, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana sebuah website dapat bekerja, akan lebih baik jika kamu mengetahui apa itu hosting dan domain.

Mengetahui Apa Itu Hosting dan Domain

Domain dan hosting adalah dua bagian terpenting dari sebuah situs web.

Hubungan antara keduanya dapat dijelaskan seperti rumah. Kamu tidak dapat mengunjungi suatu tempat tanpa mengetahui lokasinya, bukan? Hosting adalah halaman utama situs web. Selama waktu ini, domain bertindak sebagai alamat.

Kamu bisa melihat penjelasan tentang apa itu hosting dan domain secara lengkap di bawah ini.

apa itu hosting dan domain

Apa Itu Hosting?

Selain domain, hosting juga merupakan hal yang harus dipertimbangkan saat membangun situs web. Karena hosting pada dasarnya adalah server yang dikelola melalui cloud dan internet untuk menyimpan semua data dan file penting milik website.

Namun, harap dicatat bahwa tuan rumah tidak independen dan tidak beroperasi sendiri. Biasanya, server situs web dikelola melalui pusat data. Pusat data tidak hanya menyimpan file dan data dari sebuah situs web tetapi dari banyak situs web lainnya.

Karena rumitnya data center, Exabytes friends harus menghindari kesalahan dalam pemilihan hosting agar tidak mempengarhui kelangsungan situs di masa mendatang.

Jika kamu ingin meng-hosting situs web, kamu perlu menyiapkan beberapa biaya. Tapi jangan khawatir, di Exabytes kamu bisa mendapatkan web hosting murah.

Dengan harga mulai dari Rp 13.900 per bulan, Exabytes friends bisa menikmati hosting dengan jaminan backup harian.

Jenis dari hosting

Ada tiga jenis hosting yaitu shared hosting, VPS dan cloud hosting. VPS adalah layanan hosting server untuk situs web virtual dan pribadi, jadi sangat bagus untuk pengguna pribadi atau bisnis kecil.

Sedangkan cloud hosting adalah layanan hosting server yang menggunakan beberapa server virtual sekaligus dikelola melalui cloud computing.

Kemudian untuk shared hosting kebalikan dari VPS. Karena server hosting digunakan bersama oleh banyak pengguna situs web secara bersamaan.

Apa Itu Domain?

Nama domain adalah URL situs web yang ditulis oleh pengguna internet ketika mereka ingin mengunjungi situs web tertentu. Biasanya, alamat domain situs web dimulai dengan “www” dan sering diakhiri dengan “.com” atau “.id”.

Nama domain memiliki subdomain untuk menunjukkan alamat situs web yang lebih spesifik. Dalam dunia internet, nama domain berfungsi untuk memudahkan pengunjung mengakses berbagai situs web tanpa harus memasukkan alamat IP.

Perbedaan paling mendasar antara domain dan subdomain adalah bahwa domain dapat berdiri sendiri sedangkan subdomain tidak dapat berdiri sendiri (membutuhkan domain).

Sedangkan perbedaan lainnya adalah mendaftarkan nama domain website, biasanya kamu akan dikenakan biaya. Namun untuk subdomain bisa didapatkan secara gratis tanpa perlu biaya tambahan.

Namun, Exabytes friends tidak perlu khawatir menghabiskan banyak uang untuk mendaftarkan domain website. Karena berkat Exabytes kamu bisa membeli domain murah tapi dengan kualitas yang sangat profesional, terjamin dan banyak kelebihannya.

Berikut adalah ilustrasi kecil untuk lebih memahami dengan lebih baik. Sebuah domain dapat disamakan dengan alamat pribadi. Jika saudara atau teman ingin mengunjungi rumah kamu, mereka membutuhkan alamatnya agar tidak tersesat dan sampai di sana.

Lebih mudah tiba di tempat tujuan berbekal alamat rumah (seperti domain) daripada harus menghafal setiap sudut dan arah jalan (seperti alamat IP sebuah website) yang mengarah ke rumah.

Jenis dari domain

Apakah kamu tahu jenis-jenis domain? Nama domain dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan levelnya. Ketiga jenis domain tersebut adalah top level domain, second level domain, dan third level domain.

Top level domain adalah ekstensi nama domain di akhir nama domain, seperti .com, .id, .net dan lain-lain. Sedangkan second level domain adalah nama website yang unik dan menjadi fitur karena tidak ada yang serupa di internet.

Misalnya, jika situs web Exabytes memiliki domain www.exabytes.co.id, second level domain adalah “exabytes”.

Kategori terakhir adalah third level domain. TLD adalah ujung depan domain biasanya “www”. Jika sebuah situs web memiliki subdomain, subdomain dapat ditempatkan di atas third level domain.

hosting dan domain

Kesimpulan

Sebagai pemula, hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah apa itu hosting dan domain. Hosting adalah tempat dimana website tersebut berada, sedangkan domain adalah alamat dari website tersebut.

Exabytes menawarkan domain murah dengan berbagai ekstensi yang bisa kamu miliki. Perlu diingat! Nama domain itu unik. Jadi jangan biarkan orang lain memiliki domain yang kamu inginkan.

Pesan nama domain murah dan hosting murah dari Exabytes sekarang!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments