Domain blog : Hanya Rp50 Ribu/tahun! Cocok Untuk Blogger!

0
1938

Domain blog – Memiliki blog kini bukan hanya sekedar hobi menulis tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Maka jangan heran jika sekarang banyak blogger yang bermunculan dengan ceritanya masing-masing.

Para blogger ini – selain memiliki konten yang bagus, mereka juga memiliki blog unik yang menarik banyak pembaca. Jika blog sudah memiliki banyak pengunjung, kamu berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan melalui iklan lho.

Jadi, jika kamu ingin memulai blog yang unik dan berbeda, kamu bisa mulai dengan menggunakan alamat nama domain blog, bukan .com atau .blogspot.com yang banyak digunakan. Jadi apa itu domain blog dan apa bedanya dengan domain populer seperti .com?

Temukan jawabannya dengan membaca artikel berikut ini, ya!

Apa Itu Domain blog?

domain blog

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan blog yang menggunakan nama domain .com. Ya, domain .com sangat populer karena sebagian besar situs web di internet menggunakannya.

Awalnya, ekstensi domain .com dapat memperkuat identitas situs web komersial (com: komersial) atau bisnis. Namun, saat ini banyak situs web atau blog non komersial yang menggunakan .com sebagai alamatnya.

Sebenarnya itu tidak masalah, karena siapapun bisa mendaftar. Namun, karena semua orang ingin menggunakannya, menjadi unik bisa jadi cukup sulit, apalagi jika kamu ingin membuat blog yang berbeda dari yang lain.

Jadi tidak ada salahnya jika kamu berani tampil beda dengan domain .blog ini. Domain blog adalah ekstensi domain (gTLD) yang dapat kamu daftarkan untuk blog pribadi.

Karena .com juga merupakan bagian dari keluarga gTLD, nama domain blog adalah pilihan terbaik bagi kamu yang ingin menjadikan blog kamu lebih unik.

Sebenarnya, gTLD adalah jenis ekstensi nama domain yang dapat digunakan secara luas tanpa harus menyertakan istilah khusus apa pun. Dengan .blog, kamu dapat memiliki alamat seperti lestari.blog, bukan lestariblog.com. Lebih unik, bukan?

Mengapa Harus Menggunakan Domain .blog?

Meski tergolong baru, domain .blog memiliki sejumlah keunggulan, itulah mengapa kamu harus menggunakannya saat ingin membuat blog.

Simak ulasan berikut ini, ya!

Memperkuat Branding

Ketika kamu menggunakan nama domain populer seperti .com, tampilan blog kamu tidak akan jauh berbeda dengan blog lain karena sudah banyak pengguna domain .com.

Namun, menggunakan nama domain .blog akan memudahkan pengunjung mengidentifikasi bahwa situs kamu adalah blog pribadi.

Karena pengertian branding itu sendiri jika dipahami adalah usaha untuk mengubah brand atau merek kamu dalam hal ini menjadi sebuah blog agar lebih mudah untuk dikenali.

Bahkan publik yang belum mengklik alamat website milik kamu akan mengetahui bahwa website kamu adalah blog pribadi.

Ada Banyak Pilihan Nama

Domain .blog pertama kali dirilis pada tahun 2016, kurang dari setahun sejak artikel ini ditulis. Dengan era yang relatif baru, pengguna domain .com atau .id belum sebanyak penggunanya.

Kabar baiknya, ketersediaan opsi nama domain .blog masih sangat besar. Jadi kamu bisa mendaftarkan domain .blog idaman kamu, apalagi jika .com sudah didaftarkan oleh orang lain.

Harganya Murah

Alasan ketiga mengapa kamu harus menggunakan nama domain .blog adalah harganya yang sangat terjangkau.

Jadi dengan harga murah kamu bisa mendapatkan domain dengan manfaat yang sama seperti .com (karena keduanya adalah gTLD).

domain .blog

Siapa Yang Bisa Menggunakan Domain .blog?

Saya memiliki blog di situs web saya. Apakah saya masih membutuhkan domain .blog? Jawaban atas pertanyaan di atas adalah tidak. Namun, situs web apa pun dapat memiliki domain blog. Kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan domain blog jika:

  • Blog kamu adalah bagian penting dari bisnis kamu. Jika kamu seorang pengembang konten, kamu dapat menarik pelanggan dengan domain .blog.
  • Kamu menemukan bahwa topik blog telah melenceng dari tujuan situs web. Dalam hal ini, kamu dapat memindahkan topik ke halaman .blog terpisah.

Itu berarti kamu memerlukan lisensi untuk blog? Tidak, kamu tidak memerlukan lisensi blogging untuk menulis konten web tekstual kronologis. Kamu dapat melanjutkan blogging di situs manapun di World Wide Web (www).

Kamu tidak perlu menggunakan WordPress untuk mengelola domain .blog. Pelopor blog Dave Winer juga menggunakan perangkat lunak blognya sendiri, 1999.io dengan domain dave.blog.

Memilih top-level domain (TLD) baru seperti .blog bisa menjadi alternatif untuk membuat halaman web yang relevan dengan pengunjung. Jika perusahaan hosting kamu juga menangani pendaftaran domain, periksa apakah mereka menawarkan domain .blog. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mendaftar dan memilih domain blog.

Yuk, Daftarkan Nama Domain Anda Sebelum Orang Lain

Cara mendapatkan domain .blog sangat sederhana karena tidak memerlukan persyaratan khusus seperti KTP atau beberapa dokumen perusahaan, kamu dapat mendaftarkannya seperti domain gTLD lainnya.

  1. Kamu bisa langsung klik di sini.
  2. Pilih nama domain impian kamu dan ubah ekstensi pencarian menjadi .blog.
  3. Kamu juga dapat menambahkan layanan lain seperti hosting murah (jika belum). Buat akun untuk melakukan pembayaran.

Berikut cara mendaftarkan domain .blog. Mudah, bukan? Yuk, daftarkan nama domain target kamu sebelum orang lain mendaftarkannya ya Exabytes friends.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments