Mengenal Istilah-Istilah Dalam Dunia VPS Yang Perlu Diketahui

0
1361

Bagi Exabytes friends yang ingin berlangganan, mungkin akan sedikit kebingungan dengan beberapa istilah yang ditampilkan di website penyedia layanan VPS. Berikut saya bagikan beberapa istilah-istilah dalam dunia VPS tersebut.

Apa Saja Istilah-Istilah Dalam Dunia VPS?

istilah-istilah dalam dunia vps

Virtual Private Server (VPS) adalah solusi hosting yang populer bagi banyak pengguna karena dapat memberikan kontrol lebih besar atas lingkungan hosting kamu. Namun, bagi mereka yang tidak terbiasa dengan istilah dalam dunia VPS, akan sedikit membingungkan untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi di balik layar.

Berikut ini adalah beberapa istilah-istilah dalam dunia VPS yang perlu Exabytes friends ketahui!

Virtual Private Server (VPS)

VPS adalah server virtual yang berjalan di server fisik. Setiap VPS memiliki sumber daya yang terisolasi, seperti RAM, CPU, dan memori. Kamu dapat menginstal sistem operasi dan perangkat lunak lain di VPS kamu dan memiliki kendali penuh atas konfigurasi dan manajemen server.

KVM

KVM adalah singkatan dari Kernel-Based Virtual Machine, yang merupakan teknologi virtualisasi (hypervisor) yang dikembangkan oleh Linux. KVM adalah solusi virtualisasi Linux dengan perangkat keras x86 (64-bit).

OpenVZ

OpenVZ adalah platform virtualisasi berbasis Linux berdasarkan kernel Linux. OpenVZ memungkinkan satu server fisik untuk menjalankan beberapa contoh sistem operasi jarak jauh yang disebut kontainer.

Xen

Xen atau XenServer adalah platform virtualisasi dari Citrix, untuk mengoptimalkan server virtual Windows dan Linux yang semuanya membutuhkan kemampuan untuk membuat dan mengelola infrastruktur virtual.

Virtualisasi ini dikembangkan di University of Cambridge. Itu dibuat dengan tujuan menjalankan hingga seratus sistem operasi lengkap di satu komputer. Virtualisasi Xen menggunakan teknologi virtualisasi paralel untuk memberikan isolasi yang aman, manajemen sumber daya, jaminan QOS (quality of services) dan migrasi langsung untuk mesin virtual.

Resource

Resource dalam bahasa Indonesia berarti sumber daya. Hal yang disebutkan adalah CPU, memori, dll.

Hypervisor

Hypervisor adalah perangkat lunak yang menjalankan dan mengelola beberapa VPS pada server fisik yang sama. Hypervisor memungkinkan sumber daya server fisik untuk dibagi antara beberapa VPS dan memastikan bahwa setiap VPS tetap terisolasi dari VPS lainnya.

Operating System (OS)

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengelola perangkat keras dan sumber daya server kamu. Beberapa sistem populer untuk VPS termasuk VPS Linux (seperti Ubuntu, CentOS dan Debian) dan Windows Server.

Droplet

Droplet adalah nama VPS yang sudah dikonfigurasi/diinstal dengan sistem operasi dan software pendukungnya. Keuntungan menggunakan Exabytes Indonesia adalah kita dapat mengkloning VPS kapanpun kita mau dan menyimpannya sebagai tangkapan layar di akun kamu (bukan di server VPS). Akan lebih mudah jika saat sistem crash dan data hangus, kita tidak perlu mengkonfigurasi ulang dari awal.

Control Panel

Control panel adalah antarmuka web yang memungkinkan kamu mengelola VPS dengan mudah. Control panel dapat membantu kamu dengan tugas-tugas seperti menginstal perangkat lunak, mengelola file, dan mengkonfigurasi jaringan.

Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah data yang dapat diunggah dan diunduh dari server kamu dalam sebulan. Biasanya diukur dalam gigabyte (GB). Semakin banyak bandwidth yang kamu miliki, semakin banyak data yang dapat kamu transfer ke dan dari server kamu.

istilah dalam dunia vps

RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory) adalah sumber daya yang digunakan untuk menjalankan program dan aplikasi di server kamu. Semakin banyak RAM yang kamu miliki, semakin banyak program dan aplikasi yang dapat dijalankan secara bersamaan.

Guaranteed RAM

Guaranteed RAM adalah jumlah RAM yang dialokasikan khusus untuk VPS kamu dan dapat digunakan kapanpun VPS membutuhkannya.

Burstable Memory

Burstable memory pada dasarnya berarti RAM tambahan dapat ditambahkan sementara ke VPS jika terjadi kekurangan RAM. Kerugian utama dari teknologi burstable memory adalah sumber daya yang digunakan berasal dari node server VPS dan dapat digunakan oleh VPS lain pada mesin node server yang sama dengan VPS kamu (bukan Guaranteed RAM).

Tergantung masing-masing provider, berapa maksimal VPS yang diaktifkan pada 1 node server. Jangan terlalu khawatir tentang hal itu, karena kemungkinan terjadi crash pasti ada.

CPU (Central Processing Unit)

CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari server kamu. CPU bertanggung jawab untuk mengeksekusi instruksi dan menghitung operasi matematika. Semakin kuat prosesor kamu, semakin cepat server kamu merespons permintaan.

Storage

Penyimpanan adalah sumber daya yang digunakan untuk menyimpan data dan file di server kamu. Ada tiga jenis penyimpanan yang biasa digunakan di VPS: hard disk (HDD), solid state drive (SSD) dan Non-Volatile Memory Express (NVMe).

VPS NVMe umumnya lebih cepat dan lebih andal daripada SSD dan HDD.

SWAP

SWAP adalah partisi hard drive yang dapat digunakan untuk menyimpan data saat sistem kekurangan memori fisik. SWAP sering digunakan oleh aplikasi yang kurang aktif.

Untuk VPS Xen, batas SWAP sama dengan ukuran RAM yang dijamin. Dengan kata lain, jika memori utama VPS atau komputer yang menggunakan Linux hampir habis, sumber daya tambahan akan diambil dari memori virtual (SWAP).

vSWAP

vSWAP adalah ukuran RAM tambahan yang merupakan bagian dari sumber daya RAM fisik. RAM ini dapat dialokasikan ke VPS jika terdapat cukup ruang RAM kosong di node server.

vSWAP hanya tersedia di kernel OpenVZ berbasis RHEL6, memberikan manajemen memori yang lebih baik untuk sistem pada node VPS.

Kesimpulannya, VPS dapat memberi kamu lebih banyak kendali atas lingkungan hosting kamu, tetapi ini mungkin terlihat sedikit rumit untuk pemula. Setelah kamu memahami istilah-istilah dalam dunia VPS ini, kamu dapat dengan mudah mengelola dan memahami apa yang terjadi di balik layanan VPS kamu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments