10 Fitur Microsoft Office 365, Kelola Bisnis Jadi Lebih Mudah!

29
7 min read

Microsoft merupakan salah satu perusahaan raksasa yang kian menggurita. Produk dari Microsoft juga sangat beragam, mulai dari Microsoft Cloud, Microsoft Security, Dynamics 365, Microsoft Industry, Azure, Microsoft 365, dan Microsoft Power Platform. 

Dari berbagai produk dari Microsoft tersebut, salah satu produk yang paling yang kian popular dan mendunia adalah Microsoft 365. Microsoft 365 pertama kali dirilis pada bulan Oktober tahun 2010. Namun pada awal peluncurannya, produk terbaru tersebut diberi nama “Office 365”.

Hingga pada tanggal 21 April 2020, Microsoft melakukan inovasi dengan menggelar rebranding untuk mengubah nama Office 365 menjadi Microsoft 365. Microsoft 365 yang meraup semakin banyak pengguna hingga saat ini memiliki tambahan fitur yaitu Microsoft Outlook. Microsoft 365 sendiri hingga tahun 2022 saat ini telah memikat sebanyak 270M pengguna.

Jumlah pengguna Microsoft 365 yang fantastis tersebut terus menjadi sorotan. Banyak masyarakat yang menjadi penasaran apa saja fitur Microsoft 365 yang menjadi unggulan hingga menarik perhatian banyak orang. Untuk pilihan berlangganan sendiri Microsof 365 memiliki versi Personal dan Bisnis. 

Harga dari Microsoft 365 memang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga Office 365 (versi lama). Microsoft 365 Personal ditawarkan dengan biaya berlangganan sebesar Rp114.000 per bulannya untuk satu pengguna saja. Sedangkan versi Bisnis dipatok dengan harga Rp163.000 per bulan untuk maksimal enam pengguna.

Seiring dengan peluncurannya pada April 2020 silam, Microsoft turut serta mengumumkan sejumlah fitur baru untuk aplikasi-aplikasi utama yang dimiliki oleh Microsoft 365. Aplikasi utama yang saat ini dimiliki oleh Microsoft 365 sendiri adalah Microsoft Teams, Outlook, Project, Excel, Word, OneDrive, PowerPoint, dan OneNote. 

Berkat semakin populernya dan begitu banyak pengguna yang berlangganan, membuat versi baru Microsoft 365 meraup pendapatan jauh lebih besar dibandingkan dengan versi Microsoft Office sebelumnya (versi klasik).

Nah, bagi Exabytes Friends yang masih minim informasi mengenai fitur Microsoft Office 365 terbaru, yuk simak selengkapnya pada artikel kali ini. Karena kita akan membahas mengenai beberapa fitur terbaru dan unggulan dari Microsoft 365 agar kalian tak ketinggalan update mengenai perkembangan teknologi terkini saat ini.

Fitur Microsoft Office 365

apa itu fitur microsoft office 365

Kalian pengguna setia dari Microsoft? Maka informasi fitur anyar yang dimiliki oleh Microsoft Office 365 wajib kalian ketahui. Langsung simak selengkapnya pada pembahasan di bawah ini, ya!

Fitur Flash Fill Pada Microsoft Excel

Fitur Microsoft Office 365 selanjutnya yang sangat bermanfaat dimiliki oleh Excel. Microsoft Excel dilengkapi dengan fitur Flash Fill yang berfungsi untuk mengenali semua jenis perubahan (editing) pada file Excel milik kalian.

Melalui fitur Flash Fill, Microsoft Excel akan secara otomatis melakukan penyesuaian data. Pengguna hanya perlu melakukan satu kali klik saja untuk menyetujui perubahan tersebut dan ingin melakukan pembaharuan data.

Fitur Pengecekan Grammar yang Lebih Canggih

Fitur Microsoft Office 365 yang terbaru dimiliki oleh Microsoft Word dan Microsoft Outlook. Kedua aplikasi tersebut kini dilengkapi dengan fitur Spelling & Grammar yang lebih canggih. Seperti Namanya, fitur Spelling & Grammar tersebut berfungsi untuk melakukan pengecekan apakah dokumen yang kita tulis masih memiliki kesalahan dalam ejaan (spelling) atau tata Bahasa (grammar).

Baca Juga  Microsoft Office 365: Fitur, Kelebihan, & Manfaatnya Bagi Bisnis

Untuk Microsoft Word, fitur tersebut dapat ditemukan pada menu File, lalu klik Opsi > Pemertiksaan > Periksa Ulang Dokumen. Sedangkan pada Microsoft Outlook, kalian akan menemukannya di bawah File > Opsi > Email > Ejaan dan Koreksi Otomatis.

Pada fitur terbaru tersebut, aplikasi Word dan Outlook memiliki peningkatan untuk kemampuan dalam pengecekan grammar dan daya penulisan. 

Akses Penyimpanan ke Cloud Storage

fitur microsoft office 365

Kelebihan Office 365 lainnya adalah memberikan bonus penyimpanan storage yang berbasis komputasi awan hingga sebesar 1 TB (Terabyte) di Microsoft OneDrive. Hal tersebut membebaskan pengguna untuk dapat menyimpan dan mengakses data serta file kapan pun dan di mana pun. Dengan berlangganan Microsoft 365, maka Exabytes Friends tidak perlu lagi membeli cloud storage terpisah karena Microsoft 365 telah menyediakannya secara gratis.  

Fitur Sinkronisasi Akun yang Semakin Mudah 

Jika kalian adalah seorang pelajar atau mahasiswa, tentunya kalian akan memiliki dua akun berbeda, bukan? Satu akun digunakan untuk kebutuhan pribadi, sedangkan satu akun lainnya diperlukan untuk keperluan akademis, seperti masuk ke website sekolah atau kampus.

Nah, begitu pula jika Exabytes Friends adalah seorang pekerja. Pasti kalian memiliki dua akun berbeda yang digunakan untuk urusan pribadi dan pekerjaan. Oleh sebab itu, aplikasi OneDrive terbaru yang dimiliki oleh Microsoft telah menawarkan penggunanya kemudahan berpindah atau bertukar akun secara mudah dan cepat.

Pengguna Microsoft OneDrive pun dapat melakukan sinkronisasi semua akun yang dimiliki melalui desktop, ponsel android, bahkan tablet tanpa ada kendala apa pun.

Layanan Bebas Panggilan Internasional Dengan Skype

fitur microsoft office 365

Salah satu fitur Microsoft Office 365 yang sangat berguna adalah memiliki layanan yang telah tersambung secara otomatis dengan Skype, maka siapa pun yang berlangganan Microsoft 365 akan mendapatkan layanan panggilan internasional gratis selama 60 menit untuk setiap bulan (tergantung pula dari wilayah). Exabytes Friends juga akan lebih mudah untuk menggunakan beberapa fitur premium dari Skype, seperti voice mail, membuat panggilan ke darat, dan SMS. 

Fitur dari Skype yang dimiliki oleh Microsoft 365 juga memungkinkan kalian untuk terhubung secara praktis dan mudah dengan mitra bisnis atau rekan kerja di perusahaan bahkan di seluruh dunia. Melalui Skype, kita dapat menggunakan berbagai fitur dan layanan seperti panggilan video, IM, suara, hingga dapat melihat kontak yang tersedia secara online, dalam rapat, atau pada saat sedang melakukan presentasi.

Wah, lengkap sekali ya Exabytes Friends fitur yang dimiliki oleh aplikasi Skype dari Microsoft 365. Yuk, langsung saja beli Office 365 melalui Exabytes agar kalian tak ketinggalan mengenai fitur dan layanan terbaru mereka.

Dapat Dipakai Pada Beberapa Perangkat Sekaligus

Fitur Microsoft Office 365 selanjutnya yang tak kalah fungsional yaitu dapat digunakan pada beberapa perangkat atau device sekaligus. Microsoft Office 365 tidak hanya dapat digunakan pada satu perangkat saja, tetapi banyak perangkat. Exabytes Friends dapat menggunakan Microsoft 365 melalui laptop dengan Operating System MacOS atau Windows, tablet, atau pun melalui smartphone.

Keistimewaan lain juga didapatkan oleh pengguna Microsoft Office 365 untuk bisnis, kalian dapat menggunakan layanan bisnis secara bersamaan pada enam perangkat pengguna sekaligus. Sehingga proses koordinasi dalam pekerjaan bisnis dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Sangat bermanfaat sekali, bukan? 

Baca Juga  Perbedaan Microsoft Office 365 dan Microsoft Office 2019

Yuk, jika Exabytes Friends ingin beli Microsoft Office 365, segera kunjungi laman Exabytes, ya! 

Dilengkapi dengan Fitur Layanan Microsoft Office 365 Education

fitur microsoft office 365 education

Keunggulan selanjutnya dari fitur Microsoft Office 365 adalah terhubung dengan layanan Office 365 for Education. Layanan tersebut sangat membantu pengguna Microsoft yang masih berstatus pelajar untuk kebutuhan belajar mereka. Para pelajar yang memiliki Live ID akan dapat mengakses Outlook Live, Windows Live Spaces, Windows Live Messenger, Windows Live SkyDrive, Windows Live Mobile, dan lainnya. 

Fitur Office 365 Planner

Fitur selanjutnya dari Microsoft 365 yang dapat membantu kalian dalam mengelola bisnis adalah “Office 365 Planner”. Fitur satu ini sangat bermanfaat untuk kalian yang sering bekerja secara berkelompok. 

Microsoft pertama kali meluncurkan fitur ini secara preview pada bulan Desember 2015. Sebenarnya, Office 365 Planner memiliki fungsi yang hampir sama seperti Trello dan Asana. Fungsi utamanya yaitu untuk melakukan manajemen proyek untuk tim.

Fitur Edit PDF

Bagi pemilik bisnis atau pekerja, bersinggungan dengan dokumen PDF adalah sebuah hal yang sering dialami. Proposal, laporan keuangan, report, atau dokumen lainnya sering hadir dalam bentuk PDF. Oleh karena itu, melalui fungsi terbaru yang dimiliki oleh Microsoft, pengguna akan lebih mudah untuk melakukan editing pada dokumen PDF secara langsung tanpa harus mengubahnya ke dalam format Word.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan konversi dokumen dari PDF ke Word secara mudah dan anti-ribet. Sudah penasaran ingin mencobanya? Langsung saja berlangganan Microsoft 365, yuk! 

Beberapa Fitur Terbaru Microsoft Office 365 Lainnya Untuk Mempermudah Proses Bisnis

Selain Sembilan fitur dari Microsoft 365 yang sudah kita diskusikan di atas, ada beberapa fitur terbaru dari Microsoft 365 yang sangat bermanfaat untuk bisnis kalian, loh! Fitur-fitur tersebut yaitu “Video Looping” pada PowerPoint, fitur “Meet Now” pada Skype untuk melakukan video meeting tanpa harus sign up terlebih dahulu, fitur “Konsumen” pada Teams, serta fitur “Money” untuk mengatur pengeluaran keuangan di Excel. 

Kesimpulan

mempermudah proses bisnis

Microsoft Office 365 yang mulai diperkenalkan pada publik sejak tahun 2010 telah menyedot perhatian semua orang. Banyak perusahaan dan pelaku bisnis yang menggunakan layanan Microsoft 365 untuk membantu agar pekerjaan berjalan lancar meskipun secara daring. Hingga akhirnya versi lengkap dari Microsoft Office 365 dirilis pada bulan Juni 2011. 

Microsoft 365 semakin diminati lantaran memiliki berbagai keunggulan menarik. Keunggulannya yaitu layanan bebas panggilan internasional setiap bulan menggunakan skype, akses penyimpanan ke cloud storage, dapat digunakan di berbagai perangkat sekaligus, layanan customer service 24 jam, memiliki tingkat keamanan yang canggih, dilengkapi dengan office 365 education, menyediakan berbagai aplikasi penunjang yang lengkap, biaya berlangganan yang fleksibel, mempermudah proses bisnis. 

Fitur Microsoft 365 juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi penunjang, diantaranya OneDrive, Skype, Yammer, SharePoint Online, Office 365 Education, Microsoft Teams, Outlook Online, dan Delve Board. Berdasarkan biaya berlangganan, Microsoft 365 dikelompokkan menjadi Home, Business, Business Premium, ProPlus, dan Enterprise.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai fitur Microsoft Office 365. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website atau digital marketing maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes sebagai perusahaan hosting Indonesia juga menyediakan jasa web hosting, loh! Untuk selengkapnya Exabytes Friends dapat mengunjungi laman Exabytes, ya.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments