WordPress 6.2 Apa Saja Yang Baru?

0
1028

WordPress sebagai salah satu platform CMS terbaik saat ini digadang telah merilis versi terbaru dari produknya yaitu wordpress 6.2. 

Dimana pada versi terkini wordpress 6.2 memberikan berbagai bembaruan fitur-fitur yang terbaik yang pastinya akan membuat pengalaman membuat situs dan konten yang lebih nyaman dan efisien dengan hasil yang lebih pastinya lebih baik. 

Versi terbaru yang masih hangat di diperbincangkan para pengguna ini baru saja diluncurkan pada Maret tahun 2023. Sehingga memang masih belum banyak digunakan, disamping adanya sumber informasi yang masih terbatas.

Meski demikian, supaya Anda bisa mengenal lebih jauh tentang berbagai fitur terbaru yang dikeluarkan oleh wordpress dalam wordpress 6.2 ini, bisa Anda pelajari rangkaian penjelasan berikut!

Apa Itu WordPress?

keuntungan menggunakan WordPress hosting

WordPress 6.2 sebagai versi terbaru dari wordpress diluncurkan tepatnya pada 29 Maret 2023. Sedikit lebih terlambat dari jadwal peluncuran yang seharusnya karena adanya kesalahan bug pada pengaturan tanggalnya.

Mengapa WordPress Populer?

cara mengatasi white screen wordpress

WordPress sangat populer di kalangan web page builder. Seperti versi-versi wordpress yang sudah dikeluarkan sebelumnya, WordPress 6.2 dinamai ‘Dolphy’ karena terinspirasi dari nama seorang penyanyi jazz yang populer di Industri musik.

Versi WordPress 6.2 ‘Dolphy’ diambil dari nama Eric Allan Dolphy Jr. salah seorang musisi yang karyanya dikenal banyak orang.

Pada dasarnya, update inovasi wordpress di tahun 2023 ini dibagi menjadi tiga bagian. Dan wordpress 6.2 ini menjadi bagian update yang pertama kali dirilis. Peluncuran ini juga sekaligus menjadi tanda penutup Gutenberg Phase Two yang berpusat pada permintaan tampilan.

Fitur WordPress 6.2

Mengelola Website dengan WordPress Hosting

Update wordpress 6.2 ini memberikan banyak perkembangan dalam fiturnya. Ada semakin banyak perubahan baru yang pastinya dengan kualitas dan kapasitas lebih baik. Untuk memberikan pelayanan dan pengalaman pemakaian yang lebih terjamin dari versi sebelumnya. 

Site editor yang hadir dengan wajah baru

Perbedaan yang paling terlihat jelas dari wordpress 6.2 yaitu ada pada penampakan bagian site editor. Dimana status “Beta” yang ada pada bagian ini sudah tidak ditampilkan lagi, oleh karena itu, fitur-fitur baru yang ada sudah lebih tersusun dan terstruktur

Perbaikan fitur ini menjadikan pemakaian menjadi lebih efektif karena Anda bisa dengan bebas berkreasi dengan berbagai template yang disediakan, baik itu sekadar mengedit ataupun mengelola produk Anda. 

Variasi Header dan Footer dengan berbagai kompilasi terbarunya. 

Berikutnya ada koleksi Header dan Footer dari block themes yang pastinya lebih lengkap dan menarik. Dengan variasi yang lebih beragam Anda dapat membuat situs Anda lebih cantik dengan fitur ini.

Tampilan tab setting serta styles yang terpisah untuk memudahkan mengelola pengaturan

Pemisahan tab setting ini bertujuan untuk meningkatnya kenyamanan Anda dalam mencari opsi pengaturan sesuai kebutuhan. Dengan tampilan yang lebih terstruktur serta tata letak yang mudah dicapai.

Navigation block yang efektif dan efisien serta mendukung lebih banyak fungsi.

Selanjutnya yaitu ada perbaikan pada navigation block yang mana pada wordpress 6.2 ini opsi yang terlihat pada bar sebelah kanan dapat Anda gunakan untuk mengatur susunan ulang menu sesuai keinginan. 

Anda bisa mengurangi ataupun menambahkan beberapa menu yang sekiranya akan sering digunakan.

Fitur media library untuk menyimpan foto maupun video

Fitur baru berikutnya bisa Anda jumpai pada block inserter. Setelah navigation block, ada fitur terbaru pada block inserter yang memungkinkan untuk Anda manfaatkan sebagai media penyimpanan file baik foto maupun video.

Media library dapat diakses dengan lebih mudah dan praktis hanya dengan menginput file yang akan disimpan. Dengan demikian penyusunan pada situs Anda akan lebih rapi dan nyaman dipandang.

Open verse yang lebih maksimal dengan akses ratusan gambar siap pakai

Untuk yang keenam ada fitur yang bernama OpenVerse Media di Block Inserter. Fitur ini akan membantu Anda untuk mencari berbagai template foto untuk mendukung konten Anda.

Open verse akan memberikan berbagai referensi gambar dengan tepat dan cepat sesuai kebutuhan konten, Anda juga dapat menyimpannya dalam media library untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam situs yang Anda kelola.

Sistem kerja yang lebih powerfull

Salah satu yang menjadi harapan dari munculnya update wordpress 6.2 yaitu kecepatan performanya. Tidak sekadar penambahan fitur, update wordpress ini juga memberikan update sistem yang lebih mumpuni dibandingkan versi sebelumnya.

Waktu memuat (Block Theme) yang lebih singkat dengan peningkatan kinerja dari 14% hingga 18%.

Waktu memuat (Classic Theme) yang lebih singkat dengan Peningkatan kinerja dari 2% ke 5%.

Performa Server-Side (Block Theme) Peningkatan performa dari 17% ke 23%.

Performa Server-Side (Classic Theme) Peningkatan performa dari 3% ke 5%.

Fitur Distraction Free Mode untuk meningkatkan kenyamanan pengguna

Yang terakhir ada fitur Distraction Free Mode, fitur ini akan memberikan Anda pengalaman berkerja tanpa adanya gangguan opsi-opsi kontrol dan pilihan panel lainnya saat bekerja. Anda bisa dengan dengan sesuka hati mematikannya, dan menghidupkannya kembali saat diperlukan.

Hal ini akan membuat layar kerja Anda lebih luas dan pastinya layar pandang menjadi lebih lapang. Fitur yang demikian pastinya akan sangat mempercepat kerja Anda dengan mengurangi adanya gangguan.

Tertarik dengan wordpress versi terbaru ini?

Cara update wordpress ke versi wordpress 6.2

wordpress 6.2

Bagi Anda yang tertarik untuk memperbarui wordpress ke versi yang terbaru ini, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu langkah-langkahnya, Ada 2 cara update wordpress yang bisa dilakukan

Secara manual

Sebelumnya pastikan terlebih dahulu Anda telah masuk ke dalam dasboard wordpress, selanjutnya Anda akan menemukan menu update pada bar sebelah kiri. 

Berikutnya, klik update dan Anda akan diarahkan pada informasi pembaruan. Pilih update to version 6.2 dan proses update akan segera berjalan.

Secara otomatis 

Bagi Anda yang akan memperbarui wordpress secara otomatis, bisa Anda lakukan dengan menggunakan Auto Update WordPress. Langkah pertama untuk mengaktifkannya, Anda harus masuk ke area pengguna baru, selanjutnya pilih kelola layanan di hosting yang telah terpasang wordpress.

Setelah itu Anda akan dihadapkan pada halaman baru dengan opsi WordPress Management. Kemudian arahkan kursor untuk mengaktifkan auto-update pada kolom versi wordpress. 

Aktifasipun berhasil dengan demikian, versi wordpress yang Anda gunakan akan selalu berjalan dalam versi yang terbaru. Namun sayangnya, fitur ini hanya dapat Anda dapatkan apabila Anda telah berlangganan salah satu layanan Exabytes Indonesia, contohnya WordPress Hosting.

Kekurangan wordpress versi wordpress 6.2

mengenap dedicated WordPress hosting
Sumber: flickr

Meskipun versi terbaru digadang-gadang mempunyai banyak kelebihan daripada versi sebelumnya, namun perkembangannya masih belum terlalu signifikan, masih terlihat beberapa detail kekurangan kecil, diantaranya:

Keamanan yang masih belum cukup berkembang

Belum ada perubahan berarti pada fitur keamanan pada wordpress ini. Secara umum keamanan wordpress pada versi lama dan baru bisa dikatakan masih berada pada kelas yang sama.

Perkembangan waktu untuk memuat/Loading pada website hanya ada sedikit kenaikan performa

Dari yang awalnya 2% hanya meningkat sebanyak 3% saja. Dan pada praktek penggunaanya, kenaikan fitur ini belum bisa benar-benar dirasakan oleh para pengguna.

Memakan sumber daya yang sedikit lebih banyak

Hal ini bisa jadi dipengaruhi oleh adanya peningkatan performa yang kurang disertai dengan pengelolaan kebutuhan energi yang baik. Sehingga peningkatan kinerja berbanding lurus dengan peningkatan kebutuhan daya.

WordPress Versi 6.2 Lebih Baik dari Performa dan Fitur Terbaru

Kenapa Anda harus melakukan update wordpress 6.2?

  1. Performa wordpress yang lebih baik
  2. Penambahan lebih banyak fitur baru
  3. Perbaikan bug serta tingkat keamanan

Dengan memperbarui versi wordpress,  pastinya Anda akan memperoleh berbagai fitur menarik yang disediakan khusus yang sebelumnya belum pernah Anda gunakan. 

Selain update ke versi terbaru, Anda juga bisa manfaatkan layanan domain dan WordPress hosting dari Exabytes Indonesia, penyedia terpercaya yang telah memperoleh sertifikat ISO 27001.

Dengan Exabytes Indonesia, Anda dapat memperbarui versi WordPress dengan mudah dan mengakses fitur-fitur menarik yang disediakan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini, segera lakukan pembaruan WordPress Anda sekarang dan tingkatkan pengalaman online Anda!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments