5+ Domain Termahal di Dunia, Harganya Hingga $30 Juta

0
1941

Domain merupakan hal penting yang tidak boleh kamu abaikan saat membuat website. Karena jika kamu tidak memiliki nama domain, maka akan sangat sulit bagi pengunjung untuk masuk ke website kamu.

Biasanya, untuk mendapatkan nama domain, kamu hanya perlu membayar puluhan hingga ratusan ribu. Namun entah kenapa harga sebuah domain bisa sangat tinggi lho, Exabytes friends.

Jadi, mengapa nama domain bisa sangat mahal? Coba temukan jawabannya melalui penjelasan di bawah ini karena kami akan membahasnya untuk kamu.

Mengapa Harga Nama Domain Bisa Sangat Mahal?

Kami telah merangkum setidaknya empat alasan mengapa harga domain bisa sangat mahal.

1. Menggunakan Domain Premium

Domain premium adalah domain bernilai tinggi dan lebih mahal daripada domain biasa yang ada.

domain termahal di dunia

Biasanya, nama domain premium memiliki fitur khusus yang panjangnya hanya 2-4 karakter. Keuntungan menggunakan domain premium bahkan bisa lebih mudah diingat dan meningkatkan branding kamu.

2. Mudah Untuk Diingat

Alasan kedua mengapa nama domain bisa mahal adalah karena mudah diingat oleh masyarakat umum. Tidak dapat disangkal bahwa memilih nama domain telah menjadi cara yang efektif untuk mengembangkan brand awareness.

Jika diperhatikan, di Indonesia sendiri, perusahaan besar seringkali memiliki website dengan nama domain yang mudah diingat.

Banyak pengguna cenderung lebih memilih alamat nama domain yang pendek dan mudah diingat karena mereka tahu bahwa nama domain yang terlalu panjang tidak akan mudah diingat.

Jadi, untuk mendapatkan nama domain yang mudah diingat, kamu seringkali harus bertarung dan bersaing dengan cepat dengan pengguna lain.

3. Merepresentasikan Brand

Selain mudah diingat, harga sebuah nama domain juga akan meroket ketika bisa mewakili sebuah brand.

4. Reputasi Bagus

Reputasi sebuah domain sangat berpengaruh terhadap harga jual. Karena yang membeli domain ini tidak perlu melakukan optimasi dari awal seperti membeli domain baru.

Bayangkan kamu membeli sebuah pabrik besar yang terkenal dimana-mana, otomatis usaha yang dikeluarkan untuk membangun sebuah pabrik menjadi besar dan terkenal bisa dikurangi, bahkan dihilangkan karena kamu “terima jadi”.

Jika kamu sedang menjalani proses “membesarkan” domain baru, kamu harus meluangkan banyak waktu dan upaya untuk membuat konten berkualitas. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mencegah domain agar tidak menerima spam, dll.

Apa Saja Nama Domain Termahal di Dunia?

Kamu sudah tahu beberapa alasan mengapa nama domain bisa beberapa kali lebih mahal, bukan? Sekarang, mari kita lihat beberapa domain yang super mahal dan mungkin tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Ini adalah ulasannya.

1. Voice.com

Pada daftar domain termahal adalah voice.com, senilai US$ 30 juta (IDR 445 miliar).

Pemilik domain ini adalah block.one, sebuah perusahaan inovatif. Block.one juga mengklaim bahwa domain tersebut akan menjadi cikal bakal platform media sosial.

2. 360.com

360.com adalah satu-satunya nama domain dengan semua huruf dan angka yang termasuk dalam daftar domain termahal ini.

Penjualan terakhir domain ini adalah pada tahun 2015, oleh seorang eksekutif Qihoo bernama Zhou Hongyi. Dia memutuskan untuk membuat merek yang dapat mencakup semua produk dan layanannya.

Domain 360.com diambil seharga US$ 17 juta, atau sekitar IDR 252 miliar.

3. CarInsurance.com

QuinStreet adalah perusahaan yang memiliki empat domain dengan harga fantastis. CarInsurance.com diakuisisi oleh QuinStreet senilai US$ 43,7 juta (IDR 738 miliar). Domain ini berhasil diambil alih pada tahun 2010.

Tujuan QuinStreet dalam memilih domain ini adalah untuk membuat situs website yang dapat membantu pengguna membuat keputusan dalam memilih asuransi terbaik.

Dengan empat domain yang termasuk dalam daftar ini, orang dapat menyimpulkan bahwa QuinStreet adalah perusahaan hebat yang tidak keberatan melakukan investasi jangka panjang dengan membeli nama domain yang mahal.

4. Insurance.com

Insurance.com adalah salah satu peringkat domain termahal kedua di dunia. Harga nama domain ini diperkirakan mencapai US$ 35,6 juta, atau sekitar IDR 529 miliar.

Lagi-lagi, siapa pun yang membeli domain ini adalah perusahaan yang membeli domain tersebut dengan harga yang fantastis, yaitu QuinStreet pada tahun 2010.

5. VacationRentals.com

VRBO adalah layanan rental populer dimana pengguna dapat memesan kunjungan singkat dengan pengguna lain.

Namun, perusahaan ini tidak selalu dikenal sebagai VRBO, hingga akhirnya VRBO berganti nama menjadi HomeAway.

VRBO membeli domain VacationRentals.com seharga US$35 juta atau IDR 520 miliar. Alih-alih membuat situs website dengan nama domain super mahal ini, mereka justru mengarahkannya ke situs vrbo.com.

Jadi ketika kamu mengunjungi vacationrentals.com maka secara otomatis akan dialihkan ke vrbo.com.

6. PrivateJet.com

PrivateJet.com adalah domain yang pada pandangan pertama mengacu pada sesuatu yang mewah. Ya, situs website persewaan jet. Nama domain ini dibeli dengan harga yang sangat bagus yaitu US$ 30,1 juta atau jika dikonversi ke IDR adalah 447 miliar dong. Domain ini telah berhasil dibeli oleh Nations Luxury Transportation, LLC, penyedia layanan perjalanan di Atlanta, AS.

7. Internet.com

Internet.com menempati urutan ketujuh di antara delapan domain termahal di dunia dengan harga US$ 18 juta atau sekitar IDR 267 miliar. Domain ini dimiliki oleh perusahaan yang sebelumnya membeli salah satu domain termahal, QuinStreet.com.

Penjual nama domain internet.com adalah penyedia berita global yang memutuskan untuk menjual nama domain ini untuk meningkatkan pendapatan bisnis dan fokus pada ide bisnis asli.

8. Insure.com

Di urutan kedelapan nama domain termahal adalah Insure.com, yang dijual seharga US$ 16 juta atau setara dengan lebih dari 237 miliar dong jika dikonversi ke rupiah. Pemilik domain ini adalah perusahaan bernama QuinStreet Inc. Domain Insure.com ini digunakan untuk situs website pemrosesan asuransi dan alat perbandingan asuransi. Fakta lain di kawasan ini adalah harga jual tahun 2009 meningkat 10 kali lipat dibandingkan penjualan tahun 2001 sebelumnya.

Setelah membaca daftar nama domain termahal di dunia, bagaimana menurut kamu? Apakah Exabytes friends membayangkan bahwa ingin “menciptakan” domain yang bernilai tinggi?

Karena jika dilihat dari delapan domain di atas, sebenarnya mereka adalah sejenis domain standar yang bahkan bisa kamu dapatkan dengan harga biasa. Hanya domain di atas yang memiliki nilai tinggi.

Jadi bagaimana membangun nilai domain sehingga setidaknya dapat meningkatkan popularitas atau bahkan menjadi domain dengan harga yang mahal?

Bagaimana Cara Meningkatkan Nilai Domain?

Meskipun tidak ada aturan keras dan cepat tentang cara meningkatkan nilai domain, kamu tetap dapat menerapkan empat hal berikut. Perhatikan baik-baik.

Dengan Media Sosial

Media sosial merupakan platform yang di era digital memiliki banyak pengguna. Sebagian besar waktu pengguna mengunjungi platform media sosial yang berbeda.

Dengan kesempatan emas ini, kamu dapat memaksimalkan media sosial sebagai promosi lintas platform untuk nama domain kamu.

Keuntungan yang bisa didapat disini adalah domain brand awareness dan tentunya personal branding untuk diri sendiri.

Konten Yang Berkualitas

Iklan saja tidak cukup untuk meningkatkan nilai domain tetapi juga dengan membuat konten yang berkualitas. “Content is king” masih relevan hingga saat ini. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu membuat dan menjaga konten yang berkualitas agar nama domain kamu memiliki reputasi dan nilai yang tinggi di mata pengguna dan mesin pencari.

Mencari Variasi Domain

Cara ketiga adalah dengan menggunakan lebih banyak nama domain selain .com, karena seperti yang kita ketahui bersama, domain .com sudah banyak digunakan oleh separuh website di internet. Jadi daftar nama yang tersedia berkurang karena sudah digunakan oleh orang lain.

Untuk menyiasatinya, kamu dapat menggunakan TLD selain .com seperti .id, .net, dll. Hindari TLD yang biasa digunakan untuk spam sebanyak mungkin.

Mempertahankan Rekor Baik Domain

Dari 3 cara di atas, mungkin ini cukup sulit bagi sebagian orang. Karena perawatan sebenarnya lebih sulit daripada membangun. Setelah kamu mempelajari tentang teknik SEO black-hat dan menerapkannya, domain kamu akan dikenakan sanksi oleh Google. Intinya, jangan pernah melakukan hal-hal yang melanggar aturan mesin pencari.

Dan yang terpenting, jangan pernah menggunakan nama domain kamu untuk membuat situs perjudian, pornografi, dan hal-hal ilegal lainnya jika tujuan kamu adalah meningkatkan nilai nama domain.

harga domain exabytes

Apakah Kamu Tertarik Untuk Membeli Domain Mahal?

Bagaimana Exabytes friends, setelah mengetahui daftar nama domain termahal di dunia, apakah kamu ingin membelinya? Di era internet saat ini, membeli nama domain dapat dilihat sebagai investasi jangka panjang. Tidak hanya itu, karena banyaknya pilihan nama domain yang masih terjangkau, peluang untuk memiliki nama domain pun selalu terbuka.

Lagi pula, kami juga telah menyediakan beberapa cara untuk meningkatkan nilai domain kamu. Jadi, jika kamu tertarik untuk memiliki domain, klaim domain murah dari Exabytes sekarang juga.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments