Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server, Wajib Tahu!

0
2743

Sebuah website tidak akan dapat beroperasi tanpa adanya hosting server. Layanan hosting berfungsi untuk menyimpan semua data, aplikasi, dan file penting yang dimiliki oleh website. Selain itu, layanan hosting juga dapat digunakan untuk memastikan kinerja dan performa website berjalan stabil dan optimal.

Saat ini telah hadir begitu banyak jenis layanan hosting, seperti VPS Hosting, Cloud Hosting, Shared Hosting, Managed WordPress, hingga Dedicated Server. Nah, khusus pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Dedicated Server secara lengkap dan terperinci. Selamat membaca!

Apa Itu Dedicated Server?

kelebihan dan kekurangan dedicated server
Dedicated Hosting menyediakan server secara pribadi untuk masing-masing penggunanya. (Sumber: ShutterStock)

Sesuai dengan makna sebuah pepatah tersohor “Tak kenal maka tak sayang”, maka sebaiknya Exabytes Friends berkenalan terlebih dahulu mengenai apa itu Dedicated Server sebelum membahas lebih detail tentang kelebihan Dedicated Server serta kekurangan Dedicated Server.

Dedicated Server merupakan layanan server yang premium. Karena jenis hosting satu ini menyediakan seluruh fasilitas server dalam skala penuh hanya untuk satu pengguna (user) saja. Artinya, apabila kalian memilih untuk menggunakan layanan Dedicated Server, maka kalian tidak perlu berbagi fasilitas server (seperti RAM, CPU, Data Center, bandwidth, dan lainnya) dengan pengguna lain. 

Apabila Exabytes Friends membutuhkan layanan hosting dengan keamanan tingkat atas, maka dapat mencoba Dedicated Server. Karena ruang penyimpanan yang hanya digunakan oleh satu user saja dapat memperkecil kemungkinan terjadinya pencurian data-data konfidensial website kalian.

Apabila ingin mengenal Dedicated Server lebih jauh, maka kalian harus memahami kelebihan utama dari jenis hosting satu ini. Keunggulan utama dari Dedicated Hosting yang sangat disukai oleh pemilik website adalah mampu memastikan performa dan kinerja website tetap stabil dan cepat selama 24/7 penuh. Hal tersebut didukung karena Dedicated Server memiliki fasilitas-fasilitas premium yang pribadi.

Para pengguna Dedicated Server biasanya adalah pemilik bisnis skala besar atau e-commerce yang membutuhkan website dengan kapasitas penyimpanan data yang sangat besar serta performa yang stabil (karena traffic sangat tinggi).

Sedangkan pemilik personal blog atau website bisnis skala kecil biasanya lebih memilih untuk menggunakan Shared Hosting. Karena Shared Hosting dianggap menawarkan harga berlangganan yang jauh lebih terjangkau. Perbedaan Shared Hosting vs Dedicated Hosting yang paling mencolok memang dari sisi biaya berlangganan yang timpang jauh.

Nah, apabila kalian saat ini sedang mencari layanan Dedicated Server murah namun memiliki kelengkapan fasilitas yang lengkap dan terpercaya, maka segera berlangganan di Exabytes. Karena Exabytes menyediakan layanan Dedicated Server dengan biaya kurang dari Rp2.000.000 namun fasilitas yang dimiliki sangat lengkap, mulai dari prosesor Single Intel Xeon E3, kapasitas memori hingga 16GB, menyediakan upgrade SSD, menggunakan bandwidth dengan kapasitas 200Mbps, hingga banyak fasilitas lainnya.

‘Tak Ada Jalan yang Tak Berlubang’ 

Peribahasa di atas cocok untuk menggambarkan bahwa meskipun kegunaan Dedicated Server terlihat sempurna, tetapi tentu saja memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan Dedicated Server adalah membutuhkan keahlian khusus untuk mengoperasikan server dan konfigurasinya. Penasaran dengan kekurangan dari Dedicated Server lainnya? Yuk, terus simak pembahasan berikutnya, ya! 

Analogi Dedicated Server

analogi dedicated server
Dedicated Server dapat dianalogikan sebagai sebuah kamar hotel yang disewakan. (Sumber: ShutterStock)

Untuk lebih mempertajam pemahaman Exabytes Friends mengenai Dedicated Server, maka berikut disajikan sebuah analogi sederhana. Dedicated Server dapat diibaratkan sebagai sebuah kamar hotel. Masing-masing kamar hotel dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan privat, seperti air, dapur, kamar mandi, televisi, kulkas, hingga WiFi pribadi.

Fasilitas-fasilitas tersebut dapat dinikmati secara bebas dan pribadi tanpa takut terganggu oleh pengunjung atau tamu hotel lainnya. Sehingga para tamu hotel pun merasa aman dan nyaman karena fasilitas dan keamanan terjamin. 

Berbeda dengan Shared Hosting yang dianalogikan sebagai sebuah rumah kos. Penyewa kamar kos sebagian besar berbagi fasilitas dengan penyewa lainnya, seperti berbagi dapur, kulkas, WiFi, hingga terkadang berbagi kamar mandi pula. Oleh karena itu, tak jarang penyewa merasa tidak mendapatkan privasi karena barang mereka yang sering tercampur di fasilitas umum yang disediakan pemilik kos.

Lalu, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server?

Setelah melihat penjelasan di atas mengenai dedicated server, sekarang kita telaah satu per satu yuk tentang kelebihan dan kekurangan dedicated server.

Kelebihan Dedicated Server 

Berikut akan disajikan beberapa kelebihan Dedicated Server sebagai pertimbangan Exabytes Friends jika ingin memilih layanan hosting. Selamat membaca! 

Cocok Digunakan Oleh Perusahaan Bisnis dengan Skala Kecil Maupun Besar

Kelebihan Dedicated Server yang pertama adalah cocok digunakan oleh bisnis dalam skala apa pun. Apabila Exabytes Friends baru saja memulai bisnis digital yang menggunakan website, maka memang sebaiknya memilih layanan hosting dengan tipe sharing seperti WordPress Hosting atau Shared Hosting karena memiliki harga yang lebih murah.

Namun jika bisnis kalian sudah berjalan selama sekian tahun meskipun masih dalam skala kecil, maka kalian dapat mencoba untuk mulai menggunakan Dedicated Server guna meningkatkan performa dan kinerja website. Karena Dedicated Server dapat memastikan performa website terus stabil selama 24 jam penuh. Hal tersebut dapat meningkatkan traffic pengunjung karena website tidak pernah lemot. 

Begitu pula bagi Exabytes Friends yang sedang menggerakkan bisnis dalam skala besar, maka Dedicated Server sangat direkomendasikan karena memiliki resource yang besar serta andal dalam menangani traffic yang tinggi. 

Berikut disajikan beberapa website bisnis yang cocok menggunakan Dedicated Server:

  Website E-Commerce

  Website Media Digital (Website Online News)

  Website Edukasi (Website Sekolah atau Perguruan Tinggi yang sering diakses oleh banyak siswa)

  Website Pemerintahan yang menangani banyak traffic dari seluruh masyarakat negara

  Website Hosting yang memiliki banyak klien sehingga harus memiliki kinerja yang stabil

  Website Bisnis

  Website Perusahaan

Website-website di atas memiliki pengunjung yang banyak tiap harinya sehingga tentu saja membutuhkan resource, kecepatan load, dan kapasitas penyimpanan data yang stabil.

Optimasi SEO

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server, Wajib Tahu! - 2024
Dedicated Server dapat membantu dalam optimasi SEO. (Sumber: ShutterStock)

Optimasi SEO merupakan salah satu kelebihan Dedicated Server yang patut diperhitungkan. Jika Exabytes Friends memilih untuk menggunakan Dedicated Server, maka otomatis kecepatan load website akan terus stabil dan tidak akan mengalami lemot. Website dengan kecepatan akses yang tinggi cenderung lebih disukai oleh pengunjung.

Sehingga angka Bounce Rate pun dapat diminimalkan secara signifikan. Selain itu, website yang stabil dan memiliki kecepatan akses penuh akan lebih diutamakan oleh Google untuk dimunculkan pada laman teratas SERP. 

Maka dari itu, pengguna Dedicated Server tidak perlu risau akan optimasi SEO pada website maupun konten mereka. 

Terhindar dari Downtime dan Error

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server, Wajib Tahu! - 2024
Dedicated Server memiliki kecepatan akses yang stabil sehingga website akan terhindar dari downtime dan error. (Sumber: ShutterStock)

Kelebihan Dedicated Server selanjutnya yaitu dapat mengatasi masalah downtime dan error pada website kalian. Jenis hosting satu ini dipastikan memiliki uptime server yang andal. Sehingga dengan menggunakan Dedicated Server, kinerja website akan aman dan terhindar dari downtime sekaligus pesan error.

Downtime adalah sebuah kondisi dimana website tidak dapat dibuka dan diakses dari sisi front end maupun back end. Sedangkan pesan error yang dimaksud adalah White Screen of Death, Internal Server Error, Error Establishing Database Connection, dan lainnya. 

Website yang sering mengalami downtime dan pesan error akan membuat banyak pengunjung lari dan beralih pada website kompetitor. Oleh karena itu, yuk segera beralih menggunakan Dedicated Server! 

Pengguna Memiliki Akses dan Kontrol Penuh

Keuntungan Dedicated Server lainnya yang layak untuk diperhitungkan adalah kebebasan dan fleksibilitas dalam mengakses server. Karena layanan hosting pada Dedicated Server hanya diperuntukkan bagi satu user saja, maka pengguna dapat memiliki akses dan kontrol penuh.

Selain itu, melalui keunggulan ini, pengguna dari layanan Dedicated Server akan lebih mudah dalam melakukan konfigurasi server sesuai dengan spesifikasi website yang dibutuhkan.

Memiliki Sumber Daya dan Resource yang Sangat Besar

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server, Wajib Tahu! - 2024
Ketersediaan server merupakan aspek penting yang harus diperhatikan ketika memilih layanan hosting. (Sumber: iStock Photo)

Performa website tentu saja mengambil peranan penting ketika kita mempertimbangkan untuk memilih layanan hosting. Karena jika performa website stabil dan cepat, maka pengunjung cenderung semakin betah dalam mengeksplorasi halaman. 

Salah satu kelebihan Dedicated Server yaitu memiliki resource besar, maka performa dan kinerja website dapat dipastikan lebih cepat, stabil, aman, dan andal. Hal tersebut dikarenakan Dedicated Server menyediakan layanan server hosting pribadi yang hanya digunakan oleh satu account hosting saja.

Keamanan Lebih Terjaga 

Kelebihan Dedicated Server selanjutnya berkaitan dengan sisi keamanan. Pada Dedicated Server, tingkat proteksi pada keamanan data lebih terjamin karena server dan segala sumber daya yang ada digunakan secara personal. 

Selain itu, Dedicated Server tidak hanya menjamin keamanan pada data kalian, tapi database dan aplikasi dari pelanggan kalian juga dijamin keamanannya. Karena Dedicated Server membatasi satu layanan hosting hanya digunakan oleh satu user saja, maka kalian tidak akan berbagi alamat IP dengan situs website lainnya. Hal tersebut dapat menghindarkan dari serangan virus, malware, hacking, atau pun kebocoran data. 

Kemudahan Dalam Melakukan Kontrol Server

Jika Exabytes Friends memilih untuk menggunakan Dedicated Server, maka kalian dapat menikmati salah satu kelebihan Dedicated Server yaitu melakukan kontrol server secara remote. Kalian tidak perlu mengawasi fisik server secara langsung. Sehingga dengan kemudahan ini, pengguna Dedicated Server tidak perlu repot karena dapat memantau server website dari mana pun dan kapan pun.

Kecepatan Website Tinggi

Pada Dedicated Hosting, karena seluruh fasilitas server hanya digunakan oleh satu user saja, maka kecepatan website cenderung lebih stabil dan anti-lemot. Performa kecepatan website kalian tidak akan terpengaruh oleh trafik dari pengguna lainnya.

Selain itu, jika kecepatan akses website stabil, maka angka Bounce Rate dapat menurun. Jika angka Bounce Rate menurun, tentu saja peringkat SEO akan semakin meningkat. Sehingga secara tidak langsung, penggunaan Dedicated Server juga mempengaruhi optimasi SEO dari website kalian.

Dapat Menyimpan Data Website dalam Jumlah Besar (Big Data)

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server, Wajib Tahu! - 2024
Kapasitas penyimpanan Dedicated Server dapat digunakan hingga untuk menyimpan Big Data. (Sumber: ShutterStock)

Kelebihan Dedicated Server berikutnya adalah berkaitan dengan kapasitas penyimpanan data. Dedicated Server memiliki fasilitas bandwidth hingga 200Mbps dan kapasitas memory antara 16GB hingga 64GB.

Dengan kapasitas bandwidth dan memory yang sangat besar tersebut, maka dapat dipastikan kalian bebas menyimpan banyak file dan data penting tanpa takut mengganggu performa website.

Kemudahan Dalam Memilih Sistem Operasi

Pelanggan akan memiliki kebebasan dan kuasa penuh terhadap pemilihan sistem operasi, hardware, jenis konfigurasi, dan lainnya jika menggunakan Dedicated Server. Oleh karena itu, Exabytes Friends tidak perlu risau jika sistem operasi yang kalian gunakan tidak didukung oleh Dedicated Server. 

Karena Dedicated Server dapat digunakan dan bekerja optimal pada sistem operasi Windows atau Linux sekalipun. Berbeda dengan jenis hosting lainnya yang mungkin hanya dapat digunakan pada salah satu sistem operasi saja.

Kekurangan Dedicated Server

“Tak Ada Gading yang Tak Retak”

Peribahasa tersebut menggambarkan bahwa tak ada sesuatu yang sempurna. Begitu pula dengan layanan hosting Dedicated Server. Meskipun memiliki kelebihan yang melimpah ruah, namun layanan hosting satu ini tetap memiliki kekurangan. 

Nah, kali ini kita akan membahas tentang kekurangan Dedicated Server agar Exabytes Friends dapat menghindari kesalahan memilih Dedicated Server. 

Biaya Berlangganan yang Mahal

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server, Wajib Tahu! - 2024
Alokasi anggaran biaya juga harus diperhatikan dalam memilih layanan hosting. (Sumber: iStock Photo)

Kekurangan Dedicated Server yang pertama yaitu biaya berlangganannya cukup menguras kantong. Agar dapat menikmati kelengkapan fasilitas yang disediakan oleh Dedicated Server, maka setidaknya Exabytes Friends harus mempersiapkan anggaran mulai dari Rp1.800.000 hingga Rp7.200.000 tiap bulan. 

Biaya tersebut sangat mahal jika dibandingkan dengan harga berlangganan jenis hosting lainnya, seperti VPS, Shared Hosting, maupun Cloud Hosting. Namun harga yang dipatok oleh penyedia layanan Dedicated Server masih tergolong wajar jika mengingat kelengkapan fasilitas dan layanan yang disajikan. 

Memerlukan Keahlian Khusus Soal Server 

Kekurangan Dedicated Server lainnya adalah berkaitan dengan skill konfigurasi server. Dedicated Server merupakan jenis hosting self-managed. Sehingga setidaknya kalian harus belajar dan memiliki kemampuan mumpuni perihal konfigurasi dan pemeliharaan server. 

Apabila kalian masih sangat awam dengan dunia website, maka memilih Dedicated Server sangat tidak direkomendasikan. Karena kalian pasti akan merasa kesulitan untuk memahami cara penggunaan, konfigurasi, dan cara memelihara server.

Memerlukan Pemeliharaan Server Sendiri 

Dedicated Server memiliki konfigurasi aplikasi dan software yang cenderung kompleks sehingga dibutuhkan keahlian serta skill khusus untuk mengoperasikannya. Disarankan jika kalian tertarik menggunakan Dedicated Server, sebaiknya belajar terlebih dahulu mengenai konsep konfigurasi server.

Nah, jika Exabytes Friends ingin memilih Dedicated Server sebagai layanan hosting untuk website, maka kalian juga harus mempertimbangkan perihal waktu, tenaga, dan pikiran yang akan kalian curahkan untuk mengurus server sendiri.

Cukup Menyita Waktu

Salah satu kekurangan Dedicated Server yang kerap dianggap mengganggu penggunanya adalah cukup menyita waktu mereka karena harus melakukan perawatan server hosting secara mandiri. 

Memang pemantauan dan pemeliharaan konfigurasi hosting dari Dedicated Server dapat dilakukan secara remote, namun karena proses pemeliharaan dilakukan secara pribadi oleh masing-masing user, maka tentu saja mereka harus meluangkan waktu untuk secara berkala mengecek server.

Atau jika kalian merasa kesusahan dalam melakukan pemantauan dan pemeliharaan server, maka Exabytes Friends dapat mencoba untuk menggunakan tool monitoring server. 

Sudah Siapkah Beralih Menggunakan Dedicated Server?

Memiliki performa dan kinerja website yang stabil, kecepatan akses yang tinggi, serta kapasitas penyimpanan yang besar merupakan aspek penting yang wajib dipenuhi jika kalian ingin mendulang traffic tinggi pada website yang dikelola.

Untuk memenuhi semua aspek tersebut, Exabytes Friends dapat memilih untuk menggunakan jenis layanan hosting Dedicated Server. Dedicated Server adalah layanan hosting yang menyediakan seluruh fasilitas server dalam skala penuh hanya pada satu pengguna (user) saja. Artinya, apabila kalian memilih untuk menggunakan layanan Dedicated Server, maka kalian tidak perlu berbagi fasilitas server (seperti RAM, CPU, Data Center, bandwidth, dan lainnya) dengan pengguna lain.

Dedicated Server biasanya digunakan oleh pemilik website bisnis dengan skala besar seperti website e-commerce, website pemerintahan, website pendidikan, website online news, dan lainnya. Nah, jika kalian saat ini mengalami lonjakan traffic yang sangat tinggi pada website serta memiliki data yang tersimpan cukup banyak sehingga sering kali membuat website mengalami downtime dan error, maka itu tandanya kalian harus segera beralih menggunakan Dedicated Server.

Dedicated Server memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat kalian gunakan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan beralih menggunakannya. Berikut summary dari beberapa kelebihan dan kekurangan Dedicated Server yang utama. Silakan disimak!

Kelebihan

Kekurangan

Cocok digunakan untuk pemilik website bisnis dalam skala kecil, menengah, maupun besar. Menawarkan biaya berlangganan yang tergolong mahal.
Membantu dalam optimasi SEO. Membutuhkan keahlian khusus dalam bidang teknis server website.
Menghindarkan website dari downtime dan error. Cukup menyita waktu karena harus melakukan perawatan server hosting sendiri.
Pengguna memiliki akses dan control penuh terhadap seluruh fasilitas hosting.  
Memiliki sumber daya dan resource yang sangat besar.  
Memiliki keamanan dan kecepatan akses tingkat tinggi.  
Fleksibel dalam memilih sistem operasi yang digunakan pada website.  
Dapat menyimpan data website yang sangat banyak (big data).  
Mampu menampung trafik website yang melonjak tinggi.  
Menyediakan akses root untuk mengatur server hosting.  

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Dedicated Server. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes.

Bagi Exabytes Friends yang belum tahu, Exabytes saat ini menyediakan berbagai jenis layanan hosting server Indonesia, loh! Layanan hosting Exabytes cukup terjangkau, sangat andal, keamanan terjamin, premium, terpercaya, hingga memiliki garansi 100 hari uang kembali. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi kalian sebagai alasan menggunakan hosting Exabytes.

Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments