Cara Menghapus Website di cPanel Melalui Softaculous Nggak Ribet

0
41

Semua pengembang website pasti menginginkan pekerjaannya dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien. Itulah sebabnya banyak diantara mereka yang mencari tools atau aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan mereka.

Maka dari itu tidak mengherankan jika aplikasi seperti Softaculous mulai populer digunakan oleh para pengembang website. Dengan aplikasi ini, mereka dapat mengembangkan website dengan berbagai tools tanpa harus menginstal aplikasi tambahan satu per satu.

Softaculous sendiri merupakan fitur tambahan yang bisa ditemui di cPanel. Pada dasarnya fitur ini akan mempermudah pengembang dalam melakukan instalasi Content Management System (CMS) yang akan digunakan untuk membangun website baik WordPress, Joomla, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur populer di cPanel ini dikenal sebagai Apps Auto-installer yang multifungsi karena bisa digunakan untuk melakukan instalasi berbagai aplikasi baik gratis maupun open source dalam sekali klik.

Developer website biasanya menggunakan Softaculous untuk mendapatkan beberapa tools atau software yang dapat mendukung mereka selama membangun website. Terutama software – software yang berkaitan dengan hosting dan software.

Cara Menghapus Website di cPanel Melalui Softaculous Nggak Ribet - 2024

Dengan menggunakan Softaculous, pengembang tidak hanya bisa melakukan instalasi website saja. Tetapi juga bisa digunakan untuk menggandakan, melakukan backup, dan auto update CMS. Menariknya lagi pengguna bisa menghapus website.

Memang Softaculous sendiri dapat menjadi opsi terbaik bagi pengembang untuk mengembangkan website dengan lebih praktis. Sebab didalamnya terdapat berbagai script dan dukungan lain mulai dari ratusan direktori aplikasi, fitur backup dan upgrade otomatis, memiliki kompatibilitas dengan control panel, dan masih banyak lagi.

Soal pengelolaan website, Softaculous juga menyediakan fitur WordPress Manager yang dapat digunakan untuk mengelola website di bawah CMS WordPress. Fitur ini dapat membantu pengembang baik untuk mendapatkan versi WordPress terbaru, menambahkan tema maupun plugin, dan lain sebagainya. Tak terkecuali untuk menghapus website berbasis WordPress.

Sayangnya, banyak pengembang yang masih belum mengetahui cara menghapus website di cPanel melalui Softaculous. Tentu ini akan sangat membingungkan sebab bisa jadi website harus dihapus karena ada beberapa permasalahan yang mengharuskannya untuk dihapus atau di uninstal.

Perlu diketahui bahwa jika website sudah tidak terpakai, alangkah baiknya jika website tersebut dihapus dari server. Hal itu agar server hosting yang digunakan tidak penuh dan bisa digunakan untuk sumber daya yang lain.

Kabar baiknya, dengan Softaculous pengembang tidak perlu ribet untuk melakukan penghapusan website. Sebab semuanya dapat dikontrol secara praktis bahkan tanpa effort yang besar.

Sementara itu jika hendak menghapus website secara manual, maka pengembang perlu melakukan beberapa langkah yang mungkin saja akan cenderung ribet. Sebab pengembang harus mencari satu persatu file yang terdapat di dalam FIle Manager.

Cara Membuka Apps Auto-installer Softaculous

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Softaculous merupakan salah satu fitur yang terdapat di dalam cPanel. Artinya untuk bisa mengakses App Auto-installer tersebut pengembang perlu menyiapkan akses ke akun cPanel.

Sebagai informasi, akses menuju cPanel sendiri bisa dilakukan melalui registrar tempat membeli lisensi atau melalui cPanel domain. Jika ingin membuka cPanel dan mengakses perangkat lunak Softaculous, silahkan ikuti panduan berikut ini.

Langkah 1: Silahkan buka halaman login cPanel. Pengembang bisa mengakses dengan membuka link namadomainanda.com/cpanel. Nantinya akan muncul halaman login yang berisikan username dan password. Silahkan masukkan data sesuai dengan akun yang telah didaftarkan.

Langkah 2: Jika berhasil, pengembang akan diarahkan menuju halaman dashboard cPanel. Silahkan cari Softaculous Apps Installer di bagian menu Software. Pengembang juga bisa memanfaatkan fitur pencarian yang ada di pojok kanan atas.

cara menghapus website di cpanel melalui softaculous

Langkah 3: Nantinya pengembang akan dibawa menuju halaman dashboard Softaculous seperti gambar berikut.

Cara Menghapus Website di cPanel Melalui Softaculous Nggak Ribet - 2024

Dari sini pengembang website sudah berhasil mengakses Softaculous. Disini pengembang dapat mengelola semua website dan software pendukung lainnya. Selain itu juga bisa menggunakan cara menghapus website di cPanel melalui Softaculous.

Persiapan Sebelum Hapus Website Melalui Softaculous

Software Softaculous sendiri merupakan aplikasi auto installer yang sangat praktis. Bahkan dengan menggunakan aplikasi ini, pengembang dapat mengembangkan website dari berbagai pilihan CMS. Tercatat ada lebih dari 250 CMS yang bisa digunakan untuk membangun website. 

Semua website dari berbagai CMS tersebut dapat dikelola secara bebas oleh para pengembang. Termasuk saat pengembang ingin menghapus website mereka dari server. Pengelolaan ini bisa dilakukan secara praktis hanya dalam satu kali klik saja.

Namun pada cara menghapus website di cPanel melalui Softaculous kali ini akan memberikan langkah – langkah menghapus website yang dikembangkan dari CMS WordPress di App Auto-installer ini.

Sebelum mengikuti cara menghapus website melalui cPanel, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan pengembang. Hal – hal ini berkaitan dengan teknis – teknis seperti yang telah dijelaskan di atas.

Pertama, pengembang harus menyiapkan akun cPanel hosting. cPanel sendiri bisa didapatkan di berbagai penyedia layanan domain atau registrar. Kedua, pengembang perlu mendapatkan lisensi akses ke cPanel hosting yang terkait dengan website.

Hal yang tak kalah penting adalah pengembang harus memastikan bahwa website yang ingin dihapus dikembangkan dengan CMS yang telah diinstal melalui Softaculous. Setelah semua persiapan selesai, maka bisa mengikuti cara menghapus website di cPanel melalui Softaculous Apps Installer.

Cara Menghapus Website di cPanel Melalui Softaculous

Perlu diketahui bahwa menghapus website di cPanel melalui Softaculous sangatlah mudah. Sebab pada dasarnya software ini didesain untuk mempermudah pengembang dalam mengembangkan serta mengelola website secara praktis.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti cara menghapus website di cPanel melalui Softaculous dengan seksama.

Langkah 1: Silahkan masuk ke akun cPanel hosting yang telah terkait dengan website pengembang.

Langkah 2: Pada tampilan utama, silahkan cari menu Software dan klik Softaculous Apps Installer. Jika kesulitan, pengembang bisa memanfaatkan fitur pencarian yang terletak seperti pada gambar berikut ini.

Cara Menghapus Website di cPanel Melalui Softaculous Nggak Ribet - 2024

Langkah 3: Nantinya pengembang akan dibawa menuju halaman Dashboard Softaculous Apps Installer. Di sana ada beberapa menu untuk mengelola website dan CMS. Pada tahap ini, silahkan klik menu Installation.

Cara Menghapus Website di cPanel Melalui Softaculous Nggak Ribet - 2024

Langkah 4: Di tahap ini pengembang akan melihat semua instalasi aplikasi yang ada di Softaculous, termasuk Content Management System (CMS) yang digunakan.

Karena menggunakan WordPress, maka tampilannya kurang lebih akan seperti gambar berikut. Cara menghapus website di cPanel melalui Softaculous dapat dilakukan dengan mengklik ikon Tong Sampah.

Cara Menghapus Website di cPanel Melalui Softaculous Nggak Ribet - 2024

Langkah 5: Pada tampilan selanjutnya, pengembang akan melihat beberapa informasi mulai dari Software, waktu instalasi, URL, hingga database. Lalu dibagian bawah terdapat tombol Remove Installation. Silahkan klik tombol tersebut untuk menghapus website.

Cara Menghapus Website di cPanel Melalui Softaculous Nggak Ribet - 2024

Tunggu hingga proses penghapusan website selesai. Jika berhasil, nantinya akan muncul notifikasi The installation was remove successfully. Cara menghapus website di cPanel melalui Softaculous ini juga bisa dilakukan di semua CMS yang terinstal pada Softaculous.

Namun perlu diingat bahwa sebelum melakukan penghapusan terhadap website yang sudah tidak digunakan, sebaiknya pengembang melakukan backup data terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi seandainya nanti data tersebut akan digunakan kembali.

Pentingnya Menghapus Website yang Tidak Digunakan

Pengembang perlu melakukan penghapusan website apabila website tersebut sudah tidak digunakan lagi atau terdapat error pada CMS yang digunakan. Ini dilakukan agar server hosting yang digunakan bisa memiliki ruang yang lebih lega.

Untuk menghapus website, pengembang bisa melakukannya melalui cPanel lewat Softaculous Apps Installer. Khususnya website  – website yang dikembangkan di bawah CMS WordPress yang diinstal melalui Apps Auto-installer ini.

Softaculous sendiri merupakan perangkat lunak gratis di cPanel yang kerap digunakan untuk mengelola website hanya dalam sekali klik. Termasuk ketika pengembang ingin menghapus website sampai ke akar atau database.

Namun jangan khawatir, sebab cara menghapus website di cPanel melalui Softaculous di atas merupakan panduan yang mudah untuk dilakukan. Sebab sama halnya ketika menginstal semua kebutuhan pengembangan website, pengembang dapat menghapus website hanya dalam sekali langkah saja.

Kabar baiknya, pengembang tidak perlu menunggu waktu lama untuk menghapus semua database website yang sebelumnya terinstal di Softaculous.

Akan tetapi perlu diperhatikan, untuk mengantisipasi seandainya data website ingin digunakan kembali, sebaiknya pengembang melakukan backup data terlebih dahulu sebelum menghapusnya.

Sebab saat website CMS telah dihapus, maka semua data tidak dapat diakses kembali melalui Softaculous. 

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan performa website Anda dengan membeli domain dan hosting, ini adalah saat yang tepat. Dengan pembelian domain dan hosting, Anda berkesempatan memenangkan Wuling AirEV di promo Exavaganza

Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan performa website yang lebih baik sekaligus berpeluang membawa pulang hadiah menarik. Jangan lewatkan peluang ini!

Cara Menghapus Website di cPanel Melalui Softaculous Nggak Ribet - 2024