Mau Berbisnis? Intip 12 Ide Bisnis Bulan Ramadhan Ini!

188
7 min read

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Dimana nikmatnya ibadah yang terus bertambah, pahala yang dihasilkan berlipat ganda, dan rezekinya pun inshaallah akan terus mengalir.

Berbagai macam ide bisnis bisa kita coba saat Ramadhan tiba. Peluang bisnis di bulan Ramadhan ini pun cukup terbuka. Mulai dari berjualan takjil, makanan beku atau frozen food hingga hampers untuk lebaran. Banyak sekali ide bisnis bulan ramadhan yang sayang untuk dilewatkan. Untuk produk usahanya juga tak perlu melulu hasil produksi kamu sendiri. Kamu bisa juga bekerjasama dengan produsen yang akan kamu jual produknya.

Lalu, apa saja ide bisnis bulan ramadhan yang bisa dicoba?

Ingin tahu apa saja saja ide bisnis bulan Ramadhan yang boleh dicoba? Sudah kami rangkum lho untuk referensi Exabytes yang bisa banget dilakukan. Nggak perlu modal besar kok untuk mencoba ide bisnis ini. Scroll down sampai akhir yaa~


Usaha Takjil

Takjil menjadi salah satu hal yang sangat dicari-cari pada saat bulan Ramadhan. Banyak orang yang berburu takjil pada saat menjelang buka puasa. Terlebih lagi memulai usaha takjil ini tidak memerlukan modal yang cukup besar karena bisa diolah secara rumahan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Oleh karena itu, menjual takjil bisa menjadi salah satu ide bisnis di bulan Ramdhan yang menarik untuk dicoba. Takjil yang bisa dijual antara lain kue, jajanan pasar, snack, gorengan dan masih banyak lainnya.

Lauk Matang

Selain takjil, kamu juga bisa menjual aneka lauk matang. Lauk matang banyak diburu oleh pada bulan ramadhan. Pasalnya, ketika bekerja banyak orang yang tidak sempat untuk memasak menu berbuka puasa.

ide bisnis bulan ramadhan
Hidangan seperti lauk matang dapat menjadi peluang ide bisnis bulan puasa (Sumber: Adobe Stock Photo)

Selain itu, makanan matang ini juga bisa menjadi pilihan untuk dihangatkan kembali saat sahur. Misalnya, kamu bisa menjual ayam asam manis, sayur cah kangkung, ikan bakar, ayam gulai, sayur lodeh, kentang balado, rendang, dan lain lain

Frozen Food

Makanan beku atau frozen food juga bisa menjadi salah satu ide bisnis bulan ramadhan. Selain mudah untuk dimasak, makanan beku juga bisa disimpan dalam waktu lama. Jenis frozen food yang bisa kamu jual bisa seperti sosis, ayam ungkep, pempek, suki, bakpao, nugget, baso aci, kebab, cireng, lumpia, dan lain-lain.

Baca Juga  Jangan Bermalasan, Ikuti 12 Kegiatan Produktif di Bulan Ramadhan 


Berjualan Minuman Segar

Selanjutnya, kamu bisa mencoba berjualan minuman segar. Ini juga bisa menjadi ide bisnis bulan Ramadhan. Sejatinya akan lebih baik bila berbuka diawali dengan meminum air mineral, tetapi tubuh kita juga memerlukan asupan gula untuk menambah energi. Maka, minuman segar yang manis-manis dapat menjadi salah satu pilihan terbaik asal tidak berlebihan. Kamu bisa menjual es kopyor, es cappuchino cincau, es buah, es jelly, es kelapa, es cendol, es blewah, es buah selasih, dan lain lain.


Menjual Buah-buahan

Buah-buahan juga menjadi salah satu yang diburu oleh banyak orang saat bulan puasa. Pasalnya, buah dapat dibuat menjadi takjil hingga dikonsumsi langsung. Maka, tidak heran jika buah-buahan banyak dicari saat bulan Ramadhan.

Ide bisnis puasa ini bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan ini. Kamu dapat memulai bisnis ini mengingat permintaannya yang cukup tinggi di masyarakat. Cobalah pilih buah-buahan yang banyak dicari orang saat bulan Ramadan, seperti timun suri, blewah, melon, dan sebagainya. Tapi, pastikan penyimpanannya aman yaa mengingat buah mudah sekali busuk.


Berjualan Kurma

Kurma identik sekali dengan bulan Ramadhan. Bahkan, sebelum ramadhan tiba pun pasar swalayan sudah menjual kurma di tokonya. Permintaan buah yang identik dijual saat bulan puasa ini memang cenderung naik saat bulan Ramadan tiba.

Bisnis Kue Kering

Mendekati lebaran, semua rumah menyajikan ragam kue kering untuk disuguhkan kepada para tamu atau untuk konsumsi pribadi keluarga dan sanak saudara. Kue kering masih menjadi panganan favorit karena tampilannya yang cantik dan rasanya yang enak. Menjual kue kering bukan hanya menargetkan rumah tangga yang ingin menyuguhkan panganan terbaik bagi para tamu, tapi juga incaran para pebisnis parsel lebaran. Contoh kue kering yang banyak diminati yaitu nastar, kastangel, kue kacang, putri salju, lidah kucing, sagu keju dan lain lain.

Untuk yang senang membuat kue kering, peluang bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan. Selain hobi memasak kamu tersalurkan, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Nah, kamu bisa memanfaatkan moment ini sebagai ide bisnis bulan ramadhan. Kamu juga berpeluang mendapat untung dari bisnis tersebut.


Membuka Katering Harian dan Acara Puasa

Ide bisnis bulan Ramadhan selanjutnya yaitu membuka katering. Apalagi jika kamu mahir dalam memasak. Kamu bisa menawarkan katering harian atau katering acara buka puasa bersama. Misalnya, katering harian lebih ditargetkan kepada para mahasiswa ataupun karyawan yang tinggal di kos-kosan.

catering dapat jadi ide bisnis bulan ramadhan
Usaha catering dapat menjadi ide bisnis bulan ramadhan (Sumber: Adobe Stock Photo)

Banyak dari mereka yang memesan catering bulanan saat puasa karena dibanding harus mencari menu sahur dan berbuka akan lebih memudahkan jika mereka memesan langsung ke katering. Dan untuk katering acara buka puasa juga akan banyak diburu. Jadi, moment ini sangat bisa menjadi peluang bisnis.

Baca Juga  Inilah 10 Ide Bisnis Menjanjikan Untuk UMKM!

Jasa Hampers atau Parcel Lebaran


Menjual hampers atau parcel lebaran juga bisa menjadi salah satu ide bisnis yang boleh dicoba. Pasalnya, memberi parsel atau hampers merupakan salah satu cara menjalin silahturahmi kepada sanak saudara dan kerabat. Di Indonesia sendiri memberi atau saling bertukar hampers menjadi kebiasaan rutin menjelang hari raya idul fitri.

Mau Berbisnis? Intip 12 Ide Bisnis Bulan Ramadhan Ini! - 2022
Hampers seperti kue kering dapat menjadi ide bisnis saat bulan suci (Sumber: Adobe Stock Photo)

Semakin mendekat hari kemenangan, banyak orang akan mencari jasa membuat parsel untuk dikirimkan kepada kerabat dan keluarga jauh. Nah, kamu bisa memanfaatkan moment ini lho, karena hampers dan parsel akan banyak dicari oleh para pelanggan. Maka dari itu, jangan lupa untuk membuat parcel yang lebih kreatif sebagai nilai tambah dari bisnis kamu.

Berjualan Kembang Api

Di bulan yang penuh perayaan ini, salah satu bisnis yang peluangnya besar adalah berjualan kembang api. Dengan berjualan kembang api, kamu bisa mencapai keuntungan 2 kali lipat dari modal kamu lho~

Usaha Perlengkapan Ibadah

Pelengkapan alat sholat seperti sarung, sajadah, peci, dan mukena adalah beberapa produk yang paling laris saat bulan Ramadhan. Jadi tentu saja ini merupakan peluang bisnis yang baik sambil menjalankan ibadah puasa.

Banyak orang yang ingin memiliki perlengkapan shalat yang baru untuk tampil lebih fresh., atau karena memang yang lama sudah rusak, bertambahnya anggota keluarga, atau untuk dibagian kepada saudara kerabat.

Pakaian Muslim

ide bisnis bulan ramadhan
Bisnis yang bisa dilakukan saat puasa adalah menjual pakaian muslim (Sumber: Adobe Stock Photo)

Selain perlengkapan ibadah, pakaian muslim juga sering diburu oleh banyak orang lho di bulan puasa. Terutama nih kaum hawa yang suka belanja. Kamu bisa menjual pakaian yang hijab friendly sebagai ide bisnis bulan ramadhan lho. Sekarang banyak banget yang menjual pakaian modis tetapi tetap menutup aurat. Jadi pastikan pakaian muslim yang kamu jual adalah fashion yang sedang tren di kalangan target pasar kamu.

Penutup


Itulah ide bisnis bulan ramadhan yang boleh kamu coba. Usaha mana yang sangat menarik kamu coba?

Pilihlah usaha yang sekiranya bisa kamu lakukan dan memiliki modal awal tidak terlalu besar. Bila sudah menentukan, segeralah melakukannya. Jika dilakukan secara tepat dan konsisten, bisnis pun akan meraup keuntungan.

Jika kamu ingin mulai bisnis secara online, kamu bisa mulai untuk membuat website bisnis online. Kunjungi Exabytes Indonesia untuk berkonsultasi dengan tim support kami yang siap membantumu untuk merintis toko online.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments