Mengenal Google AdSense dan Bagaimana Cara Mendaftarnya

143
mengenal google adsense
Free Credit Exabytes
11 min read

Halo teman-teman Exabytes!

Balik lagi sama Exabytes, kali ini sesuai dengan judulnya, kita bakalan membahas dan berkenalan lebih dekat dengan Google AdSense. Di era serba digital ini memang banyak banget peluang dan cara mudah untuk mendapatkan uang, terutama di dunia digital alias internet. Nah, salah satu cara yang udah terkenal banget dan cukup mudah yaitu Google AdSense nih, guys

Mungkin beberapa dari kamu udah sering dengar nama Google AdSense dan mungkin juga kamu udah tahu apa itu Google AdSense, tapi yakin kamu udah tahu detailnya nih mulai dari pentingnya Google AdSense ini sampai ke cara mendaftarnya? Kalau jawabannya belum, mendingan kamu stay tune dan cari tahu semua jawabannya di bawah artikel ini deh!

Google AdSense

Di artikel kali ini, kita sama-sama akan menilik lebih lanjut apa itu Google AdSense, apa pentingnya dan keuntungannya, bagaimana cara Google AdSense bisa diterima sampai cara mendaftar Google AdSense dengan mudah. Jadi, tanpa berlama-lama lagi yuk langsung aja cari tahu semuanya di bawah ini!

Apa Itu Google AdSense?

Google AdSense ini lebih dikenal sebagai program iklan yang berbasis CPC (cost per click) yang membantu si pemilik website untuk mendapatkan uang dari konten ini. Jadi, iklan ini bakalan dipasang dan sesuai dengan namanya, CPC atau cost per click, berarti pendapatannya akan didapatkan per klik oleh si pengunjung website nih.

Google AdSense ini bikin kamu bisa menjadi partner dari Google loh. Semua pemilik blog atau website bisa kok ikut program iklan dan layanan ini, syaratnya hanya mempunyai blog dan website saja. Iklan-iklan yang sudah terdaftar di Google AdSense ini sudah dipilih, disusun dan juga dikelola sendiri sama Google juga nih, teman-teman Exabytes. 

Kenapa Menggunakan Google AdSense?

ilustrasi google ads

Mungkin banyak dari kalian bertanya-tanya, kenapa sih kok harus pakai Google AdSense? Apa untungnya sih? Kalau kalian masih mencari motivasi kenapa sih harus ikutan pakai Google AdSense, nih lihat alasannya di bawah sini ya!

Penghasilan Tambahan

Nah, alasan pertama dan tentunya dicari oleh banyak orang adalah tentu mudahnya mencari penghasilan tambahan dari Google AdSense ini. AdSense ini salah satu cara mendapatkan uang paling mudah dari internet. Penghasilan yang bisa kamu dapetin dari Google AdSense ini memang beragam dan nggak tetap, but worth to try kok dan makanya sering dikatakan ‘penghasilan tambahan’ bukan sebagai tetap.

Penghasilan dari Google AdSense ini tergantung dari banyak faktor, bisa dari ranking situs web kamu sampai besarnya nilai iklan. Google AdSense bakalan membayar penghasilan kamu setiap bulannya dan nggak perlu takut, Google sendiri cukup transparan sama penghasilan kamu kok. Pencairan dana dari Google AdSense ini bisa dilakukan dengan syarat minimal penghasilan sudah ada $100 ya.

Iklan Sesuai Dengan Konten

Buat kamu yang biasanya lagi scroll website dan menemukan banyak banget iklan yang cukup mengganggu dan relevan, jangan khawatir. Google AdSense nggak gitu kok. Iklan di Google AdSense ini dikenal kontekstual, yang artinya iklan ini muncul sesuai dengan tema website yang lagi dikunjungi. 

Konten itu penting banget dan pasti menarik perhatian visitors buat meng-klik iklan, bukan? Coba bayangin menggunakan layanan AdSense ini tapi iklan yang muncul nggak relevan sama isi konten website tersebut. Misal, website yang lagi kamu buka tentang otomotif, tapi yang ditampilkan berhubungan dengan makanan. Nggak nyambung kan?

Jadinya, boro-boro mengklik, melihat saja pasti sudah malas. Selain malas dan nggak menarik, iklan-iklan tersebut juga mengganggu banget, ya kan? Dijamin deh menggunakan Google AdSense hal kaya gitu nggak bakalan kejadian!

Mudah Digunakan

Cara paling ribet memakai Google AdSense itu cuman mendaftar dan mendapat persetujuan dari Google sendiri untuk menggunakan Google AdSense. Habis persetujuan, kamu cuma perlu menambahkan sebuah kode di file tema website kamu. Set udah deh langsung iklan-iklannya bakalan langsung jalan di blog kamu. Nggak pake ribet, nggak pake lama, gampang banget!

Baca Juga  5 Rekomendasi Tema Woocommerce untuk Toko Online

Banyak Forum Support

Nggak usah takut juga deh buat kamu yang masih awam tentang dunia program periklanan. Memakai Google AdSense ini banyak banget forum khusus dimana kamu bisa saling berbagi tips, tutorial sampai juga petunjuk gimana caranya pakai Google AdSense. No worries, teman-teman! Google AdSense ini cakupannya memang udah luas banget kok!

Format Yang Bervariasi

Kalau menggunakan Google AdSense, kamu bisa banget loh mengiklankan dalam bentuk apa aja, contohnya: teks, gambar, iklan HTML, iklan video dan banyak lagi, dan dalam berbagai ukuran. Kamu juga bisa bereksperimen dengan berbagai jenis iklan dan mencari tahu mana yang mendorong pendapatan terbesar buat bisnis kamu. 

Dikenal Google

Google AdSense seperti namanya memang program keluaran Google dan program paling terkenal di internet. Plus dan minusnya dari Google AdSense ini adalah nggak semua blog dan website bakalan diterima oleh Google, ya. Beberapa orang menganggap ini sebagai minus, tapi dilihat dari kacamata lain, sebetulnya ini bagus banget loh karena bisa memilah blog mana yang sekiranya memang pantas diterima.

Phone Device-Friendly

google adsense phone friendly

Google AdSense selain hal-hal diatas juga sudah mengoptimalkan iklan untuk seluler, loh. Jadi, Google AdSense ini bisa mengoptimalkan ukuran unit iklan kamu biar bisa disesuaikan secara otomatis dengan desktop atau seluler, yang berarti bakalan ada lebih banyak peluang bagi unit iklan tersebut untuk dilihat dan di klik oleh seluruh pengunjung perangkat apapun.

Tips Agar Website Kamu Diterima Google AdSense

Nah, buat kamu yang udah termotivasi buat mendaftar AdSense, mendingan kamu cek dulu nih tips lengkapnya gimana biar website kamu bisa diterima Google AdSense. Soalnya banyak juga website dan blog yang ditolak nih, setelah mereka mendaftarkan diri. 

Google AdSense on pocket

Jadi, buat kamu yang nggak mau hal ini terjadi, mendingan simak dulu deh tips gimana caranya biar website kamu nggak ditolak oleh Google sebelum mendaftar Google AdSense! Simak dibawah ya, guys!

Buat Konten Berkualitas

Salah satu alasan kenapa banyak website ditolak oleh Google AdSense adalah konten yang ada di website mereka kurang berkualitas. Google ini bakalan mengecek situs web dan blog kamu nih, jadi perlu diperhatikan banget gimana konten dari blog kamu, ya. 

Nah, gimana sih konten yang bisa disebut berkualitas? Konten yang berkualitas tentunya nggak boleh lepas dari plagiarism checker, ya. Jangan sampai ada artikel kamu yang banyak meng-copy paste dari sumber lain tanpa menyertakan sumbernya. Google jelas nggak bakalan approve kalau begitu. 

Untuk artikel sendiri, coba usahakan artikel kamu kontennya bersifat mengedukasi, minimal 500 words dan juga disertakan gambar agar menarik, ya! Kalau banyak yang tertarik tentunya kamu bakalan dapetin banyak visitors nih yang bakalan bikin Google lebih percaya sama situs web kamu!

SEO

Ayo, kalian ingat kan sama SEO? Yep, SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization ini sangat berdampak loh terhadap persetujuan Google AdSense atas website kamu. Jadi, SEO ini menjadi salah satu tolak ukur whether website kamu disetujui atau nggak. Berhubungan sama poin di atas, dengan mempunyai konten yang berkualitas bakalan ngebantu nilai dari SEO kamu. Bagus atau enggaknya suatu website ini dinilai dari ranking SEO ini.

Buat kamu yang masih belum begitu paham soal dunia per-SEO-an ini mendingan kamu cek dulu artikel ini deh ada juga cara dan tips-tips yang bisa kamu temukan disini ya! 

Cek Usia Domain Blog Kamu

Yep! Kamu nggak salah baca. Kamu harus punya domain blog dalam beberapa bulan sebelum kamu bisa proses registrasi untuk AdSense, nih. Negara-negara tertentu seperti India dan China, ada persyaratan selama 6 bulan bagi domain untuk mengajukan AdSense. 

Tapi, don’t worry guys, beberapa blog di approve oleh Google langsung meskipun usia domain mereka tidak sampai 6 bulan. Tapi, biar pasti dan nggak ditolak usahakan deh at least umur domain blog kamu itu 6 bulan, dicatat ya!

Belum memiliki domain sendiri? Tenang saja, kamu bisa cobain menggunakan layanan dari Exabytes lho. Ada berbagai macam Domain murah di Exabytes yang pastinya banyak banget kegunaannya apalagi domain berpengaruh banget untuk bisnis lho.

Desain Menarik

Nah, selain memperindah dan membuat blog kamu lebih rapi, struktur blog sangat penting ya teman-teman Exa! Struktur blog adalah struktur dasar blog kamu. Jadi, pastikan kamu sendiri sudah memiliki tampilan header, area konten, sidebar, footer, dll. 

Baca Juga  16 Fakta Menarik yang Seputar Blogger dan Vlogger di Indonesia

Terus research apakah struktur dan desain blog kamu dinikmati oleh para pengunjung, kalau banyak orang suka sama struktur website kamu, Google AdSense juga pasti bakalan suka, iya nggak? First impression matters, dengan desain dan struktur yang oke, pengunjung juga bakalan betah nongkrong di blog kamu lama-lama, nih. 

Jadi, coba deh manfaatin beribu-ribu template di internet yang terlihat profesional, banyak banget variasinya mulai dari gratis hingga berbayar yang bisa kamu coba gunakan di blog kamu sendiri. Bisa dijamin tinggi kemungkinannya website kamu di setujui sama Google AdSense!

Cek Blog Kamu

Terakhir dan terpenting, make sure kalau blog kamu nggak diblokir sama Google ya, teman-teman. Google AdSense ini bisa cek statistik blog kamu dalam mesin pencarian mereka, loh! 

Kalau ingin mengecek dengan cepat, kamu bisa langsung aja cek di Google. Kalau kamu ketemu dan menemukan hasilnya, selamat! Kamu nggak diblokir oleh Google, tapi kalau nggak ketemu kemungkinannya kamu sudah di blok Google.

Cara Mendaftar Google AdSense

Buat kamu yang udah yakin untuk mendaftar Google AdSense dan sudah menerapkan beberapa tips di atas, kamu bisa nih ikuti petunjuk di bawah ini buat mendaftarkan website kamu dalam Google AdSense. Kamu hanya perlu 3 hal untuk memulai AdSense yaitu : Akun Google, Nomor telepon dan email, dan tautan (link) dari situs kamu ke AdSense.

Mengenal Google AdSense dan Bagaimana Cara Mendaftarnya

Buat kamu yang dari tadi udah kepo nungguin cara daftarnya, langsung aja deh scroll dan kepoin ke bawah. Jangan di skip-skip ya langkah-langkahnya. Cus, cek aja langsung!

Langkah 1 – Membuat Akun

Pertama-tama, kamu buka terlebih dahulu laman Google AdSense di https://www.google.com/adsense/start/. Disini kita harus membuat akun Google AdSense terlebih dahulu.

Kemudian langsung aja kamu klik “Daftar Sekarang”. Nah, disini kamu bakalan diminta buat mengisi beberapa form registrasi. Kamu bisa isi sesuai dengan website dan email yang ingin kamu daftarkan, ya. 

Disini kamu juga bakalan diminta untuk memasukan URL situs dimana iklan kamu bakalan ditampilin. Jangan lupa pilih ‘Ya‘ untuk rekomendasi performa dari AdSense. Klik save and continue atau simpan dan lanjutkan.

Langkah 2 – Mengaktifkan Akun

Nah kalau kalian sudah berhasil membuat akun dengan cara diatas, next stepnya adalah mengaktifkan akun, Sebenarnya ada tiga cara untuk mengaktifkan akun, nih.

Yang pertama, kamu bisa menyambungkan situs website kamu ke Google AdSense. Jadi, kamu tinggal login ke akun Google AdSense yang baru kamu buat, copy kode yang ada di beranda dan tempelkan kode ke HTML. 

Cara kedua, kamu bisa masukin detail alamat pembayaran di Google AdSense. Sama seperti diatas, login dulu ke akun AdSense kamu dan lengkapi kolom ‘Detail alamat pembayaran‘ dengan memilih jenis akun dan nama. Inget ya untuk masukkan alamat lengkap kamu, seperti alamat pos dan juga nomor telepon. 

Last but not least, kamu bisa mengaktifkan akun kamu dengan memverifikasi nomor telepon di Google AdSense. Login lagi di akun Google AdSense kamu dan pilih  ‘Verifikasi nomor telepon Anda‘ kemudian masukin deh nomor telepon kamu.

Kode verifikasi ini bakalan dikirim melalui teks atau panggilan suara, jadi tinggal kamu pilih aja ya. Setelah itu masukkan kode verifikasi yang diberikan ke kamu, ya! 

Mengenal Google AdSense dan Bagaimana Cara Mendaftarnya

Setelah berhasil ikutin cara diatas, kamu bisa deh bersabar nunggu karena prosesnya kurang lebih sekitar dua minggu. Tapi, bisa juga dalam 3 hari saja. Beda beda setiap website atau blog karena beberapa kasus memerlukan waktu lebih lama. Kamu bakalan mendapatkan email apabila permintaan pengaktifan akun AdSense berhasil. Setelah itu, Google AdSense kamu udah bisa aktif dan menampilkan iklan di akun YouTube, Blog dan Website deh!

Gimana kalau akun kita ditolak? Nah, tenang aja teman-teman, kalau misalkan pengajuan kamu ditolak, pihak Google AdSense bakalan mengirimkan email juga kok dan menyertakan alasan mengapa akun kamu ditolak. 

Diatas sudah Exabytes ringkas semua mulai dari pengertian Google AdSense sampai dengan cara mendaftarkan akun Google AdSense, lengkap kan? Makanya, setelah tahu dan mengenal lebih dalam Google AdSense, yakin kamu masih nggak mau coba buat ikutan program periklanan di internet ini, nih? Makanya buruan langsung aja terapin tips-tips diatas dan cara mendaftarnya! 

Semoga artikel kali ini berguna ya buat kalian semua. Sampai jumpa lagi di next article, teman-teman Exabytes!

Credits : Derisna Waisa

Free Credit Exabytes

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here