Cara Menemukan dan Membeli Expired Domains Untuk Anda

0
2373

Expired domains dapat menjadi alat yang ampuh untuk memulai situs web baru atau untuk investor domain jangka panjang, tetapi menemukan domain yang tepat bisa seperti berjalan melintasi ladang ranjau yang mahal.

Beberapa domain kedaluwarsa dapat membantu situs baru mengalahkan Google Sandbox dan memberi peringkat secara instan untuk persyaratan yang relatif kompetitif.

Domain kedaluwarsa semakin populer karena suatu alasan, karena domain yang tepat dapat berfungsi dengan baik. Bahaya potensial bagi pemula adalah tidak memahami backlink yang baik dari yang buruk, yang masih berfungsi atau yang tidak.

Dibutuhkan banyak kerja keras untuk menemukan dan membeli domain lama yang bagus dan memastikan kamu mendapatkannya dengan harga yang tepat di pasar yang semakin panas.

Apa Itu Expired Domains?

Expired domains adalah domain yang pernah berisi situs web aktif, tetapi domain tersebut telah kedaluwarsa atau belum diperpanjang. Ini berarti tidak banyak situs aktif di domain tersebut.

expired domains

Ini berpotensi membuat domain kedaluwarsa menjadi sangat berharga. Sejarah situs lama ini, backlink yang mengarah ke sana, semuanya mengarah ke domain.

Jika situs memiliki sejarah panjang dan memiliki backlink yang bagus, ini bisa menjadi cara sempurna untuk memulai situs web kamu.

Ada jutaan domain kedaluwarsa, tetapi hanya sedikit yang layak untuk dikejar. Itu masih menyisakan ribuan hingga puluhan ribu domain kedaluwarsa yang layak yang dapat memberikan sumber asli yang serius untuk situs baru, atau memberikan sumber SEO melalui pengalihan ke situs yang ada.

Manfaat Dari Membeli Expired Domains

Membeli expired domains menawarkan banyak manfaat, tetapi empat manfaat berikut yang paling menonjol.

1. Branding

Branding yang baik sangat penting. Beberapa situs web mungkin memiliki nama yang mudah diingat atau dikenali. Mampu memanfaatkan ini bisa menjadi keuntungan utama menggunakan nama domain yang ada.

Ini dapat mengambil banyak bentuk, seperti:

  • Restoran lokal terkenal yang tutup, tetapi sejarah merek positif itu masih ada
  • Nama situs web yang terdengar profesional dengan situs web yang memiliki riwayat lalu lintas
  • Nama domain dengan sejarah panjang 20+ tahun dari berbagai situs di domain itu

Branding yang baik dapat menjadi manfaat utama dari rute domain yang kedaluwarsa, karena situs kamu dapat “meminjam” kredibilitas dan pencitraan merek dari riwayat situs lama untuk meningkatkan situs kamu.

2. Usia Domain

Secara umum, semakin panjang nama domain, semakin baik. Memiliki riwayat mesin pencari yang panjang adalah pertanda positif bagi Google dan mesin pencari lainnya.

Itu membuatnya lebih mudah untuk mengindeks konten baru, setidaknya sebagian kecil dari EAT dan bahkan mungkin salah satu dari ratusan faktor yang masuk ke dalam algoritme Google untuk menentukan peringkat halaman web.

Usia domain dapat menjadi positif, terutama jika domain tersebut memiliki riwayat 15 atau 20 tahun yang dapat dilihat di Wayback Machine.

3. Backlink Yang Ada

Tautan balik mengarah ke domain, jadi ketika situs tidak diperbarui, domain mengambil alih kekuatan tautan balik yang ada.

Beberapa niches yang berhasil ditemukan oleh banyak pembuat situs web adalah mencari surat kabar online yang sudah tidak ada atau situs web restoran yang sudah tidak ada.

Keduanya adalah situs yang cenderung mendapatkan banyak tautan seperti yang ada, dan beberapa di antaranya bisa mendapatkan tautan balik besar yang sulit ditemukan.

Profil backlink yang ada adalah aspek terpenting dari expired domains bagi sebagian besar pembeli potensial.

4. Lalu Lintas Yang Ada

Traffic atau lalu lintas yang ada adalah dorongan besar untuk situs web yang baru. Ini bisa jadi karena orang yang memasukkan nama domain bertanya-tanya situs web apa yang ada di sana, atau secara umum jika mereka mengetahui situs lama, mereka dapat mengetikkan nama untuk mengunjungi situs lama lagi atau memeriksa apa yang ada di dalamnya.

Lalu lintas saat ini adalah kesempatan untuk menunjukkan nilai Google secara langsung, dan lalu lintas dari sumber lain tidak hanya beragam dari Google, tetapi banyak SEO percaya bahwa lalu lintas dari berbagai sumber setidaknya merupakan indikator SEO yang ringan.

Ini juga lalu lintas yang ada dan setiap lalu lintas membangun merek kamu dan merupakan peluang untuk menghasilkan pendapatan.

Untuk Apa Menggunakan Expired Domains?

Expired domains memiliki banyak kegunaan dan menawarkan banyak nilai, antara lain:

Membangun Situs Otoritas

Ini adalah salah satu kegunaan paling umum untuk expired domains yang baik. Jika kamu menemukan domain dengan sejarah yang solid dan backlink dari sumber pemerintah seperti The New York Times, Business Insider, atau merek raksasa di niche, itu adalah awal yang baik untuk membuat situs web baru.

Profil backlink yang cukup baik dapat memberi tahu pembuat situs web berpengalaman bahwa membangun salah satu situs terbaik di niche adalah 100% dapat dilakukan berdasarkan di negara tersebut nama domain telah kedaluwarsa.

Situs otorisasi bisa sangat menguntungkan, dan jauh lebih mudah untuk membangun sekali dari domain kedaluwarsa daripada membangun dari awal.

Membangun PBN

Meskipun penggunaan PBN merupakan topik kontroversial di antara banyak orang dalam pembuatan situs web/komunitas SEO, hal ini tentu saja bisa sangat menguntungkan.

Mendapatkan backlink dari domain yang kuat akan menarik bagi pemilik situs web dan PBN dapat menjadi kuat dan menguntungkan jika dilakukan dengan benar.

301 Redirect ke Situs Utama

301 redirect adalah cara yang bagus untuk mendapatkan tautan balik dari domain lama yang telah kedaluwarsa dan memindahkannya ke situs web yang ada. Sangat penting untuk memastikan bahwa kamu memiliki teknisi yang baik yang dapat melakukan ini dengan benar.

Jika dilakukan dengan benar, 301 ini akan menautkan kembali nama domain yang kedaluwarsa ke situs kamu yang sudah ada, menawarkan potensi peningkatan yang sangat besar.

Pulihkan Situs Lama

Terkadang kamu berususan dengan situs web yang terlalu ambisius untuk keahlian kamu atau kamu tidak punya waktu. Itu kedaluwarsa, melewati pembeli potensial, dan ditinggalkan di sana.

Memulihkan domain lama dan membangun kembali situs nanti bisa sangat bermanfaat untuk domain kedaluwarsa yang kamu tahu memiliki beberapa riwayat.

Ini berfungsi jika kamu memiliki situs dengan konten hebat yang telah terpengaruh oleh taktik spam sebelumnya dan tidak dapat dipulihkan. Jika kontennya bagus, cari domain berkualitas yang kedaluwarsa untuk menyertakannya.

Ini dapat menghidupkan kembali situs.

Domain baru, profil backlink baru, dan fokus pada konten berkualitas untuk menghindari kesalahan lama yang dapat membuat situs lama dimasukkan ke URL baru akan membuahkan hasil.

Cara Menemukan dan Melihat Domain Yang Kedaluwarsa

Jadilah Selektif

Ada banyak domain yang kedaluwarsa, tetapi tidak semuanya memberikan dorongan besar. Jangan membayar lebih untuk domain kedaluwarsa dengan profil backlink yang tidak jelas, riwayat yang tidak lengkap, atau backlink yang tidak bagus dan berkualitas tinggi.

Meskipun mencari expired domains terbaik yang tersedia bisa memakan banyak waktu, lebih baik membeli domain kedaluwarsa yang bagus daripada domain yang “baik-baik saja”.

Sejarah Situs Web

Riwayat situs adalah bagian penting untuk menemukan domain kedaluwarsa yang bagus. Sejarah yang baik dapat membuat domain menjadi sangat kuat.

Hal-hal yang perlu diingat untuk riwayat domain meliputi:

  • Kapan pertama kali muncul di hasil pencarian?
  • Berapa tahun situs web aktif dibangun dengan nama domain itu?
  • Apakah ada riwayat spam, perjudian, konten dewasa, atau konten samar lainnya yang dapat menghukum situs?
  • Seberapa baru situs web aktif di domain?

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu menentukan bagaimana riwayat dapat memengaruhi kinerja nama domain lama saat ini.

Status Indeks Google

Saat kamu mengetik nama domain di Google, hasilnya masih muncul? Semakin lama domain tidak memiliki situs aktif, semakin banyak tautan yang akan hilang dari riwayatnya.

Jika nama domain yang baru kedaluwarsa masih muncul di hasil pencarian Google, meskipun itu hanya nama domain, itu pertanda baik bahwa ia masih mempertahankan sebagian besar kekuatannya.

Konten Sebelumnya

Gunakan Arsip Internet (alias Wayback Machine) dan alat lain untuk melihat konten sebelumnya. Kamu ingin menemukan kualitas konten yang ditampilkan dan kuantitasnya.

Seberapa besar situs sebelumnya? Bagaimana kualitas kontennya?

Gunakan alat seperti Ahrefs untuk melihat apakah posting tertentu menarik banyak backlink. Lihat URL dan pastikan untuk menyalin URL situs kamu saat membuat konten.

Kamu ingin memastikan bahwa tautan langsung dan lalu lintas dari sumber lama muncul di laman aktif situs kamu.

Backlink Berkualitas

Beberapa backlink hanya berkualitas tinggi. Tautan balik dari situs otoritas domain tinggi dengan EAT yang kuat membawa banyak bobot dan merupakan indikator yang baik bahwa riwayat domain yang kedaluwarsa cenderung bagus.

Kualitas backlink dalam suatu domain semakin baik.

Lalu Lintas

Jika domain kedaluwarsa masih mendapatkan lalu lintas, itu pertanda sangat baik. Artinya domainnya bisa dikustomisasi, situs tetap mendapatkan traffic/lalu lintas meski sudah tidak ada lagi, atau beberapa backlink masih mengirimkan traffic ke situs.

Salah satu dari ini adalah pertanda bagus bahwa kamu memiliki kandidat yang baik untuk domain yang kedaluwarsa, dan jika semuanya benar, bahkan lebih baik.

domain kedaluwarsa

Cara Membeli Domain Yang Kedaluwarsa

Membeli domain kedaluwarsa tidaklah sulit. Itu hanya melibatkan melalui proses di mana pun kamu membelinya.

Jika kamu membeli domain kedaluwarsa dalam lelang, kamu harus memiliki tawaran tertinggi di akhir lelang. Perlu diingat bahwa untuk domain lama yang bagus terbang di bawah radar, mungkin ada penembak jitu yang menunggu hingga menit terakhir untuk mengajukan tawaran besar, jadi gunakan alat “Tawaran Maksimum”.

Jika namanya ada di pasar, lihat apakah kamu bisa menegosiasikan harga untuk mendapatkan kesepakatan. Jika nama domain menghilangkan semua kesalahan dan hanya tersedia, buka registrar favorit kamu dan beli!

Bagian tersulit dari membeli domain kedaluwarsa yang baik bukanlah membeli tetapi menemukan expired domains terbaik yang mampu kamu aktifkan.

Kesimpulan

Expired domains menyediakan cara yang ampuh untuk memulai situs web atau menambahkan sumber daya layanan SEO tambahan ke situs web yang sudah ada.

Belajar mengobrak-abrik semua sampah untuk menemukan harta karun membutuhkan waktu dan menjadi lebih mudah dengan pengalaman. Namun, itu adalah keterampilan yang pasti layak untuk dikembangkan.

Domain lama yang tepat dapat menjadi titik awal, belum lagi pembuat perbedaan besar, untuk proyek situs web niche kamu berikutnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments