Cara Menggunakan Dropbox Untuk Pemula

93
Cara Menggunakan Dropbox Untuk Pemula
8 min read

Pernahkah Anda mempunyai pengalaman kurang mengenakan ketika ada file penting yang disimpan di hardisk atau flashdisk namun alat penyimpanan tersebut lupa terbawa? Atau misalnya flashdisk Anda hilang tidak tau dimana? Jika pernah, yaa kita senasib. 

Kini Anda tidak perlu lagi khawatir akan hal tersebut terulang kembali. Saat ini Anda bisa menyimpan file penting atau data apapun dengan aman yang bisa diakses dimanapun asalkan terhubung dengan jaringan internet.

Platform tersebut yaitu Dropbox. Diluar sana banyak penyimpanan cloud selain Dropbox, namun pada kesempatan kali ini Kami secara khusus akan membahas Dropbox. Nah Jika Anda belum tau apa itu Dropbox, apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya, silahkan simak artikel ini sampai akhir yaa.

Apa Itu Dropbox?

Dropbox adalah layanan file hosting atau sering disebut sebagai layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan Anda menyimpan file secara online dan menyinkronkannya ke perangkat Anda. 

Dropbox bisa dibilang salah satu layanan penyimpanan cloud tertua dan terpopuler yang digunakan saat ini, meskipun ada banyak alternatif, termasuk Microsoft OneDrive, Box, Sync, dan Google Drive.

Anda dapat menggunakan Dropbox untuk berbagi file dan folder dengan orang lain tanpa mengirim lampiran berukuran besar.

Dropbox menawarkan paket gratis yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan file dengan kapasitas 2 GB. Namun jika dirasa kapasitas tersebut tidak mencukupi, Anda bisa berlangganan Dropbox Plus atau Dropbox Business.

Cara Buat Akun Dropbox

Berikut ini langkah-langkah daftar akun Dropbox dan cara menggunakannya.

Daftar Dropbox

Anda perlu mempunyai akun Dropbox dahulu untuk bisa menggunakannya. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu daftar akun Dropbox. 

Anda bisa kunjungi website Dropbox, setelah itu buat akun baru Anda dan masukkan data diri yang diperlukan seperti nama depan, nama belakang, email serta kata sandi. Jika sudah tekan tombol Daftar.

Daftar Dropbox

Verifikasi

Setelah itu Anda diminta untuk melakukan verifikasi. Tekan saja tombol verifikasi tersebut dan ikuti saja proses verifikasi tersebut.

Cara Menggunakan Dropbox

Pilih Paket Dropbox

Selanjutnya Anda akan diminta memilih paket yang digunakan. Disana tersedia Dropbox Plus, Dropbox Business dengan versi trial 1 bulan dan selanjutnya berbayar atau versi gratis yang kapasitas penyimpanannya 2GB.

Pada panduan kali ini Kami memilih menggunakan versi gratis dengan kapasitas 2GB dengan menekan tulisan dibagian paling bawah. 

Baca Juga  7 Step Mudah Membuat Blog Makanan
Dropbox Bisnis

Download Aplikasi Dropbox

Setelah memilih versi gratis, Anda akan diminta download aplikasi Dropbox. Langsung saja tekan Download Dropbox.

Download Dropbox

Install Dropbox

Jika sudah di download, Anda bisa install aplikasi Dropbox seperti instalasi pada umumnya di laptop/PC Anda. Setelah berhasil install akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Tekan Next saja.

Panduan Konfigurasi Dropbox

Pilih folder mana yang akan dihubungkan ke Dropbox dan klik Set Up. Namun jika Anda hanya ingin folder tersebut terhubung, unchecked saja semua.

Cara Menggunakan Dropbox Untuk Pemula - 2021

Pilih Continue with basic

Cara Menggunakan Dropbox Untuk Pemula - 2021

Tunggu proses selesai.

Cara Menggunakan Dropbox Untuk Pemula - 2021

Instalasi sudah selesai dan tekan Go to Dropbox.

Cara Menggunakan Dropbox Untuk Pemula - 2021

Nanti akan muncul tampilan seperti ini, pilih saja Ok.

Cara Menggunakan Dropbox Untuk Pemula - 2021

Kini folder yang tadi Anda pilih sudah terhubung ke Dropbox. Apapun yang Anda hapus di Dropbox akan terhapus juga di folder PC Anda.

Cara Menggunakan Dropbox

Setelah Anda install tadi, kini aplikasi Dropbox sudah terhubung dengan PC atau laptop Anda dalam bentuk direktori. Anda bisa mengeceknya di File Explorer dan pilih Dropbox.

Cara Menggunakan Dropbox Untuk Pemula - 2021

Jadi jika Anda ingin menyimpan file atau data ke Dropbox, Anda hanya perlu drag and drop saja di direktori Dropbox. Anda juga bisa mengambil data dari Dropbox dan menyalinnya ke laptop atau PC Anda.

Selain cara diatas, Anda juga bisa menyimpan data atau file ke Dropbox melalui websitenya. Caranya yaitu klik Upload Files atau Upload Folder dan pilih file yang akan di simpan di Dropbox.  

Berbagi File Menggunakan Dropbox

Selain untuk menyimpan file atau data secara online dan bisa diakses dimanapun, Anda juga bisa membagikan file tersebut untuk siapapun sesuai keinginan Anda.

Caranya yaitu tekan tombol Share pada file yang ingin dibagikan

Cara Menggunakan Dropbox Untuk Pemula - 2021

Setelah itu tulis alamat email orang yang ingin Anda berikan izin untuk mengakses file tersebut. Jangan lupa juga pilih jenis akses yang diberikan seperti hanya boleh melihat, bisa edit file dan lain-lain.

Cara Menggunakan Dropbox Untuk Pemula - 2021

Atau Anda juga bisa membuat link untuk bisa diakses banyak orang.

Cara Menggunakan Dropbox Untuk Pemula - 2021

Manfaat Dropbox

Berikut ini beberapa manfaat jika Anda menggunakan Dropbox untuk pribadi maupun bisnis.

1. Bisa Diakses Dimanapun dan Kapanpun

Kini Anda bisa mengakses file atau data menggunakan Dropbox dimanapun dan kapanpun Anda inginkan. Tidak lagi khawatir Anda lupa membawa flashdisk ataupun hardisk. Dropbox juga bisa diakses di semua perangkat seperti mobile, desktop, tab dan juga untuk hampir semua sistem operasi. 

2. Keamanan File Terjaga

Dropbox mengenkripsi file Anda saat transit (saat dipindahkan dari perangkat Anda ke layanan penyimpanan cloud dan sebaliknya), serta saat tidak aktif (saat disimpan). 

Baca Juga  Tips Jitu Menjadi Web Developer Handal

File yang disimpan di Dropbox dienkripsi dengan protokol 256-bit Standar Enkripsi Lanjutan (AES), yang ditetapkan sebagai dapat diterima oleh Badan Keamanan Nasional A.S. untuk menyimpan dokumen yang diklasifikasikan sebagai sangat rahasia.

Anda juga dapat memilih file mana yang Anda bagikan secara publik; jika tidak, file Anda hanya dapat dilihat oleh orang yang Anda izinkan.

3. Bisa Anda Gunakan Gratis

Anda bisa menggunakan Dropbox secara gratis dengan penyimpanan 2GB. Kapasitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk menyimpan file-file penting Anda atau data website menengah dengan fitur lengkap.

4. File Recovery

Sungguh mengejutkan betapa seringnya orang secara tidak sengaja menghapus file dari hard drive mereka, terutama jika mereka membersihkan sejumlah besar file yang menurut mereka tidak mereka butuhkan.

Keuntungan selanjutnya menggunakan Dropbox yang bisa Anda dapatkan yaitu Anda dapat memulihkan file yang dihapus dalam 30 hari terakhir (versi gratis) atau 180 hari (versi berbayar). Contohnya, Anda mungkin menghapus seluruh folder, tidak sampai 30 hari Anda sadar, maka Dropbox akan bisa memulihkan file itu.

5. Berbagi File dan Kolaborasi

Jika Anda perlu berbagi file dengan kolega atau kolaborator lain, Dropbox membuatnya cukup mudah. Selama kolaborator Anda memiliki akun Dropbox, mereka dapat mengunduh dan mengerjakan file dengan Anda.

Anda dapat melindungi file Anda dengan kata sandi sehingga hanya orang yang seharusnya memiliki akses ke file yang dapat mengerjakannya. Aplikasi Dropbox, Dropbox Paper, memungkinkan Anda berkolaborasi dalam proyek dan file dengan anggota tim,  bahkan dalam versi gratis.

6. Backup

Dropbox secara otomatis mencadangkan file yang Anda simpan. Cukup atur di komputer Anda, drag folder dengan file penting Anda ke dalam folder Dropbox Anda, dan Anda sudah siap. 

Misalnya, Anda mungkin menggunakan Dropbox untuk menyimpan semua proyek aktif Anda. Jika hard drive di perangkat utama Anda macet, Anda dapat dengan mudah mengakses file-file itu di Dropbox dan terus bekerja dari perangkat lain. Keren bukan?

Kesimpulan

Nah itulah tadi pembahasan tentang cara daftar akun Dropbox, bagaimana cara menggunakannya dan apa manfaatnya untuk pribadi maupun bisnis Anda.

Jika Anda perlu kapasitas Dropbox yang lebih besar, Anda bisa gunakan Dropbox Bisnis Exabytes dengan harga terjangkau. Anda bisa backup website Anda, menyimpan file penting usaha ataupun menyimpan data-data Anda di masa lalu.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak