Tips & Cara Scan Virus di cPanel

0
1020

Tahukah Anda jika saat ini sudah ada suatu platform yang berfungsi dalam mengatur sebuah website. Nah, platform tersebut ialah cPanel yang dikembangkan untuk membantu pengguna dalam mengelola website-nya termasuk juga untuk menangkal virus, lho!

Seperti yang Anda ketahui bahwa website yang berjalan dengan sistem online sangat rentan terhadap serangan virus. Nah, supaya Anda lebih mudah lagi dalam memahaminya, mari simak pembahasan mengenai pengertian cPanel berikut.

Pengertian cPanel

mengenal cPanel hosting
Sumber: flickr

Sederhananya, cPanel adalah sebuah panel kontrol yang dapat digunakan untuk memudahkan para penggunanya dalam mengelola situs web dan server mereka. Dengan panel kontrol yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai aktivitas web dan server.

Anda bisa melakukan publikasi situs web, mengelola hosting, domain, file website, akun email, dan masih banyak lagi yang lainnya. Cukup melakukannya melalui dasbor yang sederhana dan mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

Nah, platform cPanel ini sangat populer di seluruh kalangan sehingga banyak yang menggunakannya. Tak sedikit pula perusahaan penyedia layanan hosting turut menyertakan cPanel sebagai bagian dari paket hosting mereka.

Nah, agar Anda bisa semakin mudah dalam memahami platform cPanel ini, berikut terdapat beberapa hal yang bisa Anda kelola melalui cPanel. Apa sajakah itu? Berikut kegunaan dari cPanel yang bisa memudahkan pekerjaan Anda dalam mengelola web hosting dan server, yaitu:

  • Kemampuan untuk backup file situs website dengan mudah
  • Dapat install berbagai software, seperti halnya WordPress
  • Dapat membuat dan mengelola email sekaligus
  • Dapat untuk membuat hingga mengelola domain dan subdomain website
  • Mudah dalam mencari database website
  • Mudah dalam mengatur kata sandi dan keamanan website

Mengapa cPanel Begitu Penting?

cara scan virus di cpanel

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa cPanel merupakan suatu yang bisa memudahkan penggunanya dalam mengelola web hosting mereka. Nah, berikut ada beberapa alasan kuat mengapa Anda harus menggunakan cPanel untuk kebutuhan web Anda, yaitu:

Mudah Mengelola Web Hosting

cPanel berguna untuk memudahkan Anda dalam mengontrol web hosting dan server karena menyederhanakan proses kerjanya. Bahkan, dilansir dari ThemeIsle, jika tanpa bantuan cPanel maka mereka yang tidak punya pengetahuan teknis tidak akan bisa mengelolanya.

Oleh sebab itu, platform cPanel dibangun agar semua kalangan mampu untuk mengontrol web hosting mereka. Bahkan, para pemula sekalipun digadang dapat menjalankan kontrol tersebut dengan menggunakan platform cPanel ini.

Mudah Mengelola File Website

Dengan cPanel akan membantu Anda untuk mengelola file website menjadi lebih mudah. Sebab, Anda bisa dengan mudah menghapus, menyunting, hingga menyalin file website Anda. Sehingga Anda bisa meminimalisasi website yang file-nya terlalu besar agar tidak lama dibuka.

Menambah Banyak Aplikasi

Melalui platform cPanel ini Anda juga akan lebih mudah dalam menambahkan aplikasi di website Anda. Dengan begitu, kinerja website Anda kan menjadi semakin baik. Bahkan, Anda bisa menginstalnya langsung melalui cPanel, lho!

Terjamin Keamanannya

Pada saat situasi tertentu, cPanel akan melindungi para penggunanya dari serangan hacker sehingga situs web pengguna tetap aman. Hal ini dikarenakan cPanel dilengkapi dengan fitur keamanan yang kuat untuk menangkal serangan para hacker.

Fitur-Fitur cPanel

Apa itu cPanel dan fungsinya untuk hosting
Sumber: flickr

Nah, masih banyak orang yang belum tahu bahwa cPanel memiliki segudang fitur di dalamnya. Semua fitur yang disediakan cPanel sangatlah lengkap dan berguna untuk menunjang kebutuhan para pengguna.

Bagi Anda yang baru tahu akan fitur-fitur di cPanel dan ingin memakainya, berikut adalah beberapa fiturnya yang bisa Anda manfaatkan, yaitu:

File Manager

File Manager berfungsi untuk mengatur file Anda dan memungkinkan Anda untuk membuat berkas, menghapus, hingga mengedit file-file di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa upload file tanpa perlu lagi melalui aplikasi pihak ketiga atau FTP.

Disk Usage

Nah, melalui fitur yang satu ini Anda bisa memantau kapasitas yang masih tersedia di folder-folder website Anda dengan mudah dan praktis. Dengan fitur ini Anda juga bisa mengetahui aplikasi mana yang berukuran besar sehingga banyak memakan space pada database.

Site Publisher

Fitur yang berikutnya berfungsi untuk membuat situs web dengan cepat. Hal ini lantaran cPanel telah memberikan berbagai template yang dapat dipilih pengguna untuk membuat situsnya.

Bandwidth

Fitur bandwidth dari cPanel ini sangatlah berguna karena bisa membantu Anda untuk mengecek pemakaian bandwidth. Selain itu, fitur ini juga bisa mengecek berbagai aktivitas lainnya, seperti HTTP, FTP, dan POP.

Tips Scan Virus di cPanel

cara scan virus di cpanel

Kebanyakan orang menganggap bahwa virus hanya bisa menyerang laptop ataupun komputer padahal juga dapat menyerang sebuah website, lho! Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir lagi dengan serangan virus tersebut. 

Saat ini, pada cPanel telah dilengkapi dengan fitur antivirus di dalamnya. Nah, fitur proteksi ini dapat berguna untuk melindungi website Anda dari berbagai serangan virus yang dilontarkan para hacker.

Langkah proteksi yang satu ini perlu Anda lakukan pada file-file di website yang bersifat sangat penting layaknya database. Nah, untuk melakukan tata cara scan virus di cpanel ini pun terbilang mudah untuk dilakukan.

Layaknya seperti melakukan scan virus biasa yang ada pada antivirus di perangkat komputer atau laptop. Namun, bedanya adalah cara scan virus yang satu ini dilakukan tepatnya pada cPanel. Nah, supaya Anda bisa lebih memahaminya, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Login ke cPanel

Langkah yang pertama adalah dengan melakukan login ke cPanel melalui http://namadomain/cpanel. Kemudian, masukan username dan password untuk proses login. 

Apabila Anda sudah login, di kolom pencarian ketik “virus scanner”. Setelah itu, klik pada menu ‘Virus Scanner’ tersebut.

Jalankan Pemindaian Virus Scanner

Di tahap ini Anda akan diarahkan menuju halaman Virus Scanner dan akan terdapat beberapa pilihan fitur, yakni :

  • Scan Mail

Fitur ini berfungsi untuk scan mail direktori dan mengecek seluruh email baik di bagian inbox, outbox, hingga spam.

  • Scan Entire Home Directory

Fitur ini berguna untuk melakukan scan semua file yang ada di dalam cPanel secara menyeluruh.

  • Scan Public Web Space

Fitur ini akan melakukan scan virus pada folder public_html. Fitur ini berguna untuk mengecek file-file website yang terinfeksi virus di dalamnya.

  • Scan Public FTP Space

Fitur ini berfungsi melakukan scan virus pada folder public_ftp. Fitur ini berguna untuk mendeteksi virus saat Anda sharing file dengan FTP di website.

Tunggu Proses Selesai

Setelah Anda menjalankan scanning virus, pada proses ini akan terlihat beberapa informasi dari file-file yang terinfeksi oleh virus di website Anda. Tunggulah hingga proses scanning selesai.

Hasil Scan Virus

Jika proses scanning virus telah selesai maka akan terlihat hasilnya, yakni file-file yang terinfeksi oleh virus yang terdapat di dalam file-file tersebut. Namun, bila tidak ditemukan virus maka hasil scan tidak akan menunjukkan adanya virus. 

Nah, bila terdapat virus pada file-file website Anda, ada 3 pilihan aksi yang bisa Anda lakukan. Di antaranya, yaitu Quarantine, Destroy, dan Ignore. Anda bisa memilih Destroy untuk menghapus virus-virus tersebut.

Pilih Layanan Hosting Terbaik untuk Keamanan dan Kinerja Terbaik Situs Web Anda

Bagaimana, sangat mudah bukan untuk melakukan scan virus di cPanel?! Tinggal Anda ikuti saja langkah-langkah yang tertera di atas, kemudian lakukan aksi berikutnya jika terindikasi ada virus di file-file situs web Anda.

Untuk menjaga keamanan situs web Anda, tidak hanya penting untuk melakukan scan virus secara berkala, tetapi juga untuk memilih layanan cPanel hosting yang handal dan aman. 

Gunakan layanan domain dan cPanel hosting di Exabytes Indonesia, penyedia hosting terkemuka yang telah memiliki sertifikat ISO 27001.

Dengan Exabytes Indonesia, Anda dapat mempercayakan situs web Anda pada platform hosting yang aman dan terpercaya. Tim keamanan kami telah mengimplementasikan standar keamanan tinggi, sehingga Anda dapat memiliki ketenangan pikiran dan fokus pada pengembangan situs web Anda.

Jangan ragu lagi untuk memilih Exabytes Indonesia sebagai mitra hosting Anda. Dapatkan layanan domain dan cPanel hosting yang handal, dengan perlindungan yang dijamin oleh sertifikat ISO 27001. 

Tingkatkan keamanan situs web Anda dan lindungi bisnis online Anda dari ancaman virus dan serangan cyber. Segera bergabung dengan Exabytes Indonesia dan nikmati keamanan terbaik untuk situs web Anda!

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments