Maksimalkan Bisnis Selama Ramadan dengan Content Marketing

0
1161

Selama bulan Ramadhan Exabytes Indonesia mengadakan sebuah program yang bernama “RAHMAH”, yaitu singkatan dari Ramadan Bersama Muslimah Aktif dan Handal. Program RAHMAH ditayangkan setiap sore di Zoom dan Facebook secara live dan gratis. Program yang diadakan seminggu sekali ini memiliki tujuan untuk memberikan semangat kepada muslimah Indonesia untuk berkarya melalui kisah inspiratif yang diceritakan langsung oleh sumbernya.

Seperti program RAHMAH yang tayang pada Rabu, 29 Maret 2023 dengan mengusung tema berjudul “Maksimalkan Bisnis selama Ramadan dengan Content marketing”. Exabytes mengundang pembicara yang handal dalam content marketing yaitu Dessy Yusnita untuk berbagi pengalaman inspirasi dan tips untuk para muslimah yang ingin terjun ke dunia content marketing.

Untuk kamu yang pensaran dengan ceritanya dan melewatkan acaranya, tenang saya kasih ringkasan isi dari kisah inspirasi mba Dessy. Baca sampai habis ya!

Apa Sih Content Marketing Itu?

Content Marketing adalah sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan juga konsisten untuk menarik perhatian para audiens yang dituju. Tujuan dari content marketing ini adalah untuk membangun relasi yang kuat antara audiens dengan produk kita untuk jangka waktu yang panjang.

Alasan Usahamu Butuh Content marketing

Menurut Ibu Dessy Yusnita ada 4 hal penting yang menjadi alasan kenapa bisnismu butuh strategi content marketing.

Awareness

Kita perlu banget membangun kesadaran audience untuk memberitahu bahwa produk kita memang ada dan dibutuhkan oleh mereka.

Riset

Setelah pelanggan mengetahui produk kita, hal selanjutnya yang akan mereka lakukan adalah riset tentang produk kita. Sebelum membeli, Audience akan riset terlebih dahulu mengenai produk, mulai dari keunggulannya, keunikan dan apakah memang sesuai dengan kebutuhan mereka.

mempertimbangkan (Consideration)

Jika hasil risetnya adalah produk kita sesuai dengan yang mereka butuhkan, selanjutnya mereka akan mempertimbangkan dengan cara membandingkan produk yang kita miliki ke produk dari brand lain.

Pembelian

Jika sudah semua dilalui audience, maka proses selanjutnya adalah pembelian. Jika pun tidak mencapai ke dalam fase ini paling tidak sudah terjadi proses awareness di audience dan hal itu sudah cukup bagus untuk usahamu karena peluangmu sudah terbuka, jadi jangan bersedih ya waktumu akan tiba jika terus berusaha.

Bentuk Content Marketing

Menurut Ibu Dessy content marketing itu mempunyai banyak sekali macamnya. Namun, yang paling penting dari konsep content marketing adalah 4 macam ini.

  1. Infografis, Infografis itu seperti misalnya kita membuat layer atau spanduk untuk produk yang kita sebarkan secara digital.
  2. Website atau Blog, hal ini biasanya kita mempromosikan produk kita melalui konten artikel yang nantinya akan mengarah ke produk kita.
  3. Podcast, Ini adalah konten-konten berupa suara yang tidak hanya membahas produk saja tapi juga membahas tema-tema yang menarik.
  4. Video, Ini memiliki banyak jenis konten, bisa tentang tutorial, OOTD, atau mungkin membuat video video yang sifatnya marketing.

Blog Sebagai Sarana Content Marketing Terbaik

Menurut Ibu Desy Yusnita kunci dari content marketing adalah blog, karena blog itu bentuknya website dan di blog itu juga kita bisa menaruh 4 macam content marketing yang sudah disebutkan di atas. Kemudian dari blog ini juga kita bisa terhubung dengan costumer yang eksist, namun hal itu tidak akan berjalan dengan lancar jika websitemu tidak muncul di Google. Saya sarankan kamu untuk menggunakan jasa layanan SEO dari exabytes untuk mengoptimasikan websitemu supaya berada di halaman pertama Google dan mendapat banyak pelanggan.

Membuat Blog Untuk Bisnismu

Kalau kamu ingin membuat blog untuk produk usahamu, kamu harus perhatikan beberapa point ini supaya berhasil.

  • Nama blog yang sesuai dengan branding, Kamu harus perhatikan nama blog yang sesuai dengan produkmu karena hal itu akan membangun branding.
  • Domain yang mudah diingat, Pilih domain yang mudah diingat supaya calon pelanggan bisa dengan mudah mencari websitemu.
  • Engine blog yang akan digunakan WordPress atau blogspot, Gunakan engine blog yang bagus untuk menarik perhatian pelangganmu dan juga supaya performa websitemu bagus.
  • Memilih Niche, Pilih niche websitemu yang sesuai dengan proudk yang kamu miliki.
  • Membuat grafis website, Buatlah grafis seperti icon dan bckaground dengan tema yang sesuai dengan nichemu dan desainlah supaya terlihat profesional.
  • Foto Pendukung, Gunakan foto pendukung untuk produkmu, usahakan jangan blur, perhatikan resolusinya.

Bikin Blogmu di Exabytes

ngomongin masalah blog, di Exabytes sedang ada promo ramadhan loh! Ada 2 pilihan domain yang cocok untuk blog kamu nih diantaranya domain .blog yang cocok untuk blog pribadimu dan domain .co.id atau biz.id yang cocok untuk blog bisnismu. Untuk biz.id sedang ada special offer hanya Rp 5.000/tahun aja lohh!! kamu bisa kunjungi exabytes.co.id untuk lihat promo domain lainnya!

Teknik Yang Harus Dikuasai

Ada beberapa teknik yang harus kamu kuasai supaya sukses dalam membangun blog untuk bisnismu.

  • Writing skill, Hard selling atau soft selling
  • SEO (keyword, backlink, penamaan gambar)
  • Publikasi (Google console, social media)
  • konsisten

Berikut adalah materi content marketing yang telah dipaparkan secara lengkap oleh Ibu Desy Yustina. Semua isi materinya sangat bermanfaat dan insightful ya! Kalau kamu mau lihat materi bermanfaat lainnya kamu bisa kunjungi youtube Exabytes Indonesia di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments