15 Ide Bisnis Ramadhan 2021 Yang Perlu Kamu Coba

105
Ide Bisnis Ramadhan
Raih Kemenangan
14 min read

Halo, Exabytes Friends! Tidak terasa Ramadhan sudah tiba. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan 2021 agar tetap produktif. Salah satunya bisnis online atau bisnis dari rumah. Begitu beragam ide bisnis Ramadhan yang mungkin bisa kamu coba!

Platform Untuk Bisnis Ramadhan 2021

Sebelum memilih ide bisnis ramadhan 2021 apa yang ingin kamu jajaki, ada beberapa persiapan yang perlu kamu ketahui sebelum memulai bisnis. Yang paling utama, di manakah kamu akan mempromosikan dan menjual produk atau layanan jasa kamu? 

Mengingat sekarang masih ada pandemi Covid-19, maka kamu tidak bisa bebas berjualan menggelar lapak di pasar ataupun toko yang takutnya akan mengakibatkan kerumunan. Tetapi jangan khawatir! Berikut mimin beritahukan pilihan beberapa platform yang bisa kamu coba untuk berjualan online sehingga kamu bisa melakukan bisnis dari rumah. 

Website Toko Online

Website toko online.
Ilustrasi Belanja Online (Source: Shutterstock)

Karena zaman sudah serba digital, maka kebanyakan orang sekarang membuat website dan toko online untuk menjual produk/layanan jasa mereka. Dengan website kamu bisa melakukan banyak hal hanya di satu tempat saja. 

Contohnya membuat katalog produk, sebagai database, membuat pelanggan mendaftar membership atau newsletter, sebagai landing page untuk membeli produk hingga fitur add to cart dan pembayaran.

Dalam membuat website yang digunakan dalam berbisnis perlu diingat beberapa hal: buatlah desain halaman yang simple namun  menarik, karena kamu punya 5-10 detik untuk mendapatkan atensi mereka. Lalu mempunyai navigasi yang jelas, ke mana harus check-out barang yang dibeli, ke mana harus membaca lebih lanjut produk. Perkuat di visual seperti foto video maupun multimedia namun jangan juga melupakan copy teks yang menarik.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan konten berupa tulisan blog atau artikel dengan tujuan menjelaskan dan mempromosikan produk kamu agar lebih menarik lagi dan dipahami calon pelanggan. Konten yang kamu buat bisa juga meningkatkan brand awareness bisnis online kamu, lho! Berbisnis online lewat website bisa jadi paket lengkap untuk kamu.

Akun Media Sosial

Jika kamu belum mempunyai budget untuk membuat website sebagai toko online, maka kamu bisa membuat toko online di media sosial kamu seperti Instagram, Twitter, Facebook dan terbaru yang patut dicoba ialah TikTok.

Media sosial ini sudah familiar kamu gunakan sehari-hari sehingga penggunaan, pengelolaan serta pengoptimalannya tidak susah bahkan untuk pemula.

Media sosial terutamanya instagram, bisa kamu jadikan katalog produk-produk kamu. Maka dari itu tampilkanlah foto terbaik produk kamu dengan desain feeds yang menarik, buat juga konten-konten yang menarik selain foto produk agar followers bisa lebih engage dengan tokomu.

Hal-hal tersebut sama dengan upaya membangun brand awareness terhadap bisnis online kamu. Selain untuk katalog dan berinteraksi dengan pelanggan, kamu juga bisa menjalankan Ads otomatis yang dapat menjangkau banyak user media sosial untuk menarik pelanggan baru, namanya Instagram Ads atau Facebook Ads.

E-commerce/Marketplace

Tempat yang paling banyak digunakan orang untuk dijadikan katalog produk serta sistem penjualan produk ialah Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, BliBli, Lazada dan masih banyak lagi. Banyak pelaku bisnis online yang memulai membuat akun di marketplace untuk penjualan.

Karena semua sudah ada sistemnya, penjual tinggal menginput data-data produk mereka, tanpa memikirkan desain halamannya. Namun perlu juga untuk membuat navigasi yang jelas, judul produk yang tepat dan foto produk yang jelas dan menarik.

WhatsApp Business Account/Personal Message

Selain platform-platform di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pesan yang mungkin sudah kamu gunakan sehari-hari yaitu WhatsApp. Kamu bisa membuat Akun WhatsApp tersendiri khusus bisnis online dengan WhatsApp Business Account agar tidak tercampur atau tertumpuk dengan chat pribadi.

Selain WhatsApp Business Account, kamu juga bisa menggunakan WhatsApp personal kamu. Rajin-rajinlah mengupload katalog foto produk kamu di WhatsApp Status, memberitahukan promo terbaru produk melalui fitur pesan broadcast ke seluruh kontak WhatsAppmu dan terakhir meletakkan nama bisnis onlinemu di nama, foto profil serta kolom ‘Tentang’.

Kemudahan platform WhatsApp membuat kamu bisa melakukan kegiatan produktif di Ramadhan 2021 dengan bisnis dari rumah serta bisnis online.

Yang Perlu Dipersiapkan

Mempersiapkan bisnis online.
Ilustrasi Bisnis Online (Source: Shutterstock)

Tadi mimin sudah bahas sedikit, sebelum memulai bisnis Ramadhan 2021 dengan menentukan di platform apa kamu akan berjualan, selanjutnya ada foto produk, merangkai kata dengan teknik copywriting hingga memikirkan sistem pengantaran barang.

Semua itu harus dipersiapkan dengan baik agar bisnis Ramadhan 2021 terutama yang melakukan bisnis dari rumah secara online bisa lebih optimal dan mendapatkan penghasilan maksimal.

Foto Produk Terbaik

Foto produk menjadi hal juga penting karena inilah yang pertama kali menarik perhatian calon pembeli. Jadi, foto produk harus difoto dengan seserius mungkin. 

Beberapa tips foto untuk menghasilkan foto produk terbaik diantaranya: menggunakan kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless,pencahayaan serta angle yang baik tergantung dari bagian produk yang ingin ditonjolkan, latar belakang satu warna, gunakan seorang model untuk memegang produk dan pengeditan foto yang mumpuni. 

Baca Juga  7 Tips Foto Produk Agar Menarik Untuk Bisnis Online Kamu

Jika tidak mempunyai kamera profesional, kamu tetap bisa memfotonya dengan kamera smartphone kok! Asalkan diperhatikan ya aspek pendukungnya. 

Saat kamu upload foto di katalog e-commerce maupun feed instagram, kamu bisa mengedit menggunakan bingkai, template agar feed cantik dan mempunyai keseragaman, disesuaikan dengan warna yang menjadi identitas brand kamu.

Informasi Rinci Tentang Produk

Eits, setelah selesai membuat foto produk tidak lantas selesai begitu saja. Dalam foto produkmu, jelaskanlah secara rinci informasi tentang produkmu. Misalnya nama bisnis online kamu, nama produk, produk mengandung bahan apa saja, khasiat menggunakan produk ini, varian rasa dan semacamnya.

Tujuannya agar calon pembeli bisnis onlinemu semakin yakin untuk membeli karena telah mendapatkan informasi cukup mengenai produk yang akan dibeli. Terlebih, jika dia menemukan bahwa produkmu memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka!

Kamu bisa menaruh informasi rinci mengenai produk di caption pada media sosial atau e-commerce. Kalau dengan website, kamu bahkan bisa membuat artikel mendalam yang dipublikasikan secara rutin lho!

Ditambah dengan menerapkan praktik SEO dalam artikel pengenalan produkmu, website kamu bisa mendapatkan peringkat di mesin pencarian sehingga mendatangkan traffic serta calon pelanggan baru!

Daftar Menu hingga Daftar Harga

Kamu juga bisa membuat daftar menu yang disertai dengan harga. Jika kamu letakan foto produk juga didalamnya, sudah sama seperti katalog. Tujuan pembuatan katalog ialah agar para pembeli bisa melihat beragam produk yang ditawarkan, melihat harga dan menimbang hingga akhirnya memutuskan membeli mana produk yang sesuai kebutuhan dan keinginan.

Pelakon bisnis online terutama bisnis dari rumah juga bisa membuat serta mendesain katalog agar lebih menarik dengan platform desain online gratis yaitu Canva. Jadi kamu bisa memulai bisnis Ramadhan 2021 kamu dari sekarang meski kamu masih seorang pemula.

Cara Pengantaran Barang

Dan yang terakhir, yang harus kamu persiapkan adalah sistem pengantaran ke pembeli. Jika bisnis Ramadhan 2021 kamu menjual produk maka bagaimana pengantaran barangnya? Apakah kamu yang mengantarkan sendiri ke mereka, menggunakan jasa ojek online khusus pengiriman barang, atau menggunakan kurir.

15 Ide Bisnis Ramadhan 2021

Kamu sudah mempersiapkan segala hal seputar bisnis Ramadhan 2021. Nah saatnya kamu memilih jenis bisnis online yang bahkan bisa bisnis dari rumah! Berikut mimin bocorkan yah ide bisnis Ramadhan 2021 yang perlu kamu coba.

Membuat Catering Untuk Menu Berbuka dan Sahur

Ide Bisnis Ramadhan 2021 - Catering
Menu Catering (Source: Shutterstock)

Ide bisnis Ramadhan 2021 yang satu ini cocok untuk kamu yang bisa memasak! Karena tak semua orang berkesempatan menjalani puasa bersama keluarga dan dimasakin, maka kamu bisa menjual menu masakan baik itu sayur, lauk pauk nasi, hingga menu lain seperti bakso atau mie ayam.

Biasanya, para pekerja atau mahasiswa yang ngekost dan tidak biasa memasak untuk diri sendiri akan mencari cara instan yaitu membeli masakan yang sudah matang dan siap santap. Terlebih saat sahur. Usahakan masakan kamu bisa bertahan sampai sahur untuk kembali dihangatkan oleh mereka, ya.

Membuat Takjil

Ide Bisnis Ramadhan 2021 - Takjil
Beragam Takjil (Source: Shutterstock)

Selain makanan berat seperti nasi, sayur dan lauk pauk, tentunya Ramadhan tidak lepas dari yang namanya takjil. Ide bisnis Ramadhan yang satu ini lebih mudah dijalani mungkin ketimbang memasak makanan berat. 

Contoh takjil yang biasa beredar saat Ramadhan dan digandrungi masyarakat yaitu gorengan seperti bakwan, tahu, risol, pastel, lalu ada juga kue-kue manis. Selain makanan, kamu bisa juga membuat minuman seperti es kelapa, bubur sumsum, cendol, es buah.

Selain yang mimin sebutkan di atas tentunya masih banyak lagi varian takjil kegemaran masyarakat saat puasa. Kalau Exabytes Friends takjil favoritnya apa nih?

Menjual Kurma dan Buah-buahan

Ide Bisnis Ramadhan 2021 - Kurma
Beragam Kurma (Source: Shutterstock)

Saat berpuasa di bulan Ramadhan, tubuh kita tetap membutuhkan serta yang cukup. Cara memenuhi kebutuhan serat meski tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam, ialah memakan kurma saat sahur dan berbuka puasa. Maka dari itu kurma banyak muncul saat bulan puasa.

Selain mengkonsumsi kurma, sangat direkomendasikan juga mengkonsumsi buah-buahan agar gizi tetap tercukupi. Jadi, disamping menjual kurma kamu juga bisa menjual buah-buahan lain. Atau bagi kamu yang sudah menjual buah-buahan, bisa menambahkan buah kurma juga.

Menjual Pakaian Muslim dan Perlengkapan Sholat

Ide bisnis Ramadhan 2021 selanjutnya dari mimin ialah menjual pakaian muslim dan perlengkapan sholat. Bulan Ramadhan mempunyai satu tradisi unik yaitu sholat Tarawih dan nantinya juga ada shalat Ied berjamaah di Masjid.

Meskipun pandemi Covid-19 masih ada, tetapi beberapa sudah ada yang mengadakan sholat Tarawih berjamaah. Tentunya tetap menjaga jarak dan patuhi protokol kesehatan ya. 

Nah, kamu bisa berjualan perlengkapan sholat seperti sajadah, mukena, sarung hingga peci. Dan ketika menjelang Hari Raya Idulfitri kamu bisa berjualan baju muslim atau baju syar’i gamis atau baju panjang, beju koko untuk pria, tentunya dengan model yang kekinian.

Menjual Kue Kering

Ide Bisnis Ramadhan 2021 - Kue Lebaran
Kue Kering Lebaran (Source: Shutterstock)

Ide bisnis Ramadhan 2021 selanjutnya bisa kamu start ketika menjelang Hari Raya Idulfitri nih Exabytes Friends! Saat Hari Raya Idul fitri, pasti kita berkunjung ke rumah sanak saudara atau malah rumah kita yang dikunjungi sanak saudara.

Nah biasanya, suguhan makanan untuk keluarga ialah kue kering khas, seperti nastar, kastengel hingga putri salju.

Untuk kamu yang jago membuat kue, silahkan dieksekusi ide bisnis Ramadhan 2021 ini. Siapa tahu kalo pelanggan kamu suka dengan kue nastar buatanmu, kamu bisa melanjutkan bisnis online dan bisnis rumahan ini ke depannya, bahkan setelah Ramadhan 2021 bisa tetap menjual kue kering lainnya.

Usaha Parcel atau Hampers Lebaran

Ide Bisnis Ramadhan 2021 - Parcel
Parcel atau Hampers Lebaran (Source: Shutterstock)

Menjelang lebaran, biasanya orang-orang kerap mengirimkan parcel atau bahasa kekiniannya hampers kepada orang-orang terdekat. Sebagai tanda pengucapan Selamat Hari Raya Idulfitri.

Baca Juga  Apa Kegunaan Domain Untuk Bisnis Online?

Di dalam parcel atau hampers bisa beragam juga kok, tidak melulu kue kalengan, sirup dan makanan. Kamu juga bisa memberikan peralatan makan, kue bolu atau makanan siap santap, kerudung hingga alat sholat dan masih banyak lagi, ke dalam parcel atau hampers.

Nah, jasa pembuatan parcel/hampers instan dan paket lengkap pasti akan banyak dicari orang menjelang Hari Raya Idulfitri. Jadi tunggu apalagi? Sikat ide bisnis Ramadhan 2021 ini, terkhusus untuk kamu yang senang packaging dan menyusunnya dengan bagus.

Jasa Ilustrasi Gambar di Hampers/Kartu Ucapan

Ide Bisnis Ramadhan 2021 - Ilustrasi
Desain Amplop Lebaran (Source: Shutterstock)

Di dalam parcel/hampers pasti terdapat ucapan untuk disematkan agar dibaca penerima hampers, terutama jika itu untuk orang terdekat. Bisa sih, hanya menuliskan di selembar kertas putih, tapi kayaknya bisa dibuat lebih menarik lagi agar tidak plain.

Nah, ide bisnis Ramadhan 2021 ini adalah kesempatan bagi kamu yang hobi menggambar untuk komersil! Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari membuka commission untuk ilustrasi di kartu ucapan parcel/hampers hingga desain amplop untuk bagi-bagi uang saat Hari Raya Idulfitri.

Jualan Sarang Ketupat 

Ide Bisnis Ramadhan 2021 - Sarang Ketupat
Sarang Ketupat (Source: Shutterstock)

Jualan lain yang laku saat Ramadhan terlebih menjelang Hari Raya Idulfitri ialah sarang ketupat. Meski ada yang lebih memilih membuat lontong saja karena lebih cepat pembuatannya namun banyak juga yang memilih ketupat, agar lebih berasa khas Idulfitri-nya.

Nah, kamu bisa berjualan sarang ketupat, guys. Biasanya ia dijajakan satu ikat ada 10 buah. 

Menjual Keperluan Memasak Lebaran

Selain sarang ketupat, ada lagi peluang bisnis Ramadhan 2021 yaitu menjual keperluan memasak lebaran. Hal-hal ini mencakup banyak sekali barang yang bisa kamu jual. Dimulai dari beragam sayur, ayam serta daging, tempe, hingga kelapa yang akan diambil santannya. 

Jasa Pengiriman Barang

Ide Bisnis Ramadhan 2021 - Pengiriman barang.
Ilustrasi Jasa Pengiriman Barang (Source: Shutterstock)

Nah, jika kamu tidak bisa membuat makanan,kue kering, parcel dan lainnya, kamu bisa menjajal ide bisnis Ramadhan 2021 di bidang ekspedisi atau pengiriman barang. 

Dengan mendekati Hari Raya Idulfitri pastinya banyak yang akan dikirimkan penjual ke pembelinya dari kue kering, parcel, bahkan hingga makanan. Kamu bisa hadir sebagai solusi untuk memudahkan penjual memberikan produknya.

Jasa Rental Mobil

Ide Bisnis Ramadhan 2021 - Rental mobil
Ilustrasi Jasa Rental Mobil (Source: Shutterstock)

Nah, mudik menjelang Hari Raya Idulfitri atau bahkan saat Hari Raya pergi kerumah sanak saudara tentunya membutuhkan kendaraan. Kamu yang mempunyai satu atau beberapa mobil, bisa menyewakan kepada mereka yang perlu penyewaan harian hingga mingguan. 

Pastikan sebelum kamu sewakan, sudah terjamin keamanannya. Kamu bisa menempelkan alat pelacak, membuat surat perjanjian dan semacamnya. Agar kamu sebagai pihak yang disewakan mobilnya dan orang lain yang menyewakan mobil kamu sama-sama nyaman dan aman.

Jasa Laundry

Saat Hari Raya Idulfitri pasti kebanyakan orang akan fokus dengan silaturahmi bersama keluarga, pergi ke rumah sanak saudara sehingga tidak memiliki waktu atau sudah merasa lelah untuk mencuci baju. Terlebih jika asisten rumah tangga mereka juga sedang pulang kampung merayakan Idulfitri bersama keluarganya.

Kamu bisa membuka jasa laundry untuk mereka yang membutuhkan bajunya segera dicuci karena tidak sempat mencuci sendiri. Tidak hanya saat Ramadhan dan Idulfitri, bisnis laundry juga kerap dipakai sehari-hari oleh pekerja kantoran yang tidak sempat mencuci baju ketika malam pulang dari kantor atau mahasiswa yang ngekost.

Jasa Asisten Rumah Tangga

Biasanya pada saat Hari Raya Idulfitri, banyak ART yang juga turut pulang ke kampung halaman mereka. Sehingga banyak orang yang ditinggal asisten rumah tangganya selama seminggu.

Bisnis menawarkan jasa asisten rumah tangga juga bisa kamu coba lho Exabytes Friends. karena asisten rumah tanggal infal atau sementara sangat dibutuhkan untuk mengurus rumah selama ART tetapnya pulang kampung. Apalagi yang rumahnya mengadakan open house, tentu membutuhkan ART untuk mempersiapkan makanan serta peralatannya.

Jasa Penitipan Kendaraan

Alat transportasi yang banyak digunakan orang ketika mudik tidak hanya mobil pribadi tetapi ada juga yang menggunakan kereta api, kapal laut hingga pesawat jika jaraknya sangat jauh.

Nah, untuk yang menggunakan kereta api, kapal laut hingga pesawat pastinya meninggalkan kendaraan mereka di rumah. Dan itu belum tentu juga aman dari maling karena rumah kosong, satpam pun juga tidak bisa 24/7 mengawasi rumah satu persatu.

Agar aman, jasa penitipan kendaraan lah solusinya. Kamu bisa menggunakan ide bisnis ramadhan menawarkan jasa penitipan kendaraan jika kamu tidak mudik dan tidak meninggalkan daerah. 

Jasa Penitipan Hewan

Selain jasa penitipan kendaraan, kamu juga bisa membuka bisnis jasa penitipan hewan bagi orang-orang yang akan mudik. Karena hewan tidak bisa dibawa perjalanan jauh mudik, terlebih yang menggunakan transportasi umum, maka kamu bisa menawarkan jasa penitipan hewan-hewan kesayangan mereka.

Pastikan kamu sudah mendapatkan informasi yang jelas seputar hewan yang dititipkan ke kamu dari pemiliknya berupa jam makan, makanan yang harus dikonsumsi, kebiasaan hewan dan masih banyak lagi.

Penutup

Nah, Exabytes Friends, itulah rekomendasi dari mimin tentang 15 ide bisnis Ramadhan 2021 yang perlu kamu coba. Selain kamu bisa tetap produkti di Ramadhan 2021, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis musiman ini.

Pastikan sebelum memulai bisnis online dan bisnis dari rumah, kamu sudah mempersiapkan hal-hal seperti: platform kamu akan berbisnis online: apakah membuat website, membuat akun media sosial atau akun marketplace. Jangan lupa membuat foto produk hingga informasi rincinya juga.

Exabytes juga memiliki layanan membuat website yang bisa dijadikan sebagai toko online. Kalau kamu merasa dengan website kamu telah mendapatkan fitur lengkap dari katalog, landing page, cara pembayaran hingga database, kamu bisa mencobanya ya. Selamat berbisnis Ramadhan 2021, Exabytes Friends!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Raih Kemenangan