Catat! Ini 10 Kesalahan dalam Memilih Hosting yang Wajib Dihindari

399
10 Kesalahan Dalam Memilih Hosting
7 min read

Saat membuat website, kamu tidak hanya membutuhkan nama domain tetapi juga hosting. Akan tetapi, memilih hosting bukanlah perkara yang mudah karena memang harus disesuaikan dengan kebutuhan website itu sendiri. Untuk itu, pastikan kamu tidak melakukan kesalahan dalam memilih hosting.

Salah satu langkah untuk mendapatkan web hosting terbaik adalah dengan mengetahui bagaimana cara menghindari kesalahan dalam memilih hosting. Simak selengkapnya di artikel ini!

Mengenal Hosting

Mengenal hosting dan bagaimana menghindari kesalahan memilih hosting
Hosting menyediakan layanan penyimpanan data suatu website. (Sumber: flickr –  Arafen Don)

Hosting adalah salah satu hal penting bagi website yang berguna untuk menyimpan semua  jenis data yang ada di website. Data tersebut bisa berupa gambar, video, atau lainnya. Cara memilih hosting terbaik adalah dengan mengetahui kebutuhan penyimpanan website yang hendak atau sedang kamu jalankan.

Fungsi Utama Hosting

Fungsi utama hosting
Web hosting memiliki beberapa fungsi penting yang berhubungan dengan penggunaan website. (Sumber: pixabay –  WilliamCreativity)

Agar kamu tidak melakukan kesalahan dalam memilih hosting, pastikan terlebih dahulu kamu tahu apa saja fungsi utama web hosting. Alhasil, kamu bisa memaksimalkannya sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah 3 fungsi utama hosting yang harus kamu ketahui:

Tempat Penyimpanan Data

Fungsi utama dari web hosting adalah tempat penyimpanan data atau file dari aplikasi atau website secara online agar bisa diakses oleh para pengguna internet. Kita juga bisa mengibaratkan hosting sebagai sebuah perpustakaan di mana website menjadi bukunya.

Kamu juga bisa membaca artikel tentang perbedaan plesk dan cPanel agar semakin memahami hosting lebih dalam.

Fungsi lain dari hosting adalah sebagai redirection dari sebuah Domain Name Server (DNS). Meskipun website kamu terdaftar dalam DNS namun tidak dimasukkan dalam web hosting, maka tidak akan ada satu orang pun yang bisa mengakses website kamu. Bahkan bisa jadi orang-orang melihat notifikasi error saat hendak mengaksesnya.

Yuk cari tahu juga apa cara mengatasi error 403 forbidden agar situs kamu tetap bisa berjalan dan dapat diakses oleh para pengunjung.

Menjaga Website atau Aplikasi tetap Online

Fungsi ketiga dari hosting juga tidak kalah penting dan fungsi satu ini hanya bisa kamu dapatkan dari hosting. Itulah kenapa kamu tidak boleh melakukan kesalahan apapun dalam memilih hosting.

Hosting akan menjaga dan memastikan website tetap online tanpa masalah. Hal ini yang kemudian memungkinkan pengguna internet bisa mengakse website kamu kapan saja dan di mana saja.

Sekarang, kamu juga bisa mulai mencari tahu apa saja jenis hosting agar bisa mendapatkan pilihan tepat tanpa melakukan kesalahan saat memilihnya.

Baca Juga  10 Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Website Anda

Kesalahan Memilih Hosting

Kesalahan dalam memilih hosting
10 Kesalahan dalam memilih hosting yang harus dihindari. (Sumber: pixabay –  Fotocitizen)

Hosting memiliki peran vital untuk website dan keberadaan online sebuah bisnis. Sayangnya, hosting tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan sebuah website karena beberapa hal. Tidak jarang pula orang-orang membuat kesalahan dalam memilih hosting yang bisa berakibat fatal.

Berikut adalah kesalahan dalam memilih hosting yang harus kamu hindari guna memastikan bahwa hosting yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan penyimpanan situs milikmu.

Menggunakan Hosting Gratis

Layanan gratis memang menarik dan menggiurkan karena kamu bisa menikmatinya tanpa harus mengeluarkan uang. Sayangnya, ini merupakan kesalahan dalam memilih hosting yang masih banyak dilagukan oleh banyak orang. 

Alih-alih menggunakan hosting gratis, kamu bisa memilih hosting dengan harga terjangkau seperti shared hosting. Dengan demikian, kamu tetap bisa menikmati layanan hosting tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak.

Tertipu Harga

Kesalahan lain memilih hosting adalah tertipu dengan harga. Harga yang kamu lihat di website penyedia hosting memang tertulis dengan jelas dan besar, namun kamu tetap harus teliti. Pastikan bahwa harga yang ditawarkan memang harga yang sebenarnya sehingga kamu tidak akan lagi dibebankan dengan biaya lain setelah memilih layanan hosting.

Memilih Hosting yang Tidak Memberikan Jaminan Pengembalian Uang

Ada banyak penyedia hosting, jadi bagaimana kamu bisa menjamin bahwa kamu akan memilih perusahaan terpercaya? Memilih hosting yang tidak memberikan jaminan uang kembali juga termasuk kesalahan yang harus kamu hindari.

Ajukan beberapa pertanyaan dan tanyakan apakah uang kamu akan kembali apabila layanan tidak sesuai dengan yang penyedia hosting janjikan di awal. Luangkan waktu untuk membaca persyaratan dan ketentuan tentang garansi pengembalian uang.

Contohnya seperti Exabytes, penyedia hosting murah berkualitas yang memberikan jaminan garansi 100 hari uang kembali tanpa syarat bagi penggunanya.

Mengabaikan Kualitas Layanan Pelanggan

Memilih hosting berarti kamu akan menggunakan layanan hosting tersebut dalam jangka waktu tertentu. Kamu tentu tahu apa kegunaan hosting untuk bisnis online

Hosting yang bermasalah akan mempengaruhi bisnis yang kamu jalankan. Meskipun kamu memiliki pengetahuan tentang hosting, tapi akan lebih baik jika penyedia hosting membantu membenahi masalah hosting yang kamu alami. Itulah kenapa kamu tidak boleh mengabaikan kualitas layanan pelanggan.

Memilih Paket Hosting yang Salah

memilih paket hosting yang salah
Memilih paket hosting yang salah adalah kesalahan yang harus kamu hindari. (Sumber: flickr – web hostify)

Kesalahan satu ini bisa berakibat fatal. Apabila kamu memilih paket hosting yang salah, besar kemungkinan hosting tersebut tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh website. Untuk bisnis yang sudah memiliki pelanggan dan mengharapkan traffic yang cepat, maka paket yang tinggi adalah yang paling sesuai.

Tidak Siap Melakukan Pembaruan

Saat website tidak lagi mampu menampung traffic yang besar, tidak ada pilihan lain selain memperbarui paket hosting yang dimiliki. Dalam kondisi seperti ini, kamu tentu harus mempersiapkan banyak hal. Jika tidak, maka besar kemungkinan kamu akan melakukan kesalahan dalam memilih hosting.

Pelajari apa saja langkah yang dilakukan saat migrasi hosting dan jangan lupa untuk bertanya pada penyedia hosting terpilih apabila kamu tidak tahu hal penting apa saja yang harus dipersiapkan untuk pembaruan paket hosting.

Tidak Melakukan Backup Secara Berkala

Seberapa sering kamu melakukan backup data? Web hosting harus memastikan keamanan data penggunanya dengan maksimal. Kehilangan data bisa terjadi kapan saja dan menimpa kapan saja tanpa terkecuali.

Baca Juga  Perbedaan SSD vs HDD Hosting: Semua yang Perlu Anda Tahu

Hosting memang menyediakan backup data, tetapi tidak ada salahnya jika kamu juga melakukan backup eksternal secara berkala untuk menghindari kondisi terburuk yang berkaitan dengan data.

Mengoperasikan Semua Website di Satu Hosting

Saat menjalankan banyak situs, hindari penggunaan satu akun hosting meski ini nampak begitu praktis. Mengoperasikan semua website di satu hosting sebenarnya bukan ide yang bagus. Justru ini adalah kesalahan yang tidak boleh kamu lakukan saat memilih hosting.

Semua website akan down secara bersamaan apabila terjadi crash pada server. Tanyakan pada penyedia hosting apakah mereka bisa membagi akun kamu di beberapa server. Mungkin saja mereka memberikan opsi penggunaan host terpisah untuk setiap situs kamu.

Berbicara tentang hosting, tidak lengkap jika tidak mencari tahu tentang cPanel sebagai salah satu control panel terbaiknya. Ketahui apa itu cPanel melalui artikel ini.

Tidak Melakukan Riset

Dengan banyaknya penyedia hosting Indonesia, kamu pasti bingung menentukan pilihan. Masing-masing dari mereka menawarkan produk dan layanan yang menarik. Tetapi apakah penawaran menarik tersebut akan benar-benar kamu dapatkan setelah membeli hosting?

Agar tidak tertipu dan salah memilih hosting, lakukan riset. Cari tahu seperti apa penyedia hosting tersebut, produk dan layanan apa saja yang mereka tawarkan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan. 

Tidak Menyadari Keterbatasan

Selain memiliki kelebihan, penyedia hosting juga memiliki kekurangan serta batasan layanan. Dalam beberapa kasus, keterbatasan tersebut bisa membahayakan bisnis kamu. Apabila kamu tidak menyadari hal tersebut, maka kamu telah membuat kesalahan dalam memilih hosting.

Temukan penyedia hosting yang bisa menyesuaikan paket hosting seiring dengan pertumbuhan bisnis kamu. Bukan tidak mungkin suatu hari nanti kamu ingin layanan yang lebih tanpa mengurangi kecepatan website

Kesimpulan

Hosting memungkinkan kamu menyimpan sebanyak mungkin file dan data di website. Tetapi, tidak semua jenis dan pilihan hosting bisa memberikan apa yang kamu butuhkan. Itulah kenapa kamu tidak boleh melakukan kesalahan dalam memilih hosting.

Untuk kamu yang masih bingung dalam menentukan hosting yang tepat, cari tahu kebutuhan penyimpanan website dan diskusikan dengan penyedia hosting yang hendak kamu pilih, ya!

2022 hampir datang nih, Exabytes Friends! Sudah persiapkan diri untuk mulai go online belum? Yuk, ini #WaktunyaUntukMulai! Psstt… Ada promo Exabytes 12.12 Year End Sale mulai dari diskon Hosting hingga 75% dan potongan 85% produk VPS khusus untuk kebutuhan website yang kamu kelola!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments