Apa Itu Router? Pengertian, 6 Fungsi, Jenis dan Cara Kerja

156
blog exabytes
8 min read

Penasaran bagaimana cara Exabytes Friends terhubung ke internet? Router adalah perangkat yang berperan penting dalam menghubungkan ke internet. Proses ini juga disebut routing. Tanpa proses yang satu ini, perangkat tidak dapat menjelajah dunia maya.

Jadi bagaimana kita menghubungkan internet ke perangkat yang kita gunakan? Exabytes Friends simak penjelasan di bawah ini tentang apa itu router sendiri, fungsinya, jenis-jenisnya, dan cara kerjanya ya!

Apa Itu Router?

Router adalah sebuah perangkat yang fungsinya untuk mengirimkan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain melalui proses routing. Dalam pengertian lain, router mengelola lalu lintas antar jaringan dengan meneruskan paket data ke alamat IP tujuan mereka.

Router kemudian memungkinkan beberapa perangkat untuk menggunakan koneksi internet yang sama. Juga, konsep router adalah perangkat keras jaringan komputer yang dirancang untuk mengirim paket data dari satu perangkat komputasi ke perangkat lain melalui jaringan atau internet, proses yang disebut routing.

router

Apa Fungsi Router?

Seperti disebutkan sebelumnya mengenai apa itu router ya, router biasanya digunakan untuk mengelola lalu lintas jaringan dan berbagi koneksi internet dengan beberapa perangkat lain. Router juga bertanggung jawab untuk menganalisis atau mengubah sesuatu dengan mengirimkan data.

Analisis yang dilakukan router memungkinkan router untuk mengubah data internet dan membaginya dengan jaringan lain. Hal ini memungkinkan untuk satu jaringan di beberapa perangkat. Fitur atau fungsi-fungsi lain dari router meliputi:

Menghubungkan Jaringan

Fungsi pertama dari router adalah sebagai penghubung jaringan. Seperti disebutkan sebelumnya, router memiliki kemampuan untuk menghubungkan beberapa jaringan, memungkinkan pengguna untuk mengirim paket data dari satu jaringan ke jaringan lain.

Proses koneksi bekerja dengan mendistribusikan alamat IP ke setiap komputer di jaringan baik secara statis maupun melalui DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).

Mengirimkan Informasi

Fungsi kedua dari router adalah untuk mengirimkan informasi. Fungsi lain dari router adalah untuk mengirimkan informasi atau data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Sistem ini bekerja seperti network bridge atau jembatan jaringan.

Menghubungkan Jaringan ke DSL (Digital Subscriber Line)

Fungsi ke tiga dari router adalah untuk menghubungkan jaringan lokal Exabytes Friends ke koneksi DSL (Digital Subscriber Line), umumnya dikenal sebagai router DSL. Teknologi router menjadi lebih maju, menggunakan teknologi nirkabel serta koneksi LAN kabel.

Menyaring Paket Data (Packet Filtering)

Fungsi router ke empat adalah untuk menyaring paket data internet saat mereka melakukan perjalanan melalui jaringan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan aturan filter untuk penyaringan paket berdasarkan alamat IP, opsi IP, port Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP), dan dengan menggunakan jenis pesan ICMP (Internet Control Message Protocol).

Proses penyaringan ini meningkatkan kinerja jaringan internet Exabytes Friends dan mencegah badai siaran yang memperlambat jaringan internet.

File Sharing and Peripherals

Fungsi terakhir dari router adalah memungkinkan sumber daya jaringan internet untuk dibagikan dengan perangkat tertentu di kantor, seperti printer, mesin faks, scanner, dan berbagai layanan penyimpanan file.

Administrator jaringan dapat mengatur semua perangkat ini dengan router untuk digunakan di seluruh organisasi dengan jaringan berbasis internet. Dengan beralih ke sistem terpusat melalui internet melalui router, fungsi ini memungkinkan Exabytes Friends untuk mengurangi biaya pembelian mesin cetak.

Apa Itu Router? Pengertian, 6 Fungsi, Jenis dan Cara Kerja - 2022

Jenis-Jenis Router Berdasarkan Mekanismenya

Jenis router yang pertama dapat dikategorikan berdasarkan mekanismenya. Secara mekanis, router dapat berkolaborasi dengan tabel routing dalam dua cara, yaitu statis dan dinamis. Kedua cara ini masuk ke dalam dua jenis router, antara lain router statis dan router dinamis.

Lalu apa itu router statis dan router dinamis? Di bawah ini adalah deskripsi dari keduanya.

Router Statis

Apa itu router statis? Saat menggunakan router statis, administrator secara manual mengelola proses penguncian untuk router tersebut. Semua bentuk pemblokiran oleh tabel routing dilakukan secara manual oleh administrator.

Administrator bertanggung jawab untuk melakukan semua jenis proses pemblokiran, mulai dari membuat rute, menghapus rute, memindahkan rute, dll. Mengontrol hak akses atau permission yang ada para router.

Kelebihan router statis:

  • Terdapat semacam filtering oleh administrator.
  • Meringkankan kerja processor router.
  • Lebih aman dibandingkan dengan router dinamis.

Kekurangan router statis:

  • Administrator wajib memahami tentang sistem dan juga command yang ada pada tabel routing.
  • Hanya dapat digunakan untuk skala yang kecil.
  • Mudah untuk melakukan kesalahan dalam entri data routing statis yang dilakukan secara manual.

Router Dinamis

Apa itu router dinamis? Jenis router dinamis, juga dikenal sebagai dynamic router. Ini adalah kebalikan dari router statis, dan tentu saja router dinamis ini memiliki sedikit keunggulan dibandingkan router statis.

Yang penting, router dinamis ini bekerja dengan sendirinya, tergantung pada apa yang diperintahkan oleh administrator. Tentu saja, router dinamis ini juga membutuhkan administrator. Namun, fungsionalitas administrator ini kurang kompleks daripada administrator static routing.

Administrator dynamic routing hanya memiliki tugas untuk mengamati proses routing yang sedang berlangsung dan menentukan bagaimana routing dinamis melakukan proses routing.

Kelebihan router dinamis:

  • Sangat nyaman dan efisien karena router bekerja secara otomatis.
  • Membuat pekerjaan administrator lebih mudah dan menghilangkan kebutuhan administrator untuk sepenuhnya memahami bagaimana tabel routing dibuat.
  • Cocok untuk jaringan besar dan sibuk seperti persyaratan routing di ISP baseband dan broadband.

Kekurangan router dinamis:

  • Kecepatan dalam mengenal dan kelengkapan IP Tabel yang cenderung lama.
  • Beban kerja terhadap router menjadi lebih berat karena selalu memperbaiki IP Table dalam waktu yang tertentu.

Router Wireless

Apa itu router wirelss? Jenis router ini tidak spesifik. Artinya, itu bisa berupa router statis atau router dinamis. Seperti namanya, router wireless adalah jenis router yang beroperasi secara nirkabel dan mengandalkan konektivitas nirkabel melalui media udara.

Router WiFi ini sangat populer saat ini karena sangat nyaman. Tentu saja, secara fungsional tidak ada bedanya dengan jenis router lainnya.

Kelebihan router wireless:

  • Dapat bekerja sebagai router statis atau router dinamis.
  • Dapat berperan sebagai access point, sehingga bisa langsung terkoneksi dengan komputer ataupun perangkat lain.
  • Mudah diletakkan dimanapun.

Kekurangan router wireless:

  • Koneksi bisa lebih lambat jika diganggu oleh gelombang lain yang ada disekitarnya.
  • Kurangnya tingkat keamanan karena informasi pribadi bisa jadi diakses orang asing.

Jenis-Jenis Router Berdasarkan Pengaplikasiannya

Selain router berdasarkan mekanisme routing, router juga dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan penggunaannya. Ketiga router tersebut adalah router hardware, router software, dan juga router PC.

Jadi apa itu router hardware, router software, dan router PC? Berikut ini adalah ketiga jenis router tersebut.

Router Hardware

Router hardware adalah sistem perangkat yang dapat berbagi, mengirim, dan berbagi alamat IP. Router ini adalah jenis router yang paling umum digunakan karena berfungsi dengan baik dalam menjalankan proses routing.

Router hardware yang sebenarnya terlihat seperti modem dengan banyak port. Karena itu, router hardware seringkali lebih mudah dikenali daripada router software dan router PC.

Router Software

Router software adalah program atau aplikasi yang mengubah PC yang menjalankan sistem operasi menjadi router. Router software adalah perangkat lunak yang dapat diinstal pada sistem operasi komputer seperti Windows, Linux, dan macOS.

Ini berarti Exabytes Friends juga dapat menggunakan PC sebagai router. Software yang biasa digunakan sebagai router antara lain WinGate, WinRoute, dan SpyGate.

Router PC

Router PC adalah sistem operasi dengan kemampuan untuk berbagi alamat IP. Bentuk router PC adalah komputer yang dirancang untuk bertindak sebagai router.

Exabytes Friends tidak perlu spesifikasi tinggi. Komputer untuk router PC minimal Pentium 2 dengan hard disk 10 GB dan RAM 64. Router PC siap digunakan segera setelah menginstal sistem operasi khusus seperti Mikrotik OS.

Router PC ini berbeda dari router software. Dimana software router adalah software yang dapat memberikan PC fungsionalitas tambahan sebuah router, router PC ini adalah router yang sengaja dipasang di PC agar PC hanya dapat berfungsi sebagai router.

cara kerja router

Bagaimana Cara Kerja Dari Router?

Cara kerja router sangat sederhana. Router dapat dibandingkan dengan Air Traffic Controller (ATC), paket data, atau internet seperti pesawat terbang. Setiap pesawat memiliki tujuannya sendiri. Semua pesawat membutuhkan panduan untuk mencapai tujuan mereka seefisien mungkin.

Router berfungsi di sini. Sama seperti pengontrol lalu lintas udara, router memastikan bahwa setiap pesawat mencapai tujuannya tanpa tersesat atau bingung di jalan. Router membantu meneruskan paket data secara efektif ke alamat IP yang diinginkan.

Untuk routing paket data secara efektif, router menggunakan tabel routing internal yang mencantumkan jalur ke berbagai tujuan jaringan. Router membaca header paket aliran untuk menentukan ke mana harus mengirimnya.

Router kemudian menggunakan tabel routing untuk menentukan jalur yang paling efisien atau tercepat ke tujuan tersebut. Router kemudian meneruskan paket jaringan berikutnya di jalurnya.

Lalu, Apa Perbedaan Antara Router Dengan Modem?

Modem modern sering kali memiliki router bawaan, sehingga dapat membingungkan untuk mengetahui perbedaan antara modem dan router. Tetapi siapa pun yang mengingat hari-hari awal internet tahu bahwa ia melayani banyak fungsi yang berbeda.

Exabytes Friends memerlukan modem untuk terhubung ke internet melalui ISP. Router diperlukan untuk menghubungkan banyak perangkat di jaringan, termasuk modem.

Modem adalah saluran yang mengirim data ke internet dan menerima data dari internet. Modem diperlukan karena jenis sinyal yang digunakan oleh komputer berbeda dengan jenis sinyal yang biasa digunakan di internet.

Komputer dan perangkat seluler menggunakan sinyal digital, tetapi internet menggunakan sinyal analog. Modem mengubah sinyal-sinyal ini ke dalam format yang benar. Oleh karena itu, konversi sinyal ini merupakan fungsi khusus modem. Fungsi router adalah untuk mengkondisikan sinyal-sinyal ini.

Jadi Sekarang Sudah Tahu Lebih Mengenai Router?

Router adalah perangkat yang memungkinkan perangkat Exabytes Friends terhubung ke jaringan internet dengan mengirimkan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain.

Router menggunakan tabel routing untuk mengontrol jaringan data dan menentukan jalur yang diambil paket untuk mencapai tujuannya.

Saya harap artikel ini bermanfaat bagi Exabytes Friend, jangan lupa untuk terus update tentang hal-hal menarik lainnya di Blog Exabytes ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments