15 Situs Dan Tools Online Membuat CV Dan Portofolio

166
15 Situs dan Tools Online Untuk Membuat CV dan Portofolio
11 min read

Hi Exabytes Friends! Digitalisasi yang begitu hebat sangat mempermudah dan menolong kegiatan sehari-hari. Nah salah satunya kegiatan membuat CV dan portofolio yang kini tengah banyak diperbincangkan. Khususnya para fresh graduate dan mahasiswa tingkat akhir yang ingin magang. Atau mungkin untuk jobseeker yang saat ini ingin melamar pekerjaan.

Ilustrasi CV untuk bekerja

Memiliki CV dan Portofolio merupakan hal esensial alias penting banget lho, friends. Eits, tapi apa sih itu CV dan Portofolio? Dan memangnya buat apa? Apa bisa digunakan selain untuk melamar pekerjaan?

Apa Itu CV dan Portofolio?

CV merupakan kepanjangan dari Curicullum Vitae. CV merupakan profil data diri yang mencangkup nama, tanggal lahir, informasi kontak pribadi, latar belakang pendidikan, latar belakang organisasi, pengalaman pekerjaan dan sebagainya.

Biasanya CV berbentuk 1 atau 2 halaman yang menjelaskan latar belakang seseorang yang bertujuan untuk mengetahui rekam jejak orang tersebut. Ini sangat berguna untuk melamar pekerjaan atau magang lho. CV menjadi penunjang utama agar recruiter atau perusahaan tahu identitas calon pelamar pekerjaan.

Sementara Portofolio atau Portfolio merupakan sebuah kumpulan karya-karya yang pernah dibuat atau dihasilkan. Lumrahnya, portofolio ini bukti dan menjadi bahan penguat atas CV yang kamu buat. Misalnya kamu jago di bidang design, nah portofolio kamu seharusnya diisi dengan karya hasil design kamu. Tak hanya design, portofolio ini juga bisa karya tulis seperti artikel, naskah atau juga foto kalau kamu menguasai bidang fotografi. Intinya portofolio ini adalah kumpulan dari karya yang pernah dibuat.

Dulu membuat CV dan portofolio masih terbilang sulit dan tidak praktis karena harus menulis dengan tangan. Kemudian di modernisasi dengan aplikasi design yang ada di PC. Seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator. Namun banyak yang tidak dapat menggunakannya karena membutuhkan skill khusus dan referensi yang banyak ketika menggunakan aplikasi design ini.

Setelah melewati begitu panjangnya modernisasi, saat ini banyak bermunculan situs dan tools online yang sangat mudah dan praktis digunakan untuk membuat CV dan portofolio secara online. Dengan ini, kamu gak perlu khawatir lagi.

Kamu salah satu yang ingin mengetahui tools online untuk membuat CV dan portofolio? Wah, artinya kamu harus banget nih baca artikel ini sampai habis! Disimak baik-baik ya guys! 

Rekomendasi 15 Situs dan Tools Online Untuk Membuat CV dan Portofolio

Mimin udah ngerangkum nih situs dan tools online yang bisa kamu gunakan untuk membuat CV dan Portofolio secara online yang praktis dan mudah. Cek yuk di bawah ini

Behance

Pertama ada Behance adalah salah satu situs portofolio online gratis yang paling banyak digunakan di komunitas designer. Behance telah digunakan oleh jutaan designer, seniman, dan fotografer UX/UI di seluruh dunia untuk mengunggah karya desain dalam bentuk portofolio desain pribadi yang keren abis.

Behance - Situs dan Tools Online Untuk Membuat CV dan Portofolio

Situs ini juga digunakan bagi banyak pewawancara, perekrut, dan manajer perekrutan untuk menelusuri portofolio desainer tersebut dan mencari bakat baru. Jadi, dalam aspek ini, Behance jadi salah satu web portfolio online must-have bagi kamu untuk menampilkan desain buatanmu dan mendapatkan pekerjaan desain UX/UI nih. Untuk kamu yang lagi mencari lapangan pekerjaan di bidang UI/UX boleh coba nih tools online satu ini! 

Dribbble

Dribbble adalah situs untuk membuat portofolio online yang bisa dikatakan sangat mirip dengan Behance. Dribbble juga populer sebagai web portofolio di kalangan desainer. Kamu bisa dengan mudah membuat akun gratis dan membagikan screenshot dari proses pembuatan desain kamu, rancangan desain, prototipe interaktif, konsep desain aplikasi, dan lebih banyak desain.

Baca Juga  10 Plugin WordPress Terbaik di Tahun 2019
15 Situs Dan Tools Online Membuat CV Dan Portofolio - 2020

Pada awalnya, Dribbble adalah situs online yang dibuat khusus untuk para desainer untuk mempresentasikan proyek-proyek desain yang berbeda. Dribbble juga merupakan platform yang baik bagi para desainer untuk menampilkan karya desain baru, meningkatkan keterampilan desain, berbagi dan mengomunikasikan ide-ide desain.

Canva

Siapa sangka kalau Canva juga bisa jadi tempat untuk membuat CV terbaik lho. Tools ini bisa menuangkan kreativitasmu dalam membuat profil dirimu. Canva menyediakan banyak template, background dengan berbagai gaya dan tata letak. 

CV pun sangat mudah untuk diedit atau dikustom dari mulai mengganti ukuran font, model, garis, hingga penspasian paragraf pun dapat diubah. Canva juga menyediakan berbagai format unduhan CV dari mulai pdf, docx dan jpg serta memberikan fitur share jika kamu mau membagikan CV. Wah, bisa dicoba nih.

Visual CV

Selanjutnya, ada Visual CV yang menawarkan beberapa template dan pilihan desain untuk CV. Di website Visual CV, kamu dapat menambahkan bagian sesuai dengan pilihan kamu atau mengganti bagian yang ada sesuai dengan preferensimu. Visual CV juga hanya menawarkan model dasar dari pembuatan CV. Nggak banyak penyesuaian atau pilihan desain yang tersedia secara gratis di sini. Namun, Visual CV tetap disarankan untuk dicoba karena cocok bagi kamu yang mau membuat CV simpel dalam waktu singkat.

Visual CV

Resume.com

Jika menyangkut soal tampilan, Resume.com akan mengalahkan sebagian besar pesaingnya dengan mudah. Website pembuat CV ini menawarkan banyak template dan metode pengeditan yang bagus. Resume.com juga mudah digunakan. Kamu harus membuat akun sebelum dapat membuat CV. Resume.com memperlihatkan semua bagian CV yang ada dalam satu gambar, dan kamu juga dapat mengedit setiap bagian dengan beberapa klik.

Resume.com

EnhanCV

Refrensi lainnya yang tak kalah menarik adalah Enhancv. Situs ini menawarkan banyak fitur pembuatan CV secara gratis lho. Banyak template dan desain yang tersedia. Kamu juga dapat mengunduh CV yang kamu buat dalam format pdf, tetapi harus buat akun terlebih dahulu. Enhancv menyediakan versi premium yang berbayar yang lebih lengkap fiturnya. Tapi tenang saja, kamu juga tetap bisa kok membuat CV yang keren hanya dengan menggunakan versi gratisnya saja.

EnchanCV

DeviantArt

Kalau kamu memiliki pengalaman di bidang artistic seperti desainer, desain grafis, dan fotografer, maka situs ini akan cocok untuk kamu. DeviantArt merupakan situs portofolio online gratis yang diciptakan bagi seniman yang ingin memamerkan hasil karyanya.

DevianArt

Oh iya, kamu juga bisa banget loh jika ingin menjual karyamu di situs ini kepada orang-orang yang menyukainya. Deviantart juga menyediakan tab shop untuk kamu yang ingin melihat-lihat karya yang dijual oleh orang lain.

Coroflot.com

Next, ada web portfolio bernama Coroflot yang bagus untuk para desainer UX/UI meskipun tidak sekuat dan setenar Behance dan Dribbble. Dengan lebih dari 2 juta gambar untuk lebih dari 150.000 materi iklan yang diterbitkan dari berbagai desainer, seniman, dan fotografer setiap bulan, Coroflot menjadi salah satu situs portofolio online yang bisa dikatakan paling profesional lho. Workspace yang disediakan oleh Coroflot merupakan platform terbesar dan paling aktif yang secara khusus ditargetkan untuk kebutuhan perekrutan perusahaan.

Coroflot

Standard Resume

Seperti namanya, layanan pembuat CV online ini cukup standar dan sederhana. Mereka tidak menawarkan sesuatu yang luar biasa dalam hal desain, tata letak, atau fitur. Standard Resume hanya cocok untuk kamu yang menyukai design minimalist tapi tetap terlihat profesional.

Standard Resume

Mimin merekomendasikan Standard Resume karena pembuat CV ini menawarkan opsi ‘impor data’ dari LinkedIn. Jadinya kamu bisa nggak perlu menghabiskan waktu hanya untuk mengetik semua detail yang diperlukan untuk membuat CV.

Resume Star

Satu lagi aplikasi membuat CV free untuk smartphone IOS adalah Resume Star. Kamu nggak perlu nih memiliki skill editing tinggi untuk membuat CV. Cukup atur penempatan informasi tentang data diri sesuai kebutuhan. Oh ya aplikasi ini menyediakan fitur spell check untuk mendeteksi kesalahan penulisan kata atau typo.

Baca Juga  Mengapa Server Yang Menggunakan SSD lebih Reliable Daripada Non-SSD?
Resume Star

Aplikasi hasil kembangan Qrayon, LLC ini juga menyediakan cara untuk mengupload dokumen CV yang baru saja dibuat ke Dropbox. Kamu bisa menggunakan aplikasi Resume Star dengan menggunakan sistem operasi IOS versi 11.4 atau yang lebih tinggi dan berukuran sekitar 3.4 MB saja.

Kick Resume

15 Situs Dan Tools Online Membuat CV Dan Portofolio - 2020

Nah template yang ada pada situs penyedia desain CV ini berbeda dari yang lain nih guys. Kick resume menyediakan template CV yang terbilang formal. Hanya saja yang membuat berbeda adalah bentuk dan warna pada desain CV ini lebih dinamis tanpa meninggalkan kesan profesional. Kamu bisa banget loh guys memilih template CV dari kurang lebih 50 desainer atau bisa membuatnya sesuai dengan kepribadian dan selera tanpa menggunakan template dari desainer yang sudah ada. 

Zety

Zety

Zety sendiri adalah nama baru atau perubahan nama yang dihasilkan dari template pembuatan CV online yaitu UpToWork. Zety menawarkan CV yang elegan, profesional, kreatif, dan modern. Template yang disediakan oleh zety kebanyakan adalah kombinasi dari warna putih, hitam, dan satu warna lain yang menguatkan kesan formal. Jika kamu memilih satu desain CV namun warna yang ada tidak sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa langsung menggantinya.

Clippings.me

Clippings.me

Bagi kamu yang seorang penulis, jurnalis atau bloggers, karya yang telah dipublikasikan merupakan penghargaan dan wajib diabadikan nih. Di Clippings.me kamu bisa dengan sesuka hati mendesain tampilan layar portofoliomu. Setelah itu kamu bisa menyertakan alamat url artikel atau tulisanmu yang telah dipublish sebanyak-banyaknya.  

Thebestdesigns

15 Situs Dan Tools Online Membuat CV Dan Portofolio - 2020

Website ini diperuntukkan khusus bagi kamu desainer yang ingin membuat portofolio desain-desain terbaik. Beberapa perusahaan juga biasa mencari desain atau web desain terbaik di sana. Nggak hanya itu, kamu juga bisa melihat trend desain terbaru yang pastinya bisa menjadi inspirasi. Caranya kamu hanya perlu log in di situsnya kemudian membuat tampilan layout yang pas untuk portofolio desain mu.

WordPress Portoflio

Terakhir, ada WordPress Portfolio yang sangat memungkinkan kamu untuk membuat situs portofliomu sendiri. WordPress juga sangat mudah digunakan bahkan untuk pengguna pemula yang belum pernah memiliki website sebelumnya. Caranya sama persis seperti membuat web pada umumnya di WordPress tetapi lebih berfokus untuk menampilkan karyamu.

Beberapa orang atau blogger telah banyak menggunakan WordPress sebagai portfolio untuk melamar pekerjaan lho. Hal ini karena website WordPress kamu mudah banget untuk diakses oleh recruiter. Semakin menarik maka akan menambah poin plus dan kredibilitas karya yang kamu ciptakan juga lho.

Jika saat ini kamu ingin memulai membuat WordPress dan butuh layanan hosting, kamu bisa menggunakan WordPress Hosting dari Exabytes nih dengan harga yang terjangkau pastinya.

Nah, itulah beberapa situs dan tools online untuk membuat CV dan portofolio. Kini kamu nggak perlu pusing lagi dalam mendesain sebuah CV atau meletakkan hasil kerjamu dalam sebuah portofolio yang menarik. Jika kamu nggak bisa menggunakan tools “bintang lima” offline yang biasa digunakan para expertise untuk membuat desain CV dan portofolio yang menarik.

Sekarang nggak ada alasan lagi kamu nggak bisa menggunakan tools offline karena online tools untuk membuat CV dan portofolio saat ini sudah banyak berkeliaran di internet. Hanya dengan 1 kali klik, kamu sudah dapat menemukan ratusan template yang menarik yang dapat kamu gunakan untuk membuat CV dan portofolio.

Semoga rekomendasi tools online untuk membuat CV dan portofolio dari mimin bisa bermanfaat untuk kamu yang lagi mau cari kerja tapi bingung untuk membuat CV dan portofolio dimana. Semoga berhasil ya guys! 

Credits : Aisya Damayanti Sumarno