Perbedaan Domain .COM dan .ID dan Keunggulannya Untuk Bisnis Online

351
Perbedaan Domain .COM vs Domain .ID
Free Credit Exabytes
8 min read

Hi, Exabytes Friends!

Pada era digital sekarang ini, banyak cara dilakukan oleh pemilik bisnis atau marketer untuk pemasaran. Seperti melalui media sosial, campaign, mengundang influencer, dan membuat promo-promo yang menarik pelanggan. Bagi kalian yang merasa campaign kalian kurang efektif, mungkin kalian harus membuat website untuk bisnis kalian nih, guys

Website menjadi faktor penting dalam keberhasilan bisnis online karena memiliki banyak manfaat. Dalam website, kita harus mempertimbangkan berbagai hal mulai dari nama, desain, harga, domain, registrar, dan lainnya. Dan yang paling sering dipikirkan adalah, mending pakai domain yang mana ya?

Domain

Mungkin kalian belum mengetahui mengenaidomain nih, guys! Padahal memilih domain itu penting banget untuk bisnis online lho. Nah, bagi yang ingin membuat website, cari tahu terlebih dahulu semua hal tentang domain. Mulai dari domain yang paling sering digunakan sampai kelebihan dan kekurangan. Sehingga kalian tidak akan salah memilih domain untuk website kalian. Pasti kamu ingin website bisnis sesuai dengan target pelanggan kan?

Nah, kira-kira ekstensi domain mana sih yang paling cocok untuk bisnis online kamu saat ini? Apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing domain? Mari kita simak lebih lanjut yuk pada artikel dibawah ini!

Apa Itu Domain?

Domain merupakan sebuah alamat atau nama unik yang tertuju kepada website yang telah kita buat. Nama domain itu sendiri dapat diketik pada web browser dan akan memunculkan tampilan dari website kita.

Dalam mengidentifikasi sebuah jaringan komputer, setiap jaringan pasti memiliki alamat IP berbeda. Alamat IP itu biasanya terdiri dari kumpulan angka yang berbeda pada masing-masing website. Tentunya angka-angka tersebut sangat sulit untuk diingat dan menyulitkan pengunjung yang ingin mencari website kita. Maka dari itu, kita dapat membuat sebuah nama domain untuk website kita agar mudah untuk dicari. 

Domain .COM dan Domain .ID

Pasti kalian pernah denger dong pas lagi nelusuri internet, ada website yang belakangnya .COM dan .ID. Nah maksudnya apa sih? Nih, akan dijelasin di bawah ini ya, friends.

Ekstensi domain .COM dan .ID merupakan salah satu dari sekian banyak ekstensi domain yang ada. Ekstensi domain .COM merupakan kependekan dari kata commercial, dan ditujukan kepada para pelaku bisnis. Ekstensi ini merupakan domain pertama yang pernah ada dan paling populer digunakan. Domain ini merupakan domain internasional yang dikembangkan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). 

Ekstensi domain .ID merupakan ekstensi domain yang diresmikan sebagai domain website di Indonesia. Domain .ID dikelola oleh perusahaan pengelola domain di Indonesia yaitu Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Ekstensi domain ini lebih aman digunakan karena dikhususkan untuk website di Indonesia sehingga pemerintah juga dapat turun tangan apabila terjadi kejahatan atau penipuan.

Domain .COM

Perbedaan Domain .COM vs Domain .ID

Apa sih perbedaan domain .COM dengan domain .ID? Mungkin dari kalian banyak yang ingin mengetahui mengenai perbedaan keduanya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Semua harus dipertimbangkan dari jenis website seperti apa yang kamu buat. Berikut perbedaan domain .COM dengan domain .ID!

Baca Juga  Punya Bisnis Nggak Wajib Punya Uang, Gimana Caranya?

Hak Kepemilikan

Seperti yang kita ketahui, domain .COM merupakan domain yang bersifat internasional. Domain .COM dapat dimiliki oleh siapa saja di seluruh dunia. Hal tersebut tidak dibatasi oleh bentuk perusahaan, bahkan individu saja bisa memiliki ekstensi domain .COM.

Domain .ID merupakan Country-Code Top Level Domain (cc-TLD). Oleh karena itu, ekstensi domain ini hanya bisa dimiliki website yang ada di Indonesia saja. Ekstensi domain ini pun terbatas dalam hal kepemilikan. Pihak yang diperbolehkan menggunakan ekstensi domain .ID adalah pihak-pihak yang telah memenuhi syarat dan ketentuan. 

Misalnya ekstensi domain .GO.ID hanya boleh dimiliki oleh lembaga pemerintah di Indonesia, .SCH.ID atau .AC.ID hanya boleh dimiliki oleh lembaga pendidikan atau akedemik baik formal maupun non-formal.

Jangkauan

Domain .COM memiliki jangkauan yang luas. Ekstensi domain ini dapat diakses siapa saja dari seluruh dunia. Domain ini memiliki skala internasional. 

Sedangkan domain .ID merupakan domain khusus negara Indonesia. Ekstensi domain ini hanya bisa digunakan dengan skala lokal yaitu Indonesia saja. Domain ini pun terjaga keamanannya karena dijaga secara eksklusif oleh pemerintah. 

Syarat bagi Pembeli Domain

Pembeli domain .COM tidak diberikan syarat atau ketentuan apapun. Hal tersebut berarti semua pihak dengan mudah memiliki domain .COM. 

Sedangkan untuk pembeli domain .ID, syarat dan ketentuan yang diminta beragam. Mulai dari paspor, akta, SIUP, akta notaris, dan semacamnya tergantung dari ekstensi domain .ID mana yang ingin kamu miliki.

Search Engine Optimization (SEO)

Apabila kamu menggunakan ekstensi domain .COM, domain tersebut akan memberikan informasi ke mesin pencarian bahwa website kamu bersifat netral. Sehingga dapat diakses dimana saja.

Sedangkan untuk domain .ID akan memberikan informasi ke mesin pencarian bahwa website kamu ditujukan kepada lokasi/negara tertentu. 

Apabila website kamu menggunakan ekstensi domain .ID dan seseorang melakukan pencarian yang berhubungan dengan perusahaan kamu, maka website kamu bisa masuk ke jajaran peringkat atas pencarian. Hal tersebut disebabkan oleh sistem Google yang berusaha memberikan hasil relevan dan terdekat dengan lokasi pengguna.

Keunggulan Domain .COM

Lalu apa saja sih keunggulan domain .COM?

  • Mudah dimiliki siapa saja dari lokasi mana pun

Domain ini mudah dimiliki siapa saja karena harganya yang murah dan tidak memiliki syarat apapun. Selain itu, domain ini tidak ditujukan pada pengguna tertentu sehingga siapa saja bisa memilikinya.

  • Mendatangkan pengunjung website yang lebih banyak

Apabila website kamu menggunakan ekstensi domain .COM, pengunjung akan lebih merasakan kredibilitas website dibandingkan dengan ekstensi domain lain. Selain itu, domain ini menjangkau khalayak luas sehingga menarik pengunjung dari berbagai lokasi karena tidak memiliki batasan negara. Dan yang nggak ketinggalan, .COM mudah diingat oleh pengunjung.

  • Berskala internasional (Netral)

.COM memiliki skala internasional dimana domain ini bersifat netral pada seluruh web browser di dunia. Maksudnya adalah bahwa website dengan ekstensi domain ini dapat diakses tanpa adanya batasan jangkauan lokasi.

  • Ekstensi domain sudah dikenal dan dipercaya masyarakat di seluruh dunia
Baca Juga  Bisnis Itu Nggak Perlu Modal, Tapi Mindset [Podcast Eps. 1]

Ekstensi domain .COM merupakan domain pertama yang didaftarkan di dunia. Sehingga ekstensi domain ini sudah populer di masyarakat sehingga masyarakat akan lebih percaya mengenai website.

  • Harga lebih terjangkau

Harga ekstensi domain .COM tergolong murah. Banyak registrar yang menyediakan layanan pendaftaran ekstensi domain ini dengan harga yang relatif murah.

  • Syarat dan ketentuan tidak ada

Ekstentsi domain .COM tidak memiliki syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh pembeli. Semua orang dapat memiliki ekstensi domain ini hanya dengan mendaftarkannya saja ke registrar.

Keunggulan Domain .ID

Domain .ID

Setelah membaca keunggulan dari domain .COM, kini kita pelajari yuk keunggulan domain .ID

  • Keamanan terjamin

Sistem keamanan pada ekstensi domain .ID lebih terjaga karena apabila terjadi tindak kriminal atau kejahatan berbasis teknologi. Negara atau pemerintah dapat dengan mudah menangani masalah tersebut. Apalagi lokasi pemilik website pasti berada di lokasi yang sama yaitu Indonesia.

  • Website dapat masuk pada peringkat atas mesin pencarian

Apabila seseorang mencari sesuatu hal yang berkaitan dengan perusahaan kamu, mesin pencarian akan lebih memungkinkan menampilkan website kamu pada peringkat atas. Hal ini dikarenakan website kamu terdaftar pada domain lokal, dan mesin pencarian akan berusaha memberikan data yang relevan dan terdekat dengan pengguna.

  • Target pengunjung lebih terfokus

Target pengunjung website akan lebih terfokus dibandingkan domain lain. Hal ini dikarenakan ekstensi domain ini berskala nasional sehingga pengunjung yang mengakses sesuai dengan target geografis perusahaan.

  • Proses menggunakan website cepat.

Saat seseorang mengunjungi website dengan ekstensi domain .ID, website tidak akan mengalami freeze atau lag karena antara server dan pengunjung berada pada lokasi yang dekat satu sama lain.

  • Tidak mudah terjadi plagiarisme atau penipuan

Website dengan ekstensi domain .ID tidak perlu mengkhawatirkan tindak plagiarisme. Hal ini dikarenakan ekstensi domain ini memiliki syarat dan ketentuan cukup rumit untuk dipenuhi pelaku penipuan. Dengan memiliki domain ini seperti punya hak kepemilikan sendiri.

Jadi, ekstensi domain mana yang lebih baik untuk bisnis online? 

Terkait hal tersebut kembali lagi kepada bentuk bisnis online yang kita lakukan, guys! Kita harus menganalisis terlebih dahulu bisnis online yang kita jalani seperti apa. Apakah suatu saat akan memperluas target sasaran ke luar negeri, dan apakah hanya ingin menargetkan kepada masyarakat lokal di Indonesia saja. 

Jika bisnis online kamu hanya menargetkan kepada masyarakat lokal di Indonesia, domain .ID tepat untuk website kamu. Namun jika kamu berpikir untuk mengembangkan bisnis kamu untuk go international, kamu lebih baik menggunakan domain .COM, guys!

Setelah membaca artikel diatas, Exabytes Friends ingin membuat website dengan ekstensi domain yang mana nih? Tidak perlu khawatir, Exabytes telah melayani domain .COM dan domain .ID lho. Dengan Exabytes, kamu bisa mendapatkan domain dengan harga yang terjangkau dan juga terpercaya pastinya. Pokoknya Exabytes bisa untuk memberikan solusi terhadap bisnis online kamu deh! Eits, kalau mau tau promo terbaru Exabytes bisa diklik disini ya.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Exabytes Friends. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memilih domain yang paling cocok untuk website kalian ya!

Credits: Carissa Dea Chrestella Prayudhi

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here