Intip 10 Domain Name Generator Untuk Website

85
10 Domain Name Generator
10 min read

Hi Exabytes Friends! Di Era digital saat ini banyak banget loh yang memanfaatkan kesempatan untuk berkembang dan memajukan bisnisnya. Salah satu upaya untuk maju dan mengembangkan bisnis adalah dengan membuat website atau meng-online kan bisnis konvensional yang sebelumnya sudah dimiliki. 

Macam-macam domain

Nah, untuk transformasi digital suatu bisnis disini jelas terlihat website sangat dibutuhkan. Untuk membuat website, nggak mungkin dong kamu nggak punya domain. Hanya saja pemilihan nama domain yang sesuai dengan visi misi atau konsep website dan blog nggak semudah membalikan telapak tangan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan nih.

Kabar baik, dengan majunya teknologi di era digital ini, kamu bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan ide nama domain dengan tool domain name generator. 

Apa sih tool domain name generator dan daftar tools nya? Kamu bisa cek di artikel berikut ini ya guys! 

Apa Itu Domain Name Generator? 

Ilustrasi mengakses internet

Mungkin disini kamu masih bertanya-tanya apa itu domain name generator? Domain name generator ini sebenarnya sangat mempermudah kamu yang ingin membuat website atau blog dan masih bingung untuk menyesuaikan dengan konsep dan visi misinya. Domain name generator adalah tool yang memudahkan kamu untuk mencari ide nama domain. 

Tool ini juga yang nantinya akan menampilkan alternatif nama domain berdasarkan frasa atau kata yang dimasukkan. Seperti yang kita ketahui nama domain sangat erat kaitannya dengan brand. Maka dalam pembuatannya pun nama domain sebisa mungkin harus singkat, mudah diingat, catchy atau unik, dan yang paling penting masih bisa untuk didaftarkan, artinya nama domain tersebut belum digunakan oleh pengguna lain atau sebagai nama dagang perusahaan. 

Seperti contoh, kamu ingin menyertakan keywords “fashion”,”cantik”,dan “kekinian” di nama domain. Susunannya akan jadi seperti ini: www.fashioncantikkekinian.co.id. Nama domain tersebut terlalu panjang, bukan? Selain itu juga nama domainnya terlalu umum. Disinilah salah satu kegunaan tool domain generator diperlukan.

Cara untuk mencari ide nama domain dengan tool domain name generator ini sangat mudah dan praktis lho guys! Kamu hanya tinggal memasukkan kata kunci (bisa lebih dari satu), kemudian kamu langsung saja pilih ekstensi seperti .com, .co.id, .id, .org, dll. Algoritma generator nantinya akan menampilkan nama domain beserta alternatifnya seperti kata-kata yang diacak, tambahan awalan atau prefix, dll. 

Sebelum membahas 10 domain name generator, kami memiliki beberapa tips untuk memilih nama domain name generator yang wajib banget kamu simak dibawah ini! 

Buat Domain Yang Singkat

Kenapa harus mengusahakan memiliki domain yang singkat? Karena hal ini akan memberikan kemudahan untuk diketik di kolom browser. Selain itu juga domain yang singkat akan sangat mudah dipromosikan.

Pilih Ekstensi Yang Sesuai Dengan Konsep Website

Sesuaikan konsep website yang ingin kamu buat, apakah tujuannya untuk bisnis online atau untuk perusahaan dan lainnya. Karena setiap ekstensi itu memiliki kegunaan tersendiri lho.

Ekstensi yang tersedia di antaranya ada .com, .id, dan .co.id yang kebanyakan orang sudah cukup familiar terdengar. Namun masih ada juga pilihan lainnya yang bisa disesuaikan dengan konsep atau tema website atau area website seperti .store, .edu, .net, .xyz, dan lain-lain. 

Baca Juga  Panduan Install Laravel di Windows

Eits, setiap ekstensi domain memiliki kegunaan dan perbedaan lho ya. Misalnya domain .ac itu untuk bidang akademis, .org itu untuk organisasi, .edu itu untuk edukasi dan lainnya. Untuk bisnis online, sebaiknya sih gunakan domain .COM atau .ID nih.

Buat Nama Yang Unik Dan Menarik

Hal ini memudahkan target market ataupun orang awam sekalipun untuk mengingat website anda. Pilih nama yang unik dan menarik perhatian mereka. Dengan begitu mereka akan cepat mengingat jika nama yang diberikan untuk website unik. 

Hindari Tanda Penghubung Dan Angka

Pada umumnya pengguna browser mengetik nama domain sambil mengejanya. Misalnya ada angka “0” di domain. Kemungkinan besar hal tersebut akan menimbulkan kesalahan pada saat mengetik. Bukan mengetik angka “0” malah mengetik kata “kosong”. Hal ini akan menyebabkan halaman yang terbuka adalah halaman “not found” atau malah halaman web lain. So, pastikan nama domain yang kamu pilih nggak ada angka atau karakter yang ambigu ya guys! 

Nama Domain Harus Merepresentasikan Nama Bisnis

Tips terakhir cara mencari ide nama domain adalah harus sesuai dengan konsep dan visi misi bisnis onlinemu. Cari kata kunci yang paling sering ditargetkan di dalam lingkup bisnismu dan kata kunci ini harus berkaitan ya guys. Jangan sampai nama domain kamu nggak nyambung dengan bisnis atau brand kamu

Rekomendasi 10 Domain Name Generator Terbaik

Berikut ini mimin bakalan kasih tau kalian tool domain name generator yang nantinya akan sangat membantu dan memudahkan kalian dalam membuat nama domain. 

Lean Domain Search

Lean Domain Search

Kamu kehabisan ide hanya karena mencari nama domain? Cari nama domain yang paling sesuai dengan konsep websitemu di Lean Domain Search. Dengan tool ini kamu akan mendapatkan rekomendasi dan alternatif nama domain yang jumlahnya ribuan!

Sayangnya, tool ini hanya menampilkan nama domain dengan ekstensi .com. Namun setidaknya kamu akan memiliki banyak opsi untuk dijadikan bahan pertimbangan. Keunggulan lain dari tool domain name generator ini adalah keunggulannya dalam mengecek ketersediaan username Twitter. Jadi kemungkinan besar kamu bisa memiliki nama yang sama untuk domain dan akun Twitter. Pilihan tepat untuk membangun website, bukan? 

Zyro

Zyro

Zyro adalah website builder yang memudahkan kamu dalam pembuatan website. Di dalam tool ini terdapat banyak sekali fitur canggih yang dapat kamu gunakan, termasuk domain generator. Salah satu hal yang menjadikan tool ini menarik adalah penggunaan teknologi berbasis kecerdasan buatan. Nggak heran jika daftar nama yang direkomendasikan didasarkan pada nama yang populer di bidangnya. 

Ketika misalnya kamu memasukkan kata kunci berdasarkan tema website atau brand dan klik ikon cari di samping kolom pencarian, beberapa saat kemudian pasti akan muncul daftar nama domain. 

Name Boy

Name Boy

Name Boy adalah salah satu domain generator yang mungkin sudah cukup lama beredar di pasaran. Untuk penggunaannya sendiri generator ini cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan satu atau dua kata kunci dan daftar nama domain nantinya akan ditampilkan. Name Boy menambahkan kata-kata yang relevan dengan kata kunci yang kamu masukkan. Klik tulisan “Show more results” untuk melihat hasil pencarian yang lebih lengkap.

Baca Juga  5 Jenis Email Marketing untuk Bisnis E-Commerce yang Harus Kamu Gunakan Sekarang

Impossibility

Impossibility

Seperti domain name generator lainnya, Impossibility juga memiliki banyak fitur menarik dan kekinian yang akan memudahkan kamu untuk mencari ide nama domain. Masukkan satu kata kunci, dan domain name generator ini akan memadukannya dengan kata kerja, kata sifat, dan kata benda agar nama yang dihasilkan terkesan unik dan catchy.

Salah satu kelebihan Impossibility adalah hanya menampilkan domain .com yang belum terdaftar. Jadi, kamu nggak perlu mengecek ketersediaannya satu per satu. Sangat memudahkan kamu kan?

Domain Puzzler

Domain Puzzler

Domain Puzzler membagi pencarian nama domain ke dalam empat bagian, yakni easy, advanced, magic, dan page rank. Masukkan kata kunci, dan domain name generator ini akan mengkombinasikannya dengan berbagai ekstensi.

Name Smith

Name Smith

Dua keunggulan utama yang dimiliki oleh generator Name Smith ini adalah mengacak dan mengkombinasikan kata kunci. Dalam menghasilkan nama domain yang unik, nggak ada yang lebih inovatif dari Name Smith. Fitur lain yang tersedia adalah menghasilkan domain berima, modifikasi domain, dan menambahkan awalan pada domain.

I Want My Name

I Want My Name

Seperti cara kerja dari generator lainnya yaitu hanya perlu memasukkan nama domain, tool ini juga akan mengecek ketersediaannya sekaligus memberikan pilihan alternatif. Alih-alih memeriksa daftar TLD yang sudah dipakai, Anda bisa mengetikkan kata kunci di tool ini. I Want My Name menyediakan ekstensi domain populer, ekstensi domain negara, dan ekstensi domain yang baru. Kamu udah coba? 

Naque

Intip 10 Domain Name Generator Untuk Website - 2020

Nama ‘Naque’ berasal dari tiga kata bahasa Inggris, yakni ‘name’, ‘create’, dan ‘unique’. Dari namanya, kita sudah bisa tahu kalau tool ini dirancang untuk membuat nama domain yang bagus dan unik. Naque memiliki fitur Word Mixer Seeds yang akan memudahkan kamu kalau belum punya nama yang potensial. Pilih kategori, dan Naque akan menampilkan beberapa kata secara acak. Pilih lima kata untuk kemudian dikombinasikan hingga menghasilkan nama domain.

Domain Typer

Domain Typer

Domain Typer sendiri dikenal akan sistem real-time atau waktu aslinya. Selagi kamu mengetikkan kata kunci, informasi terkait langsung ditampilkan, seperti ketersediaan masing-masing ekstensi, harga, alternatif nama domain, dan lain-lain.

Tool ini juga memberikan kemudahan untuk mengecek ketersediaan domain di media sosial yang populer. Melalui Domain Typer, kamu bisa mengajukan penawaran terhadap pemilik domain yang jadi target mu. Kalau info kontak pemilik domain disembunyikan di tool ini, kamu bisa mengunjungi website WHOIS untuk mengecek datanya. 

Cek Nama Domain Exabytes

Exabytes

Last but not least, daripada kamu pusing buat nyari nama domain mending kunjungi Exabytes sekarang. Di website Exabytes sudah tersedia domain name generator nih.

Gampang banget cek nama disini. Ketik nama domain atau kata kunci di kolom pencarian dan taraa~ hanya beberapa detik akan menampilkan rekomendasi daftar nama domain. Setiap nama domain yang ditampilkan disertakan dengan informasi harga. Jadi, kamu bisa langsung membelinya saat itu juga. Bisa juga pilih mau ekstensi mana yang digunakan karena ada puluhan ekstensi domain yang tersedia untuk kebutuhan websitemu.

Nama domain ini sangat mempengaruhi kualitas dan kesuksesan brand kamu loh guys! Oleh karena itu, pilihlah yang paling tepat dan mampu mencerminkan bisnis atau proyek online lainnya yang sedang kamu kelola dan jalankan. Semoga berhasil!

Credits : Aisya Damayanti Sumarno